11 Januari 2009

Ruangan Sidang


Bagi masyarakat yg belum pernah melihat ruangan sidang berikut dilampirkan photo "meja hijau" dalam ruangan sidang. Berikut keterangannya:
  • Dalam posisi anda menghadap meja hijau, maka kursi paling kanan adalah kursi untuk Majelis Hakim anggota I;
  • Kursi kedua dari kanan (kursi tertinggi) adalah kursi ketua Majelis Hakim;
  • Kursi ketiga dari kanan adalah kursi untuk Majelis Hakim anggota II;
  • Kursi paling kiri adalah kursi untuk panitera; dan
  • Bendera, buat hiasan ajah.

134 komentar:

  1. Pak, suami sudah menjatuhkan talak 1 seminggu yang lalu, memang semua itu salah saya, saya selingkuh. Dia sebelumnya memaafkan saya, tetapi tetap menyakitinya.
    Perlu diketahui kami tidak berhubungan badan sebulan sebelum jatuhnya talak.
    Secara agama kami sudah berpisah. Saya benar-benar menyesal dan bertekad dalam hati tidak akan mengulanginya lagi. Mungkin dia sudah bosan dengan kata-kata ini. Tapi demi Allah saya ingin memperbaikinya.
    Saya minta ia mempertimbangkan, ia bilang untuk saat ini keputusannya adalah mantap bercerai. Tapi tidak menutup kemungkinan akan rujuk atau tidak, karena ia tidak tahu yang akan terjadi esok. Ia takut mendahului kehendak Allah. Ia mohon kepada saya untuk tidak membahas tentang rujuk dulu.
    OK saya mencoba menuruti keinginannya karena saya takut kalau dia emosi sehingga dia malah illfeel ke saya.
    Saya benar-benar menyesal dan ingin memperbaiki pernikahan ini.
    Yang bias saya lakukan saat ini adalah pasrah, berdoa, dan mohon ampun kepada Allah atas semua kesalahan yang lalu.
    Yang mengacaukan pikiran saya adalah, ia mengatakan ada temannya yang pernah berceraidan administrasinya bias diurus keluarga (ada kemungkinan kami tidak menggunakan jasa pengacara). Ia berkata begitu karena sekarang ia bekerja di Medan, sedangkan saya di Jakarta. Kalau bolak-balik Medan-Jakarta untuk mengurus ini perlu biaya ekstra, karena kondisi financial kami biasa-biasa saja.
    Saya berkata kepadanya : “Itu kan harus lewat pengadilan, pasti pengadilan menyarankan rujuk. Jadi bagaimana?”
    Jawabnya : “Kayaknya bisa tanpa pengadilan, yasudah kamu terima beres saja.”
    Saya mencoba mencari info di internet. Alhamdulillah saya mendapatkan banyak informasi dari blog ini.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa diselesaikan tanpa pengadilan, dan yang mengurus administrasi adalah keluarganya yg disini?
    Kalau benar adanya saya merasa tidak berdaya lagi karena merasa tidak ada kesempatan untuk mengajukan proses rujuk. Karena didalam pengadilan ada proses 3 kali mediasi.
    Cuma itu yang bisa saya harapkan. Alhamdulillah “buku nikah istri” masih ada di tangan saya.
    Mungkin salah satu cara adalah menhubungi keluarganya, tapi untuk saat ini tidak mungkin karena mereka emosi sedang labil, dan keluarganya menyerahkan semua keputusan kepada suami.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus saya hampir sama dengan anda...suami sudah menjatuhkan talak kepada saya dengan membuat surat pernyataan yang berisi ingin mengakhiri pernikahan.apakah selembar surat itu saja sudah menjadikannya resmi sudah menceraikan saya?? seharusnya yang saya tau, jika talak 1, itu seharusnya saya msh sah sbg istri nya kan? tapi ntah apa yang dipikiran dia, stelah dia membuat surat itu ddpn org tua saya, dia sama skali tidak kembali kerumah.saat saya menanyakan keberadaannya, dia hanya blg, tidak perlu tau dia dimana, karena saat ini dia bukan suami saya lg katanya, jd sy tgl dsrh nunggu saja, krn sedang proses cerai katanya

