25 Mei 2010

Syarat Mutlak Perceraian di Pengadilan

Berdasarkan undang-undang yang berlaku maka dapat dirumuskan syarat-syarat mutlak perceraian di pengadilan adalah: Kelengkapan berkas-berkas dan Kehadiran saksi.
Berikut penjelasannya;

I. Kelengkapan berkas-berkas:
  1. Akta perkawinan/buku nikah (ASLI, bukan photocopy);
  2. Akta lahir anak;
  3. KTP & KK; dan
  4. Bukti-bukti pendukung lainnya.
II. Kehadiran saksi:
Kehadiran saksi pada sidang acara pembuktian adalah suatu keharusan dalam proses cerai di pengadilan.
  1. Minimal dua orang saksi ditampilkan pada saat sidang pembuktian saksi;
  2. Saksi adalah orang yang benar-benar mengetahui permasalahan perkara yang dialami si istri (atau si suami);
  3. Saksi adalah orang yang melihat dan/atau mendengar permasalahan atau alasan cerai;
  4. Saksi biasanya adalah: anggoga keluarga (orang tua/saudara kandung/sepupu, dsb) dan kerabat dekat (sahabat/baby sitter/driver, dsb).

541 komentar:

  1. Jika proses perceraian dilakukan di Pengadilan Agama, apakah bisa menghadirkan saksi dari keluarga yang beragama non muslim? terima kasih.

    BalasHapus
  2. Ya bisa! pada prinsipnya saksi adalah orang yg mngetahui permasalahan/alasan cerai baik secara melihat lgsung dan/atau mendengar lgsung.

    BalasHapus
  3. saya menikah di palembang.apakah saya bisa mengajukan gugatan cerai saya di pengadilan agama dijakarta??

    BalasHapus
  4. Kalau anda seorang istri (moslem) maka bisa, namun dgn ktentuan-ktentuan yg berkiblat pd UU.

    BalasHapus
  5. apakah pengadilan agama berhak untuk menolak gugatan cerai tanpa memanggil pemohon terlebih dahulu apabila ada surat permohonan rujuk dari dari termohon??

    BalasHapus
  6. Tidak. Krn gugatan sudah didaftar maka pncabutan gugatan juga harus melalui pengadilan.

    BalasHapus
  7. kl blum punya kk
    apa bisa melakukan gugatan(suami)
    apa syaratnya?
    mhon pnjlasan

    BalasHapus
  8. Iya, tetap bisa. Yg penting anda punya akta perkawinan/buku nikahnya.
    Syarat2xnya:
    - mbuat gugatan cerai
    - daftarkan gugatan ke pengadilan brwenang
    - mnyertakan akta perkawinan/buku nikah, akta lahir anak2x, ktp, kk [jika ada]
    - mnampilkan saksi minimal 2 org

    BalasHapus
  9. bgaimana kalo kita terucap kata cerai
    apa sudah termasuk dalam talak
    mohon bimbingannya

    BalasHapus
  10. Secara Islam, ya! namun toh pada realitanya tetap sj yg diakui adalah hukum negara, jadi tetap harus dilaksanakan proses cerai di pengadilan.

    BalasHapus
  11. saya merantau mningglkan istri(blum pnya anak)
    dikrenakan jg krna cekcok dlam rmh tangga
    kata talak sudah
    tp proses hkum blum
    jd apa sanksi bg saya?

    BalasHapus
  12. Tidak ada sanksi secara hukum pak, namun mnurut sy ini masalah norma saja. Sy sarankan sebaiknya anda hub istri anda lg, ajak brtemu dan cobalah hadapi masalah dan mncari solusi yg terbaik untuk kalian.

    BalasHapus
  13. Berapa lama sih pak akta cerai itu selesai terhitung setelah jatuh putusan dan berapa biaya untuk mengambil akta tersebut?

    BalasHapus
  14. Biasanya skitar 1-3 minggu setelah sidang putusan, dan tidak ada biaya lagi bu [sdh termasuk biaya pd pendaftaran gugatan]

    BalasHapus
  15. Pada saat sy mndaftarkan gugatan disitu sy baru tau kl buku nikah saya Aspal, tp gugatan tetap dilanjutkan pd saat itu sy membayar biaya panjar perkara Rp.391.000 & Mr. X (yg menerima pendaftaran gugatan)minta biaya Rp.200.000, pada panggilan 1 sy hny by phone dan pada saat pembacaan putusan sidang saya diminta kmbali 1.5 bln lagi. Setelah klr sidang Si Mr. X (org pengadilan) menawarkan apa bila ingin 1x sidang saya hrs byr Rp. 1jt, stlh uang saya byr 2 mggu kmudian Mr. X saya tlp untuk menayakan kabar srt saya dan disitu dia bilang dan apakah ada biayanya lagi, disitu dia bilang " gampang yg penting kamu ngerti aja dan biayanya sama sprti yg sdh qt bicarakan kmrn" kalo begitu kan berarti dia minta Rp.1jt lagi. Heran deh kita lagi susah kok malah di bikin susah lagi.


    Terimakasih sebelumnya atas penjelasan Bapak

    BalasHapus
  16. slamat malam pak, saya sudah mengajukan gugatan cerai & akan menghadapi sidang pertama. Keputusan cerai saya ini ditentang oleh kluarga saya, krn slama ini mereka melihat tidak ada masalah di rumah tangga kami. Karena memang saya tidak pernah cerita masalah rumah tangga saya pada orang lain. Suami tidak pernah memiliki rasa percaya dan selalu curiga kepada saya, padahal saya selalu menuruti permintaannya & mengatakan hal sebenarnya ttg kegiatan saya. Bahkan dia bisa baca email dan sms pribadi saya. Di gugatan cerai saya memberikan alasan tidak adanya kepercayaan suami dan selalu curiga. Tapi sy diberitahu bahwa alasan tsb tidak kuat dan saya beresiko gagal di pengadilan nanti. Saya takut pak, saya tdk ingin kehilangan anak saya, tapi saya juga sdh tidak mencintai suami lagi. Suami tdk pernah mau menceraikan saya. Mohon petunjuknya pak. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  17. Yth ibu;
    sy pun pesimis bhwa alasan cerainya ibu itu agak tidak kuat. Alasan cerai itu sdh diatur dlm UU bu [kalau muslim maka silahkan cek Kompilasi HukumIslam]. Jika alasan crai ibu mengarah pd hal 'perselisihan terys menerus yg tdk dpt didamaikan lg' maka alasan itu memang ada dlm UU, tinggal ibu wajib mnghadirkan saksi utk mbuktikan alasan cerai ibu trsebut.
    Cobalah didiskusikan dgn pengacara bu.

    BalasHapus
  18. Pak, terima kasih atas jawaban bapak diatas. Tapi apakah saya harus menyewa seorang pengacara? saya tidak punya banyak uang untuk menyewa seorang pengacara. Menurut Bapak, apa yang harus saya lakukan, jika seperti ini. Terima kasih atas bantuan dan arahan Bapak.

    BalasHapus
  19. Anda tidak harus pakai pengacara krn memang proses cerai di pengadilan tdk mewajibkan pakai pengacara. Namun tdk ada salahnya anda coba pakai jasa pengacara dari LBH, cobalah datang ke pengadilan negeri setempat, sy yakin ada LBH nya.

    BalasHapus
  20. terima kasih banyak pak atas jawabannya.

    BalasHapus
  21. Ass..
    1. Apakah istri boleh menggugat cerai suaminya karena alasan tidak cocok dengan sikap dan prilaku suami, kondisi sekarang sudah pisah ranjang selama 1 tahun lebih....
    2. Ketika buku nikah disimpan oleh suami (yang tidak mau dicerai) dan dikatakan hilang, bagaimana kompensasi administrasinya..
    Wass...

    BalasHapus
  22. 1. ya! boleh dan syah dimata hukum negara Indonesia;
    2. buku nikah asli sgt-lah penting utk bukti di acara persidangan pmbutkian nanti, usahakanlah mndapatkannya, jika sulit cobalah dtg ke KUA dimana dulu anda menikah.

    BalasHapus
  23. saya hamil diluar nikah, kemudian saya menikah saat saya sedang hamil 3 bulan, setelah menikah 5 hari suami saya melakukan kdrt, dengan berperilaku kasar, dan masalah itu karena ada campurtangan orgtua suami,malam itu kedua orang tuanya datang ke kost saya dan suami kemudian orgtuanya melakukan intimidasi kepada saya dengan kata-kata kasar.dan suami juga ikut-ikutan memojokkan saya bahkan melakukan beberapa kali tamparan. sejak saat itu saya tinggal bersama orang tua saya diklaten. saya berfikir akan menggugat cerai dia setelah anak saya lahir karena permasalahan malam itu, dan karena saya tidak merasa ada kecocokan lagi,kami sering bertengkar dengan kata-kata kasar melalui sms/telp, selain itu suami tidak pernah memberikan nafkah yang layak(hanya uang kontrol dokter 400rb/bulan) sampai saat ini...

    1.)kami menikah di KUA ngemplak-jogja, tapi kami pisah rumah sejak 5 hari setelah pernikahan karena KDRT tersebut,dan saya tgl di klaten(rumah orang tua.bisakah saya menggugat cerai di PA klaten?

    2.)apabila suami saya tidak mau menandatangani surat cerai atau bahkan tidak mau hadir dalam persidangan nanti apakah saya tetap bisa bercerai?

    3.) apakah menutut bapak saya bisa bercerai dengan pokok permasalahan saya tersebut???

    BalasHapus
  24. 1. Bisa. [PA brwenang adalah PA sesuai domisili saat ini si istri].
    2. Tidak ada srt cerai, tdk perlu tndatangan suami, kalau tak mau hadir maka proses sidang tetap bisa berjalan secara syah.
    3. Sgt bisa sekali, yg penting ibu pegang buku nikah dan ada saksi minimal 2 org.

    BalasHapus
  25. Ass Pak,

    saya menikah dgn pria wna dan skrg saya tinggal di eropa.saya menikah 1 thn lalu di KUA jkt.Sejak 1 bln lalu saya pisah dgn suami,krn dia mengusir saya,untuk yg kedua kalinya.dan dia sering mabuk.

    yg saya tanyakan :
    1.apa proses perceraian sm antara wna dan wni?
    2.Suami tdk mau cerai,tp saya tetap menginginkan hal itu.apa hal tersebut tetap bs berjalan?
    3.berapa lama proses perceraian?
    4.apakan alasan krn dia sering mabuk dan mengusir saya dr rumah,bs menjadi landasan saya untuk mengajukan gugatan cerai?

    terima kasih atas jawaban bapak

    BalasHapus
  26. 1. sama, selama menikah di KUA maka nantiakt cerainya tetap dari pengadilan agama Indonsia.
    2. proses cerai di pengadilan tdk memerlukan persetujuan dan ttd suami.
    3. umumnya skitar 3 bulanan.
    4. bisa sj, yg penting dlm proses cerai adalah buku nikah asli, bukti2x dan saksi min 2 org.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  28. sore pak saya ingin bertanya apakah boleh saya mengajukan gugatan cerai setelah saya dipulangkan slama hampir 4bulan kerumah orang tua saya.sya ingin mengajukan gugatan cerai tapi smua berkas sudah dibawa pergi ma suami saya seperti buku nikah,kk,sama akte klhiran anak.dan apa bisa saya memenangkan hak asuh anak pa?soalnya saya sudah hampir 4 bulan ini baru bisa bertemu 1 x dengan putri saya,sedangkan anak saya berumur 4thn mksh pak saya butuh komentar dr anda..........

    BalasHapus
  29. Boleh bu, yg penting jika keadaan/hub keluarga sdh tdk harmonis dan terusmenerus trjadi prselisihan yg tak bs didamaikan lg maka bisa diajukan gugatan cerai;
    - Bisa bu, umumnya hak asuh anak dipegang si ibu asalkan si ibu tdk berzinah/selingkuh.

    BalasHapus
  30. Selamat sore Pak,

    Saya baru saja menerima surat gugatan cerai dari istri saya.

    Kalau boleh, saya ingin bertanya beberapa hal mengenai proses perceraian.

    1. Jika saya memutuskan untuk tidak hadir, dan kemudian diputuskan. Apakah pengadilan akan tetap mengirimkan berkas putusan ke saya? Hal-hal yang digugatkan sangat mengada-ada dan cenderung konyol, tapi saya tidak ingin memperpanjang karena sudah lebih dari 3 tahun pisah ranjang.

    2. Atau akankah lebih baik jika saya memutuskan untuk datang dan melakukan sanggahan? Pun ketika saya juga setuju untuk bercerai?

    Terima kasih sebelumnya pak. Salam :)

    BalasHapus
  31. 1. iya, setelah kira2x 1 minggu stelah sid. acara pmbacaan putusan, pihak pengadilan akan kirim srt putusannya ke almat trgugat.
    2. jika andapun jg sdh stuju cerai maka sy stuju pd rncana awal anda, krn lebih cepat dan simple.

