17 Februari 2009

Perceraian Tidak Memerlukan Tandatangan/Persetujuan Suami

Banyak situasi masalah perceraian yang membingungkan pada proses perceraian di pengadilan. Salah satunya adalah, banyaknya sangkaan orang yang mengira suatu perceraian itu harus memerlukan tandatangan suami/persetujuan suami (atau tandatangan si istri). Hal tersebut adalah pemikiran yang salah!
Proses cerai di pengadilan sama sekali tidak memerlukan izin atau persetujuan atau tandatangan si suami (si istri). Pihak yang ingin cerai hanya perlu membuat surat gugatan cerai dan mendaftarkannya di pengadilan berwenang.
Bilamana pihak Tergugat tidak akan pernah mau datang ke pengadilan maka proses perceraian di pengadilan dapat terus terlaksanan tanpa kehadiran si Tergugat, dan hal ini tetap syah menurut hukum negara Indonesia.

245 komentar:

  1. Pak bisa dijadiin buku nih tulisan2 nya

    BalasHapus
  2. Memang saya lagi bikin buku bu, trimakasih perhatiannya.

    BalasHapus
  3. salam....
    pak adik saya pns... mau cerai dg suaminya (swasta) yang telah tidak ada kecocokan lagi sering bertengkar, dan suaminya selingkuh, kdrt, dan tidak memberi nafkah.

    yang ingin saya tanyakan, katanya peraturan baru sekarang harus ada tandatangan surat pernyataan menceraikan dari suami. format surat itu dari dinas ktr adik saya yang harus ditandatangani oleh suaminya, sebab bila tidak ada tandatangan itu, maka pihak dinas temapat adik saya itu bekerja tidak akan mengizinkan...
    pihak suami adik saya itu, secara agama islam sudah men talak adik saya. tapi secara hukum negara, dia mengancam akan membuat "menggantung" adik saya dengan tidak menadatangani surat pernyataan tersebut.

    mohon tanggapannya pak... terimakasih

    BalasHapus
  4. Responnya sudah saya jawab via email, trimakasih.

    BalasHapus
  5. pk,suami sy menggugat cerai karena dia mau menikah dengan wanita lain.sy rasa sangat tidak adil kalau pengadilan mengijinkan begitu saja dengan alasan yang direkayasa, sehingga sangat merugukan saya dan anak2. kebetulan kt dipihak yang tkd berdaya karena selama proses perceraian suami tdk bertanggung jawab terhdp keluarga dan menutup semau akses ke rekening bank yang seharusnya menjadi hak bersama. bgmana menghadapi masalah spr ini? Trima kasih

    BalasHapus
  6. Yth Ibu, hal terpenting dari proses persidangan cerai adalah adanya pembuktian dan saksi-saksi yg brkwalitas yg dapat mematahkan dalil2x/argumen2x dlm gugatan suami anda. Dgn demikian saya optimis dpt mberikan putusan yg adil.
    Utk selebihnya saya sarankan agar ibu meng-email saya utk konsultasi krn tentunya masalah ibu adalh masalah yg pribadi. Demikian bu, trimakasih.

    BalasHapus
  7. Yth Bapak,
    Saya digugat cerai oleh istri saya karena paksaan dari orang mertua saya ,dan di berikan pilihan keluarga atau suami, tetapi saya tidak mau bercerai karena mengingat anak ..dan pada saat istri saya tertangkap selingkuh di dunia maya facebook saya terus terang menampar istri saya karena kata-kata di chating tersebut..dan saya mempunyai rekaman pertelp bahwa istri saya mengatakan dia dipaksa oleh orangtuanya ...apakah pada saat nanti di pengadilan saya dapat mediasi pak..trims

    BalasHapus
  8. ya, tentu pak, mediasi adlh sesi dimana para pihak diupayakan agar damai/tdk jado cerai. Saat itulah bapak diharapkan menerangkan uneg2x bapak, termasuk rekaman trsebut.
    Demikian pak, terimakasih.

    BalasHapus
  9. saya digugat cerai istri (istri saya PNS), yang perlu saya sampaikan bahwa, alasan gugatan ini mengada-ada, dan tidak pernah ada, bagaimana langkah saya agar paling tidak gugatan ini gugur?

    BalasHapus
  10. Yth Bapak,
    pertama; utk seorang PNS kalo ingin cerai haruslah mndapat izin tertulis dahulu dari atasannya, bapak cek saja dulu pd saat sidang apakah dia sdh memegang izin dari atasannya.
    kedua; pada saat sidang pmbuktian Tergugat bapak harus mbuktikan didepan hakim bahwa tuduhan2xnya adalah tidak benar. Jika dalil2x bapak dpt mematahkan tuduhan/alasan cerai si istri maka gugatan cerainya dpt tak dikabulkan.
    Demikian, terimakasih.
    (utk konsultasi lebih lnjut, bisa via email di ahp_law@yahoo.com)

    BalasHapus
  11. yth bapak,
    sy seorang istri yg mengjukan gugat cerai dipengadilan,setelah mendapat panggilan dari pengadilan suami tidak datang dan sidang akhirnya ditunda.
    mohon nasehatnya,langkah apa yang harus sy lakukan pak? dan bagaimana jika pada sidang berikutnya suami tidak mau datang juga?

    BalasHapus
  12. jika pada panggilan sidang ke-3 tetap tidak hadir maka beruntunglah anda krn proses sidang tetap berjalan secara verstek (tanpa hadirnya tergugat), dgn demikian gugatan anda tentunya tidak mndapat bantahan dari suami anda, oleh sebab itu 99% gugatan anda dikabulkan hakim.

    BalasHapus
  13. Yht Bapak,
    saya ingin menggugat cerai suami saya, kami telah berpisah 9 1/2 tahun yg lalu. Saya tinggal di Amerika, dapatkah saya menggugat cerai dari negara yg saya tempati sekarang? Dari perkawinan ini kami dikarunia 3 orang anak. 2 putra (sudah dewasa) dan 1 putri (13 thn) saya tidak ingin menggugat harta benda atau apapun, saya hanya ingin cerai resmi dari suami. Dapatkah Bapak memberi petunjuk apa yg harus saya lakukan? Terima kasih

    BalasHapus
  14. Yth Ibu, krn prtanyaan ibu menyangkut special proses prceraian maka saya sarankan agar ibu send email lg ke alamat email pribadi saya di:
    ahp_law@yahoo.com
    demikian, terimakasih.

    BalasHapus
  15. BAGAIMANA DENGAN PENGABURAN ALAMAT TERGUGAT, DIMANA PENGGUGAT (dan keluarganya) SEBENARNYA TAHU ALAMAT TERGUGAT AKAN TETAPI HAL INI TIDAK PERNAH DI INFORMASIKAN PENGGUGAT (KUASANYA) KEPADA MAJELIS HAKIM, SEHINGGA VERSTEK DI PUTUS DAN HAK BANDING KEDALUWARSA... BUKANKAH INI KESAKSIAN PALSU PENGGUGAT DAN BISA DIPIDANAKAN???

    BalasHapus
  16. Utk mengenai alamat:
    bisa mengajukan 'verzet' yakni upaya hukum/perlawanan dari adanya masalah pengkaburan alamat tersebut.

    BalasHapus
  17. salam....

    saya pria swasta, beristri kan seorang dokter...,penghasilan istri saya lebih besar...,
    istri saya sering mengeluh kepada saya tentang jatah uang bulanan, selalu merasa kurang.., sering terjadi cekcok hanya karena masalah ini..(uang), istri saya mengatakan capek dan tidak tahu harus sampai kapan bertahan (bercerai)....,selama ini saya diam & berusaha mempertahankan rumahtangga karena si kecil (anak , 2th), saya sangat mencintai anak saya.., apa yang harus saya lakukan pak/bu?...apakah saya menunggu di gugat istri ataukah saya melapangkan jalannya untuk bercerai dengan saya yang mengajukan gugatn cerai...thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pria swasta, permasalahan saya hampir sama dengan ini...istri saya punya jabatan dan karir cemerlang di perusahaan BUMN ternama, penghasilannya lebih besar dari saya, apalagi saat ini saya telah di phk dari pekerjaan dan tdk punya penghasilan, istri saya sdh berulang kali minta cerai...dan saya sangat maklumi permintaanya itu,...apa yg harus saya lakukan? apakah saya menunggu digugat cerai istri ataukah saya melapangkan jalannya bercerai dgn saya yg mengajukan gugatan cerai?...makasih.

      Hapus
  18. Mas alamat emailnya apa..
    thanks

    BalasHapus
  19. email saya di:
    ahp_law@yahoo.com
    silahkan lgsung email saya krn permasalahannya cukup private utk dpt saya solusikan di media ini.
    terimakasih.

    BalasHapus
  20. pak..

    Temen saya sudah menjatuhkan talak terhadap istrinya, stlh jatuh talak mereka melakukan tes urine tuk menyatakan bahwa istrinya tdk hamil agar masa idah dpt berjalan sebagaimana mestinya.

    stlh dpt hasil negatif istrinya plg ke kampungnya.. dikarenakan istrinya tdk mau dicerai 1 bln stlh talak diinfo bahwa dia hamil. akan tetapi temen saya tetap akan menceraikan istrinya , yg menjadi kendala apakah bisa mereka bercerai sblm anak itu lahir dan kalau bisa apakah teman saya tetap membuat surat pernyataan tuk tetap membiayai persalinan ? dan apakah bisa pengadilan menyetujui cerai kalau istrinya tdk berada dlm satu kota ? bisakah diwakilkan ?

    Dlm hal ini berapa budget yg harus disiapkan untuk menghadapi masa sidang tersebut ? dan harus berapa kali dtg sidang sampai disahkan mereka bercerai secara hukum ?

    Mohon emailkan ke f_3bri3@yahoo.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  21. kepada Yth masalah perceraian:

    Saya, ingin menggugat cerai istri saya. dikarenakan diantara kami berdua sudah tidak ada kecocokan lagi dan seringnya terjadi percekcokan.

    yang ingin saya tanyakan, pernikahan saya dilangsungkan di kalimantan, apakah bisa saya mendaftarkan dan menjalani proses perceraian di jakarta? dikarenakan dari pihak istri pun sudah menyetujui untuk perceraian ini.

    terima kasih atas jawaban nya.

    mohon bantuan jawabannya lewat forum ini, atau ke tallman_hi@yahoo.com

    BalasHapus
  22. Yth Bapak/Ibu, mohon email saya di latiefnas@gmail.com krn saya perlu beberapak keterangan utk bisa mnjawab prtanyaan anda, ditunggu, terimakasih.