      Hapus
    2. Saya tidak dapat cukup berterima kasih kepada Dr EKPEN TEMPLE kerana telah membantu saya mengembalikan kegembiraan dan ketenangan dalam perkahwinan saya setelah banyak masalah yang hampir menyebabkan perceraian, alhamdulillah saya bermaksud Dr EKPEN TEMPLE pada waktu yang tepat. Hari ini saya dapat mengatakan kepada anda bahawa Dr EKPEN TEMPLE adalah jalan keluar untuk masalah itu dalam perkahwinan dan hubungan anda. Hubungi dia di (ekpentemple@gmail.com)

      Hapus
  2. Yth Ibu, baik saya lgsung jawab yah:
    Yg namanya cerai syah maka harus diselesaikan melalui pengadilan, dan masalah administrasinya tent bisa siapa yg mngurusnya. Sebaiknya anda cari tau dimana suami akan ajukan proses cerainya dan anda hadirilah proses cerainya trsebut agar hak dan kewajiban anda terpenuhi.

    BalasHapus
  3. Pak, apakah saya bisa mengajukan gugat cerai dengan menggunakan surat pengantar/surat keterangan dari rt/rw dimana saat ini saya tinggal/berdomisili untuk mengajukan gugatan cerai ke pengadilan agama? karena saat ini saya tinggal sementara bersama paman & bibi saya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Bisa bisa saja, tapi proses cerai di pengadilan sama sekali tidak memerlukan srt pengantar tersebut bu.

    BalasHapus
  5. Pak, untuk mengajukan gugat cerai ke PA, saya cantumkan di alamat saya selaku penggugat di surat gugatan adalah alamat yg saya tempati sekarang yaitu di rumah bibi saya (karena saat ini saya menumpang di rumah bibi saya), jadi bukan alamat yang tertera di KTP, untuk itu saya mendapat surat keterangan dari RT/RW setempat bahwa benar saya tinggal sementara di alamat tersebut, apakah pengadilan agama bisa menerima surat keterangan tersebut atau harus membuat KTP baru? apakah saya bisa mendapatkan contoh surat untuk pengajuan surat gugat cerai dengan menggunakan domisili sementara/numpang tinggal sementara?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Yth anda;
    cara anda sdh tepat, cukup srt keterangan bertempat tinggal dari RT/RW itu sudah cukup utk hakim sbg tanda domisili anda, tidak perlu buat KTP lagi.

    BalasHapus
  7. pak, saya membawa dua orang anak dari pernikahan terdahulu. Saat ini saya sudah menikah lagi dan menjadi istri kedua dari suami saya yang sekarang yang juga sudah mempunyai dua orang anak, pertanyaan saya apakah suami saya yang sekarang mempunyai kewajiban menafkahi anak-anak bawaan saya?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Yth Ibu;
    sebenarnya memang tdk ada pasal yg mewajibkan itu, namun ini masalah etika dan norma sj, kan dkatakan dlm UU bahwa seorang suami wajib menafkahi keluarganya,nah..bukankah seharusnya anak bawaan ibu, saat ini, merupakan keluarganya juga?

    BalasHapus
  9. Pak,saya mau tanya...saya pihak tergugat laki-laki sudah mengabulkan permintanya penggugat dan sekarang tinggal ambil akte cerainya.yang mau saya tanyakan: apakah pihak tergugat di kenakan biaya pengambilan akte cerai? trimakasih.

    BalasHapus
  10. Pak,saya dengan istri sudah pisah dan sudah mempunyai satu anak.kami berdua sama menginginkan hak asuh anak.mulai usia berapa anak menentukan pilihan tinggal?

    BalasHapus
  11. Utk anonim tgl 29 Maret;
    Tidak pak, bapak tinggal dtg saja ke PA membawa salinanputusannya ya pak.

    Utk anonim tgl 30 Maret;
    Anak br dpt menentukan pilihannya sendiri mau ikut siapa jika sdh berumur 12th [mumayiz].