    BalasHapus
  32. Terima kasih atas tanggapannya Pak Nash.

    Salam :)

    BalasHapus
  33. selamat Pagi pak..

    Hubungan saya dan suami tidak harmonis lagi sejak setahun yg lalu setelah ketauan dia selingkuh, bahkan dengan beberapa wanita.
    sejak Juni 2010 pisah ranjang, tak memberi nafkah lahir apalagi batin.dan skrg kami sudah pisah rumah sejak nopemer 2010.

    saya ingin menggugat cerai suami sy, krn sy tak tahan lagi jika melihat perempuan selalu ada di tempat tinggalnya jika sy kebtulan kerumahnya untuk bicara soal cerai.

    Bisakah saya menggugat cerai tanpa saksi? kami dirumah hanya berdua. lali siapa yg di jadikan saksi jika tidak ada yg mendengar/melihat percekcokan kami?

    apakah jika tidak ada Saksi tidak sah??

    BalasHapus
  34. 1. Tidak mungkin bisa cerai jika tdk ada saksi [minimal 2 org]
    2. Usahakan dan rencanakanlah dahulu, krn saksi min 2 org adalah syarat mutlak/prosedur dari proses cerai di pengadilan.

    BalasHapus
  35. sy mw bertanya bgaiamanakah proses perceraian secara catatan sipil dan apa saja syarat2nya. krna sy mw mengajukan gugatan cerai ke istri sy di krnakan tdk adanya kcocokan lg dan perbedaan agama.trmksh

    BalasHapus
  36. Utk prosesnya silahkan klik:
    http://masalahperceraian.com/index.php?c=2

    BalasHapus
  37. Ass, pak
    sya tggal d bekasi, istri d sulawesi
    sya ingin menggugat cerai krn sdh 3 thn pisah,kmi memang sdh tdk ad kcocokan lg.kami pny anak 1
    jka sya(suami) mngajukan gugat cerai,tp akta klhiran anak dpgang istri & dia tdk mau mmbrikan..
    bgaimana dgn klngkapan berkas2 yg hrs mlmprkan akta lhir anak,
    mhon petunjuk?

    BalasHapus
  38. Yth Bapak;
    sesuai dgn pasal 156 KHI diatur bhwa jk trjadi prceraian maka anak yg blm berumur 12th maka hak asuh anak dipegang oleh ibunya. Kecuali jika si ibu trbukti berzinah.
    Utk masalah akta lahir si anak memang sgt penting pak krn hal itu mnunjukan/mbuktikan anak itu adlh anknya siapa. Mungkin bisa dibikin dupklikatnya lg yg diurus lg [mbuat akta lahir duplikat]dari rmh sakit dimana ia dilahirkan dan mneruskan kpengurusannya ke ktr catatan sipil.

    BalasHapus
  39. anak sya lhir dsulawesi..
    tdk mgkn sya k ksna krn kmi berselisih pham sngt hebat
    jika tanpa akta lhir anak,apkah bisa berkas dinyatakan lengkap?
    apakah berkas sya akan dtolak dpengadilan? & proses perceraian tdk dpt dlnjutkan?
    trmksh.

    BalasHapus
  40. Ass Pak,
    saya sudah 6 tahun menikah memiliki 2 orang anak..
    tapi selama 6 tahun itu saya selalu berselisih paham tentang apapun, bahkan tentang cara mendidik anak, masalah terparah adalah masalah keuangan, suami saya adalah type orang yang akan menghalalkan segala cara agar keinginannya untuk memiliki barang terpenuhi, walaupun dia tahu betul kalau kami tidak mampu untuk membelinya..
    sifat konsumtifnya itu terlalu berlebihan, dan hal itulah yang sering membuat kami sering bertengkar...
    dia juga belum memikirkan masa depan anak-anak kami, 6 tahun kami lewati tanpa ada uang tabunngan sama sekali, dia cenderung menghabiskan apa yang dia dapat hari ini, semua masalah dianggap enteng, belum lagi sifat pemarah yang sangat kekanak-kanakan, membuat saya kehilangan hormat saya kepada suami saya..
    yang saya ingin tanyakan adalah :
    1. Apakah alasan tersebut sudah cukup untuk dijadikan alasan pengajuan cerai
    2. Dengan kondisi diatas, seberapa besar peluang saya untuk menang..
    3. Apakah hak asuh anak bisa jatuh ketangan saya, masalahnya saya adalah seorang pekerja
    4. Bagaimana jika salah satu saksi hanya mendengar saja, karena setiap kali bertengkar saya selalu menceritakan kepada satu-satunya sahabat saya, apakah kesaksian sahabat saya itu dapat diakui oleh pengadilan...
    terima kasih sebelumnya atas bimbingan dari bapak...

    BalasHapus
  41. 1. Jika mnurut ibu bahwa hal2x itu sdh termasuk hal ttg "prselisihan terusmenerus tanpa mungkin bisa didamaikan lagi" maka=iya! (sesuai dgn alasan cerai yg diatur dlm UU/KHI].
    2. sgt relatif bu, hal yg pengaruh adalah bukti dan kehadiran saksi [minimal 2org], saksi yg mndukung alasan cerai anda;
    3. bisa;
    4. saksi utk di pengadilan adalah saksi yg melihat lgsung dan/atau mendengar lgsung ttg alasan cerai anda.

    BalasHapus
  42. Selamat pagi pak
    saya sudah 2 tahun menikah dan memiliki seorang anak.Sebenernya dia awal pernikahan saya kurang mencintai istri saya karna saya sudah punya calon lain,tetapi orang tua saya tetep memaksa saya untuk menikah.karna menghormati orang tua maka saya menikah.Saya coba kembali mencintai dan menjalankan pernikahan tetapi setelah istri hamil ketidakcocokan itu semakin terlihat.
    terjadi perselisihan setiap hari dan pertengkaran.apalagi ketika istri memutuskan pindah ke rumah oran tuanya.sudah tidak ada rasa hormat dari istri,bahkan istri sudah menyelidiki saya dengan teman kantor saya.Saya juga akhirnya tidak dapat berperan menjadi kepala kluarga secara maksimal.
    takutnya ketika akan dilanjutkan akan membuat pernikahan ini akan semakin parah dan hidup saya,dia, dan anak menjadi tidak pasti.
    saya sudah tidak pernah memberi nafkah batin, hanya nafkah lahir karna tanggung jawab saya sebagai bapak dari anaknya.
    apakah alasan ini bisa memenangkan sidang dan apakah saksi saya bukan orang tua saya boleh?
    dan ketika istri saya menghadirkan saksi orang tua saya sendiri apakah berbahaya bagi posisi saya.karna orang tua saya menentang perceraian ini.
    terima kasih pak.

    BalasHapus
  43. oh ya pak tambahan lagi,surat nikah saya di bawa istri saya.dan tidak bisa diminta.tetapi saya punya fotocopy nya.apakah boleh saya legalisir di kua depok (tetapi saya nikah di kua Jogja).saya sudah tanya dengan orang kua katanya bisa,apakh bisa pak.
    apakah lebih cpat selesai dengan menggunakan kuasa hukum ato kita urus sendiri.
    untuk info aja pak, range kuasa hukum masalah perceraian berapa ya pak.trima kasih

    BalasHapus
  44. selamat pagi pak,

    bagaimana kalau istri ingin cerai karena keluarga sudah seringkali bertengkar dan suami keliatan ogah-ogahan terhadap keluarga. akan tetapi, suami menolak untuk membacakan ikrar talak, apakah perceraian di anggap batal?
    mohon jawabannya, terima kasih

    BalasHapus
  45. Utk anonim tgl 26 Feb, 17:53;
    Pada prinsipnya jika memang ada unsur yg bersifat "perselisihan terus menerus tanpa mungkin bs didamaikan & tdk harmonis" maka alasan trsebut bs dijadikan alasan cerai pak.
    Utk saksi, intinya saksi adalh org yg bs mberikan berdasarkan MELIHAT LGSUNG dan/atau MENDENGAR LGSUNG terhadap alasan cerai anda.
    Tentang ortu anda; ya, bisa mnjadi kendala buat anda!

    Utk anonim tgl 26 Feb, 17:55;
    Utk masalah ini sebaiknya anda email sy secara pribadi.

    Utk anonim tgl 2 Maret;
    Jika demikian maka sebaiknya yg ajukan gugatan adalah si istri.

    BalasHapus
  46. ass...
    pak sy mau menanyakan,saya menikah baru 3 bulan,dari awal km nikah karna terpaksa org tua memaksa,dan kami surat membuat surat pernyataan diatas matrai,yg isinya :jika setelah menikah tidak ad kecocokan atau keharmonisam km sepakat bercerai apakah ini bisa menguatkan untuk sy bercera dgn istri saya,krn kami dr awal sudah membuat perjanjian,,dan apakah org tua berhak ikut campur lg dalam urusan cerai kami ???
    mohon penjelsanya pak..trm kasih

    BalasHapus
  47. apakah bisa peceraian yg sudah di setujui oleh dua belah pihak (swami & istri), tanpa harus menghadirkan saksi,,,? krn alasannya kdua belah pihak gak ingin permasalahan dlm rumah tangga diketahui orang lain

    BalasHapus
  48. Utk anonim tgl 6 Maret;
    Bisa pak, ortu sdh tidak ada urusan lg dlm hal ini, yg penting alasan cerai anda benar2x bisa dibuktikan di depan hakim.

    Utk anonim tgl 10 Maret;
    Tetap wajib mnyertakan minimal 2 orang saksi! Tugas si penggugat adalah mbuktikan kpd majelis hakim bahwa adalah benar perkawinannya sdh tdk harmonis, dan tidak ada istilah kesepakatan cerai.

    BalasHapus
  49. pak saya mau menanyakan lagi,apakah perceraian harus meminta tanda tangan orang tua atau persetujuan org tua apa tidak ??
    atau org tua tidak ada sangkut pautnya lg dalam urusan perceraian ??

    BalasHapus
  50. ass pak..saya mau bertanya...saya dulu prnah nikah siri dan di karuniai anak berumur 1 thun...skarang sya mau meresmikan prnikahan da KUA...tp sbtulnya smenjak 3 blan trahir kami dah sepakat tuk berpisah krna sudah tidak ada ke cocokan lg dan dia mmpunyai pacar bahkan semapt nginap dirumah pcarnya beberapa kali..jd dia bilang pd saya dia cuman mau buat status tuk anak saja..dia mnta diceraikan kembali stelah nikah di KUA sebulan....saya pun menuruti apa keinginannya,,krna dia pun sudah brjinah ma org lain...yg jd prmasalahannya..sya gak enak ma kluarganya masa bru nikah sebulan dah mnta cerai dngan alasan tidak suka lagi trlbih dia sudah pnya pcar lg....apa yg harus sya lakukan/ krna sya pun dah capek? apa boleh orang tua tidak dlibatkan dalam prceraian? mhn pnjlasannya

    BalasHapus
  51. ass...
    apakah setelah saya nikah usia baru 1 bln saya mw bercerai ?? krn dr awal pernikahan krn terpaksa.dan jika boleh bagaimana alur pernsyaratanya ??
    dan berapa lama proses perceraian dilakukan sampai sah bercerai ??
    trims

    BalasHapus
  52. pak saya mw menanyakan, saya baru menikah 1 bln tapi kami nikah terpaksa,,apakah saya bisa bercerai secepat ini ? dan kalau bisa gmn prosesnya dan berapa lama waktu perceraian samapai sah cerai...trims

    BalasHapus
  53. Utk anonim tgl 19 Maret;
    Pada prinsipnya utk ajukan gugatan cerai haruslah ada alasan yg kuat dimana alasan cerainya itu sdh diatur dlm Kompilasi Hukum Islam. Intinya kalau mau cerai maka harus punya buku nikah asli dan saksi minimal 2 org. Bisa saja ortu tdk dilibatkan asalkan benar2x ada saksi yg dpt mndukung dan mbuktikan alasan cerainya.

    Utk anonim tgl 20 Maret;
    Kurang lebih jawaban sy sama dgn yg di atas.
    Pada prinsipnya utk ajukan gugatan cerai haruslah ada alasan yg kuat dimana alasan cerainya itu sdh diatur dlm Kompilasi Hukum Islam. Intinya kalau mau cerai maka harus punya buku nikah asli dan saksi minimal 2 org.