    BalasHapus
  23. yth bpk/ibu. saya bermaksud hendak mengugat cerai kpd suami saya karena saya pernahbeberapa kali memergoki suami saya merayu wanita lain dan saya sudah mencoba bersabar berikan dia kesempatan tetapi dia malah mengulangi lg..
    karena ada kendala biaya dan kurangnya dukungan keluarga pengajuan gugatan saya tertunda cukup lama hingga hampir 1 tahun. tetapi selama itu saya sdh tidak ada kecocokan dngan suami, tidak bisa percaya lagi padanya dan saya sudah tdk tinggal serumah..
    pertanyaan saya masih bisakah saya mengajukan gugatan dengan alasan suami selingkuh yang kejadian yg sudah berlalu cukup lama..
    mohon bimbingan bapk/ibu saya sudah tidak kuat menahan beban ini..
    Terima kasih

    mohon bisa kasih saran e-mail ke arummaniez83@gmail.com

    BalasHapus
  24. pak, saya sedang diambang perceraian dengan suami.alasan suami mentalak saya ialah karena sudah tidak ada kecocokan dan seringnya terjadi pertengkaran.suami bilang dia sudah tidak tahan dan tidak kuat berumah tangga dengan saya.suami saya adalah PNS, dia mengalami kendala ketika meminta ijin kpd atasan nya, dikarenakan alasan dalam menceraikan saya tidak dpt diterima dgn akal, jadi atasan nya tidak mau memberikan persetujuan cerai.sekarang suami di makassar sedangkan saya di jawa, apakah bisa bila proses perceraian diadakan di makassar? bagaimana kiat menghadapi persidangan nantinya?lalu apakah saya berhak menuntut sebagian penghasilan suami? bagaimana peraturan pembagian penghasilan suami untuk istri?lalu pd saat persidangan bagaimana caranya mendatangkan saksi, sedangkan saya setiap hari hanya tinggal bertiga (suami, saya, anak)?

    mohon bantuan nya...
    tolong jawaban nya di email ke nophee15@yahoo.com
    terima kasih....

    BalasHapus
  25. pak, info nya bagus sekali dan banyak membantu
    makasih banyak...

    BalasHapus
  26. pak,saya seorang suami yang ditinggal kabur oleh istri.awal mulanya istri meminta dibelikan pakaian batik untk seragam kerja disekolahnya tempat dia ngajar.waktu itu kondisi saya lagi tidak punya uang kemudian saya jelasin kondisi keuangan saya,waktu itu saya jelaskan dengan perlahan dan saya suruh bersabar dulu.tapi istri meminta uang arisan sebesar 100.000 yg akan dibayarkan untuk dipakai dulu.kemudian saya larang karena waktu pembayarannya tinggal 3hari lagi.istri saya malah ngambek dan tidak mau bicara selama 4 hari(dalam 4 hari itu istri tidak menjalankan kewajibannya seperti:masak,mencuci,melayani sepulang kerja,dan mengurus anak)karena perbuatan istri itu saya kesal dan saya ngomel saking kesalnya(tidak ada kekerasan waktu itu)mendengar saya ngomel istri langsung bilang dihadapan saya dan orang tua saya "saya ingin cerai dengan kamu"saya kaget dan diam,lalu saya pergi kerja.sepulang kerja istri sudah tak ada,anak saya satu satunya,buku nikah,akta kelahiran anak dibawa.awalnya kerumah saudaranya,setelah itu dia kabur kelampung.sudah 1 bulan istri saya pergi dari rumah,tanpa kabar.anehnya istri ngadu ke orang tuanya bahwa saya ringan tangan.memang saya dulu sempat nampar istri,itu juga karena saya dibohongi(dia ngutang barang tanpa sepengetahuan saya),saya dibentak,dan saya dibilang anjing oleh istri saya.jadi saya tampar dgn perlahan supaya dia sadar dgn apa yg dia perbuat.setelah itu saya akur kembali.anehnya keluarga istri saya mendukung dia tanpa mau mendengar penjelasan dari saya.malah orang tuanya malah bilang"den saya salut sama kamu,kamu itu ringan tangan dan pandai bicara,kamu manusia sempurna yang tak punya salah"......pak saya harus gimana?saya sangat menyayangi anak saya yang baru berumur 1,11 bulan.saya sering sakit sakitan memikirkanya....dan ternyata istri saya keluar dari tempat kerjanya.ia memakai uang tabungan anak dan ia tdk ganti..mohon sarannya.terima kasih (asepdeni11@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  27. Salam...
    Sy non muslim, sdh setengah thn lbh sy plg kermh ortu. Skrg anak sy sdh 1 thn. Sy berencana menggugat cerai suami, krn selama bermh tgga, sy merasa tertekan dan kdg suami sy mau main tgn walapun tdk kena krn sy tangkis, mertua suka ikut campur mslh rmh tgga kami. Yg ingin sy tanyakan, kl sy cerai, anak diasuh siapa? (Surat nikah kami sdh dirobek suami dgn sadar penuh), emas2 adalah kado dr keluarga, sy ingin ambil bagian dr keluarga sy saja, apa bs? Mengingat emas2 itu uda dijual tanpa sepengetahuan sy. Pak, tlg dibls via email ya... Terima ksh pak atas wkt dan perhatiaannya..

    silviazhang1990@yahoo.com

    BalasHapus
  28. silahkan email saya di ahp_law@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana jika suami tidak mau menceraikan istrinya dan buku nikah di pegang pleh istrinya

      Hapus
  29. saya digugat cerai sama suami karna saya kurang terbuka masalah keuangan dlm rmhtangga kami tpi di kantor suuami sya mengjukan alasan bahwa kita sudah tdk da kecocokan gi.yg penen saya tnyakan seberapa lama proses perceraian seorang pns karna suami saya pns.yg k dua pa sya msh bsa menolak bercerai saat d pengadilan nanti........mksh

    BalasHapus
  30. saya digugat cerai sama suami karna saya kurang terbuka masalah keuangan dlm rmhtangga kami tpi di kantor suuami sya mengjukan alasan bahwa kita sudah tdk da kecocokan gi.yg penen saya tnyakan seberapa lama proses perceraian seorang pns karna suami saya pns.yg k dua pa sya msh bsa menolak bercerai saat d pengadilan nanti karna kebanyakan alasan sumi sy terlalu mengada-ngada........mksh

    BalasHapus
  31. pak sy seorang istri kami menikah sdh 3th.semua masalah berawal dari kebohongan yg sy lakuin terhadap suami sy.wktu itu saya mengajar d sebuah sekolah dan setiap harinya sy meminjam uang tabungan anak-anak didik saya dan dlam wktu 1th uang tersebut berjumlah mencapai 10jt tp uang tersebut sy gunakan buat keperluan kmi berdua palagi setelah kami pindah rumah pengeluaran begitu besar kami menempati rmh tersebut kurang lebih 8bln.yg lebih slahnya lagi sy tdk berani bilang pda suami sy.sy mlh bilang pda orng tua sy.sy jg menggadaikan surat-surat motor suami sy tnpa sepengetahuan dy.dan akhirnya suami sya mengetahui semua dr orang laen dan dy lngsng mengantar kan sy k rumah orangtua sy tanpa mendenger penjelasan sy dan orangtua terlebih dahulu.apakah sy msh bisa menolak buat dicerei dan bisakah pengadilan memberikan sya kesempatan buat memperbaiki kesalahan sy.

    BalasHapus
  32. Utk anonim tgl 28 April jam 5:52
    Utk seorang PNS kalo mau brcerai hrs mndapatkan srt izin cerainya dulu dari atasan instansinya. Utk proses cerai di pengadilan mungkin bisa skitar 3-4 bulan. Ibu dpt saja tdk mnyetujui gugatan cerainya namun karnanya anda wajib menghadir sidang di pengadilan utk mbuktikan kpd hakim bahwa perkawinan anda masih layak dipertahankan.

    Utk anonim tgl 28 April jam 6:14
    Anda pun tetap punya hak utk tdk mnyutujui gugatan cerai suami anda. Karnanya saya sarankan anda menghadiri sidang dan berusalahan utk mngajak suami berdamai di sesi mediasi, kalau perlu ibu membuat srt kesepakatan utk tdk mngulang kesalahan lagi.

    BalasHapus
  33. kira-kira berapa lama seorang pns mengajukan izin wat mengajukan perceraian ke pengadilan

    BalasHapus
  34. dalam masa nunggu surat izin perceraian dr instansi sy dan suami kdang msh jln bareng bahkan kami pernah nginep d hotel dan di situ kmi berhubungan suami-istri tp stlah beberapa hari dr kejadian itu suami sy bilsng dy terpaksa ngelakuin itu karna terpujuk oleh sy wat jalan ke hotel tersebut lalu dy jg bilang dy pnya bukti klo dy d paksa oleh sy
    yang pengen sya tnyakan apakah rekaman telpn tau sms bisa jd bukti wat d pengadilan nanti.dan apakah hal tersebut bisa di jadikan alasan wat pengadilan memberi keputusan wat bercerai.

    BalasHapus
  35. Utk pak Nanda;
    tergantung dari instansinya pak. Biasanya setiap instansi pemerintah mempunyai aturannya sendiri, ada yg bisa 2 hari, 1 bulan, bahkan ada yg baru bisa keluar 1 th.

    Utk Amy;
    Mohon maaf bu, saya rada bingung mengartikan singkatan2x yg anda tulis.

    BalasHapus
  36. alam....
    pak adik saya pns... mau cerai dg suaminya (swasta) yang telah tidak ada kecocokan lagi sering bertengkar, dan suaminya selingkuh, kdrt, dan tidak memberi nafkah.

    yang ingin saya tanyakan, katanya peraturan baru sekarang harus ada tandatangan surat pernyataan menceraikan dari suami. format surat itu dari dinas ktr adik saya yang harus ditandatangani oleh suaminya, sebab bila tidak ada tandatangan itu, maka pihak dinas temapat adik saya itu bekerja tidak akan mengizinkan...
    pihak suami adik saya itu, secara agama islam sudah men talak adik saya. tapi secara hukum negara, dia mengancam akan membuat "menggantung" adik saya dengan tidak menadatangani surat pernyataan tersebut.

    mohon tanggapannya pak... terimakasih

    Kurang lebih kronologisnya seperti demikian, bagaimana pendapat anda pak??? Thanks

    BalasHapus
  37. Saya seorang PNS ingin bercerai dengan istri saya yang bukan PNS karena adanya ketidakcocokan dan sering terjadi perselisihan, pertengkaran dan bahkan KDRT antara kami berdua.. namun dia mengatakan tidak akan mau menandatangani ijin perceraian yang saya ajukan.... dan akan membuat saya menggantung terus dengan suasana seperti ini... Disisi lain dari atasan saya juga mengatakan tidak akan menyetujui permohonan ijin perceraian saya dan tidak akan mau menandatangani ijin perceraian... Pertanyaan saya :
    1. Apakah persetujuan dan tanda tangan istri diperlukan dalam pengajuan proses perceraian bagi PNS..?
    2. Apabila atasan tidak mau mengeluarkan ijin perceraian saya, apakah dapat mengakibatkan proses perceraian saya tidak dapat dilakukan..?
    3. Mohon penjelasan dan jalan apa yang harus saya tempuh mengingat apabila rumah tangga saya diteruskan akan terjadi perselisihan yang terus menerus terjadi, rentan timbulnya KDRT, kondisi anak semakin tertekan karena ancaman istri bahwa mereka tidak boleh dekat dan berhubungan dengan saya.. sedangkan mereka masih butuh perhatian dan biaya pendidikan dan biaya hidup dari saya.... Bahkan seringkali anak-anak saya mengatakan ingin dekat dan ingin refreshing dengan saya tapi mereka takut karena ancaman ibunya....
    Mohon jawaban dikirim via email gdwiyanto@yahoo.com

    BalasHapus
  38. Utk anonim tgl 8 Ags;
    Sejauh sepengetahuan sy, tdk ada srt prsetujuan tersebut. Yg ada adalah srt izin cerai dari atasan dari instansi pemerintahan tempat ia bekerja. Sy sarankan agar ia tanya/lapor dulu ke bagian HRD instansi pemerintahan tersebut utk proses kepengurusan cerainya krn setiap instansi pemerintah mpunyai tatacara yg berbeda.