    BalasHapus
  12. pak saya sedang dlm proses perceraian dan akan memasuki sidang ke 3... dlm sidang ke-2 saya ditanya hakim mau minta nafkah berapa dan saya minta 50rb sehari, tp suami menolak dengan alasan sudah tidak kerja dan banyak tanggungan hutang, dan dia bilang saya hanya mampu segitu (6rb per hari) mau gag mau ya udah... yang mau saya tanyakan apakah alasan tersebut bisa dipakai alasan untuk tidak menafkahi saya sehingga saya hanya bisa pasrah dikasih seadanya ...padahal itu alasan suami saja untuk menghindari tuntutan dari saya dan yang mau saya tanyakan lagi apakah pembelaan yang harus saya lakukan dan apabila suami tetep kukuh dengan pendiriannya apa bisa saya membeli surat sendiri dan surat cerai suami pun saya beli juga dengan alasan saya mau masalah cepat selesai dan saya tidak mau harga diri saya sebagai perempuan dihargai dengan murah ...mohon pendapatnya?

    BalasHapus
  13. Utk nafkah trsebut UU memang tdk mngatur musti brapa Rp si [mantan] suami harus nafkahi si istri, dikatakannya hanyalah sesuai kemampuan si suami. Sperti yg anda kataka, kalo dia tdk bekerja lalu bgmana bisa dia mberikan nafkah anda 50rb/hari. Kecuali anda bisa buktikan ke hakim bahwa pendapatan suami itu besar, sekian Rp [dgn mperlihatkan buku tabungannya/slip gaji/atm, dsb], barulah hakim dpt memutuskan nominalnya lebih besar.

    BalasHapus
  14. enak banget ya jadi laki2 ...tinggal alasan gag kerja n pny utang banyak, mereka bisa leluasa berbuat semaunya ...bebas dari tanggung jawab, padahal itu cuma modus buat menghindari tuntutan kewajiban ... terus saya sebagai perempuan hanya bisa pasrah gitu gag ada pembelaan sama sekali

    kemarin saya sudah sidang, di catatan pak hakim juga sudah jelas pendapatan suami 1.2 jt/bln, meski saya sakit hati okelah saya ikhlas, demi kelancaran saya minta biaya makan 3x sehari dan minum itu pun air mineral (orang sehat minum air 8 gelas sehari) suami juga tetep kekeh ngasihnya segitu (6rb/hr), padahal makan dan minum itu sudah hak pokok setiap orang lho ...lucunya lagi pak hakim berkata, "wes diterima saja mbak dari pada sampeyan gag dapat apa2, jangan gengsi2" "sudah sampeyan rembukan lagi nanti kalo sudah deal kembali lg tanggal sekian membawa saksi 2 orang" tutup sudah

    ini bukan soal gengsi, ini masalah harga diri yang dilecehkan seorang laki2, saya dinikahi baru sebulan usia pernikahan saya digembuli tok (nafkah batin) gag di urusi dan dari awal nikah juga gag dinafkahi sama sekali...ditinggal begitu aja gag ada tanggung jawab, minta cerai alasan sudah gag cocok padahal saya tanya kesalahan saya apa jawab "gag ada yang salah cuma aku yang sudah gag cinta sama kamu"

    saya dipengadilan untuk mencari keadilan, malah dikasih saran seperti itu ... apakah pantas seorang hakim yang terpelajar berkata seperti itu, trus dimana letak keadilan untuk wanita seperti saya ???

    pak saya minta saran? klo saya beli surat sendiri dan surat suami saya beli juga gmn, bisa tidak, lebih baik saya keluar uang banyak dari pada harga diri saya di injak2 begini, tolong sarannya dan bagaimana prosedurnya ?? terimakasih ...

    BalasHapus
  15. ya maksudnya beli surat cerai sendiri dan surat suami juga saya beli ...??? gmn bisa, n cara / prosedurnya gmn ??

    BalasHapus
  16. terus menurut anda saya harus bagaimana? ini posisinya suami udah gag mau tangung jawab, sudah 2x sidang tidak datang ...alhasil sidang di gugurkan, dan saya akhirnya mengurus surat sendiri ...bila tetep sidang tanpa suami, apakah permintaan perceraian saya bisa langsung dikabulkan dan otomatis saya dapat surat/akta cerai? apa suami juga mendapat akta juga ?

    klo daerah sini jika seorang istri mengurus surat cerai sendiri tanpa suami yg tidak ikut sidang, akan otomatis dapat akta cerai tetapi suami belum bisa / tidak boleh menikah sebelum mengurus sendiri surat cerainya dan harus atas sepengetahuan istri, jika tidak penghulu tidak bisa menikahkan orang tersebut ...bener ta?