    BalasHapus
  54. saya kesulitan mengajukan proses cerai, karena semua surat surat berharga saya dibawa oleh istri keluar pulau termasuk surat nikah dan akte kelahiran anak. istri saya keluar dari agama islam (masuk kristen krn pengaruh keluarga)...apa yang harus saya lakukan? sdh hampir 1 tahun ini saya sangat bingung, krn syarat cerai dari PA Surabaya harus ada surat nikah. mohon bantuannya...terima kasih

    BalasHapus
  55. saya merantau di malaysia skrg saya ingin menceraikan istri di indonesia karena dipergoki keluarga saya selingku,tp masalahnx istri menyembunyika akta perkawinan/surat nikah saya.apa bisa saya menceraikan istri saya nanti?terima kasih

    BalasHapus
  56. Utk anonim tgl 27;
    Anda bisa urus utk mndapatkan duplikat buku nikah di KUA dimana dulu anda menerima buku nikah pertama, dan mudah2an anda punya fotokopinya.

    Utk anonim tgl 29;
    sy sarankan anda meluangkan wkt utk pulang ke Indonesia utk urus prceraian di pengadilan, ttg buku nikah yg hilang, anda bisa coba dgn cara yg sy sebutkan diatas.

    BalasHapus
  57. pak saya mau menanyakan,saya membaca pernikahan bisa dibatalkan sebelum, 6 bln setelah terjadi pernikahan kita mengajukan untuk membatalkanya apa benar bisa pak ?? jika bisa apa status saya tetep duda ??mohon penjelasanya ??

    BalasHapus
  58. Pak saya mau menceraikan istri, tapi dia tdk mau diceraikan karena alasannya dia masih cinta sama saya, saat ini saya tdk sedikitpun memiliki rasa cinta itu terhadap dia, saya mau mengajukan gugatan cerai ke pengadilan, tapi dananya belum cukup, kira-kira butuh uang sekitar berapa ya? Apakah alasan saya ini bisa diterima di pengadilan? Terima Kasih Pak.

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  60. pak saya mau menceraikan istri karena saya telah hampir 2 tahun saya belum juga dapat pekerjaan juga selama itu pula saya tidak memberi nafkah lahir batin kepada istri dan kami pun sudah tidak tinggal bersama selama waktu tersebut. apakah pengadilan akan menyetujui talak saya dengan alasan tidak bekerja? trims pak

    BalasHapus
  61. Alasan tdk bkerja tdk diatur dlm UU pak, cobalah pakai alasan "tidak harmonis dan perselisihan terus menerusnyg tdk bs didamaikan lg".

    BalasHapus
  62. Dulu kami tinggal di jabar, karena sering terjadi percekcokan, karena suami tidak bekerja dan ketahuan berselingkuh, saya meninggalkan suami dan pindah ke riau, tempat orang tua saya (2008) dalam keadaan hamil 5bln. Dari sejak itu sampai sekarang,2011,suami hanya datang untuk melihat anaknya, dan memberi uang seadanya.Kami selalu cekcok mengenai teman wanitanya,dan tidak pernah menemukan solusi untuk tinggal bersama.Apakah itu bisa dijadikan alasan untuk menggugat suami saya? Kalau saya tidak mencari pengacara tuk mewakilkan saya bisakah dikuasakan kepada Ayah saya?...bagaimana caranya, trimakasih...jawabannya

    BalasHapus
  63. (tambahan nona)
    Sejak kepindahan saya k riau kami tidak pernah berkomunikasi,dan suami hanya memberi uang yg sangat tidak cukup untuk anaknya, itupun diminta dulu, dan tiap berkunjung keriau,kami pasti selalu cekcok,berselisih,karena teman2 perempuannya ...tapi suami tidak mau menceraikan duluan,walaupun dia setuju untuk bercerai,beratkah kasus saya ini atau saya perlu pengacara untuk cepat memenangkan gugatan ini??trimakasih

    BalasHapus
  64. Sy jawab secara urut dr prtanyaan ibu ya;
    - ya, sangat bisa bu [alasan sdh tdk harmonis lg]
    - bisa [caranya, wajib pakai srt kuasa dari anda ke ayah anda] tetapi sbaiknya tetap pakai pngacara krn proses cerai di pengadilan tdk lah mudah
    - tidak berat jk ibu punya buku nikah [asli], bukti2x yg mndukung alasan cerai dan saksi2x minimal 2 org.
    Hal trpenting utk suksesnya prkara cerai adalah kwalitas para saksinya.

    BalasHapus
  65. Pak, saya dan suami memiliki masalah komunikasi. suami tidak pernah menceritakan permasalahan yang dia hadapi terhadap saya, padahal seringkali permasalahannya terkait dengan rumah tangga kami dan bukan masalah yang ringan. padahal hal sekecil apapun selalu saya ceritakan ke suami. saya mendengar masalah suami dari orang-orang sekitar kami seperti orang tua suami dan teman2 dekat suami. akhirnya suami mau bercerita setelah saya tanya dengan paksa. suami pernah berjanji akan memperbaiki komunikasi kami, tetapi sampai saat ini suami masih saja menyimpan masalahnya sehingga membuat saya kesal dan kecewa karena merasa tidak dianggap sebagai istri. kami sudah setahun lebih tidak satu rumah karena suami di luar kota dan keluarga besar saya sudah tidak mau menerima suami saya lagi. apaka hal ini dapat dipakai sebagai alasan perceraian? mohon penjelasannya. terima kasih..

    BalasHapus
  66. bagaimana jika suami tidak memiliki KTP? apakah bisa memakai kartu identitas lain sebagai syarat administrasinya? tetapi memiliki KK..terima kasih..

    BalasHapus
  67. Utk anonim tgl 22 Mei;
    Mnurut sy mslh anda masih sgt dpt diperbaiki, jgn mudah utk mnjadikann sesuatu utk alasan cerai. Jika perlu datanglah ke konsultan perkawinan. Utk alasan trsebut mnurut sy blm bs dijadikan alasan cerai bu.

    Utk anonim tgl 23 Mei;
    Yang trpenting adalah mengetahui alamatnya secara lengkap, sejauh RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan.

    BalasHapus
  68. pak, selama ini saya selalu percaya penuh dengan suami, apalagi suami bekerja di luar kota. sehingga setiap kali ada masalah, termasuk masalah pekerjaannya, saya selalu yakin bahwa suami saya tidak bersalah dan kami mencoba kembali menata hidup. namun, suatu saat ada seorang perempuan yang mengaku telah menikah dengan suami saya dan telah memiliki seorang anak. bahkan dia menunjukkan bukti foto pernikahan mereka. saya tidak lantas percaya begitu saja, apalagi saya tidak pernah bertatap muka secara langsung dengan perempuan tersebut, hanya melalui sms dan dunia maya. akhirnya saya tanyakan hal tersebut kepada suami dan dia mengakui bahwa telah menikah dengan wanita tersebut dalam keadaan terpaksa. saya terkejut mendengarnya dan sangat kecewa karena suami tidak menceritakan hal ini kepada saya. padahal pernikahan mereka telah berjalan 1 tahun. saya meminta cerai pada suami, tetapi suami menolaknya dengan alasan pernikahannya dengan perempuan tersebut dalam keadaan terpaksa. saya tidak dapat menerima alasan apapun dari suami karena saya merasa bahwa suami telah merusak kepercayaan saya dan menikahi wanita lain tanpa seizin saya meskipun dalam keadaan terpaksa. apalagi sejak awal pernikahan sya sudah mengatakan pada suami saya bahwa dalam kondisi apapun saya tidak ingin dipoligami dan suami menyetujuinya. apakah peristiwa ini dapa dijadikn alasan yang kuat untuk bercerai? karena saya sudah merasa dikhianati sebagi istri dan tidak mau lagi bersama suami. mohon penjelasannya pak..terima kasih..

    BalasHapus
  69. [masalahperceraian]:
    Bu, maaf, masalah anda trlalu panjang, jk demikian silahkan PM saja ke latiefnas@gmail.com

    BalasHapus
  70. slmt pagi pak,,
    saya ingin bercerai dengan suami saya karna pada awal menikah pun dia sering pulang pagi,mabuk dan berselingkuh,tapi dia malah menuduh balik kalo sy yg selingkuh, dan kr" pada bln oktober 2010 ia meninggalkan rumah,, mulai januari 2011 dia tdk pnh memberi nafkah untuk saya dan anak saya,, apakah alasan itu kuat dan bisa di proses di pengadilan? oya,,apakah proses perceraian tanpa KK bisa? tq pak,,

    BalasHapus
  71. [masalahperceraian]:
    Pada prinsipnya jk hub kel memang sdh tdk harmonis / sering terjadi prselisihan terus menerus maka hal itu dpt dijadikan alasan cerai dlm srt gugatan cerai anda.
    Yg trpenting dlm proses cerai di pengadilan adalah:
    1. adanya buku/akta nikah ASLI; dan
    2. saksi minimal 2 org

    BalasHapus
  72. pak jika kita menikah di daerah sumatra cerai di jakarta bisa atau tidak pak,jika bercerai lewat pengadilan agama jakarta bisa tidak pak

    BalasHapus
  73. Utk anonim tgl 24 Mei jam 1:08
    Hal trsebut SANGAT bisa dijadikan alasan cerai, anda tinggal mbuat srt gugatan cerai dan mnceritakan alasan cerai krn suami telah slingkuh.
    Syarat cerai di pengadilan yg terutama sekali harus adab buku nikah asli dan saksi min 2 org.

    Utk anonim tgl 30 Mei
    Kalau pernikahannya secara muslim maka PA brwenang adalah PA sesuai wilayah domisili saat ini si istri.

    BalasHapus
  74. sy ingin menceraikan istri karena
    1.Istri terlilit hutang tanpa sepengetahuan sy
    2.Pergi dr beberapa kali tanpa ijin dr sy
    3.Sering kali jika suami menasehati istri selalu melawan dan akhirnya istri berkata minta cerai
    4.Dan saat ini istri telah meninggalkan sy dan anak-anak yang masih kecil dan tidak diketahui keberadaannya
    5.Membawa serta semua buku nikah asli
    Dapatkah sy menceraikan istri sy tanpa ada buku nikah asli

    BalasHapus
  75. Pada prinsipnya jika mslh hub kel anda sdh tdk harmonis dan sering rjadi prselisihan terus menerus tanpa dpt damaikan lg maka alasan trsebut sdh dpt dijadikan alasan cerai. Trlebih lg jika dia sdh meninggalkan rumah, menandakan memang sdh tdk harmonis. Yg trpenting dlm pngajuan gugatan cerai adalah: adanya buku nikah asli dan saksi min 2 org. Usahakan buku nikahnya anda dapatkan pak.

    BalasHapus
  76. Saya digugat cerai oleh istri saya, selama sidang saya tidak pernah hadir karena saya setuju dengan gugatan cerainya.

    Kemudian saya mendapat kabar dari istri saya bahwa saya harus hadir pada sidang terakhir untuk tandatangan di Surat Putusan Cerainya dan juga saya dituntut untuk mengganti semua biaya pengadilan dan biaya sewa pengacara (padahal istri saya yg sewa) sejumlah 3,5jt. Jika saya tidak mau, maka saya akan dipersulit.

    Mohon petunjuk dari Bapak, bila saya tidak hadir dlm sidang terakhir dan tidak memenuhi tuntutannya, apakah benar Surat Putusan Cerai untuk saya akan ditahan oleh Pengadilan ? Bila saya berniat untuk menikah lagi suatu saat nanti, apakah Surat Putusan Cerai tsb harus ditunjukkan ke KUA ?

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  77. Harus di cek dulu pak, isi putusannya apa. Jk demikian sbaiknya bapak dtg ke PA [diluar acara sidang] lalu temui panitranya utk cari tau isi putusannya bgmana.
    Seharusnya tdk memerlukan ttd bapak krn dlm ptsan hanya hakim lah yg ttd.
    Demikian pak.

    BalasHapus
  78. pak saya mau tanya berapa lama pemanggilan talak ikhrar ? sudah 1 bln saya belum ada pemanggilan jg kok lama skali y pak pdhl sidang sbelumya cm 2 mggu skli,mhn pnjelasanya pak..thank

    BalasHapus
  79. maksimal 6 bln dari sidang putusannya bu, memang hal ini suka lama krn harus ada melewati masa banding dulu, lalu srt prmohonan jadwal ikrar talaq lalu pmbayaran idah-mutah barulah ikarar.

    BalasHapus
  80. saya butuh informasi mengenai proses izin perceraian PNS...apakah proses izin perceraian PNS dpt diproses oleh kuasa hukum ? Mngingat hal tersebut merupakan urusan administrasi kepegawaian, dan setau saya kuasa untuk advokat merupakan kuasa khusus untuk beracara di pengadilan sedangkan proses surat izin tsb bukanlah bagian dari hukum acara....apakah dibenarkan mnrut hukum bila saya berencana memakai advokat untuk sekaligus memproses izin perceraian sy di kepegawaian...??
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  81. Tdk bisa pak, krn stiap instansi pmrth punya prosedur yg brbeda2x dan wajib dijalani oleh pihak ybs.