    Utk anonim tgl 9 Ags:
    1. TIDAK. Perceraian tdk memerlukan persetujuan/tndatangan istri.
    2. Tidak bisa pak, sbg konsekwensi seorang PNS maka anda wajib memegang izin dari atasan anda.
    3. Tidak ada jalan lain, bagi seorang PNS anda wajib menturuti aturan2xnya. Cobalah ikuti prosedur nya utk mndapatkan srt izin cerai dari atasan anda. Jika tidak maka jalan lain adlh, anda keluar dari PNS.

    BalasHapus
  39. Salam...

    maaf pak, saya seorang istri, mempunyai 1 anak..
    saat ini saya sudah 4 bulan pisah dengan suami..
    suami mengatakan mau bercerai, awalnya saya tidak mau bercerai, apapun saya lakukan agar beliau merubah pikirannya dan membatalkan niatnya untuk bercerai...

    ma'af pak.. saya mohon bapak berkenan saya mengirimkan email tentang permasalahan yang saya hadapi ini pak..??

    trims..

    BalasHapus
  40. Silahkan bu, kirim email ke:
    ahp_law@yahoo.com

    BalasHapus
  41. sy nikah muda pak dlu saya karyawan swasta dan sekarang sy berjualan..saya punya orang tua wanita yg harus saya tangung karena saya anak tunggal.istri saya meminta saya untuk menceraikannya dengan alasan saya lebih memikirkan orang tua saya dari pada istri saya dan orang tuanya.menurut saya tidak karena apa yg dibutuhkan istri semampu saya untuk penuhi terkadang saya tidak bisa penuhi karena faktor ekonomi .tapi untuk nafkah saya rasa cukup pagi siang malam makan sama saya dan saya kasih uang 25.000 kadang 20.000 selama dia dirumah,saya berjualan dari pukul16;00 sampai 23;00.untuk keinginannya jalan2 saya jarang bisa penuhi pak untuk orang tua saya kasih 15.000/hari.karena keadaan saya susah sekarang berjualan istri saya minta cerai tapi saya ingin mempertahankannya.apakah gugatan cerainya itu diterima pak? saya tidak pernah memukul dia sedikit pun ... mohon bantuannya pak saya masing sayang

    BalasHapus
  42. Yth Bapak;
    Jika si istri yg ajukan gugatan, sy rasa alasan cerainya sangatlah lemah. Namun pada intinya, gugatan cerai itu baru dpt dikabulkan hakim bilamana alasan cerai cukup kuat yg didukung dgn bukti-buki serta ada minimal saksi 2 org yg mbuktikan tuduhan alasan cerainya tersebut pak. Dan sy sarankan jika benar istri jadi mnggugat maka anda harus dtg ke persidangan utk mbantah smua tuduhan/alasan2x cerainya.

    BalasHapus
  43. trima kasih atas masukanya pak

    BalasHapus
  44. panggilan dari pengadilan untuk saya berupa surat ataw orang pengadilan yang menemui saya pak

    BalasHapus
  45. Org pengadilan membawa surat panggilannya pak.

    BalasHapus
  46. umumnya berapa total biaya yg di butuhkan untuk proses perceraian hingga selesai pak?trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  47. Biaya pndaftaran/administrasi di pengadilannya skitar 800rb [tdk lbh dari 1jt], namun biasanya harganya trsebut berbeda-beda disetiap pengadilan.

    BalasHapus
  48. bila istri ketahuan selingkuh dan suami memiliki bukti, bagaimana cara istri untuk tetap bisa mendapatkan hak asuh? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  49. istri memang melakukan kesalahan untuk memiliki affair saat proses perceraian berlangsung, akan tetapi alasan cerai istri adalah KDRT yang dilakukan oleh suaminya... dan sekarang suami memiliki bukti kalau istri memiliki affair... bagaimana caranya istri untuk bisa mendapatkan hak asuh dengan kondisi seperti ini, karena bila hak asuh ajtuh ketangan suami, akan tertanam kekerasan di anak mereka dan juga anak akan terus menjadi korban kekerasan dari ayahnya... terimakasih... mohon bantuannya

    BalasHapus
  50. Utk anonim tgl 30 Maret;
    mohon maaf, sy tdk bs mnjawab prtanyaan ini.

    Utk anonim tgl 30 Maret;
    Coba usahakan dgn bukti2x dan saksi2x yg dpt kuat yg mbuktikan bhwa si suami memang tdk layak dpt kan hak asuh anak.

    BalasHapus
  51. terimakasih atas replynya pak... istri memiliki bukti foto dan saksi terhadap kekerasan yang telah dilakukan oleh suaminya dan juga suami pernah dua kali ditangkap polisi karena kasus narkoba (walaupun tidak tertulis karena suami dibayar keluar akan tetapi ada saksi)... apa hal ini bisa memenangkan bukti affair sang suami untuk mendapatkan hak asuh? atau memang istri sudah tertutup kemungkinan untuk mendapatkan hak asuk anaknya? mohon balasanya.. terimakasih

    BalasHapus
  52. Menurut sy si istri dpt hak asuh anak, kecuali jika si suami benar-benar dpt membuktikan si istri berzinah.

    BalasHapus
  53. Adik saya (perempuan) menggugat cerai suaminya, tapi dalam panggilan sidang (sudah 2 kali), suaminya tidak datang, ini berarti sidang tetap bisa berjalan secara verstek & 99% gugatan dikabulkan hakim.
    Pertanyaan saya, apakah yg dikabulkan hakim hanya gugatan cerai nya saja, atau semua gugatan yg diajukan adik saya (perempuan) kepada suaminya seperti, hak asuh anak, tanggung jawab pemberian nafkah anak, harta gono-gini, dan tuntutan lainnya ya pak ?
    Apakah adik saya tetap dapat akta cerai yang sah dari pengadilan ?
    Bagaimana jika sudah bercerai nanti mantan suaminya tidak mau memberikan apa yang menjadi tuntutan adik saya ?
    Mohon petunjuknya ya pak. Terima kasih

    BalasHapus
  54. - Seharusnya demikian namunn seringkali di lapangan Majelis Hakim hanya mngkabulkan tunttutan cerainya sj.
    - Ya.
    - Bisa diajukan lg gugatan, namun hal itu sgt jarang trjadi, jd ksimpulannya ya sulit menagih kewajiban yg seharusnya ia penuhi stelah cerai.

    BalasHapus
  55. pak,apakah betul kl surat panggilan dr pengadilan thd tergugat cerai hrs mendapatkan tanda tangan tergugat...jadi kalau yg tergugat tdk bertanggung jwb mk tidak bisa disidangkan??mohon petunjuk pak>>thx

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  57. Benar, namun jk org nya tdk ada maka srt panggilannya dpt dialihkan kr ktr kelurahan setempat.

    BalasHapus
  58. pak saya mau tany7a saya mau gugat cerai istri saya tapi posisi dya sedang hamil
    mohon penjelasan pak?

    BalasHapus
  59. Pa saya seorang suami,singkat cerita begini. Saya baru dapat kerja di A lalu suatu saat istri saya pergi tanpa pamit atau tidak dapat ijin dari saya tahu2 dia sudah ada di kota B dan di tempat orang tua nya. setelah saya mengetahui saya susul dan sy memarahi istri.lalu keaadaan jadi tambah kacaw saat mertua ada saya tidak boleh membawa anak saya. lalu saya terangkan kenapa saya marah tp istri saya bilg pada dia dia udah minta ijin sedgkan saya benar tidak tahu. yg saya tanyakan Saya bisa menuntut mertua saya apa tidak karena dia selalu mencampuri dan menghasut istri saya dari hamil dia sudah hasut tidak perlu suami2an dan memang ajaranya tidak perlu ayah2an bagi dia.dan ank2nya tidak menghormati ayahnya. Istri saya sering,meludahi saya dan mecakar,Tendang, saya awalnya diam tp setelah punya anak dia termakan hasutan ibunya dan jadi semakin tidak menghargai saya sama skali.kesabaran habis saya menempeleng/hajar istri saya karena sy sudah benar2 di lecehkan agar dia sadar saya tahu klo itu bisa menimbulkan kdrt tp kalo dibiarkan makin menjadi.saya hanya ingin memberi pelajaran ke mertua saya agar di mengerti posisi saya sbg ayah/suami dari istri sy. Selalu kalo udah pegang telpon selalu akhirnya istri saya nekat terhasut.tp kalo sy tahan tidak ada tlp saya masih bisa atur tp kan tdk mungkin saya selamanya tidak kasih hp.istri saya skg jadi pembual selalu berbohong.n jadi tricky/licik/curang karena ajaran ibunya. kalo saya bertengkar selalu dia teriak histeris agar org lain simpati sama dia.saya sdh terpisah sama anak saya 2 kali.saya memang berencana ingintgl di luar pulau berbeda pulau sama mertua saya agar sy bisa mengatur keluarga saya. Mohon saran.

    BalasHapus
  60. Kalau mnuntut mertua spertinya hal itu masuk ke ranah hkm pidana, sy tdk kuasai hal itu.
    Sy mngerti anda memang brkewajiban mndidik dan menahkodai kel anda, namun trkadang masalah ini merupakan masalah perspektif/sudut pandang, yg mana mungkin tdk sesuai dgn sudut pandang kel besar istri. Oleh sebab itulah sy sulit mberikan pendapat utk hal ini, mohon maaf.
    Saran sy, ajaklah istri anda bicara 4 mata dari hati ke hati, lalu buatlah srt kesepakatan yg disetujui, dijalani dan dipatuhi serta ditandatangai anda dan istri.

    BalasHapus
  61. yth bpk/ibu.
    saya telah melalui proses sidang yg saya jalani sendiri tnp dihadiri tergugat(suami) karena beda agama. surat keputusan cerai sudah ada. namun pengadilan juga mengirimkan ke suami untuk ditanda tangani. pertanyaannya apa dampaknya bila dia tidak merespon/ tidak menandatangani surat tersebut? terima kasih

    BalasHapus
  62. Mungkin itu maksudnya adalah surat pmberitahuan putusan perkara. Kalau dia tdk ttd maka tak apa, nanti jika sdh lewat wkt 14 hari dari dia terima srt itu maka putusan cerainya berubah status mnjadi "inkrah/brkekuatan hukum tetap", barulah dpt proses pmbuatan akta cerai [kira2x 1 minggu].