    BalasHapus
  17. Mnurut sy apa yg anda ketahui ttg tatcara/proses cerai di pengadilan adalah 'salah informasi'.
    Negara kita adalah negara hukum, maka harus tunduk sama hukum.
    Proses cerai di pengadilan, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami, yg penting adlh daftarkan srt gugatan cerai, ada buku nikah asli dan saksi min 2 org, intinya itu saja.
    Mau cerai dimanapun, selama masih di Indonesia maka caranya tetap sama, sperti yg sy jelaskan diatas.
    itu saja.
    Sebainya ibu beli saja dulu buku undang-undang/Kompilasi Hukum Islam, semua diatur disitu ttg proses cerai utk org Muslim.

    BalasHapus
  18. berarti klo sidang (cerai gugat)sudah selesai otomatis yg dpt akta cerai istri saja? suami tidak dpt begitu ...?? (dgn catatan suami tidak datang sama sekali)

    BalasHapus
  19. Benar. Jika si suami mau terima akta cerainya maka dia harus dtg/urus akta cerainya tersebut ke pengadilan.

    BalasHapus
  20. terimakasih atas informasi dan waktunya ... mohon maaf apabila ada kata2 yg kurang enak, baik sengaja ataupun tdk disengaja ... sekali lg terima kasih ...

    BalasHapus
  21. selamt siang.. saya digugat istri untuk percerain, smp saat ini saya tidak terima surat panggilan . namun ternyata sudah terbit akta cerai karena ktidak hadiran saya 3 kali panggilan.. yang saya tanya kan klw memang sya tidak terima surat panggilan... sedangkan saya penggugat tahu alamat kantor saya yang jelas... mohon penjelasan. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Srt panggilan sidang dikirim ke alamat tempat tinggal pak, bukan alamat kantor, demikian aturannya pak. Coba bpak cek ke org yg tinggal di tempat kdiaman bapak, mungkin ada yg menerima srt panggilan sidangnya tersebut.

      Hapus
    2. selamat malam pak, saya mau tanya saya kan sudah sah serai , tapi saya belum ambil surat akte cerai saya , saya sudah 3 thun cerai, tapi mantan suami saya sudah ada akte cerai, saya mau ambil akte cerai di pengadilan agama, tampa bawa surat2 bisa kah pak ,

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa bisa surat panggilan untuk suami diterima oleh keluarganya?

      Hapus
  23. Singkat saja, sy bercerai dgn mantan istri sy sdh 6 bln silam. Istri sy menggugat cerai di tempat berbeda atau tempat dia tinggal skrg. Proses perceraian melibatkan PA tempat sy tinggal skrg dan akhirnya proses perceraian selesai. mantan istri sy sdh memperoleh akte cerai, sementara sy harus mengambil sendiri akte tsb. Karna jarak yg cukup jauh, Apakah sy bisa meminta bantuan PA tempat sy tinggal skrg, krn mereka terlibat dlm proses perceraian sy. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa pak, anda sendiri yg wajib ambil.urus akta cerainya tersebut. Anda bs mnta bantuan jasa pengacara utk hal tersebut.

      Hapus
  24. slamt mlam,ini sy lg proses cerai tp berjalanya wktu istri sgt rumit, dan terkesan mngolor2, buku nikah saya tdk boleh diminta..bgaimana pak solusinya? padahal sy sudah tidak betah lagi dngan pola hidupnya yg sudah diluar dari norma2 agama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosedurnya, buku nikah harus diminta, kalau gagal, ke pamong, bila gagal ke polisi, karena menyimpan buku nikah yang bukan haknya, itu melanggar hukum.

      Hapus
  25. Anda bisa urus pmbuatan duplikat bukunkah di KUA dulu anda mnikah pak.

    BalasHapus
  26. kami menikah di indonesia dan skrg berdomisili d malaysia karena suami adalah warga negara malaysia.jika saya melakukan gugatan cerai d indonesia,dan saya tidak dpt selalu dtg sewaktu persidangan karena masih berdomisili d malaysia bersama ank" dan suami,apakah proses sidang masih dapat berjalan jika saya minta bantuan jasa pengacara?