    BalasHapus
  82. Malam pak....
    Saya sudah menikah selama 2thn dan d karuniai putri berusia 10bln, semenjak sebulan menikah saya sering ribut dgn suami dgn berbagai macam masalah mulai dari kebohongan, perbedaan pendapat, pola hidup yg berbeda, perhatian yg kurang dll....selama menikah sering sekali saya menangis karena jengkel & sedih, saya merasa pernikahan saya tidak harmonis dan dari semua masalah yg terjadi seiring berjalannya waktu ternyata membuat saya kehilangan rasa cinta saya pada suami, dengan kata lain: saya sudah tidak mencintai suami saya lagi, dan saya merasa tersiksa jika harus bersama seseorang yg tidak saya cintai.
    Apakah alasan yg tepat bagi saya untuk menggugat cerai ya pak?? Buku nikah dan akte kelahiran anak saya ada pada suami, dan suami tidak mau memberikan, sementara untuk saksi, saya tdk punya saksi, karena saya tidak pernah cerita pd orang tua atau saudara saya kalo saya sering ribut, kalaupun ada saksi yg tau tentang keributan saya, cuma dr pihak suami dan mustahil saya meminta mereka menjadi saksi karena suami kekeuh tidak mau bercerai. Bagaimana ya??
    Terimakasih.

    BalasHapus
  83. Pada prinsipnya [aturan UU] jika mau ajukan gugatan cerai maka harus menulis alasan cerainya. Jika alasan cerainya krn sdh tdk cinta maka hal itu tdk bs djaikan alasan cerai, namun jk alsan cerainya krn tdk harmonis dan sering trjadi prselisihan terus menerus yg tdk bs didamaikan lg maka hal itu bisa dijadikan alasan cerai.
    Ttg prsyaratan cerai itu yg penting itu 2 hal, yakni:
    1. HARUS ada buku nikah asli
    2. HARUS ada saksi min 2 org.
    Jika kdua hal itu tak trpenuhi maka hakim tdk bs mngabulkan gugatan cerai anda.
    Jadi, tak ada kata lain selain anda harus memenuhi persyaratan trsebut di atas trlebih dahulu.

    BalasHapus
  84. Ass.wr.wb
    Pak, sy menikah sdh hampir 15 thn, tdk dikaruniai anak. Awalnya kehidupan kami harmonis dan bahagia. 3 tahun terakhir kami pisah tinggal karena faktor ekonomi. semenjak itu suami tdk memberi nafkah dan saya harus bekerja sendiri. sya sudah mencoba utk bisa menerima keadaan ini, wkt itu itu suami tdk punya inisiatif untuk mencari nafkah.setahun terakhir, sy sdh mulai jenuh dgn keadaan spt ini. suami seakan tdk mau meninggalkan rumah ortunya sementara sy harus bekerja untuk memenuhi kebutuhanku dan saya tinggal dirumah org tua dikota yg berbeda. semenjak itu, kami sdh jarang ketemu, otomatis nafkah lahir sy tdk dapatkan dan untuk nafkah batin saya harus mengunjunginya krn dia tdk pernah mengunjungiku dgn alasan malu kepd keluaraga saya karena tdk punya pekerjaan. Dalam waktu berjalan saya sdh pada puncak jenuh dan sdh tdk ikhlas menerima keadaan ini.Lalu saya bertemu dgn seorang Laki2 yang saya anggap bisa menjadi sandaran hidup saya dan sayapun telah berjanji bahkan bersumpah DEMI ALLAH untuk mau hidup bersamanya dan dia meminta saya untuk nikah bathin . Ketika saya membicarakan kepada suami untuk meminta dia menceraikan saya,(Tanpa menceritakan bahwa ada laki2 lain) suami keberatan dan meminta sy memberinya kesempatan untuk memperbaiki hidup kami. Sementara sy sdh tidak punya rasa cinta lagi kepada suami karena cinta saya sudah berikan kepad orang lain. Apa yang harus saya lakukan pak, sementara laki2 itu juga sdh mendesak agar kami segera menikah. Dan saya telah bersumpah juga untuk tdk akan melakukan hubungan suami istri kepada suami saya. Mohon bombingan dan petunjuk dari bapak. Terimakasih wass. wr.wb.

    BalasHapus
  85. Yth Ibu;
    maaf, spertinya sy akan mberikan saran yg mngkin tdk ingin ibu dengar. Sy mnyarankan agar anda mberikan ksempatan kpd suami anda lg krn dlm pernikahan kita, ikatan prkawinan tdk dilandaskan dr hal materi saja [trcantum dlm buku nikah & UU perkawinan]. Suami yg tak mampu, maka istri syah2x saja mbantunya. Jika mungkin, cobalah ajak dia ke konsultan perkawinan atau ustad, carilah jalan tengah. Perlu ibu ketahui bahwa sangatlah beda, antara: mncari jalan keluar utk mpertahankan keluarga dengan mncari alasan utk cerai.

    BalasHapus
  86. ass...
    saya mw tanya... saya sdh menikah hampir 4 thun. dan mempunyai 2 orng ank, stelah kelahiran ank ke 2 suami sya tidak lgi bekerja bahkan smpai skrng ank saya berusia 7 bulan. suami saya memberi nafkah saya hanya mengandalkan orang tuanya dan biaya sewa rumah, listrik dsb dia berhutang. karna setiap kali di suruh mencari pekerjaan selalu tidak mau. jdi selama ini saya bekerja sampingan untuk membiayai kedua ank saya... menurut saya dia(suami) tidak mempunyai tanggung jawab kepada saya untuk memberi nafkah. apalagi saya sering cekcok pada masalah keuangan dikarenakan suami tidak bekerja. apa saya bisa menggugat suami saya atas alasan perekonomian?...
    mohon petunjuknya....
    wss....

    BalasHapus
  87. Jika hanya krn masalah ekonomi maka mnurut sy itu tdk bisa. Krn dlm UUpun diatur bhwa perkawinan kita itu adalah ikatan pribadi secara lahir-batin [bukan masalah ekonomi belaka]. Seyogyanya jk suami blm mampu menafkahi maka tdk ada salahnya sang istri mbantu.
    Lain halnya jika memang hub keluarganya sdh tdk harmonis dan sering trjadi prselisihan terus-menerus yg sulit skali didamaikan, maka hal itu baru dpt dijadikan alasan cerai [jadi bukan ttg ekonomi belaka].

    BalasHapus
  88. Ass...
    Pak, bagaimana jika saya ingin meminta cerai dengan suami saya jika suami tidak ingin menceraikan dan buku nikah asli kami di simpan oleh suami. Terakhir saya satu rumah dengan suami 6 januari 2011, pas 29 hari saya baru melahirkan anak pertama kami.
    Karena pada hari itu saya Di pukuli, dan di injak2 pdhal br melahirkan. dan sampai sekarang, sdh 6bln saya otomatis tdk di nafkahi. kasus KDRT ini sudah saya laporkan ke polres terdekat.
    Bagaimana ya pak, jika suami tetap tidak mau menceraikan dengan alasan msh cinta. sedangkan utk bersama lagi, itu tdk mungkin karena saya dan keluarga besar saya sdh trauma dng sikapnya yg temprament dan kasar.
    Trimakasih banyak utk Jawaban nya.
    Wass....

    BalasHapus
  89. Proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan prsetujuan dan tndatangan suami, jadi anda tetap bisa ajukan gugatan cerai di pengadilan brwenang.
    Ttg buku nikah, jk dia tak mau kasih maka cobalah ibu usahakan lagi, krn buku nikah itu adalah penting utk proses cerai di pengadilan, lalu jk nanti dia tetap tdk kasih maka silakan ibu hub sy secara pribadi.

    BalasHapus
  90. Salam kenal Pak,

    Saya menikah dgn warga negara singapura, kami menikah resmi di kantor agama di Singapura sedangakan di Indonesia hanya surat permohonan ijin menikah di luar negeri dari Kantor Urusan Agama. kami telah berpisah sejak awal 2009, dan saya tidak pernah menerima nafkah lahir dan batin.

    Pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan untuk mengurus perceraian ini ? sedangkan saya hanya tercatat menikah di Singapura, sedangkan tidak di Indonesia. Terima kasih sebelumnya atas jawaban yang akan diberikan.

    BalasHapus
  91. maaf pak..saya menikah baru 3 bulan, tapi 2 bulan yang lalu kita bertengkar dan ga sengaja suami saya bilang saya untuk mati..semenjak kejadian itu kami sering bertengkar..terus terang saya sudah tidak mencintai suami saya lagi.. apakah dengan alasan seperti itu saya bisa mengajukan gugatan kepada suami saya? apakah permohonan saya dapat dikabulkan walopun suami saya tidak mau menceraikan saya? terimakasih.

    BalasHapus
  92. Utk anonim tgl 22 Jul:
    Jika anda ingin cerai di Indonesia maka prkawinan anda harus didaftarkan dulu di KUA Indonesia, baru bisa cerai di pengadilan agama di Indonesia, jika tidak maka anda hanya bisa proses cerai di Spore.

    Utk anaonim tgl 23 Jul:
    Tidak bs dgn alasan "sdh tdk cinta lg". Pd prisipnya alasan cerai itu bisa digunakan dgn alasan "sdh tdk harmonis dan sering trjadi prselisihan terus menerus yg tdk bs didamaikan lg".

    BalasHapus
  93. apakah jika dengan alasan sudah tidak harmonis lagi dan sering bertengkar permohonan gugata saya dapat dikbulkan? walopun suami saya tidak mau menceraikan saya? jika menyewa jasa pengacara berapa biaya yang harus dikeluarkan pak? apakah prosesnya bisa dipercepat? jika boleh, boleh saya minta alamat email bpk? terimakasih..

    BalasHapus
  94. 1. Bisa, asalkan ada bukti dan saksi min 2 org;
    2. Proses cerai di pengadilan tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami;
    3. Brbeda2x standard fee di masing2x ktr pengacara. Silahkan email secara pribadi ke latiefnas@gmail.com
    4. Bisa, trgantung kondisi dan masalah perkara itu sendiri;
    5. Boleh, silahkan di latiefnas@gmail.com dan ahp_law@yahoo.com

    BalasHapus
  95. saya baru saja menikah beberapa minggu yang lalu..
    tapi pernikahan itu karena perjodohan..
    dan saya tidak nyaman dengan suami saya..
    hingga bisa di katakan saya selingkuh dengan kekasih saya..
    saya benar2 ingin bercerai..
    alasan apa yang bsa menguatkan gugatan cerai saya??
    mohon bantuan.nya..

    BalasHapus
  96. Pada prinsipnya, jika memang hub kel sdh tdk harmonis dan sering trjadi prselisihan terus menerus yg sulit didamaikan maka hal itu bisa dijadikan alasan cerai.

    BalasHapus
  97. assalamualaikum.Wr.Wb
    pak saya mau minta pendapat,

    saya dah 2 tahun rumah tangga,tp saya berada di sulawesi tengah dan istri saya berada di bandung,kendalanya setiap saya ajak ikut dengan saya di selalu tidak mau,padahal saya dah ikuti apa kemauannya,dan sekarang atas kemauan istri saya,saya dah mengajukan pindah kejawa,tp masih ditunda sama kapolda sampai tahun depan,dan saya meminta untuk sementara menunggu pindah saya ajak istri saya tuk ikut dulu alny istri ada kegiatan di kantor,tp dia malah bilang meskipun sementara saya tidak mau ikut,

    pa apa yang harus saya lakukan,sedangkan sya di tekan terus sama dinas...

    mohon sarannya pa dan makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  98. saya ingin tanya bagaimana jika suami yang menggugat cerai karena ingin kawin lagi dan istri tidak setuju hingga akhirnya sering terjadi pertengkaran? istri tidak mau mengajukan gugatan ke pengadilan agama dgn alasan tak ada biaya tapi dia ingin tetap bercerai, dia minta saya yang mengajukan gugatan talak. Bagaimana sebaiknya? apakah saya yang mengajukan gugatan atau saya bisa mendaftarkan perkara gugatan atas nama istri?
    Terima kasih atas informasinya pak.

    BalasHapus
  99. Utk anonim tgl 8 Agustus:
    Cobalah anda ajak istri anda bertemu 4 mata, bicarakan dari hati ke hati, jika perlu tunjukan surat kerja dinas anda, krn selaku istri selayaknya mendampingi suami. Jika perlu ajaklah dia ke konsultan perkawinan.

    Utk anonim tgl 12 Agustus:
    Tidak bisa demikian! Tentu suami tak bisa ajukan gugatan cerai dgn alasan bahwa dia ingin nikah lagi, alasan cerai sperti itu tdk diatur dlm UU.
    Anda tentu bisa ajukan gugatan cerai jika memang anda mau cerai dan memang ada alasan cerainya.