    BalasHapus
  63. Yth bpk/ibu

    Saya berniat bercerai dengan suami saya,karena sudah tidak ada kecocokan lagi dan sering bertengkar,apa yg harus saya lakukan agar perceraian kami tidak berlarut2 dan cepat selesai,karena menurut banyak orang,kami yg beragama kristen agak susah melakukan proses perceraian (saya dan suami beragama kristen).Dan apakah saya perlu membuat surat persetujuan perceraian yg harus ditanda tangani suami saya,agar proses di awal lancar???
    Terimakasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  64. Yth : Bapak/Ibu

    Saya mau bertanya, rencananya saya dan pacar saya akan menikah tahun depan, tetapi yang menjadi masalah adalah pacar saya belum bercerai,,
    dia ingin bercerai,tetapi pihak perempuannya tidak mau. mereka menikah pada tahun 2008 (karena terpaksa), dan berapa bulan kemudian mereka pisah dan tdk tinggal bersama lagi, karena istrinya kembali ke agamanya yg dulu (awalnya mereka beda agama, saat menikah si perempuan setuju untuk pindah agama, setelah menikah dia memeluk kembali agamanya)..
    pacar saya ingin mengurus perceraian, tetapi semua surat2 pernikahan mereka di pegang oleh istrinya, dan si istri tdk mau menyerahkannya karena tdk mau bercerai..
    yang mau saya tanyakan bagaimana kalau surat2nya tidak ada? dan istrinya tdk mau bercerai?

    Mohon Bantuannya
    Terima Kasih

    BalasHapus
  65. Utk anonim tgl 11 Sept;
    - Kalau dua2xnya sdh stuju cerai maka proses cerai bisaberjalan hanya 1 bln [silahkan hub sy secara pribadi];
    - Cara trsebut bisa sja digunakan utk sidang pmbuktian namun bukan jaminan sidang jadi cepat selesai.

    Utk anonim tgl 12 Sept;
    - usahakan dpt buku/akta nikahnya dulu barulah bisa ajukan gugatan cerai, kalau buku nikah hilang maka buatlah duplikat buku nikah di KUA.
    - Proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan prsetujuan dan ttd istri.

    BalasHapus
  66. Saya Anonim tgl 11-09-11

    Dimana saya bisa menghubungi bpk ato ibu? terimakasih.

    BalasHapus
  67. Silahkan hub sy trlebih dahulu di 087 8787 222 82. Dan, sy bapak bu. Trmakasih.

    BalasHapus
  68. Pak, bagaimana hukum seorang pria PNS menceraikan istrinya karena istrinya berzina,dan setelah perceraian terjadi

    BalasHapus
  69. Maka si suami wajib mberikan nafkah idah dan mutah kpd sang istri, jika tuntuttan cerainya dikabulkan hakim.

    BalasHapus
  70. pak bisakah saya melakun proses perceraian di temat tinggal saya sekarng dan bagaimana tahapanya...? Sedangkan prnikahn saya tercatat di tempat istri saya tinggal sekarang...

    BalasHapus
  71. Jika mnikah secara muslim maka di PA sesuai wilyaha tmpat tinggal saat ini si istri.

    BalasHapus
  72. pak saya mau bertanyak saya kemarin ngurus gugutan cerai .dengan alasan saya sudah menikah sekitar 2006.terus hubungan ku cekcok uda 2TH belakangan ini dan saya uda pisah ranjang 6BLN terakhir saya mengajukan surat dng alasan juga suami kurang ngasi nafka lahir dan batin.apakh itu semuanya bisa kuat dalam proses persidangan mohon bantuan serta solusinya...saya mengucapkan bayk terimakasi

    BalasHapus
  73. saya seorng perempuan umur saya 22.....mohon pak solusi serta jawabanya

    BalasHapus
  74. Mnurut sy agak kurang kuat bu, kalau alasanya hanya "kurang" nafkah lahir-batin maka sy khawatir hakim bngung mendefinisikan ukuran 'kurang'-nya itu brapa. Sbaiknya tekankan alasan cerai ke arah ketidakcocokan dan sering terjadi perselisihan, perbanyak bukti dan saksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama proses persidangan nanti suami tidak hadir dalam persidangan.ap masih bisah pengadilan mengeluarkan surat cerainya tau malh di persulid....tolong solusinya biar solusi saya dpermudah...terimakasi bayk atas bantuanya....tlng balasanya

      Hapus
  75. selama proses persidangan nanti suami tidak hadir dalam persidangan.ap masih bisah pengadilan mengeluarkan surat cerainya tau malh di persulid....tolong solusinya biar solusi saya dpermudah...terimakasi bayk atas bantuanya....tlng balasanya

    BalasHapus
  76. Jika si suami tdk hadir maka dia sidang akan dtunda, namun sampai dgn 3x dipanggil tdk hadir maka sidang tetap bisa berjalan tanpa kehadiran si suami.

    BalasHapus
  77. seumpama udah 3x tp masi aj dtunda ap yng harus saya perbuat.....
    pak klu blh mintak emailny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus protes ke majelis hakimnya.

      Hapus
    2. apakah sidang yng petama harus membawa saksi.......atau sidamng yng k2....tlg bantuanya

      Hapus
  78. pak, saya mau tanya. saat dan suami sudah sepakat bercerai, saya tinggal di australia dan suami di indonesia. jadi saya minta suami yang mengajukan gugatan cerai. apakah saat suami nanti tanda tangan ikrar talak, saya (istri) diharuskan hadir (pulang ke indonesia) ?

    BalasHapus
  79. Tidak ada ttd ikrar talaq, anda tdk perlu hadir tak apapa bu, tetap bisa dilaksanakan.

    BalasHapus
  80. apakah sidang yng petama harus membawa saksi.......atau sidamng yng k2....tlg bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, sidang saksi adalah sidang ke 7 atau ke 8, sidang pertama hanya sidang pemeriksaan berkas.

      Hapus
  81. Saya telah pisah rumah selama kurang lebih 1 tahun dengan suami saya. Belakangan ini saya terima surat gugatan cerai dari suami saya. Sebenernya sejak tahun lalu saya berencana untuk menggugat cerai, tapi karena anak saya (anak dari perkawinan pertama saya) khawatir jika saya bertemu dengan suami saya lagi, maka saya tunda keinginan saya tersebut (suami saya orang yg kasar dan temperamen).
    Saya hanya seorang ibu rumah tangga yg tidak bekerja, tinggal dengan anak saya yg gajinya pas2an dan saya tidak mampu jika harus membayar biaya pengadilan yg mahal.
    Dalam surat gugatan suami saya tertera kalimat "Menghukum tergugat (saya) untuk membayar biaya perkara yg telah ditimbulkan dalam perkara ini".
    Pertanyaan saya:
    1. Apa akibat nya jika saya tidak menghadiri sidang pengadilan tersebut?
    2. Apakah saya harus membayar semua biaya pengadilan jika tidak hadir?
    3. Apa bedanya biaya panjar dan biaya perkara pengadilan? Berapa prakiraan jumlahnya?

    Terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  82. 1. sidang tetap bs berjalan jk anda tdk pernah hadir dan kmungkinan smua tuntutan si pgugat dikabuli hakim;
    2. tdk;
    3. daftar srt gugatan cerai skitar 700-800ribuan.

    BalasHapus
  83. bos gimana kalau sudah sudah sidang 8 kali tapi tetep aja g selesa"..soalnya si suami kdang datang & jg g datang.....mksih

    BalasHapus
  84. Cara gini bos; coba bos temui panitranya dan menganjurkan si pnitra utk mendesak si suami utk hadir ke persidangan, atau si bos bisa saja mbuat srt keberatan kpd si suami mlalui ketua pengadilannya.

    BalasHapus
  85. saya sedang di gugat cerai istri,saya sudah sidang dua kali tapi belum terima surat gugatan cerai dari istri.padahal sidang pembacaan materi gugatan cerai sudah.menurut pengalaman teman saya,sebelum sudang pertama dia menerima surat gugatan cerai dari pengadilan.apa saya memang gak harus menerima surat gugatan cerai tersebut???
    terima kasih

    BalasHapus
  86. Anda harus menerima srt pangilan sidang dari pengadilan. Saran saya coba datangi lgsung pengadilannya, sy khawatir ada cara-cara akal2xan yg ditempuhnya.

    BalasHapus
  87. status saya PNS, bulan desember 2011 saya sudah berniat menceraikan istri saya karena istri selalu meminta uang diluar kemampuan saya dan juga istri telah hamil dengan orang lain sebelum menikah dengan saya. karena saya kasihan maka dulu saya maafkan dengan syarat mau mengikuti saya kemana pun saya ditugaskan. Namun karena lama kelamaan tidak mau ikut saya, dalam 2 tahun menikah hanya 3 bulan dia mau ikut, selebihnya dia pulang ke rumah orang tuanya dan juga tiap bulan selalu minta uang yang jumlahnya melebihi penghasilan saya. Akhirnya saya memutuskan untuk bercerai dan karena sebagai PNS saya sudah meminta ijin dari atasan, namun masalahnya kepala instansi saya statusnya masih sementara sehingga tidak mau menerbitkan surat ijin tersebut. setelah tertunda selama setahun akhirnya bulan desember 2012 sudah ada kepala instansi yang tetap. Pada saat saya akan meminta ijin, saya iseng2 browsing di website pengadilan agama kota domisili istri, ternyata saya telah digugat cerai oleh mantan istri dan telah diputus cerai secara verstek pada bulan juni 2012. Padahal saya sama sekali tidak pernah menerima surat panggilan dari pengadilan,sebenarnya surat panggilan tersebut harus diterima oleh yang bersangkutan baru diproses atau bagaimana?saya tidak mau dianggap tidak memberitahukan kepada instansi bahwa saya digugat cerai oleh istri saya, karena kenyataannya saya tidak tahu menahu ada panggilan tiba-tiba sudah ada keputusan cerai..

    BalasHapus
  88. bisakah mengajukan gugatan cerai ke pengadilan hanya karena permasalahan diminta oleh orangtua untuk bercerai?

    BalasHapus
  89. Saya seorang pria 37 tahun, saat ini sudah 12tahun menikah dan punya 2 orang anak laki-laki.
    Persoalan saya adalah, selama usia pernikahan kami sampai sekarang(status masih nikah) istri saya selalu kabur dari rumah, setahun bisa sampai 3-4 kali kabur dari rumah.
    Karena alasan itu saya terpaksa menitipkan anak saya yg besar ke rumah orang tua saya.
    Anak yg kecil kami asuh sendiri.
    Setiap ada masalah sedikit saja(sepele mis: nanya kabar kenalan wanita, menasehati perhatikan tata letak barang rumah tangga) langsung marah dan mendiamkan saya, kemudian kabur tanpa sepengetahuan saya ke rumah orang tuanya.
    Sekarang saya sudah merasa dia bukan wanita yang bisa dinasehati. Saya juga sudah letih dgn kelakuannya yang seperti itu, padahal nafkah lahir batin tidak pernah kurang saya berikan.
    Apakah tindakan saya benar jika saya berniat untuk menceraikannya, biarpun saya masih sayang sama dia dan anak.
    Bisakah saya menuntut hak asuh anak ?
    Sekarang ini dia masih di kota A(tempat tinggal orangtuanya) sedangkan saya di kota B(tempat saya membuka usaha). Pendidikan anak saya yg kecil(5 tahun) juga ikut terganggu krn dibawa oleh istri saya.
    Apa alasan yang harus saya berikan ke PA?

    BalasHapus
  90. Pd dasarnya jika hub kel sdh tdk harmonis dan sering trjadi perselisian maka sdh bs dijadikan alasan cerai dlm srt gugatan cerai. Anda tinggal jelaskan secara singkat-padat-cermat dlm gugatan. Tp saran sy, jgn lah cepat mnyerah, cobalah brsabar dan tetap usahakan mncari jalan keluar demi kelangsungan hub kel.

