08 Februari 2009

Tidak Ada Yang Namanya "Formulir Perceraian"

Banyak orang salah sangka dimana jika seseorang ingin mengajukan gugatan cerai maka ia tinggal datang ke pengadilan dan mengisi formulir gugatan cerai, itu adalah pemikiran yang salah.
Baik di Pengadilan Agama maupun di Pengadilan Negri tidak menyediakan formulir/pendaftaran perceraian. Pengadilan hanya menerima pendaftaran surat gugatan cerai.
Jadi, bagi seseorang yang ingin mengajukan gugatan cerai maka ia seharusnya terlebih dahulu membuat (surat) gugatan cerai lalu kemudian gugatan cerainya tersebut didaftarkan di pengadilan yang berwenang.
Bagaimana cara membuata gugatan cerai yang baik dan benar, dapat dilihat di www.masalahperceraian.com

26 komentar:

  1. bagaimana format membuat surat gugatan cerai?
    kenapa pihak PA tidak/kurang sosialisasi masalah tata cara proses pengajuan gugatan cerai?

    BalasHapus
  2. saya tidak bisa mengakses masalahpercerai.com
    ada tempat lain dimana saya bisa mendownload contoh surat gugatan tsb?
    thx

    BalasHapus
  3. Yth Bapak/Ibu;
    Mungkin skarang sudah bisa dibuka, krn kmarin terlalu byk org yg meng-akses sehingga kapasitasnya tak memadai, tapi saya sudah membenahinya, silahkan klik kembali ke www.masalahperceraian.com
    Trimakasih

    BalasHapus
  4. Wah Bpk/Ibu lagi2 website masalahperceraian.com overlimit bandwidthnya... tolong donk, saya benar2 butuh infonya ni. Kalau sudah tau bakal ramai ya mbok ditambah bandwidthnya, ato hostingannya dipindah ke yg unlimited. Thx.

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas sarannya, wbiste sudah kami perbaiki, namun jika ada pertanyaan maka dpt langsung meng-email kami, pasti kami jawab.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  6. Yth Bpk/Ibu,
    Ini percobaan karena pertanyaan saya yg saya kirim 4 hari lalu ternyata tidak terpampang disini. Jadi saya coba memasukkan komentar baru utk mengetahui cara spy terpampang.

    BalasHapus
  7. Yth Bpk/Ibu,
    Karena komentar saya sudah dapat muncul (diatas) maka ini adalah pertanyaan saya.
    Saya bertanya untuk keponakan saya. Mereka sudah menikah dan mempunyai anak 1, tetapi ternyata setelah itu merasa tidak cocok lagi. Upaya meneruskan perkawinan sudah dilakukan selama mungkin satu tahun tetapi mereka sepakat tidak mungkin meneruskannyua. Jadi sepakat untuk bercerai baik2, tetap bersilaturachmi untuk membesarkan anak mereka.
    Karena sudah sepakat dengan cara damai, maka tidak ada pihak yg tergugat maupun penggugatnya. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana bunyi surat "gugatan" cerai yg diajukan kekantor agama? Mereka memang merencanakan untuk datang kekantor agama dan meminta informasi, tetapi masih belum dapat menemukan waktu untuk bersama kekantor tsb. Mereka keduanya bekerja. Dapatkah bapak/ibu memberi penjelasan untuk saya sampaikan kepada mereka? Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Intinya:
    - tetap hrs ditentukan siapa yg mnjadi pgugat dan trgugat:
    - si pgugat hrs mbuat n mndaftarkan srt gugatan cerai di pengadilan agama brwenang;
    - mnunggu srt panglan sidang dari pngadilan;
    - hrs ada bukunikah asli dan mbawa saksi minimal 2 org pd saat sidang saksi.

    BalasHapus
  9. saya ingin mnggugat cerai suami.. tpi smua surat2 dpegang suami..surat nikah. kartu keluarga dan akte anak. kami sudah 10 bln pisah. tak ada nafkah. apakah pihak pengadilan bisa memproses gugatan saya?

    BalasHapus
  10. Tetap bisa, yg terpenting adlh anda hrs bisa mnampilkan saksi minimal 2 org pd saat sidang pmbuktian saksi.

    BalasHapus
  11. pak bagaimana cara menarik gugatan perceraian....?karena sebelum ada panggilan sidang pertama.kami menemukan solusi..sehingga mau meneruskan rumahtangga kami.jadi saat panggilan pertama saya istri sebagai tergugat tidak dtg...dengan maksut suami sebagai penggugat akan menarik gugatannya..ternyata.oleh pengadilan agama...diberi wkt utk berfikir kmbali sampe ada panggilan kedua.yang saya tanyakan apakah panggilan kedua itu berguna utk mediasi?apakah menuju panggilan kedua itu membutuhkan wkt yg lama?

    BalasHapus
  12. - caranya, dgn mngajukan srt pncabutan perkara dlm persidangan;
    - iya, benar;
    - biasanya skitar 1-2 minggu

    BalasHapus
  13. terima kasih banyak pa atas penjelasanya.maaf pa lanjutan pertanyaan saya..apakah memang tdk bs mengajukan surat pencabutan perkara karena sidang sudah berlangsung,krn saat suami saya kesana diberi arahan untuk menunggu sidang ke dua...?apakah ada pengaruhnya nanti di sidang ke dua krn kmarin saat panggilan pertama saya tdk dtg? biasanyaa membutuhkan biaya brp ya pa kalo mencabut gugatan cerai?

    BalasHapus
  14. - Pncabutan prkara tdk dikenakan biaya;
    - Mngajukan pncabutan diajukan pada saa sidang.