    BalasHapus
  100. saya dan istri adalah karyawan/ti sebuah BUMN sudah menikah selama 13 tahun dan beranak 2 yg pertama umur 12 tahun dan yang kedua berumur 7 tahun, awalnya kami tidak ada masalah setelah tahun 2007 mulai ada masalah dengan tumbangnya perekonomian rumah tangga kami sampai bertumpuk hutang yang dikakukan oleh istri saya tanpa spengetahuan saya dan membuat kami sering cekcok puncaknya sampai dengan bulan ini talak jatuh yang ke 6 kalinya dan bahkan kami sudah pisah ranjang tapi satu rumah akan tetapi istri tidak mau dicerai dan mendapat dukungan oleh keluarga saya (orang tua) dalam arti semua gara gara saya yang mengakibatkan ekonomi keluarga ambruk (informasi sepihak) dan yang lebih parah adalah buku nikah saya disembunyikan oleh keluarga saya (orang tua) bagaimana langkah saya dan apakah gugatan saya dapat terpenuhi oleh pengadilan agama, terimakasih

    BalasHapus
  101. Yg utama utk ajukan gugatan cerai adalah:
    1. adanya buku nikah saksi; dan
    2. ada saksi minimal 2 org.
    Ttg buku nikah yg 'tidak ada', maka harus diadakan, namun sy tdk bersedia menjelaskannya mlalui media ini. Silahkan hub sy di 087878722282 atau adakan konsultasi secara tatapmuka di ktr sy.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  102. saya sudah 4 tahun menikah,dan dikaruniai 1 anak perempuan, tapi selama 4 tahun itu saya tidak bahagia,karna saya menikah karna paksaaan orang tua, dan menikah dengan laki2 yang sudah pantas jadi ayah saya, terjadi konflik trus slama kami berumah tangga, dan saya mau menggugat cerai suami saya, tapi dia tidak ingin menceraikan saya, dan seperti yang saya baca di atas, bahawa kesuksesan proses cerai dari saksi, tapi saya tinggal cuma bersama anak2 dan suami saya, dan keluarga tidak mungkin mau menjadi saksi, karna mereka tidak menyetujui kami cerai, setiap kali saya cerita sama keluarga , bahwa saya mau cerai, saya dipukul habis2an.!! apa yang harus saya lakukan ?? apa saksi itu bisa teman dekat, tapi dia tidak mendengar langsung, hanya mendengar cerita saya .. karna saya suka curhat sama dia !!

    BalasHapus
  103. Inilah sulitnya bu, bgmanapun adanya saksi minimal 2 org adalah syarat mutlak utk proses berperkara di pengadilan. Mnurut sy, cobalah kasih wkt lg utk dpt mengakali adanya saksi. Saksi teman dekat sy rasa sebaiknya tetap sj dijadikan saksi di persidangan nanti.

    BalasHapus
  104. saya menikah di indonesia, dan saya tinggal di malaysia skr ikut suami, dan saya tidak punya teman disini, karna saya terlalu dikekang oleh suami saya ..!! jadi apa prosesnya nanti bisa sukses kalau saya hanya memakai saksi yang hanya mendengar cerita2 saya, karna tidak ada yang mendengar langsung pertikaian kami.. saya hanya berkeluh kesah kepada teman, masalah rumah tangga saya, karna keluarga saya tidak menyetuui kami bercerai.dan mereka tidak perduli apapun alasannya..!! mohon bantuannya. terima kasih

    BalasHapus
  105. Itulah sulitnya proses cerai di pengadilan Indonesia bu, krn adanya saksi yg bs mbuktikan adanya ketidakcocokan itu haruslah berdasarkan melihat dan/atau mndengar lgsung.
    Sy agak pesimis jk saksinya hanya brdasarkan curhatan saja.

    BalasHapus
  106. saya menikah di kota A,apakah bisa mengajukan gugat cerai di Kota B

    BalasHapus
  107. saya sdh menikah 3th dan akhir2ini saya sering bertengkar dan gak ada solusi dan pemecahan masalah apakah alasan ini sudah dianggap kuat untuk gugatan perceraian??dan apabila suami saya tdk datang pada waktu sidang bagaimana??apakah sms bisa dijadikan bukti? trima kasih

    BalasHapus
  108. Pada prinsipnya jika hub kel sdh tdk harmonis dan sering trjadi prselisihan terus menrus tanpa bisa didamaikan lg maka hal itu sdh bs dijadikan alasan cerai, namun anda wajib mbuktikan hal itu dgn bukti dan saksi min 2 org.
    Proses perceraian di pengadilan tdk memerlukan prsetujuan, kehadiran dan tandatangan suami

    BalasHapus
  109. Saya sudah 4 tahun menikah, tapi sering terjadi pertikaian, saya orang indonesia dan menikah dg orang malaysia.dan slama menikah saya tinggal di malaysia,setiap saya minta cerai, suami saya tidak mau menceraikan, bahkan orang tua saya juga tidak menyetujui.padahal saya tidak bahagia, pada sampai suatu hari terjadi pertikaian besar di antara kami, dan dia mengusir saya dari rumah, dan mengeluarkan kata2 " mulai skr kita tidak ada hubungan lagi,tapi saya tidak akan menceraikan kamu, biar gantung saja " disaat semua itu terjadi ibu saya berada disana, tapi malah dia ikut mengusir saya,saya cuma membawa baju, dan tidak ada uang sedikitpun,jadi saya minta bantuan teman saya yang berada di indonesia, dan dia mau memberi tumpangan saya,karna saya tdak mempunyai satu teman pun di malaysia, saya dikekang suami saya, dan saya tidak ingin kembali lagi ke dia, saya mau hidup mandiri .. apa yang harus saya lakukan, apakah saya bisa mengajukan gugatan cerai ?? sedangkan keluarga saya tidak setuju saya cerai dengan dia. karna materi.saya benar2 mohon bantuannya

    BalasHapus
  110. - Bisa, asalkan pernikahan anda sdh didaftarkan di KUA;
    - Kalau memang mnurut anda prkawinan anda sdh tdk bs diselamatkan lg maka anda bisa ajukan gugatan cerai di Pengadilan Agama [PA] brwenang, syaratnya: buku nikah, ktp, kk, srt gugatan cerai, dan saksi min 2 org.

    BalasHapus
  111. Proses paling cepat dan paling lama berapa minggu ?
    Mohon bimbingannya :)

    BalasHapus
  112. pak saya sudah menikah 2 tahun dan belum dikaruniai anak,selama pernikahan saya selalu dimusuhi oleh mertua saya,saya sudah berusaha berahan tapi suami saya selalu membela mertua saya tanpa mau mengerti saya yang notabenya telah disakiti, selain itu suami saya selalu mementingkan orang lain, bahkan kadang saya serasa terlupakan, contohy paling kecil kalo dia baru bepergian yang terpikir bukan saya tapi orang lain (perempuan), klo saya minta bantuan dia dan perempuan itu juga minta bantun suami selalu mambantu orang tersebut tanpa memperdulikan saya,dan banyak perlakuan yang kurang menghargai saya sebagai istri,saya sudah tidak tahan dengan semua perlakuan itu dapat kah saya mengajukan gugatan cerai?? alasannya apa??

    BalasHapus
  113. assalamualiikum.. sya uda berbulan2 bertengkar n pisah ranjang dengan istri, karna istri tidak mau taat sama sya sebagai suami, dan dia tidak bisa di ajak ngomong baik2, malah berani menjelek2kan dan menfitnah yang tidak2 kepada saya dan kluarga sya, suka membesar2kan masalah, jdi saya juga terpancing emosi sya ditambah sifat istri yang mudah emosi dan gak mau menerima nasihat sya, jd dia sampai berani minta di CERAI, karna sya juga dlam kondisi masih emosi jd sya jwab IYA. kjadian itu terjadi sampai berkali2,dan dlam hati saya sepertinya gak ada jalan lain selain CERAI... apakah dengan sya mengIYAkan istri sya yang berani minta cerai tadi ini hukumya hubungan rumah tangga sya bisa dikatakan resmi cerai ? dan pertengkaran kami ini telah disaksikan oleh ibu sya sendiri..

    BalasHapus
  114. Utk anonim 12 Okt;
    Pada prinsipnya jika hub kel anda benar sdh tidak harmonis dan sering trjadi perselisihan terus menerus yg sulit didamaikan maka hal itu bisa dijadikan alasan cerai. Proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami, namun memang, alasan cerai dan bukti2x serta saksi2xnya haruslah kuat, agar hakim percaya bahwa adalah benar hub kel kalian sdh tdk bs dipertahankan.

    Utk anonim tgl 13 Okt;
    Mnurut sy tidak krn byk skali unsur emosi, dan ingat, negara kita adalah negara hukum, jadi jika ingin cerai maka haruslah mendaftarkan gugatan cerai di pengadilan brwenang, ucap talaq diluar pengadilan maka belumlah resmi brcerai secara negara.

    BalasHapus
  115. Salam,

    Saya M usia 31 tahun.menikah dgn WN Singapura. Pernikahan sy tercatat di KUA wilayah tempat tinggal saya.Setelah menikah saya dapati ternyata suami bnyk hutang dan banyak masalah dgn istrinya terdahulu. Karena hal itu perjadi banyak perselisihan antara saya & dia, karena saya merasa dibohongi. Selain itu tekanan dari pihak keluarganya yg memperlakukan saya seolah2 hanya tumpang hidup dgn bangsa mereka. Padahal semenjak saya mendapatkan ijin tinggal permanent diSingapura saja sudah membiayai hidup saya sendiri. Kami mempunyai 1 orang anak,dan saya berencana ingin bercerai diindonesia. Karena kalau bercerai di Singapura, rumah kami harus dijual yg berarti akan sulit mendapatkan tempat tinggal yg layak buat anak saya mengingat sekarang harga rumah melonjak drastis. apa yg harus saya lakukan kalau saya ingin menggunakan jasa pengacara?berapa anggaran biayanya pak? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  116. - adakan pertemuan knsultasi dgn si calon pengacara;
    - tanya prosedurnya;
    - tanya berapa fee nya.
    - setiap ktr pengacara punya standard fee yg berbeda-beda.
    - kalau ibu mau tau fee di ktr kami maka silahkan email sy secara pribadi di: latiefnas@gmail.com

    BalasHapus
  117. sungguh berguna website ini !!! semua persyaratan cerai sangat jelas dipaparkan, terima kasih moderator, saya dan isteri sangat senang mau bercerai, karena kami sudah tidak harmonis lg, dengan syarat bukti nikah dan 2 saksi saja sudah cukup, itu akan mempermudah perceraian kami yg sudah di sepakati bersama.

    BalasHapus
  118. Terimakasih pak, senang dpt mbantu. Divorce is not a solution, it's a way out.

    BalasHapus
  119. Saya adalah seorang suami,menggugat cerai istri karena mendapati istri saya berselingkuh berulang kali. Dan dalam melakukan kesalahan itu istri saya tidak pernah meminta maaf,atau merasa bersalah. Atas dasar itu saya menggugat cerai dan istripun menyetujui.permasalahanya adalah saya dan istri beragama kristen. Bagaimana proses dan syarat pengajuan perceraian di pengadilan? Mohon Bantuanya. Terima Kasih

    BalasHapus
  120. Tatacara:
    1. mbuat srt gug cerai
    2. daftar srt gug cerai di pn brwenang
    3. ada akta nikah asli, akta lahir anak2x, ktp dan kk
    4. mnunggu set panggilan sidang
    5. mnghadiri persidangan

    utk lengkapnya silahkan klik www.masalahperceraian.com atau silahkan hub sy di 087 87 87 22282

    BalasHapus
  121. assalamualaikum wr wb ,
    langsung saja pak mau bertanya, pada tahun 2006 saya menikah dan bersama suami cuma 2 minggu, dan ketemu lagi setahun kemudian cuma 6 hari,
    dan selama menikah itu tidak ada tanggung jawab sama sekali , dan ia entah kemana,malah saya kerja buat bayar hutang-suami dan kebutuhan keluarga suami ,awal tahun 2009 saya mau mengugat cerai ,dan suami muncul di keluarga saya cuma beberapa jam saja bikin ulah ,dan membuat geger orang sekampung,dan suami bilang kalau mau cerai silahkan urus sendiri,karena capek dan sakit hati 3 tahun kurang lebih diperas suami tuk mencukupi kebutuhan dia.dan menurut keluarga dan semua tetangga dah tau kalau saya dan suami dah bertahun tahun pisah , tapi belom punya surat cerai , semua buku nikah ada ditangan saya.dan sekarang saya ingin mengurus status saya dan saya rasa dah cukup lama saya tersiksa , dan ingin menikah lagi dengan seseorang. bagaimana caranya supaya diberi kemudahan, dan kalu menurut saya mantan suami juga sudah beristri lagi , karena mengingat nikah nya dikota saya, dan di kk , dan di ktppun tetep blom nikah , bahkan kk , saya , dan ktp saya ,masih belum nikah sampai tahun2015.
    apakah bisa menikah lagi tanpa mengurus surat perceraian , saya ucapkan trimakasih jawabnya.