    BalasHapus
  91. saya seorang PNS dan sedang mengurus perceraian. sudah enam bulan saya mengajukan permohonan izin cerai tetapi sampai sekarang belum ada izin dari atasan. apa bisa saya mendaftarkan gugatan cerai ke pengadilan agama sambil menunggu izin atasan? terima kasih

    BalasHapus
  92. Bisa, namun nanti PA akan mberikan jeda wkt sidang skitar 3 bln utk mnunggu adanya srt izin cerai atasn trsebut.

    BalasHapus
  93. Pak sy digugat cerai suami saya, namun saya tidak pernah datang kalo ada panggilan. apa hak asuh bisa jatuh ke tangan suami saya? anak sy baru berusia 3 bulan.

    BalasHapus
  94. Tergantung bukti dan saksi2x yg dia tampilkan dlm prsidangannya bu.

    BalasHapus
  95. pak, saya ingin menceraikan istri saya tapi semua berkas disimpan istri,sedangkan istri menolak untuk bercerai.bisakah gugatan cerai saya ajukan tanpa berkas2 yang dibutuhkan?
    sebenarnya saat menikah dulu saya mengajukan syarat pada istri agar ditepati setelah pernikahan,dan saya bilang jika tidak bisa ditepati maka akan saya cerai,dan ternyata syarat ini tidak bisa ditepati,karenanya saya ingin menggugat cerai istri.
    terimakasih pak

    BalasHapus
  96. Pada saat daftar gugatan, tentu bisa namun pada saat sidang pmbuktian, anda wajib mperlihatkan dan mnyerahkan bukunikah, jika tdk bisa maka kmngkinan besar hakim tdk mngabulkan tuntutan cerai anda.

    BalasHapus
  97. pak hakim sudah memutuskan verstek, tp belum ikrar talak.apa saya masih bisa rujuk dgn suami saya?bagaimana prosedurnya pak?

    BalasHapus
  98. Bisa bu, jadi setelah nanti ibu mndapatkan srt jdwal ikrar talaq, kmudian ibu dan suami pd saat ikrar talaq lalu kalian mngungkapkan dimuka hakim bhwa ingin rujuk.

    BalasHapus
  99. pak,sy seorang istri dan pekerjaan sy PNS.suami sy jg PNS. usia pernikahan kami 18 bln. begitu setelah menikah sampai skrg sy belum pernah mendapat nafkah lahir.alasan suami sy krn gajinya habis untuk cicil hutang (dia hutang sebelum menikah dgn sy). dan semenjak sy dinyatakan hamil hingga skrg (usia anak sy 8 bln) dia jg tidak memberikan nafkah batin. kami jarang bertengkar karena sy orangnya pendiam.jk ada yg tdk cocok,sy diam sj. sy pilih diam drpd ramai dgn suami. pertanyaan sy:
    1. jika sy akan menggugat cerai suami dgn alasan tdk dinafkahi lahir batin cukup kuat?
    2. siapa saksi yg hrs kami hadirkan mengingat alasan tersebut sangat pribadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. cukup kuat;
      2. kalau bisa, dari anggota kel [ortu/sodara kandung].

      Hapus
    2. makasih pak atas jawabannya. sy mau tanya lagi pak, mengingat sy dan suami sm2 PNS, apakah proses perceraian kami nanti ckp rumit? maaf pak,apakh sy bs komunikasi dgn bpk lwt email?makasih

      Hapus
  100. maaf pak, untuk tambahan info. sy dan suami seorang muslim.

    BalasHapus
  101. apakah pembacaan ikrar talak harus dihadiri istri?istri sy tidak mau datang.bagaimana ya pak?

    BalasHapus
  102. tdk harus dihadiri istri kok pak.

    BalasHapus
  103. saya di gugat cerai istri saya tiba-tiba, padahal kami sedang baik-baik saja sebelum surat panggilan sidang tiba, tapi setelah surat tersebut tiba, istri saya jadi berubah sikap menjadi semangat menggugat cerai, padahal sebelumnya masalah-masalah kami sudah selesai dan kami hidup seperti biasa lagi,saya tidak setuju untuk cerai, bagaimana tanggapan anda??kami belum menjalani sidang mediasi karena sidang ditunda, apakah gugatan masih bisa dicabut atau kami tetap harus melewati sidang???terimakasih (chrisingeve.md@gmail.com)

    BalasHapus
  104. - coba ajak bicara 4 mata dr hati ke hati, cari solusi, kalau perlu ajak ke knsultan prkawinan atau buatlah srt ksepakatan yg isinya blmana dilanggar barulah ajukan gugatan cerai;
    - bisa dicabut oleh si pgugat.

    BalasHapus
  105. salam. saa dan istri sudah menikah 4,5 tahun, belum punya anak. kami sudah cek ke dokter. istri ga ada masalah, sedangkan saya bermasalah dengan kesuburan. Kami sepakat untuk bercerai. Apa yang harus saya lakukan? bagaimana di pengadilan agama? apa yang harus saya siapkan? terima kasih jawabannya. salam

    BalasHapus
  106. Rumus proses cerai di Indonesia:
    - mbuat n mndaftarkan srt gugatan cerai ke pangadilan brwenang
    - ada akta nikah asli
    - bs mnampilkan saksi minimal 2 org

    BalasHapus
  107. Terima kasih atas masukan yg bermanfaat. Boleh saya bertanya, bagaimana proses perceraian untuk pasangan yg tinggal di luar negeri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada praktinya sangatlah sulit pak krn hrs melibatkan KBRI negara si tergugat, sbaiknya anda hub sy secara pribadi utk bs su jelaskan secara detail. Terimakasih

      Hapus
  108. Pak, bagaimana status pernikahan saya? suami menggugat cerai dan sudah diputuskan oleh pengadilan mengabulkan gugatan suami tetapi suami sekarang ingin kembali ke saya dan tidak mau ikrar talak di pengadilan. Apakah status saya sudah bercerai atau belum dari suami saya?
    Terimaasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tdk ikrar talaq slama batas 3 bln stelah putusan maka prceraian batal.

      Hapus
    2. jadi dari sisi agama (saya dan suami beragama Islam) maupun hukum kami masih suami istri ya Pak?
      bagaimana dengan buku nikah yang sudah diserahkan ke PA? Mohon tanggapannya. Terimakasih banyak

      Hapus
  109. Slm sejahtra....mohon bri penjelasan bapak. Jika proses perceraian suda berlangsun pada sidang kesaksian apakah gugatan bisa dicabut kembali oleh pihak penggugat? Bagaimana dgn tergugat yg jg tidak menginginkan lagi pernikahan trsbt ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - bisa, slama blm putusan, gugatan bs dcabut;
      - maka tgugatlah yg bs ajukan gugatannya.

      Hapus
  110. Slm sejahtera pak..
    Saya menikah sudah 16 thn dan selama itu suami mengekang kebebasan saya seperti tidak boleh lagi berhubungan dengan teman2 lama saya apalgi cowok, sllu memantau aktfts HP, FB dan email saya, dan meminta semua kontak cowo untuk di hapus dari HP saya,padahal saya wanita bekerja dan saya mahluk sosial yg py hak untuk bersosialisasi dg org lain. Jjur saya sudah tidak tahan dengan sikap over protektif suami saya. Kesabaran saya sudah smp puncaknya saat ini, dan keluarga juga sudah tahu permslhan RT saya ini yg skg smkin sering bertengkar karena ketidak cocokkan prinsip ini. Saya ingin berpisah tp suami tidak ingin menceraikan saya dengan alasan anak2 dan bilang masih mncintai saya, tp saya justru kasihan sm anak2 jk mrk sering mlht kami bertengkar. Dia bilang akan mengabulkan permintaan saya untuk berpisah tp dia mengancam saya untuk tidak lg berhubungan dengan anak2 dan memutuskan hub saya dengan anak2 saya. Anak saya 2 umur 13 dan 10 th. krn suami tidak mau mnceraikan saya, apakah dengan alasan di atas saya bisa mengajukan gugatan cerai terhadap suami? apakah alasan tersebut kuat sebagai alasan saya untuk minta cerai sm suami? mohon penjelasan, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pd prinsipnya jika hub suami-istri sdh tdk harmonis maka hal itu sdh bisa djadikan alasan cerai, tp yg trpenting si pgugat hrs bs mnampilkan saksi minimal 2 org pd prsidangan utk mbuktikan ktidakharmonisan itu.

      Hapus
  111. sebagai tambahan pak, untuk urusan anak apakah bisa jatuh ke tangan saya mengingat suami saya akn perthnkan bhw anak2 hrs bersm dia karena perpisahan ini saya yg minta,dan apakah sidang perceraian wajib dihadiri kedua belah pihak dikarenakn pssi saya ada di luar kota dan ada kmngkinan besar suami jg tidak mau hadir di persidangan karena suami tidak ingin cerai. bagaimana solusinya pak? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya hak asuh anak didapatkan oleh sang ibu, apalagi jika si anak masih balita.
      Proses cerai di pengadilan, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami.

      Hapus
  112. mohon jawaban atas pertanyaan diatas di emailkan ke alamat : omi.heryadi@yahoo.com
    terima kasih.

    BalasHapus
  113. pak saya seoran pria pns dan sekarang saya pisah ranjang sudah 9 bulan saya bingung istri sudah mengusir saya dari rumah karena surat atas nama isteri, dan ingin bercerai tetapi dia tidak mau ngurusin, jdi sekarang ngegantung, isteri sudah melayangkan kekantor saya, karena prosesnya juga dari kantor belum ada tindakan untuk memanggil saya berdua. karena istri yang minta cerai kan berarit mereka yang menggugat kan. tetapi waktu tak suruh tandangan gugat cerai dia tidak mau. dan sekarang isteri gatau katanya despriesi dan anak-2 ikut saya apa yang harus saya lakukan. mohon penerangannya alamat email: trryy2001@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumus cerai:
      1. tentukan siapa yg jd pgugat
      2. jika pgugat nya yg pns maka hrs mnta srt izin cr dr atasan
      3. ada buku nikah asli
      4. mndaftarkan gugatan di PA sesuai wil domisili saat ini si istri [khusus pceraian Islam]
      5. bs mnampilkan saksi minimal 2 org

      Hapus
  114. pak bagaimana jika suami istri sepakat bercerai tp suami tdk mau mngurusnya dan suami tinggal di luar negri??dan kamipun blm punya anak?
    mohon solusinya.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hak ini memang sangat sulit, sy sarankan anda hub sy secara pribadi utk pjanjian prtemuan knsultasi.