    BalasHapus
  27. Bisa, tp saran sy sbaiknya pulang dulu ke Indonesia krn kalo pgugatnya tdk berada di Indonesia maka prosesnya akan amat sulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. apakah suami wajib datang ke indonesia kalo pihak istri yang menggugat?

      Hapus
    3. apakah suami wajib hadir sewaktu persidangan dijalan kan? jika suami tak menghadiri semua persidangan apakah tetap bisa mendapatkan akta cerai?

      Hapus
  28. PAK SAYA PISAH DENGAN ISTRI SAAT USIA PERNIKAHAN BARU BERJALAN DUA BULAN..SAYA DAN ISTRI BLUM SEMPAT URUS KK...APAKAH DALAM GUGATAN CERAI KK ADALAH SYARAT MUTLAK....ATAU SAYA BISA MENGURUS GUGATAN CERAI WALAUPUN SAYA BLUM MEMILIKI SURAT KK....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda tinggal di wilayah Pengadilan Negeri Kotaagung, Tanggamus Lampung, hal itu bisa diselesaikan, hal itu saya mengalaminya.
      Ini yang menangani Sidang Gugatan Cerai Sartini melawan Anastasius Subono, Nomor 12/PDA.6/2012 tertanggal 4 September 2012, di Pengadilan Negeri Kota Agung kabupaten Tanggamus,Lampung.

      Hakim Ketua : Danang Utaryo SH MH
      Anggota : Robby Alamsyah SH
      Anggota : Tatap Urasima S SH
      Panitera : Aris Yulianto
      Kami menikah di gereja, dan pernikahan kami belum dicatat di Pencatatan Sipil dan tidak ada KDRT atau percekcokan atau perselisihan yang terus menerus, dan bukti dan saksi tidak bisa membuktikan gugatan dari Penggugat, gugatan bisa diterima kok?

      Hapus
  29. Tetap bisa proses cerai di PA, yg tpenting tetap ada bukunikah asli nya.

    BalasHapus
  30. Berkas-Berkas Yang Dipersiapkan Untuk Pengadilan Dalam Proses Cerai
    Berkas-berkas atau surat-surat yang wajib dipersiapkan dalam proses berperkara cerai di pengadilan adalah:

    Akta Perkawinan/Buku Nikah (asli);
    Akta Lahir anak-anak;
    Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    Kartu Keluarga (KK); dan
    Surat gugatan cerai-nya.

    Namun pada Sidang Gugatan Cerai Sartini melawan Anastasius Subono, Nomor 12/PDA.6/2012 tertanggal 4 September 2012, di Pengadilan Negeri Kota Agung kabupaten Tanggamus,Lampung yang ditangani oleh
    Hakim Ketua : Danang Utaryo SH MH
    Anggota : Robby Alamsyah SH
    Anggota : Tatap Urasima S SH
    Panitera : Aris Yulianto
    Gugatan Cerai Sartini yang hanya membawa Surat gugatan cerai, akta nikah di gereja yang belum tercatat di Pencatatan Sipil dan Surat Keterangan Domisili serta KTP yang baru tanpa adanya Surat Keterangan Pindah dari tempat kediaman semula dan tanpa membawa persyaratan lainnya, Gugatan Cerai juga dengan cepat disidangkan kok.

    BalasHapus
  31. Sebaiknya hub sy secara lgsung atau adakan prjanjian knsultasi ya pak krn sy sulit jelaskanya via media ini.

    BalasHapus
  32. Pak, jika saya akan mengajukan gugatan cerai dan suami tidak menghadiri sidang, apakah akan menjadi berbelit-belit dan memperlambat proses sidang? karena pada dasarnya dia menyetujui gugatan cerai saya.
    atas tanggapannya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  33. - justru dpt mpercepat bu, krn bisa verstek [proses cerai tanpa pernah dihadiri si trgugat].

    BalasHapus
  34. selamat sore pak,

    saya akan mengajukan gugatan cerai dan suami menyetujui perceraian ini. saya punya beberapa pertanyaan, mungkin bapak bisa bantu saya menjawabnya.