    BalasHapus
  122. Salam Kenal Pak..
    Tempat Tinggal/Domisili di kota A dan nikah/buku nikah diterbitkan di kota B, harus PA manakah saya mendaftar ? Didalam RT sudah tidak ada kecocokan sejak awal hanya menjadi pemain drama buat keluarga besar dan istri saya yg memiliki kesan tidak ada masalah, tp istri tidak ridho untuk diceraikan krn msh mencintai saya alasannya tapi hanya diucapan saja tanpa realita yg sesungguhnya dan selalu membangkang dan membantah bawa dirinya tidak salah. Mohon petunjuk bapak..terima kasih...salam

    BalasHapus
  123. Utk anonim tgl 20 Nov;
    Sgt tdk mngkin anda mnikah tanpa bcerai dulu di pengadilan. Pd prinsipnya jika anda mnikah secara negara/hukum neg Indonesia [dpt buku nikah dr KUA] maka jk ingin bcerai maka harus dilakukan di pengadilan agama.

    Utk anonim tgl 22 Nov;
    PA brwenang adalh PA sesuai wilayah domisili SAAT INI si istri.
    Proses cerai di pengadilan tdk memerlukan prsetujuan dan tandtangan istri, yg penting harus ada buku nikah asl dan saksi min 2 org.
    Tapi jk boleh sy sarankan sbaiknya jgn lah mudah memutuskan utk cerai, cobalah bicara 4 mata kpd nya lalu solusikanlah berdua.

    BalasHapus
  124. askm, saya adalah seorang suami sdh 7thn, dgn 2 orang anak. Karena dalam 10 bulan terakhir terjadi percekcokan rt, akhirnya sy ucaptkan talak. Namun setelah itu rujuk. Setelah itu cekcok lg dan sy sering ucapkan 'ya sudah kita tdk ada apa2 lagi' kemudian pulang lg, terakhir istri sy minta cerai, karena sy liat keinginannya kuat maka sy iyakan. Masalahnya sekarang sy menyesal. Saya tdk benar2 ingin cerai krn juga pertimbangan anak 2 org. Tp istri tetap bersikukuh. Pertanyaan sy, siapa yang harus mengajukan ke pengadilan agama? Sy atau istri? (krn sy tdk mau bercerai) lantas talak berapa nantinya diputuskan pengadilan? Trims. Wassalam.

    BalasHapus
  125. Jika demikian maka sebaiknya si istrilah yg ajukan gugatannya ke PA.
    Talaq 1.

    BalasHapus
  126. pak,

    boleh tau gak range harga pengacara? dan apakah mungkin bapak punya kenalan pengacara yg biasa mengurusi masalah perceraian? saya ingin bercerai tapi tidak mungkin mengurus sendiri ke PA. mohon infonya yah pak. sebisa mungkin pengacaranya perempuan. terima kasih.

    BalasHapus
  127. atas pertanyaan seorang ayah tanggal 25 november, jika suami yg mengajukan cerai pengadilan akan memutuskan talak berapa? Sedangkan mereka telah 3x talak/cekcok?

    BalasHapus
  128. Utk anonim tgl 29 Nov;
    Silahkan hub sy secara pribadi di 087 87 87 2282 atau email ke latiefnas@gmail.com

    Utk anonim tgl 4 Des;
    Hanya talaq 1.

    BalasHapus
  129. buku nikahnya cukup satu atau harus buku nikah dua-duanya ya pak,,,dan untuk 2 orang saksi adalah bapak dan ibu kandung sendiri, bisakah? atau kalau ga bisa dua-duanya bolehkah sy mengajukan saksi adalah seorang psikolog dinas terkait karena sy selalu berkeluh kesah kepadanya?,,matur nuwun...

    BalasHapus
  130. - salahsatunya saja tak apapa yg penting harus asli [bukan fotokopi].
    - bisa, pada intinya saksi adlh org yg mberikan keterangan ttg alasan cerai brdasarkan mengalamai, melihat dan/atau mndengar lgsung.

    BalasHapus
  131. selamat sore pak,

    1. apakah dengan pisah ranjang selama 4 bulan sudah bisa mengajukan gugatan cerai?
    2. apakah benar, persyaratan menggugat cerai harus fotocopy buku nikah dan harus mendapatkan legalisir dari KUA yg mangeluarkan?
    (saya menikah di Kuningan-JABAR, masa iya saya harus meminta legalisir ke JABAR..sedangkan sekarang saya tinggal di jakarta...)

    terimakasih atas jawaban bapak...

    BalasHapus
  132. 1. Bisa sj, tp perlu anda ketahui bahwa alasan cerai itu harus benar2x "kental" unsur why, how dan when nya. Jadi kalo hanya pisah ranjang saja maka mnurut sy blm kuat sbg alasan cerai.

    2. Salah itu, yg benar adalah anda harus memegang buku nikah aslinya yg mana nanti pd saat sidang pmbuktian maka bukunikah itu wajib anda nazegelen [di fotocopy lalu fotocopy nya dicap pos materai di ktr pos]

    BalasHapus
  133. biasanya proses sidang cerai berlangsung berapa lama pak?
    dan butuh berapa biayanya?

    terimakasih

    BalasHapus
  134. - Skitar 3-4 bln;
    - Utk daftar perkaranya di pengadilan, skitar 700-800rb [bukan biaya pengacaranya yah].

    BalasHapus
  135. Pak mau tanya :

    1. Bila dalam surat gugatan cerai (istri) mengatakan pisah rumah pada awal tahun 2011 tanpa menyebutkan sebab-sebabnya dan tanpa menyebutkan tanggal / bulan kejadian, apakah ini sesuai dengan hukum formil gugatan ? dan pada kenyataannya pisah (istri pergi dari rumah) adalah pada bulan september 2011.
    2. Bila dalam salah satu dalil dia mengatakan tidak memberi nafkah selama 3 (tiga) tahun berturut-turut sementara tidak menyebutkan mulainya. apakah itu juga dibolehkan secara hukum formil ?, sebagai catatan : pada bagian awal gugatan disebutkan mulai tidak harmonis pada awal tahun 2009 tanpa tanggal dan bulan, sementara gugatan dibuat pada September tahun 2011.

    Sidang sudah berjalan pada proses pemeriksaan saksi dari penggugat.

    3. Bila saksi dari penggugat berbohong dan saya sudah sampaikan secara lisan kepada majelis apakah dapat melakukan upaya hukum lainnya untuk saksi yang berbohong tadi. Atau apakah majelis tetap menilai kesaksian dari saksi yang berbohong tadi ?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  136. Utk anonim tgl 17 Des;
    1. syah2x saja si pgugat mnulikan itu, yg penting apkah ia dpt mbuktikannya pada sidang pembuktian dan saksi;
    2. sperti jawaban sy diatas, syah2x saja nulis bgitu asalkan pada sidang pmbuktian dan saksi apkah dia bisa mpertanggungjawabkan nya, jika tidak maka hakim tentu dpt menolak tuntuttanya;
    3. anda dpt ajukan pidana laporan palsu di kepolisian.

    BalasHapus
  137. terima kasih atas jawabannya,saya anonim 17 des ; ada yang ingin saya tanyakan lagi : seperti pada RV.8. gugatan harus jelas dan tegas. apakah ini tidak bertentangan dengan gugatan dimaksud ?
    tx. pak

    BalasHapus
  138. usia pernikahan saya sdh berjalan 21 tahun, 2 tahun yang lalu suami selingkuh dengan teman sekantornya, mulai dengan saat itu hubungan kami sdh tidak harmonis dan sering timbul cekcok, sebenarnya saya memaafkan asal suami saya bersedia meninggalkan wanita itu tetapi pada tg.7 des 2011 dengan tegas suami saya menyatakan bahwa tidak akan pernah meninggalkan perempuan itu dan mengatakan bahwa mulai malam itu untuk pisah ranjang, karena saya merasa tidak punya pilihan lain maka tg.8 des 2011 saya mendaftarkan gugatan cerai ke PA, setelah suami saya tahu hal ini dengan tegas menolak, apakah kalo suami bersikukuh tdk mengabulkan putusan bisa tetap diambil, dan seandainya karena keadaan tertentu akhirnya suami bersedia untuk meninggalkan perempuan itu dan kembali kepada keluarga, dan saya bisa menerima karena biang keributan adalah pihak ketiga asal ada perjanjian tertulis yang disaksikan hakim apakah dengan demikian perceraian bisa dibatalkan? mohon pencerahnnya, terima kasih

    BalasHapus
  139. malam,

    saya ingin cerai dengan sumai saya. Karena saya sudah tidak mencintainya selama 3 tahun. Suami saya kerja di Malaysia selama 3 tahun terakhir ini. Dia balik 1 bulan 1 atau 2 kali(weekend). Saya sempat mempunyai affair dengan pria lain dan suami saya mengetahui affair saya. Sejak saat itu sang suami sangat aggressive dan sangat abusive.

    Bagaimana process nya? Sang suami juga sudah mengatakan kalo sudah tidak sayang lagi untuk apa di lanjutkan.

    terima kasih.

    BalasHapus
  140. Utk anonim tgl 20 Dec, jam 02:58
    - proses cerai sampai putusan tetap bisa dilaksanakan walau suami tdk stuju dan tdk hadir ke pengadilan. anda harus pahami bahwa proses cerai di pengadilan tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami;
    - bisa, asalkan putusan perkaranya blm berkekuatan hukum tetap.

    Utk anonim tgl 20 Dec jam 4:42
    Jika hub kel anda sdh tdk harmonis dan mmg sering trjadi prselisihan maka hal itu sdh bs dijadikan alasan cerai. Anda tinggal mbuat st gug cerai, daftar di PA sesuai domisili ibu lalu mnunggu srt panglan sidang, mpersiapkan buku nikah dan saksi min 2 org.

    BalasHapus
  141. selamat siang pak.
    pak saya mau bertanya,sy mempunyai ibu yg slalu disakiti oleh ayah sy,ayah sy berusia 69th dan ibu sy 59th. sejak sy berumur 11th sy sdh mengetahui bahwa ayah sy mempunyai istri muda.sejak saat itu sy membenci ayah sy smpai saat ini,tdk hnya 1 istri saja yg dinikahinya secara diam-diam tetapi ada 3 wanita yg dinikahi ayah sy selama kurun waktu 11 tahun ini.Saya kasian dg ibu sy,dan sy jenuh sekali 1 rumah dg seorang ayah yg bermoral bejat.
    Ibu sy sangat sabar sekali terhadap ayah sy,dimarahi diam dibentak jg tdk melawan,untuk uang makan sehari-hari saja tdk mencukupi,setiap ibu sy meminta uang makan sehari-hari selalu saja dimarahi dan membentak-bentak ibu sy.Sejak sy masih kecil,ibu sy sering disiksa dg tamparan pukulan dr ayah sy,semenjak ayah sy tergoda perempuan lain.Sy dan kakak-kakak saya sewaktu kecil jg sering terkena pukulan dr ayah sy. Sy sudah tidak tahan lg melihat ibu sy selalu disakiti oleh ayah sy pak.Yang menjadi pertanyaan sy,yaitu :

    1.Apakah sy selaku anak bs mengurusi/mendampingi ibu sy kepengadilan agama?
    2. Apakah sy jg berhak menjadi saksi?
    3.Kira2 biaya bersihnya berapa pak untuk bercerai,karna sy dan ibu sy dari keluarga yg bs dibilang menengah kebawah?

    mohon bantuannya pak,terima kasih :)

    BalasHapus
  142. mohon maav pak ada yg ketinggalan pertanyaan sy,dikelengkapan berkas-berkas cerai diatas yang dimaksud bukti-bukti pendukung lainnya contohnya seperti apa pak .Jika hanya mempunyai berkas pada poin 1,2,3 saja apakah bs pak ?
    terima kasih

    BalasHapus
  143. assalamu'alaikum wr wb
    selamat malam pak..

    sy aikah dri makassar..
    saya mau bertanya...
    sekitar 5 bulan lalu..setelah beberapa kali panggilan sidang dri PA...saya mendapatkan surat dri PA yg memuat ttg rencana pembacaan ikrar talak oleh suami/mantan suami saya berdasarkan verstek..
    yg ingin saya tanyakan..mengapa sampai saat ini saya belm mendapatkan akta cerai??saya saat ingin ada kejelasan mengenai status pernikahan saya..apa yg harus saya lakukan??apakah saya sudah resmi bercerai??

    saya sangat membutuhkan bantuan bapak...
    terima kasih...