      Hapus
  115. pagi pak...
    saya punya teman wanita, dya ingin cerai dengan suaminya, karena dya tidak di nafkahi secara wajar selama 2th lebih, lantaran si istri kerja...
    dari awal minta cerai sang suami tidak mau menceraikan...
    sampai sekarang wanita tersebut merasa di gantung tanpa keputusan yang jelas, malah sekarang sang suami pergi dari rumah, membawa pakaiannya, tanpa meninggalkan uang sepeserpun...
    bagaimana cara yang baik, agar dya bisa cerai dari suaminya pak...?
    suaminya mempersilahkan sang istri mengurus perceraiannya, dengan berkata"silahkan,tapi saya tidak akan mengeluarkan uang sedikitpun untuk proses itu, dan saya tidak akan mau menceraikan kamu"...
    tolong di email pak jawabannya ke saya...
    indrakurniawanz@yahoo.co.id
    terimakasih

    BalasHapus
  116. pak saya ingin bertanya mohon balasan dari bapak.thanks.
    Saya ingin mengajukan gugatan cerai kepada istri saya. saya menikah sejak 2003 sampai saat ini. selama masa pernikahan sampai hari ini di tiap bulannya pasti ada minimal 2x percekcokan yg terjadi. Itu semua dikarenakan istri saya yg terlalu sayang terhadap saya maka selalu timbul kecurigaan ,kecemburuan yg tidak beralasan dan selalu tidak pernah memiliki rasa percaya kepada diri saya.Dan selama itu juga dia selalu over protective kepada saya. setiap saat selalu mengecek keberadaan saya. saya sendiri selaku org yg suka bersosialisasi dengan org org sekitar saya sering menjadi risih dan itu semua sudah berulang ulang kali menjadi topik yg diributkan. di sini saya memiliki 3 org anak yg sangat saya sayangi. dan anak anak saya semua selalu lebih dekat kepada saya. itu semua karena istri saya tidak pernah mau tulus menyayangi anak anak saya. sebenarnya masih banyak lagi yg saya sendiri tidak mengerti bagaimana menjelaskan keluar. karena selama ini semua tekanan tekanan dalam rumah tangga ini selalu setelah kita berdua ribut saya pu berusaha melupakan sampai hari ini saya bener bener sudah lelah akan hari hari yg memalukan seperti ini. yang ingin saya tanyakan apakah hak asuh anak bisa saya dapati. dan apakah proses perceraian ini akan sulit mengingat istri saya yg sangat tidak ingin melaksanakan perceraian ini dengan alasan dia masih sangat mencintai saya.
    untuk balasannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya jika hub kel sdh tdk harmonis maka hal itu sdh bs djadikan alasan cerai. Hanya sj, bagi sy pribadi sbnarnya prmasalahan anda masih bisa dtanggulangi. Cobalah ajak bicara 4 mata dr hati ke hati atau temui konsultan prkawinan. Jgn mudah mnyerah krn itulah dinamika hidup berkeluarga.
      Ttg hak asuh anak, umumnya dipegang oleh sang istri, kcuali jika si istri trbukti berzinah.

      Hapus
  117. tye mamanya aska3 Juni 2013 21.19

    salam sejahtera pak,,
    pak hakim sudah nemberikan keputusan, tpi pihak suami minta banding ikrar talak , apakah keputusan itu berpihak kpada saya dan berapa lama turun banding itu pak? mohon di jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika banding maka bln cerai dan perkara akan diperiksa pd tingkat pengadilan banding. Kira2x bisa skitar 8-10bln [bahkan bisa lebih].

      Hapus
  118. assalamu'alaikum pak
    1.dalam cerai talak, pada saat sidang pembacaan ikrar apakah termohon (istri yg akan dicerai) harus hadir ?
    2.apabila termohon tdk hadir akan tetap dibacakan ikrar talak atau tidak?
    3.bgmn spy kekuatan penetapan hukumnya menjadi gugur hingga 6 bln ke depan?
    terima kasih.wassalam.

    BalasHapus
  119. 1. tdk hrs
    2. tetap
    3. tdk lakukan ikrar

    BalasHapus
  120. Assalamualaiqum pak,
    Apa hukumnya istri pergi dr rumah tanpa ijin suami? Lalu apakah istri masih berhak atas nafkah selama istri pergi dr rumah tanpa seijin suami?
    Terimakasih

    BalasHapus
  121. - Tdk ada hukumannya pak;
    - Secara etika tidak pak.

    BalasHapus
  122. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  123. assalamualaiQum Pak"……
    Jika istri Menggugat Cerai kepada Suami di pengadilan di karnakan Suami Meninggal kan istri selama 6-8 bulan dan tidak Menafkahi Lahir batin apaka itu Jatu talak 3
    Jika KeDua"ya Mau rujuk apaka ituh Tidak boleh ????
    Terimakasih"……

    BalasHapus
  124. assalamualaiQum Pak"……
    Jika istri Menggugat Cerai kepada Suami di pengadilan di karnakan Suami Meninggal kan istri selama 6-8 bulan dan tidak Menafkahi Lahir batin apaka itu Jatu talak 3
    Jika KeDua"ya Mau rujuk apaka ituh Tidak boleh ????
    Terimakasih"……

    BalasHapus
  125. Yth. Pengacara
    Ass.wr.wb
    Misal ..Saya sebagai termohon dari gugatan cerai yang diajukan oleh istri, apakah diperkenakan saya tdk menghadiri sidang akan tetapi saya mengirim surat izin tdk dapat hadir dan saya juga menjawab semua isi dari gugatan itu melalui surat via pos? Hal itu dilakukan krn tidak bisa meninggalkan tugas di kantor.
    Pertanyaan kedua. Intinya saya tidak mau menceraikan istri saya. Karena alasan gugatan cerai istri saya mengada2. Seandainya perceraian itu harus ada , tapi bukan dr istri saya, melainkan dari saya karena perbuatan istri saya sendiri ( lengkap dg bukti) namun tdk akan saya lakukan krn saya mencintai istri dan menyayangi anak saya, apa yg hrs saya lakukan agar perceraian atas gugatan itu tdk sampai diputuskan/dikabulkan hakim? Namun kenyataan sering terjadi, hakim memutuskan gugatan tersebut diterima walaupun alasan mengada2 tdk ada bukti dan suami tdk menceraikan.
    Mohon penjelasan, trima kasih
    wassalam achmad

    BalasHapus
  126. 1. tdk bisa, jika tdk pakai lawyer maka anda wajib hadir persidangan;
    2. proses cerai d pengadilan, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami, jika anda tdk stuju cerai maka anda wajib mnghadiri sidang dan mbuktikan bhwa dalil2xnya adalah tdk benar.

    BalasHapus
  127. Bagaimana cara menyampaikan dalil2 itu dengan benar? Utk membuktikan bhw dalm kehidupan rmhtangga kami memang tdk pernah terjadi spt yg disebut pd PP 9 TH 1975 ps 19, dan saya melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai suami.
    Istri dg melakukan nusyus/minggat dari rumah atau tdk pamit hanya sebagai upaya utk menunjukkan kpd kluarganya agar seolah2 dlm rmh tangga kami ada masalah spt pada poin f pd ps19 PP 9 TH 1975.
    mohon penjelasannya, dan trimakasi atas penjelasan sebelumnya.
    Wassalam achmad

    BalasHapus
  128. anda harus bisa mbawa saksi minimal 2 org utk mbuktikan argumen anda tersebut, intinya itu.

    BalasHapus
  129. apakah benar pak semudah itu ???istri kalo mau bercerai tidak memerlukan tanda tangan suami?? jadi sebagai suami dimata hukum tidak sah dong?? jadi apa fungsi suami dimata hukum kalo istri bisa seenaknya menceraikan suami n menikah lagi tanpa harus adanya tanda tangan suami??walaupun istri mengarang cerita kalo suaminya nggak benar,tetapi kenyataanny tidak seperti itu?? mohon penjelasannya pak... terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  130. Jika dlm gugatanya byk hal yg tdk benar maka itu adlh kewajiban anda utk mbuktikan ketidakbenaranya itu dimuka pengadilan.
    Ingat, ini negara hukum, bukan negara Islam, jadi harus ikuti aturan hukum/peraturan yg berlaku di Indonesia.

    BalasHapus
  131. selamat siang pak.... saya seorang istri yang sudah menggugat cerai suami saya. sidang pertama belum kami jalani... pertanyaan saya apa bisa pengadilan agama mengabulkan gugatan cerai saya apabila pihak suami menolak untuk bercerai? dan berapa kali sidang kah proses perceraian yang akan saya hadapi mengingat banyak orang bilang kalo yang menggugat dari pihak istri maka proses nya akan makin lama apalagi dalam pihak laki2 tidak mau bercerai... mohon info nya pak... terima kasih

    BalasHapus
  132. Proses cerai di pngadilan, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami. Yg trpenting adalah bukti dan adanya 2 org saksi yg mngetahui masalah kel anda. Proses cerai bs memakan wkt yg lama krn bs mncapai 10x prtemuan sidang bhkan bisa lebih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana kalo saksi hanya satu orang pak? atau 2 orang tapi dari orang tua smua? sedangkan yang diminta pengadilan 1 dari keluarga dan 1 dari tetangga... padahal saya bertengkar dengan suami tidak pernah ramai sampe ke tetangga...sedangkan teman saya yang tau masalah saya gak mau jadi saksi di karenakan gak mau ikut campur urusan tumah tangga saya... bagaimana kalo begitu pak? mohon info nya

      Hapus
  133. pak saya mau nanya istri yg sering meninggalkan rumah kalau dimata hukum gimana y pak,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada masalah, tidak melanggar hukum apapun.

      Hapus
  134. pak klau sidang pertama sy dan istri sy yg menggugat didak hadir..bagaimana kelanjutan sidangnya..mksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sidang dtunda utk adanya sidang panggilan brikutnya thd pihak yg tdk hadir.

      Hapus
  135. Yth Bpk Ahli hukum

    jika sepasang suami istri kristen menikah sipil dan gereja di bandung (kota kelahiran istri) lalu istri diboyong ke Surabaya (kota suami) dan istri kini sdh balik lagi ke bandung, tinggal dengan orangtua dan istri ingin menggugat cerai karena perselisihan yang terue menerus, menggugatnya ke pengadilan yg di bandung atau surabaya? Alamat suami sesuai KTP adalah di surabaya, namun dia hanya ngontrak rumah. Sebelumnya sdh 2 kali dia pindah2 rumah kontrakan. Selain itu, bisakah gugatan dikirim via email saja (soalnya kalo istri harus ke surabaya lagi ongkosnya besar, apalagi hrs bawa saksi2 dari bandung). terimakasih.

    BalasHapus
  136. di PN sesuai wilayah domisili "saat ini" si tegugat.

    BalasHapus
  137. pa sya dn suami sdh mnkah hmpir 2th,tpi dlm prnikhan qta sring brantem gara2 suami sring ktauan slingkuh,sya sdh sring mnt cerai sma dy tpi dy gk prnh mau ngsih,pdhal sya dh sring nmuin bktinya dn lngsung tmuin cwe tu,skrng sya lgi hamil 2blan tpi dy msih slingkuh lgi dn lgi,sya lpor k kluarga pngn crai krna dy sring slngkuh tpi dy ttep gak ngku,mlah skrng dy mnt bkti klw mng bner dy msih slngkuh,pdl sya dh pnya bktinya,,,,,sya bngung mau ngdu sma siapa lgi,krna ngdu kkluarga sya mlah kluarga sya d anggp ngncurin kluarga qta pdhl dri dy sndri mslh nya dtang smpai sya mnta crai ma dy,gmna slisinya,tlong jwab,
    trmakasih pa

    BalasHapus
  138. Pada prinsipnya jika hub kel sdh tdk harmonis maka hal itu sdh bs djadikan alsan cerai dlm srt gugatan cerai.
    Jika ibu sdh yakin tdk bisa mperbaiki hub kel-nya maka ibu tinggal daftarkan srt gugatan cerai ke pengadilan brwenang.
    Proses ceraidi pengadilan, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami.
    Tapi saran sy cobalah pikir2x lagi, jgn lah mudah mnyerah, setiap masalah pasti ada solusinya.