    1. Jika suami tidak menghadiri sidang, untuk saksi dari tergugat bagaimana? apakah saya bisa menghadirkan 2 saksi?
    2. Apakah untuk mempercepat proses dapat menggunakan alasan suami tidak diketahui keberadaan dan kabarnya selama beberapa tahun terakhir? apakah tidak akan diperiksa kebenarannya oleh pengadilan?
    3. Biasanya bila suami tidak menghadiri sidang, maka sidang yg harus dilakukan sebelum putusan apakah sesuai dengan jumlah 8x sidang yg biasa dilalui atau bisa dipersingkat?
    4. Jika ada surat pernyataan bermaterai dari suami yg menyatakan bahwa dia menyetujui gugatan yg saya ajukan, apakah akan lebih mempermudah jatuh nya putusan talak dari hakim? dan apakah didalam surat itu harus dituliskan talak yg dijatuhkan?

    Demikian, atas tanggapan bapak, saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  35. 1. yg trpenting si pgugatlah yg bs mnghadirkan 2 org saksi;
    2. kalau dmikian maka akan dilaksanakan sidang ghoib, itu bs lbh lama;
    3. jika 3x si tgugat dipanggil pengadilan tdk hadir, maka proses sidang brjalan bs lgsung sidang bukti n saksi, stelah itu bs putusan;
    4. ya, namun tetap hrs ada sidang saksi.

    BalasHapus
  36. selamat siang pak,
    sy akan melakukan transaksi jual beli tanah milik sy yg sy beli dari hasil kerja saya. yg menjadi masalah, notaris dari pihak si pembeli meminta surat cerai yg tidak pernah sy miiliki sejak berpisah dari suami, krn bekas suami tidak pernah memberi surat cerai pada sy hingga dia menikah lagi dgn wanita lain. sy menikah di surabaya tahun 1982, tahun 84-85(sy lupa tepatnya) kami berpisah tampa surat cerai. saat ini sy berdomisili di jakarta dan sudah memiliki KTP jakarta. mohon petunjuk bapak, langkah apa yg harus sy lakukan utk mendapatkan surat cerai agar sy bisa melakukan proses jual beli tanah saya. saat ini sy hny memiliki foto copy buku nikah dan surat kenal lahir anak saya.
    atas tanggapan bapak, saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  37. selamat malam pak, sy mau nanya,bagi warga surabaya di PA mana untuk mendaftar & mengurus gugatan cerai? trimaksh

    BalasHapus
  38. Pak mau tanya,, suami saya warga malaysia,, dan skrng dia ingin menceraikan saya,, bagaimna proses'y perceraian yg saya alami nanti, apakah rumit atau gmna ya pak..?

    BalasHapus
  39. Jika prnikahan dilakukan di Indonesia maka ia harus tunduk hukum Indonesia, dgn cara brcerai di pengadilan agama di wilayah doimisili saat ini si istri.
    Proses cerai/tatacerai nya dpt dilihat di www.masalahperceraian.com

    BalasHapus
  40. selamat siang mohon nasehat dari bapak
    saya sudah lama berpisah dengan suami saya alias cerai tanpa sertificat selama 12 tahun,,anak2 bersama saya.. mantan suami saya juga sudah menikah lagi ,,tapi sampai sekarang saya belum mengurus surat cerai di karenakan surat nikah saya hilang di kantor polisi,,sebenar nya saya salah harus membawa surat nikah saya ke sana ,,karena percekcokan panjang sehingga harus ke kantor polisi alhasil surat saya hilang di sana,,untung nya anak anak sudah ada akta kelahiran,,pertanyaan saya apakah saya masih bisa mengurus surat cerai,,mengingat mantan suami saya sudah menikah dan punya anak lagi dengan istri yg baru? dan surat nikah saya hilang

    BalasHapus
  41. mohon penjelasan nya dan jalan keluar nya,, supaya saya bisa memiliki surat cerai

    BalasHapus
  42. - bisa tapi anda hrs mbuat dulu duplikat bukunkah di KUA dulu anda mnikah.
    - secara negara anda blm lah brcerai jk blm diproses di pengadilan dan mnerima akta cerai.