    BalasHapus
  144. Utk anonim tgl 20 Des jam 23:07
    1. Bisa, tp sbaiknya pakai jasa pengacara, agar sasaran hak & kewajiban para pihak dpt diusahakan lbh maksimal;
    2. Umumnya hakim menolak anak jd saksi, tp anda bisa mbuat srt prnyataan yg bs dijadikan bukti pada sidang pmbuktian;
    3. Sekitar 700-800ribuan [yg mahal biaya pengacaranya].

    Utk anonim tgl 30 Des jam 23:14
    Yakni misalkan: foto, sms, srt pernyataan, video, dsb.

    Utk anonim tgl 22 Des
    Akta cerai tdk dikirim ke rumah anda, jadi anda sebaiknya datang/mngurus sendiri kepengrusan penerimaan akta cerainya, temui si panitranya dgn cara mnyebutkan nomor perkara anda ke beliau, nanti pasti dibantu pak penitra.
    Ya, anda sdh cerai.

    BalasHapus
  145. sy orangtua yg mempunyai anak ingin mengajukan ggtn cerai tp buku nikahnya tidak ada (terbakar) gmn cara untuk kelanjutannya, tk

    BalasHapus
  146. Usahakan ada fotokopi nya, jadi nanti pada sidang pmbuktian maka dibilang saja ke hakim bahwa aslinya dpegang si lawan.

    BalasHapus
  147. slam kenal pk,
    saya mau bertanya,saya dan istri saya ingin bercerai dan berniay mengurus cerai melalui jalur pengadilan agama,tetapi setelah saya ke KUA untuk mendaftar,ternyata setelah di cek buku nikahnya palsu,
    pengurus nya bilang kalau perceraian kami tidak bisa dilakukan melalui pangadilan karena tidak terdaftar . sedangkan teman saya memberi tahu kalau perceraian saya bisa di urus melalui pengadilan,
    sebenarnya apakah bisa perceraian kami di proses melalui pengadilan dengan menggunakan buku nikah palsu tersebut?supaya kami bisa mendapatkan akta nikah yang asli dari pengadilan,
    trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  148. Saya seorang istri, ingin mengajukan cerai pada suami saya. Karena ada alasan2 yg tdk bs saya kemukakan disni. Tapi suami saya tdk mau cerai. Yang ingin saya tanyakan, dalam sidang apakah keputusan hakim nantinya bs saja tdk mengabulkan permohonan saya pak?

    BalasHapus
  149. Utk anonim tgl 26 Des;
    Tentu tdk bs diproses pak kalo bukunikahnya palsu. Bgmn bisa dokumen negara yg palsu bisa mndapatkan hasil yg asli. Mnurut sy, pokok prmasalahannya bukanlah bisa atau tdk nya proses cerai tp uruslah dulu bgmn bisa itu bukunikahnya palsu, pasti ada ksalahan.

    Utk anonim tgl 27 Des;
    Jika tdk alasan cerai yg kuat, tdk ada bukunikah asli dan tdk ada saksi [saksi min 2 org].

    BalasHapus
  150. sore..
    pak mohon dijelaskan hak mantan istri dan anak-anak ketika proses cerai dikabulkan...
    terima kasih

    BalasHapus
  151. Harta gonogini dan menerima nafkah biaya pemeliharaan anak dari si mantan suami.

    BalasHapus
  152. 9 bulan lalu saya resmi menikah dengan suami saya saat ini,dan karena suatu masalah suami saya akan mengajukan gugatan cerai dalam waktu dekat, namun tanpa memberitahukan pada pihak keluarga kami berdua karena suami takut akan ditentang oleh kluarga besar kami.Pertanyaan saya:
    1. Apa bisa gugatan diajukan apabila status KTP kami berdua masih belum menikah krn belum adanya KK?
    2. Apa bisa gugatan suami saya dikabulkan tanpa saya menghadiri sidang sama sekali dan tanpa saksi?
    3. Apa gugatan cerai akan tetap dikabulkan apabila saya datang pada saat sidang dan menolak untuk bercerai?
    Trima kasih atas jawabannya Pak.

    BalasHapus
  153. 1. Bisa, asalkan sdh punya buku nikahnya;
    2. Bisa, tp si suami [pgugat] harus tetap bw saksi min 2 org;
    3. Bisa, asalkan argumen anda disertai bukti2x dan saksi min 2 org juga.

    BalasHapus
  154. saya sudah menikah 2,5 tahun, selama itu pula saya merasa tidak di perhatikan oleh suami. Suami saya tidak pernah memberikan nafkah batin kepada saya kecuali kalo saya yg minta. suami saya juga lebih sering menghabiskan waktunya diluar bersama teman2nya. yang lebih menyakitkan, suami saya pernah menampar saya di depan orang tua saya setelah dia saya marahi karena pulang larut malam bersama temannya di luar dan tidak jelas tujuannya. saya ingin sekali bercerai, tetapi suami saya tidak mau, bahkan orangtua saya sepertinya tidak mau menjadi saksi saya jika saya mengajukan gugatan cerai.
    Bagaimana saya tetap bisa bercerai tanpa saksi? karena setiap masalah yang ada selalu saya simpan sendiri tanpa ada orang lain tahu.
    Terimakasih atas jawabannya, Pak.

    BalasHapus
  155. - Perlu anda ketahui trlebih dulu bhwa proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami;
    - Namun, ya! adanya saksi min 2 org adalah persyaratan yg mutlak, jadi kalau tdk ada saksi min 2 org maka gugatan anda pasti tdk dikabulkan hakim.

    BalasHapus
  156. Asslm... Saya pernah menikah dan dikaruniakan 2 anak laki-laki, umur 18th dan 15th, thn ke4 kami sdh sering cekcok terus menerus sampai thn ke9 saya kembalikan ke org tuanya secara baik2, krn sdh tdk bisa diajak komunikasi layaknya suami istri, dia pecandu narkoba sehingga akhirnya terganggu jiwanya,saya tdk tahan keadaan bgitu terus jadi saya pergi Ke Surabaya. Kedua anak sama ibunya yg tinggal bersama kedua mertua. Komunikasi terhdp anak sering dan baik.Saya pernah minta utk mengurus perceraian tapi istri tdk mau dgn alasan biar tdk bisa cerai atau saya tdk kawin lagi. Pada thn ke-2 sejak pisah saya bertemu pasangan idaman saya dan berlsg sampe skg sdh 10thn dan dikaruniakan 2 anak laki-laki lagi umur 5thn dan 9thn, anak yg pertama sejak kuliah sdh tinggal bersama keluarga baru saya. Mohon bantuan dan petunjuknya..........
    1. Bagaimana prosedur dan seharusnya proses perceraian dgn istri pertama sy? Saya di Surabaya istri di Manado
    2. Bagaimana kalo mau urus sendiri ke pengadilan krn sdh 4thn melalui pengacara tak kunjung selesai, bagaimana pula membatalkan jasa pengacara krn cekparcek msh temen istri yg mau diceraikan? Mertua saya orang kaya dan kenal baik pengacaranya
    3. Bagaimana caranya meresmikan pernikahan yg kedua? Krn kami menikah tapi tanpa buku nikah

    BalasHapus
  157. Maaf... Ada lagi, kata pengacara sdh 2 kali saya dengar katanya sdh didaftarkan di pengadilan, tinggal tgu sidang tapi sampe skg katanya tdk ada saksi yg siap... Jadi tdk ada lanjutannya setiap saya tanya jawabannya begitu.
    Demikian pertanyaan saya Pak, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih

    BalasHapus
  158. aslkum...bisakah saya mendaftarkan untuk cerai tanpa buku nikah???....karena buku nikah saya dibawa kabur istri saya..??? dan kalau tidak bisa mohon solusinya....

    BalasHapus
  159. Utk anonim tgl 15 Jan:
    1. Daftarkan srt gugatan cerai di PA sesuai domisili si istri, utk tatacaranya secara detail silahkan klik www.masalahperceraian.com;
    2. Bisa. Buatlah srt pncabutan srt kuasa lalu fax ke ktr pengacara anda dan aslinya dibawa dan dikasih ke panitra di PA tempat didaftarkannya perkara;
    3. Harus cerai dulu dan dpt kan akta cerai, baru bisa menikah lg secara resmi dan syah.
    - Saksi diperlukan pada saat sidang ketujuh pak.

    Utk anonim tgl 17 Jan:
    Solusinya anda buat lg duplikat buku nikah di KUA dulu anda menikah.

    BalasHapus
  160. assalammualaikum wr wb...saya sudah bercerai dgn mengucapkan talak 3 dengan isteri saya, tp isteri saya tidak terima..apakah PA dapat mengabulkan gugatan cerai saya tanpa ketidak hadiran isteri saya

    BalasHapus
  161. PA dpt mngabulkan gugatan anda jika anda telah mndaftarkan gugatan cerai anda, mnjalani prsidangan, ada bukti dan saksi min 2 org.
    Dgn adanya cerai talaq, bukan berarti sdh final utk cerai [secara negara].

    BalasHapus
  162. selamat pagi...saya mau tanya,saya sdh 2.5 tahun ini menikah.memiliki 2 orang anak.kalo saya ingin bercerai dari suami saya,hak asuh anak apa bisa jatuh ke saya?

    terima kasih

    BalasHapus
  163. Kemungkinan besar, bisa [anak dibawah umur 12 th]

    BalasHapus
  164. selamat siang, saya mau bertanya beberapa hal.

    pertama,
    paling cepat berapa lama jika saya mau menggugat cerai istri saya dari hari pernikahan? apakah bisa digugat sekitar 1 bulan atau 2 bulan setelah menikah?

    kedua,
    jika sebelum pernikahan, kel saya n kel istri sudah sepakat cerai setelah nikah, n memiliki surat perjanjian "bercerai setelah menikah" yg dibubuhi materai 6rb.
    apakah surat perjanjian tersebut dapat menjadi bukti perceraian disertai alasan "sudah tidak ada kecocokan"? n apakah dengan surat perjanjian tersebut saya tidak harus menghadirkan 2 orang saksi lagi?

    terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. UU tdk mngatur tempo wkt utk ha trsebut namun masuk akalnya mnurut sy skitar 6 bln;
      2. Majelis hakim tdk akan menerima srt perjanjian sperti itu, pada prinsipnya hakim ingin diyakinkan bahwa hub kel. anda tdk harmonis dan layak bercerai, jadi yg utama dan trpenting adalah adanya saksi bhwa anda dan istri adlh benar tdk harmonis.

      Hapus
  165. mlm pak...
    saya ini mw cerai sama istri saya karena udh tidak ada kecocokan lg...
    menurut bapak hak asuh anak nanti bila saya yg mengugat cerai jatuh ke siapa pak??
    terus proes cerainya sampai berapa lama??
    terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum ww.
      sekitar bulan oktober 2011, suami punya teman fb yang sering smsan dan telponan, bahkan perempuan itu mengaku suami saya pernah ngajak ketemu n mengajak berhubungan intim ditelpon, (ada bukti sms dr perempuan ini) saat ketahuan, suami minta maaf dan takkan mengulangi.

      dan sekarang, suami saya ketahuan lagi dan sudah mengakui selingkuh dengan teman sekantornya, sudah sampe megang2 n mengajak hubungan suami istri (ada bukti ucapannya di facebook) tapi ia mengaku belum sampai tahap berzina. suami juga terkadang suka bicara kasar kpd saya didepan oranglain (mnrt saya sudah termasuk kekerasan psikis). mungkinkah dengan alasan ini gugatan cerai sy bisa dikabulkan? sementara suami bersikeras tidak mau bercerai, dan kembali lagi berjanji tidak akan mengulangi.

      dan apakah benar bisa juga gugat cerai karena suami tidak pernah sholat, sehingga istri kawatir akan ikut terbawa-bawa sifat suami yang tidak mau sholat ini? sebelumnya terimakasih banyak untuk jawabannya pak.

      Hapus
    2. Pada prinsipnya bgini; proses cerai di pengadila itu tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami. Jika mmg hub kel anda dgn suami sdh tdk harmonis dan ada bukti2x dan saksi [min 2 org] maka hal itu sdh dpt dijadikan alasan cerai. Namun saran sy, jgn lah cpt putuskan utk cerai, sbaiknya adakan ksepakatan/prjanjian trtulis, bhwa jk suami selingkuh lg maka barulah memutuskan utk bcerai.

      Hapus
    3. umumnya hak asuh anak dipegang sm sang ibu pak.
      hak asuh anak bs pindah ke bapak jika si ibu trbukti brzinah atau berkelakuan buruk/abnormal.
      proses cera bs skitar 3blnan.