    BalasHapus
  139. Pa, sy seorg istri, sdh 7th menikah. Suami sy muallaf. Sejak awal keluarga suami menolak masukx sy dlm keluarga mereka, kecuali bila sy bersedia 1 keyakinan (mf non muslim) dg mereka.11th sejak masa pacaran sy berusaha meluluhkn hati klrgx tp mereka tetap dingin thdp sy, tp sm skli tdk berpengaruh dg keharmonisan rt kami karna hub suami sy dg klrgx sngtlah renggang. N bertahun sy mencoba mendekatkan mereka . Setahun lalu sy n suami bertengkar krn hal kecil, lalu suami menginap di rmh ortux, sjk saat itu suami yg tdx sngt menyayangi sy n anak² berubah drastis, terutama pd sy : sngt membenci. Dy sll menyakiti hati bahkan mlkukan kdrt, yg sy ketahui perbuatan itu adlh perintah dr klrgax. Dy pun berterus terang kl klrgax mnyuruh dy melkaukan kekerasan pd sy. Setahun ini sdh berulang x dy mentalaq sy n berniat akn keluar dr agama islam. Skrg dy menelantarkan sy n anak² tnp ada kbr sm skli. Sejujurx sy tdk ingin bercerai tp tidak ada pilihan lain, krn semakin sy mengalah harga diri sy n keluarga sy emakin diinjak. Dlm konflik spt inii, sebaikx sy sbg pihak tergugat ato penggugat ? Lalu apakah nanti utk hak asuh n nafkah anak sy bs dpt jaminan hukum mengingat sy IRT n dua anak sy msh balita, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Sbaiknya sbg pgugat;
      - Bisa, dlm gugatanya anda harus mncantumkan tuntutan hak asuh anak dan nafkah utk si anak;
      - Tdk ada jaminan apa2x dari pngadilan, tetapi putuan pengadilan merupakan hukum yg kuat.

      Hapus
  140. Yang terhormat bapak...

    Saya mau tny, suami saya seorang PNS melakukan yang katanya nikah siri, ternyata beberapa hari kemudian si wanita menunjukan buku nikah nya, suami saya sempat kaget ternyata dia merasa di tipu oleh wanita itu, dia mendaftarkan penikahanya diam-diam suami saya tidak tau, klo buku nikah itu benar ato palsu, masalahnya sekarang suami saya ingin menceraikan wanita itu karena suami saya sudah sadar apa yang telah dilakukan oleh wanita itu terhadapnya, tp wanita itu tidak mau di cerai kan malahan dia minta suami saya mencerai kan saya klo suami saya tidak mau wanita itu akan melaporkan kepada instansi suami saya, suami saya takut karena dia tau akan di pecat, akhirnya dengan perasaaan menyesal dia meminta saya untuk menggugat cerai dia, krn permintaan wanita itu, memang awalnya kami juga selalu ada malasah, dan bertengkar terus menuruss hingga akhirnya suami saya mencari wanita lain, tp suami saya sudah menyadari kesalahnya dia tidak ingin mencerai kan saya, tp dia tdk bisa berbuat apa-apa lagi krn ancaman dari wanita itu, pernikahan antara suami saya dengan wanita itu awalnya hanya ingin nikah siri, tp masalahnya suami saya tidak mengerti yg namanya nikah siri jd dia merasa tertipu oleh wanita itu, dia memalsukan data2 suami saya, yang jadi pertanyaan saya adalah :

    1. Bisakah wanita itu melapor ke kantor suami saya, dan apakah suami saya akan di pecat?
    2. Atau bisa kan suami saya menggugat cerai wanita itu tanpa sepengetahuan nya, krn di buku nikah suami saya bekerja sebgai pegawai swasta, klo mang bisa gmn caranya? Karena buku nikah di pegang oleh wanita itu.suami saya sudah benar- benar tidak tahan dengan perlakuan wanita itu yg mengancam nya terus menerus, bertindak semau nya saja, suami saya merasa sudah di sadar kan oleh Tuhan krn ternyata perempuan itu tidak baik niatnya.
    3. Menurut bapak apa yang bisa dilakukan suami saya,agar dapat mencerai kan wanita itu tanpa sepengetahuan nya, atau solusi apa yang dapat abapak berikan agar suami saya tidak di pecat dari PNS nya, jujur saya sudah iklas dan memaafkan suami saya, saya hanya kasian sekarang dengan dia, krn selalu mendapat tekanan dari wanita itu.

    Atas bantuan dan saran nya saya ucapkan banyak terima kasih,


    BalasHapus
  141. Pak penacara YTH ,
    Istri saya pergi dari rumah tanpa seijin saya dan membawa ke 2 anak saya yang masih balita,secara diam2 istri menggugat saya tetapi saya tidak diberitau tentang jadwal sidang dan no perkara.
    1.Apakah pengadilan akan tetap keluarkan keputusan cerai,sedangkan alasan saya tak dapat menghadiri sidang karena saya masih baru bekerja disebuah perusahaan swasta dan pengadilan sering kali saya telp tapi tak menjawab pertanyaan saya.
    2.Apakah hakim akan tetap menjatuhkan hak asuh anak kepada istri yang berkelakuan buruk seperti merokok dihadapan anak saya dan sering membentak2 saya?
    Saya tak ingin bercerai karena saya pikirkan anak2 saya setelah perceraian
    Mohon jawaban dan solusinya ya pak sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
  142. 1. liat dulu gugatannya, apkah almat anda sdh benar, jika tdk benar maka ajukan keberatan ke pngadilan/hakim. Sgt jarang pihak pngadilan meladeni via telp, datang lgsung ke pngadilan pak.;
    2.Jika mnrt anda si istri tdk layak mndapatkan hak asuh anak maka anda wajib mbuktikannya kpd hakim dlm proses persidangan;
    - Proses cerai di pngadilan, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami.
    - Solusinya, anda hrs mnghadapi proses sidang, buktikan ke hakim bhwa prkawinan anda masih harmonis, bawa saksi2x yg mndukung keinginan anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bp yang terhormat
      saya mhon solusi dari permasalahan rumah tangga saya.

      saya seorang suami yang digugat cerai oleh istri tetapi belum sampai pengadilan. terus terang saya tidak mau karna masih cinta, selain itu karna alasan yang dia berikan tidak jelas sama sekali. di antara alasan nya itu katanya saya tidak pernah memberikan nafkah lahir maupun batin. padahal sebenarnya tidak begitu permasalahannya. menurut sy masalahnya adalah istri saya tergoda oleh laki2 lain tanpa sepengetahuan saya. memang saya tidak pernah menemui langsung, tapi dari gelagatnya yang kalau dirumah sering tidur di kamar lain dan dikunci, lalu ketahuan sy dia sms an jam 12 malam dg lelaki meskipun gak mesra tp mnrut sy salah karna tanpa sepengetahuan sy sms ny dihapus, padahal dia tidak tahu kalo saya sudah membacanya. permasalahannya :

      1. bagaimana agar di pengadilan, agar hakim tidak mengeluarkan putusan cerai?
      karena sy tahu kalau semua alasan yang dia berikan cuma kamuflase, yang sebenarnya adalah hatinya tergoda lelaki lain

      saya tidak ingin istri saya terkena tipu daya lelaki lain sesaat, yang dapat menghancurkan rumah tangga kami seutuhnya. terima kasih

      Hapus
  143. Salam hormat pak pengacara.
    Sy seorg istri, belakangan sy berpikiran utk memproses scra hukum tindak KDRT fisik maupun psikis yg t'lah dilakukan oleh suami sy setahun belakangan krn hasutan ortux yg memang sjk awal tdk merestui sy dg suami. Ortux sll mempengaruhi suami utk merendahkan sy scra fisik n mental dg tujuan supaya kami berpisah. N entah knpa suami sy mengikuti pengaruh itu. Bahkan skr suami tengah menelantarkan sy n anak tidak mengirimkan uang nafkah kpda kmi. komunikasi pun terputus sepihak. Tp selama ini sy berusaha bersabar n sm skli tdk berniat memperkarakan shg skr saat sy berpikiran utk membawax ke jalur hukum sy sm sekali tdk pny bukti/saksi. Yg meliat penganiayaan suami thdp sy hny anak². Tp cacat fisik pd gangguan di telinga akibat penganiayaanx msh ada. Pertanyaan sy dg kondisi spt ini apkah sy msh bs membawa mslh ini ke jalur hukum, apa sj yg perlu sy persiapkan, n apakah anak sy yg msh berusia 7 th blh memberikan kesaksian. Trmksi

    BalasHapus
  144. Jika maksud ibu melaporkan kdrt secara pidana, maka anda harus divisum dulu bu, dan mhn maaf kami bukanlah ahli dlm bidang hukum pidana.

    BalasHapus
  145. Pa saya seorang istri yg sudah menikah +/- 16 tahun, saya tidak diberikan nafkah lahir oleh suami saya selama masa perkawinan saya.Saya bekerja dan punya anak 2 [10 thn dan 14 thn]. Selama ini saya mencoba bertahan untuk anak-anak. Sekarang sy sudah tidak tahan lagi. Apakah ini cukup utk mengajukan gugatan cerai? boleh sy minta alamat email bapak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya jika hub kel sdh tdk harmonis maka hal itu sdh bs djadikan alsan cerai dlm srt gugatan cerai, namun yg trpenting dlm proses cerai di pengadilan adlh adanya saksi 2 org yg dpt mnjelaskan alsan cerai anda.
      email: latiefnas@gmail.com

      Hapus
  146. saya tambahkan..suami saya tidak bekerja, dulu kami sering di support oleh keluarga suami, sekarang malah jarang.

    BalasHapus
  147. Salam Hormat Pak,
    saya seorang pria dan belum menikah, namun kekasih saya telah dijodohkan dan dinikahkan di semarang pada seorang pengangguran dengan paksaan dari orangtua kekasih saya dan sampai saat ini telah menikah selama 2 minggu, kekasih saya dengan sangat terpaksa mau mengikuti keinginan orangtuanya karena tidak ingin terjadi apapun dengan orangtuanya jika ia menolaknya.
    Suaminya saat ini pun sudah mengetahui bahwa kekasih saya menyesal karena telah menikah dengannya.
    Saat ini kekasih saya tinggal di kosan di daerah bintaro tangerang.

    Karena kami masih saling menyayangi sehingga kekasih saya ingin kembali pada saya dan ingin cerai dengan suaminya.
    yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. bila baru menikah selama 2 minggu, apakah bisa langsung mengajukan perceraian?
    2. Dalam kasus kami, alasan tepat apakah yang dapat digunakan untuk mengajukan perceraian?
    3. Apakah proses perceraian dapat dilakukan di Tangerang?
    3. Kelengkapan data/surat apa sajakah yang dibutuhkan untuk proses perceraian?

    Kiranya Bapak sudi untuk memberikan pencerahan kepada kami. Terima Kasih pak. bolehkah saya minta alamat email bapak?