    BalasHapus
  43. selamat pagi pak.
    saya sekarang sedang digugat cerai oleh istri saya, dengan alasan sering terjadi pertengkaran, dan saya tidak memberi dukukungan terhadapa usaha yang dia lakukan untuk menambah penghasilan keluarga.kami sudah melakukan mediasi 3x hasilnya saya tetap mempertahankan keluarga dengan alasan anak-anak dan ingin pemberbaiki kesalahan yang saya lakukan terhadap istri saya. yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya unuk mengulur waktu dalam persidangan agar dengan berjalannya waktu istri saya dapat melihat perubahan yang terjadi dalam diri saya dan menjalin kembali komunikasi terhadap dia.mohon penjelasan.. trima kasih.

    BalasHapus
  44. pak saya mau tanya, saya sudah menikah selama 2 tahun, itupun terjadi karena saya hamil duluan, dan suami saya sudah lebih dari 1 tahun ini seakan leps tangan dengan saya dan anak saya, ia hanya mengandalkan orang tuanya yang datang 1 bulan sekali ( itupun tak mesti ) untuk datang kerumah dan memberi uang sebesar 300rb untuk keperluan anak saya, yang mau saya tanyakan apakah saat bercerai saya bisa mendapatkan hak gono gini?

    BalasHapus
  45. selamat pagi pak,saya mohon bimbingan, begini pak saya sedang menjalani gugat cerai ke suami, krn selama 7 thn dia pergi tak tau entah dimana, pd tgl yg di tentukan pengadilan saya di harap hadir bersama 2 saksi. pertanyaan saya adalh apakah setelah sidang itu sdh bisa selesai proses nya atau ada panggilan lagi. Terimakasih.

    BalasHapus
  46. selamat sore pak, saya sudah pisah 2 tahun lebih dan baru sekarang ingin mengurus talak 3 ke PA tangerang, saya dan mantan istri sudah saling menyetujui untuk berpisah secara baik-baik tanpa menuntut apapun, apakah bisa proses sidangnya berjalan singkat? terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah sidang saksi, biasanya kmudian sidang putusan, lalu stelah itu PA brkewajiban kirim srt informasi putusan perkara ke trgugat lagi lalu dlm wkt 14 hari tdk ada keberatan maka barulah putusan cerai brkekuatan hukum.

      Hapus
  47. ISTRI JADI TKW 6THN BELUM PULANG ,SAYA AJUKA CERAI KE PA ,,APAKAH BISA JATUH TALAK
    satu lagi pertanyaan saya yg membuat saya belum tenang //ISTRI SAYA DI SAUDI 6thn blum pulang.. kesetian dan kejujuran saya tidak dihargai ..skarang saya mngajukan percerain ke PA dia pun mengetahui . karna masalah demi masalah selalu datng, dan dia bermesraan di sosial media ..yang lebih menyakitkan lagi dia melontarkan kata kata yang ga pantas di ucapkan .. sehingga saya merasa memang sudah tidak cocok lagi .. yang jadi pertanyaan apakah proses perceraian saya akan berjalan dan apakah surat cerai mudah di dapat??mohon penjelasannya terima kasih ,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Bisa pak;
      - Proses pngadilan harus brjalan sesuai prosedur [lama, bisa skitar 5-6 bln].

      Hapus
  48. pak,awalnya saya menyerahkan 2 surat nikah saya ke kaur kesra di rumah saya. dan saya sudah mengajukan gugatan cerai di PA dan 2 minggu lagi sidang pertama.namun, sekarang saya kok malah disuruh membayar rp225.000 ke kaur kesra tersebut katanya untuk mengambil salah satu surat nikah yang tersisa dan untuk biaya BP-4. saya curiga ini modus beliau, padahal sebelumnya saya sudah memberikan uang rp 200.000 kepada bliau. jika saya tidak menuruti keinginan kaur tersebut apakah akan mempengaruhi proses gugatan saya ini?

    BalasHapus
  49. Pd proses cerai di pengadilan, tdk lah wajib harus ke kaurkesra ataupun ke BP-4 terlebih dahulu.