      Hapus
  166. saya menikah karena hamil diluar nikah, dan kini usia pernikahan saya sudah hampir 5 tahun,tapi setiap hari selalu ada pertengkaran, saya tipe orang yang cerewet dan suami saya tipe yang pendiam, tetapi setiap kali bertengkar suami saya hampir selalu menggunakan kekerasan kepada saya, saya pernah mencoba bicara kepada mertua saya tetapi tanggapannya biasa saja, sekarang saya ingin mengajukan gugatan cerai kepada suami saya, tetapi saya belum tahu prosesnya seperti apa, apa saja yang harus saya lakukan? dan apakah dengan alasan seperti itu gugatan cerai saya dapat diterima? dan apakah hak asuh anak akan jatuh ketangan saya? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada prinsipnya bgini; proses cerai di pengadila itu tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami. Jika mmg hub kel anda dgn suami sdh tdk harmonis dan ada bukti2x dan saksi [min 2 org] maka hal itu sdh dpt dijadikan alasan cerai. Namun saran sy, jgn lah cpt putuskan utk cerai.
      Utk tatacara proses cerainya itu sndiri silahkan klik ke www.masalahperceraian.com, sdh lngkap dijelaskan disitu.

      Hapus
  167. asalamualaikum wr
    pak saya mau tanya bagaimana cara saya mengajukan permohonan cerai sedangkan surat2 saya dari mulai akte anak,kk,buku nikah semua di bawa istri saya ke luar negeri sedangkan saya sudah pisah selama hampir 2thn,saya nikah di malang tapi saya tinggal dngn orang tua saya di lampung,apakah boleh saya mengajukan surat cerai di PA lampung dan bagaimana caranya saya mengajukan surat cerai tanpa adanya surat2 penting itu.dan apabila saya menyewa pengacara berapa biyayanya pak.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di PA Lampung. Usahakan mbuat duplikat bukunikahnya di KUA dulu anda mnikah, yg trpenting adlh bukunikanya pak. Jika duplikat bukunikah itu sdh ada maka barulah bisa ajukan gugatan cerai sperti biasa.
      Utk biaya pengacara mngkin kisaran 5-15jt pak.

      Hapus
  168. ass pak saya dari bandung saya menikah sirih bila bercerai apa sama harus kepengadilan pak ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menikah siri tak perlu cetrai di pengadilan pak, cukup ucap talaq saja di depan istri dan saksi.

      Hapus
  169. ass...
    pak saya mau tanya,apakah wajar seorang istri lari dari rumah lalu meminta cerai karena alasan sudah tidak ada cinta lagi dan lebih memilih orangtuanya???
    tapi demi Allah saya masih sayang sama istri saya..apakah pengadilan agama dapat mengabulkan gugatannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Mnurut sy bukan mslh wajar, tp mslh hukum. Dia syah2x saja mnggugat cerai anda selama bukti dan saksi2xnya ada dan kuat;
      - Saran sy utk anda, jk anda tdk stuju cerai maka anda harus dtg ke PA dan buktikan ke hakim bhwa gugatannya tdk benar dan buktikan pula bhwa anda masih mncintai dan mnyayanginya, tentu juga dgn bukti2x dan saksi2x dari anda.

      Hapus
  170. selamat siang pak,,
    saya asal jakarta,,istri saya telah menggugat saya cerai saya.
    dan yang saya ingin tanyakan apakah dalam persidangan perceraian boleh saya tidak harus datang bila di persidangan perceraian,dan apakah hakim akan mengabulkan cerai bila saya tidak datang di persidangan?

    terimakasih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Proses cerai di pengadilan itu tdklah memerlukan persetujuan, ttd dan kehadiran si tergugat [suami], jadi proses sidang cerai dpt tetap brjalan tanpa kehadiran anda;
      - Hakim dpt mngabulkan gugatan si pgugat jikasaja pgugat mpunyai bukti2x dan saksi2x yg kuat.

      Hapus
  171. Assalamualaikum,
    Saya sudah menikah selama 1 tahun setengah dan saat ini saya tengah mengandung 6 bulan. namun sepanjang pernikahan suami tidak memberikan nafkah hidup dengah layak karena suami masih kerja serabutan. Saya bekerja untuk menanggung biaya hidup sendiri,setiap saya meminta dia untuk bekerja dengan layak selalunya dia tidak bersedia karena dia sudah bercita-cita untuk menjadi artis . Kami sering berdebat karena masalah ekonomi yang kami hadapi,saya sudah merasa lelah dgn kondisi saya hamil seperti sekarang harus bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan hidup.Apakah boleh klau saya mengajukan gugatan cerai dan bagaimanakah hukumnya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh-boleh saja bu, yg trpenting dlm mngajukan gugatan cerai adalah: mbuat dan mndaftarkan srt gugatan cerai ke pengadilan brwenang, ada bukunikah asli dan mpersiapkan saksi min 2 org. Tapi saran sy jgn lah mudah mnyerah dan memuskan tk brcerai, kasian anak2x. Saran sy cobalah adakan diskusi dgn kel besar dan bicara dari hati ke hati dgn suami anda, kalau perlu buatlah kesepakatan bersama sblm anda memutuskan brcerai.

      Hapus
  172. SELAMAT MALAM PAK, SAYA IVAN BEKASI MAU TANYA , SAYA INGIN MENGGUGAT CERAI ISTRI SAYA KARENA DI ANTARA KAMI SUDAH TIDAK ADA LAGI KE COCOKAN ATAU KESEPAHAMAN , TAPI INTINYA SAYA PRIBADI MENJALANI PERNIKAHAN TIDAK DI LANDASI RASA CINTA SAYA DAN YANG ADA DALAM MENJALANI RUMAH TANGGA PERTENGKARAN PERTENGKARAN TERHADAP ISTRI SAYA , PERTANYAAN SAYA SAYA MENGGUGAT ISTRI SAYA DENGAN ALASAN KARENA SAYA SUDAH TIDAK COCOK LAGI DAN KETIDAK MAMPUAN SAYA SEBAGAI SUAMI UNTUK MEMBERIKAN TANGGUNG JAWAB DALAM MENAFKAHI ,ITU ALASAN SAYA , KIRA KIRA BISA KUAT GA PAK DALAM PENGADILAN.?

    BalasHapus
  173. mohon di balas pak............? tapi istri saya tidak mau bercerai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mnurut sy alasan bpak kurang kuat. Pakai alasan ttg ketidakharmonisan dan sering trjadinya perselisihan yg terus menerus, krn alasan trsebut ada dlm UU.
      Dan perlu bpak ketahui, bhwa proses cerai di pengadilan di pengadilan itu tdk-lah memerlukan persetujuan dan ttd sang istri kok pak. Yg penting adalah: mndaftarkan srt gugatan cerai ke pengadilan, ada buku nikah asli dan saksi min 2 org.

      Hapus
  174. pak saya anak dari seorang ibu yang malang. ibu saya di tnggal ayah saya selama 6 tahun tanpa ada tanggung jawab. dikarenakan sakit jiwa dan sekarang ibu saya menjadi bulan-bulanan tante" dari keluarga ayah saya. ibu saya sudah tidak kuat lagi. sudah banyak kata ceria dr ayah saya. lantas bolehkah jika ibu saya menggugat cerai ayah saya? karena kami ini buta hukum dan kami sudah tidak tahan dgn omongan kejam tante" saya kepada ibu saya. mohon bantuaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Intinya utk mngajukan prceraian adalah:
      1. mbuat dan mndaftarkan srt gugatan cerai ke pengadilan brwenang;
      2. ada/mpersiapkan buku nikah asli, akta lahir anak2x, ktp dan kk;
      3. mpersiapkan saksi min 2 org.
      Sy sarankan anda ke PA stempat dan ke bagian lembaga bantuan hukumnya, pasti anda dibantu utk tatacara prceraian di pengadilan.

      Hapus
  175. Saya baru menikah 5 bln (nov 2011). Kmi kenal karena dikenalkan tmn, dia org kalimantan dan ay solo, jarak jauh bahkan stlah nikah kami tetap tinggal di tempat masing2 krn sy msh terkat pekerjaan di sini. Slama nikah dia slalu bicara kasar dgn sy, bahkan sy dibilang matre pdhal sampai saat ini sy tak pernah dinafkahi sama skali. Pertengahan maret kmrn sy mendapat kabar bahwa ketika kmi nikah dan bln desember ada seorang wanita dan anaknya umur 3 tahun datang ke rumahnya meminta pertanggungjawaban, suami sy dan orang itu punya anak di luar nikah( 1 hari sblm nikah sy diteror wanita itu dibilang wanita murahan suka ganggu suami orang, pdhl dr ctatan sipil dia msh perjaka. suami sy bilang itu sodarax yg dr dl ngejar2 dia) kata klrgnya mrk msh ktm slth kami nikah. klrg suami sy sempat gempar dgn kejadian ini, dan semua memarahi dia krn bikin malu klrg dan mempermainkan anak orang dan smua klrg simpatik & membela saya.Sy memang sdh curiga ada yg tidak beres dgn suami sy untuk itu sy ingin bercerai. Dengan alasan tidak dinafkahi,perlakuan kasar slama kami nikah (klrg sya tahu) dan perselingkuhan + penipuan dokumen (jejaka tanpa anak). Tp dia tidak mau bercerai dan sy jg tidak bisa menghadirkan saksi dari pihak klrgnya meskipun mrk mebela saya. tp sy punya bukti sms2 dr klrgnya. bisakah saksi dibuktikan melalui sms dr klrgnya yg msh sy simpan & sms2 kasarnya. trimaksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada prinsipnya proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan persetujuan dan tndatangan suami. Yg trpenting dlm proses cerai adalah:
      1. mbuat dan mndaftarkan srt gugatan cerai ke pengadilan brwenang;
      2. ada/mpersiapkan buku nikah asli, akta lahir anak2x, ktp dan kk;
      3. mpersiapkan saksi min 2 org [saksi dari pihak ibu/pgugat saja].
      Kehadiran saksi min 2 org adalah wajib.

      Hapus
  176. siang pak...
    saya mau gugat cerai karena saya n suami nikah karena keterpaksaan saja,kami menikah bru bulan kemarin 30 maret 2012...(sy tdk mencintai n myyginya)sdgkan sy hny mencintai n menyygi kekasih sy yg rencananya akan menikahi sy bln sept...v kehadiran suami sy ini yg akhirnya membuat sy jadi benci sama suami sy,sdgkan suami sy sdh tahu rncana kmi ini,bagaimana cara untuk menggugat cerai pak,karena saya sll tertekan dr hari pertama nikah sampai skrg(tdak d nafkahi lahiriah)dan sll cekcok.
    terima kasih ats jwbnnya pak

    BalasHapus
  177. Pada prinsipnya jika hub kel anda sdh benar2x tdk harmonis dan sering trjadi prselisihan terus mnerus maka hal itu sdh bs dijadikan alasan cerai, namun tentu anda tdk bs ajukan cerai dgn alasan cerai bhwa anda sdh tdk cinta lg dgn suami anda.
    Demikian bu.

    BalasHapus
  178. mohon info, bagaimana cara mencari saksi jika kita tidak pernah bercerita pada orang lain masalah rumah tangga kita sedangkan kita mau menggugat cerai suami?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini memang masalah klasik utk proses persidangan cerai di pengadilan. Mnurut sy, tdk ada cara lain utk benar2x harus ada saksi yg benar2x tau prmasalahan/alasan cerai si pgugat. Jadi kalau memang belum ada saksi maka buatlah keadaanya terlebih dahulu dimana keadaan tdk harmonis itu dpt terlihat atau diketahui sec lgsung oelh si saksi2x [pmbantu/teman/supir/ortu, dsb].

      Hapus
  179. Salam..
    saya memiliki pacar, status dia belum cerai alias baru pisah ranjang sekitar 8 bulan, dia tidak memiliki akta perkawinan, sedangkan dia sudah tidak berniat lagi untuk bersama suaminya , intinya dia berkehendak untuk bercerai karena dia menikah dengan dijodohkan.
    pertanyaan:
    bagaimana cara melakukan gugatan perceraian, sedangkan ia tidak memiliki akte perkawinan?

    BalasHapus
  180. Jika dia mnikah secara UU maka dia pasti punya akta/buku nikah sbg bukti adanya pernikahan. Jika dia tdk punya akta nikah maka dpt dipastikan itu nikahnya adlh nikah siri, maka kalau mau cerai tdk perlu ke pengadilan pak.

    BalasHapus
  181. dalam mengajukan gugatan cerai tanpa dihadiri oleh suami apakah bisa berlanjut atau tidak dikarenakan suaminya sudah tidak pulang-pulang

    BalasHapus
  182. kalau laki0lakinya tidak ada di tempat, atau diluar kota apakah gugatan perceraian masih bisa atau tidak, dan apakah dalam persidangan laki-lakinya harus hadir apa tidak, dikarenakan laki-lakinya itu diluar kota

    BalasHapus