    BalasHapus
  15. pak, saya ingin bertanya saya sudah menikah selama 7 th tp dalam perjalanan pernikahan saya banyak masalah yang terjadi dari pihak suami selalu saja buat masalah seperti pernah berselingkuh dan ditambah dengan memakai narkoba, selama 7th juga saya selalu memaafkan dan puncaknya adalah sekarang dimana saya mendapati video suami saya dengan perempuan lain ditambah dengan tidak pulang selama 7hari tanpa mengabari saya, walaupun saya tau dia ada dimana tp setidaknya sebagai istri sy dihargai, dan setiap kali saya minta pisah suami saya tidak mau dan mengancam saya dan keluarga, sebaiknya sikap saya bagaimana karena sy merasa ditekan dari sisi saya dan keluarga ingin pisah, tp suami tidak mau mohon petunjuknya..terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersabar dan tetaplah tawakal, tdak ada masalah yg tdk ada jalan keluarnya. Kami tdk boleh mnyarankan anda/pembaca situs ini utk bercerai, krn kputusan bercerai harus dari anda sendiri dan sdh yakin bhwa itu adalah jalan keluar terbaik bagi anda.

      Hapus
  16. Pak sy ingin bercerai. Sy sdh menyerahkan istri ke ortunya Dan buat pernyataan telah bercerai di RT. Dia skg sdh bekerja Dan liburnya hr senin. Bgmn caranya bs menjalankan proses cerai tnpa ada dia. Kami mempunyai 2 anak2 Dan sepakat masing2 membawa 1 anak Dan tetap akan ada silahturahmi antara kami berdua. Hub kami sdh tdk bs dpertahankan. Apakah hak asuh anak bs spt kesepakatan kami berdua? Dan bgmn Caranya biar proses cerai tdk ada mslh. Trims sebelumnya.

    BalasHapus
  17. - Secara aturan seharusnya si trgugat akan menerima srt panggilan sidang dari PA;
    - Bisa;
    - Saran saya, parapihak tetap hadir pd sidang prtama dan mngutarakan prsetujuan cerai dan kesepakatan ttg hak asuh anak tersebut kpd hakim.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Assllamu'allaikum,pak maaf sya mau nnya,sya adalah seorang laki laki yg tlah mnikh,sudh 1thn lebh prnikan sya tiba tiba istri sya meninggalkn sya dn mmilh tinggl brsama orangtuanya,sya sudh mncoba mnjemput dya untk pulng dn tinggl brsama lgi ttapi dya sudh tdk mau ikut dgn sya bahkn dya ingin menggugat cerai sya ke PA dgn alasn dy sudh tdk mencintai sya lgi,tpi smpai saat ini sudh 3bln lebh tak ada surat cerai atwpn surat panggl dri PA yg datng.

    Yg ingn sya tnyakn pak:
    1). Apa yg hars sya lakukn dngn hal ini?
    2). Apakh hal ini sudh menjtuhkn talak kpd istri sya wlwpun sya tdk prnah mngucap kata kata talak atwpun cerai skalipun kpd istri sya?
    3). Apakh sya mash di wajibkn mmberi NAFKAH kpd istri sya smentara dya sudh tdk mw tinggl brsma sya dn bahkn mw mnggugat cerai kpd sya?

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum pak Kenapa orang cerai lebih dari 3x dalam islam dan alqur'an Itu sdh syah tp dlm k.u.a Itu tdk syah..seharusnya k.u.a jgn cm memandang hukum negara tapi islam jg. Karna smua sdh tercatat dalam alqur'an.buat juga undang" k.u.a bahwa ucapan talaq yg di ucapan suami kepada istrinya Itu sah biar pun leat telpon

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. Ws; Sbetulnya sy stuju dgn anda namun haruslah anda ketahui bahwa negara kita adalah negara Hukum, bukanlah negara Islam. Jadi mau tak mau kita harus tunduk pada hukum positif negara Indonesia.

    BalasHapus
  23. Salam,
    Saya mau bertanya mengenai harta gono gini, saya sudah berpisah lebih dari 2 tahun dengan mantan suami tanpa ada surat perjanjian perkawinan. Dalam masa perkawinan saya membeli 1 bidang tanah dengan hasil kerja saya sendiri dan untuk pengurusan sertifikat tersebut saya menyerahkan sepenuhnya kepada mantan suami yang ternyata dia mengatasnamakan sertifikat tersebut atasa nama saya dan mantan suami. Selang beberapa bulan mendapati mantan suami saya selingkuh, KDRT dalam keadaan mabuk dan tidak pernah menafkahi saya.
    Saya merasa sangat kecewa dan terperdaya oleh akal bulusnya saat mantan suami saya mengurus sertifikat.
    Pertanyaan saya, apakah dalam mengurus harta gono gini mantan suami saya mendapatkan hak nya, yang padahal itu bukan uang dia?? Dan minta tips nya supaya saya bs mendapatkan hak saya sepenuhnya, sedangkan sertifikat tanah nya berada dinotaris yang tidak saya ketahui orang dan tempat tinggalnya??

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum,,



    Yth ,saya mau konsultasi. Bgaimna caranya saya mau menggugat cerai suami sya , smntara suami sya tdak mau bercerai.
    Tapi saya tdak pernah nyaman selama 5 tahun berumah tgga dengan nya ,, saya sdah meninggalkan dia selama 2 thun. Tnpa adanya perceraian, itu bgaimana ya ?

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum,,



    Yth ,saya mau konsultasi. Bgaimna caranya saya mau menggugat cerai suami sya , smntara suami sya tdak mau bercerai.
    Tapi saya tdak pernah nyaman selama 5 tahun berumah tgga dengan nya ,, saya sdah meninggalkan dia selama 2 thun. Tnpa adanya perceraian, itu bgaimana ya ?

    BalasHapus