    BalasHapus
  148. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  149. kepada YTH
    ada yg saya mau tanyakan kepada bapak

    saya mempunyai adik perempuan yg mau menggugat cerai suaminya..
    dan baru mempunyai satu orang anak berumur 1 tahun 6 bulan.
    mungkin tidak ada lagi kecocokan antara mereka .
    si suami sudah mengucapkan kata talak kepada adik saya

    yg saya mau tanyakan untuk proses perceraian dan untuk mendapatkan bukti janda
    kita harus masuk ke pengadilan.
    bagaimana menghadapi pengadilan tersebut tetapi si suami menuntut hak asuh anak kepada si suami sedangkan adik saya pengen hak asuh pengen berasama ibunya bukan sama bapaknya..
    dan bagaimana kalau ada tuntutan dari si suami kepada adik saya sebagai penggugat .?
    apakah itu syah secara hukum ?
    seberapa lamakah proses persidangan itu berlangsung dan harus mengeluarkan berapa biaya untuk persidangan tersebut.?

    dan apabila si suami tidak setuju dan meminta naik banding apa bisa ?

    BalasHapus
  150. Pak,pernikahan sy sdh tahun ke 3,sejak menikah sampai thn ke 2,sy tdk pernah diberi nafkah bathin,stelah thn ke3 suami sy mulai mau namun selama setahun baru 5x,skrng sy mulai bosan dan kesabaran sy habis,apakah ini bisa dijadikan alasan untuk menggugat cerai,namun nafkah lahir tetap diberikan. Terima kasih

    BalasHapus
  151. Selamat siang, pernikahan saya sudah berjalan hampir 10 th dan mempunyai anak 3, saya ingin menuntuk cerai suami saya karena KDRT beberapa kali, bukti foto2 memar setiap kali di pukuli ada dan saksi yang melihat saya dipukuli juga ada, apakah saya bisa menuntut perceraiaan ini dan mendapatkan hak asuh anak saya, karena suami saya mengancam tidak akan mau menceraikan saya, sementara dia juga sudah ada wanita lain tetapi saya belum bisa membuktikan dengan mata kepala sendiri, hanya dari handphone suami saja yang bisa saya baca bahwa ada perempuan yang selalu berhubungan dengan suami, mohon petunjuknya. Terimakasih

    BalasHapus
  152. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  153. pak sy seorang istri yang digugat cerai suami. usia pernikahan sy sdh 13 th sdh punya anak 2. sy bekerja di bdg dan suami di jkt. saya masih mencintai suami jadi sy tidak mau dicerai. saya sdh datang ke PA agama tapi baru dimediasi tetapi suami tetap pingin cerai. apakah yang harus sy lakukan?

    BalasHapus
  154. Anda hrs dtg terus ke persidangan dan usahakan bisa kasih bukti dan saksi bahwa hub kel anda masih bisa diperbaiki dan masih harmonis.

    BalasHapus
  155. maaf nih pak yang saya tanyakan agak melenceng dari bahasan bapak,,

    ayah saya seorang PNS dan ibu saya ibu rumah tangga. Nah ayah saya sudah ketahuan nikah lagi tapi diperkirakan nikahnya nikah siri jadi tidak bisa mencari bukti ke catatan KUA. Bukti yang diperlukan ibu saya untuk menggugat ayah saya itu apa saja pak kalau boleh saya tahu?
    saat ini ibu saya juga sedang mencari pekerjaan agar tidak menjadi masalah saat dipengadilan terutama hak asuh anak.
    terima kasih banyak atas jawaban dan perhatian bapak.

    BalasHapus
  156. Bukti foto dan saksi2x yg mngetahui adanya prnikahan siri tersebut.

    BalasHapus
  157. pak,saya seorang suami yang ditinggal oleh istri hampir 2 minggu ini

    Awalnya tidak ada permasalahan dalam rumah tangga kami namun ketika istri ke rumah orang tua nya istri meminta cerai dan saya shock mendengarnya awalnya saya tidak mengerti semua ini namun ketika istri saya bicara 4 mata ada desakan dari orng tuanya antara memilih suami danorang tuanya jika istri saya mengikuti saya maka tidak akan di anggap anak oleh orng tuanya

    sudah berbagai cara saya bujuk istri saya namun bingung jawabannya dan meminta maaf

    suatu hari istri saya bilang bahwa jika saya tidak mau bercerai maka akan dilakukan cerai mati dan di urus oleh ortunya

    surat nikah pun telah dibawa oleh istri saya

    saya memikirkan anak saya saat ini umur 2 tahun

    saya mohon pencerahannya karena beberapa minggu ini istri akan lakukan perceraiaanya

    bagaimana saya harus menghadapinya apakah perceraian tetap jalan tanpa adanya suami

    mohon sarannya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses cerai di pengadilan, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami.
      Jadi jk anda tdk stuju cerai maka anda sbaiknya mnunggu dan mnghadiri prsidangan, lalu buktikan ke hakim bhwa hubungan anda dgn istri tdk layak utk cerai, sertakan saksi minimal 2 org yg bs mbrikan keterangan bhwa anda dan istri masih baik baik saja.

      Hapus
  158. Pak Mohon Pencerahannya, istri saya seorang PNS dan sedang mengajukan cerai ke PA dengan alasan tidak harmonis lagi, sedangkan yang saya rasakn masih harmonis. Semua keluarga istri mendukung saya untuk mempertahankan perkawinan ini. mohon sarannya agar gugatan istri tersebut bisa saya mentahkan/batalkan. Terimkasih.

    BalasHapus
  159. Sy dpt istilahkan, bahwa proses berperkara di pengadilan itu pemenangnya adalah yg kuat bukti dan saksi. Jadi, kalo bpak mau agar hakimnya tdk mengabulkan gugatan istri bapak maka bapak harus kuat mberikan bukti dan saksi kpd hakim ttg masih harmonisnya hub anda dgn istri, pak.
    Ingat, saksi minimal 2 org.

    BalasHapus
  160. pak mohon petunjuknya, jika seorang PNS yang mempunyai seorang anak. dan ingin melakukan perceraian. krn tidak ada kecocokan. dimana si istri telah meninggalkan si suami dan membawa anak, akta lahir dan surat nikah. apkah proses perceraian bisa dilakukan di wilayah suami dimana pada saat melangsungkan pernikahan di lakukan di tempat istri dengan beda wilayah. apakah proses ini bisa dilakukan? trims mohon email ke alfendi10@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika keberadaan istri tdk diketahui maka br bs dilakukan pceraian di PA wilayah domisili suami dgn mbuat trlebih dahulu srt ket domisili terakhir si istri dr ktr kelurahan.

      Hapus
  161. pak...saya ditinggalkan oleh suami tanpa penjelasan...ternyata setelah di tinggal pergi byk orang2 menagih hutang pada saya...padahal setahun belakangan ini saya hidup miskin & 3 bln terakhir ini (seblm suami pergi) suami saya tidak menafkahi saya sama sekali...maka dari itu saya mau cerai sepihak secara islam. apakah bisa & syarat2 jg brp biayanya? berhubung saya jg tidak bekerja. terimakasih (tolong email ke ocha.f4@hotmail.com)

    BalasHapus
  162. Sebaiknya cerai secara negara. Ingat, negara kita bukan negara Islam tp negara hukum. Kalau nanti sdh cerai secara hukum maka br kah anda bs mngelak dr si penagih hutang trsebut dgn cara anda mnunjukan akta cerai nya.

    BalasHapus
  163. saya seorang "suami" 2 anak yang tiba-tiba menjadi duda setelah beberapa waktu lalu "istri" saya memberitahukan nomor surat cerai kami. dengan sadar dan ingat saya tidak pernah menandatangani atau menghadiri sidang cerai kami. saya pun tahu ternyata ada orang yang pura-pura menjadi saya dan menggantikan saya saat persidangan.
    apakah akte cerai saya bisa di gugurkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dan itu pidana penggelapan pak, adukan saja ke polisi jika anda punya bukti.

      Hapus
    2. akte nikah itu sudah hampir satu tahun pak, apakah masih bisa di gugat?,,, bukti berupa pelaku yang menggantikan saya sudah saya ketahui, dan alamat surat waktu sidang pun berbeda dengan alamat KTP dan saya sudah meminta surat keterangan pada RT RW setempat yang menytakan saya tidak pernah tinggal ditempat tersebut.

      Hapus
  164. pak bagaimana jika suami saya tidak mau menceraikan saya dan buku nikahnya di pegang olehnya.saya mau cerai dengan dia karena saya tidak tahan lagi menjadi isti yang kedua lagi pula kami menikah tanpa restu istri pertama,bagaimana pendapat bapak

    BalasHapus
  165. Proses cerai tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami.
    Bukunikah bisa diusahakan utk pmbuatan duplikatnya di KUA.

    BalasHapus
  166. yth.
    saya seorang pns. saya degan istri saya sudah pisah selama 1 thn lebih. saya non muslim. saya ingin mengajukan perceraian tp kpla kntor saya meminta ttd dari istri saya dulu. kita mempunyai 2 orang anak. setelah bln desember kemarin dia kembali kepada ortu saya dan mereka menerima dia, tetapi saya sdh tdk lg merasa pingin kembali dengan alasan dia sdh meninggalkan saya terlalu lama. bagaimana solusinya agar saya bisa mengajukan perceraian dengan istri saya. mohon petunjuk.. thankz.

    BalasHapus
  167. Pd prinsipnya anda sbg seorang PNS wajib mndapatkan srt izin cerai dr atasan dulu, jk itu tdk keluar maka anda tdk bs cerai. Solusinya adalah, anda hrs proses dulu srt izin cerai dr atasan.

    BalasHapus
  168. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  169. Pak saya mau tanya saya menikah udh hampir 1thn tp skrg udh pisah ranjang istri saya pulang kermh org tuanya begitu saya mau jemput istri gak mau pulang mau ngajak ber cerai..jd begini pak istri saya nuntut saya bercerai tp saya tdk mau..saya mau bercerai tp hak asuh anak bisa gak saya yg ambil..alasan bercerai cuma gara2 saya lg gak ad kerjaan di tunggu jwban nya mksh

    BalasHapus
  170. Salam hormat pak
    Jd begini ceritanya istri saya mau gugat saya tanpa alasan yg jls ktnya udh gak betah gak nyamam tingal satu rmh sm org tua saya..istri saya kurang ajar pak gak sopan..skrg istri saya tinggal di rmh org tua nya dan dia gak mau pulang dan mertua saya terlau bnyk ikut campur urusan rmh tangga saya ngelarang2 istri saya biar gak pulang kermh saya..skrg istri mau ngajak saya bercerai tp saya kagak mau...saya mau bercerai tp dngn alasan hak asuh anak saya yg ambil tp istri saya gak mau ksh hak asuh kepada saya...jd menurut bapak gimana solusinya apa bisa hak asuh anak suami yg ambil...mslhnya yg mau bercerai istri saya cm alasa gak betah sermh sm mama saya
    Mohon pendapatanya pak bisa gak hak asuh anak suami yg ambil
    Mksh pak

    BalasHapus
  171. Selamat pagi pak
    Mau nanya lg ni barusan saya dpt kbr klo istri saya lg jln sm cwok lain, jd begini pak saya mau gugat cerai kira2 hak asuh anak saya selaku suami bisa dpt gak hak asuh anak...istri saya udh jls2 selingkuh

    BalasHapus