    BalasHapus
  50. Maaf pak,,,,sya sudh menikah slma 1 th,tiba'' istri sya menggugat cerai kpd sya hnya dngn alsn dia sudh tdk sayang lg?...yg ingn sya tnyakn:
    1).apakh d trima oleh PA dngn alasn istri sya tsb.
    2).apakh mendftrkn surt gugat cerai hars mnggunakn buku AKTA NIKA asli.
    3).apbila sya tdk mau mmberikan buku akta nikah milk istri,apkh istri tdk bsa mngajukan surt gugt cerai k PA,dn apkh sya salh menympan dn tdk mmberikn buku akta nikah milk istri tsb kpd istri slama belm ad kputusan dr PA?...

    BalasHapus
  51. 1. Tdk ada alsan cerai sprti itu dlm UU;
    2. Bukunikah dwajibkan diserahkan pd sidang pmbuktian;
    3. Dia tetap bs ajukan gug, tp kmngkinan bsar Hakim tdk kabulkan krn tdk ada bk nkah asli.

    BalasHapus
  52. pa saya perempuan yang sudah ditalak tapi pihak laki-lakinya g mau ngurus diajak bertemu dulu siapa tau bisa diperbaiki tapi dia tetep tidak mau ketemu soalnya bener2 sudah tidak mau,,,akhirnya saya sudah yang mengurus dan membayar semua administrasinya,,,,,saya denger dia menikah sebelum proses surat masuk ke pengadilan itu bagi dia hukumnya sepertti apa????apa memang pada saat menikah lagi itu g di tanya mana surat cerainya

    BalasHapus
  53. Jika dia mnikah sblm bcerai maka itu bisa saja masuk pidana perzinahan atau pnipuan jika ia mnikah dgn identitas palsu.
    Tapi sulitnya jika ia mnikah siri, krn memang tdk perlu akta cerai.

    BalasHapus
  54. meskipun sudah talak apa itu dikatakann perzinahan ???? yang saya tau dia nikah resmi tapi yang jadi masalah apa pada saat nikah itu di kua tidak ditanyakan surat cerainya,,,

    BalasHapus
  55. pa sampai saat ini pihak suami tidak ada mau mengambil surat nikah atau akta cerai karena dia sudah menikah,,,,sebenernya kalau untuk pihak laki2 apakah perlu surat akta cerai itu, lagi kalau dikatakan sdh menikah ??jelas2 pihak laki2 dah tidak mau bertemu lagi apalagi harus mengambil akta cerai,,,,

    BalasHapus
  56. Seharusnya iya, krn kalo mau mnikah lg, dia hrs mbuktikan sdh cerai dgn cara mnunjukan akta cerainya.

    BalasHapus
  57. pak saya suami yg di gugat sama istri saya dan saya sudah di karuniai anak berumur 2,6 thun dan di sini ada ke ganjilan di pihak pengadilan agama pada bulan juny ada pangiln sidang tetapi di tunda pada tanggal 23 juli kemaren tetapi saya tidak datang di kerenakan saya bekerja di surabaya dan tidak bisa libur dan persidangan ada di kota trenggalek tetapi kok lngsung di putuskan bercerai dan hak asuh anak jtuh di pihak istri saya dan yg saya tanyakan apa aturanya seperti itu ?terus terang saja saya tidak mau cerai dg istri saya

    BalasHapus
  58. Setau sy jika tgugat dpanggil 3x oleh PA, tdk prnah hadir maka bisa proses persidangan brjalan tanpa khadiran tgugat. Coba cek lgsung ke PA nya dan kalo ms sempat maka sgera ajukan banding.

    BalasHapus
  59. pak sya sudah mendaftar kan kepengadilan agama
    sya gugat cerai suami saya,yg smpai kini tdak tw kebradaan nya,anak² tinggl bersama sya akan tetapi sya blm mempunyai akta kelhiran anak²,apakah waktu persidangan nanti memerlukan akta kelahiran anak²

    BalasHapus
  60. klw tidak da pak akta² nya bisa kah sidang trus berjalan
    trus biasa nya surat panggilan dr PA diti2pkan ke kpala desa?

    BalasHapus
  61. Pak saya menggugat cerai suami, sudah 1x sidang suami tdk hadir, lalu hakim meminta saya membawa saksi di sidang ke 2, tapi setelah rembuk keluarga orang tua dan mertua meminta saya untuk menunda sidang berikutnya, Bagaimana caranya? Sedangkan buku nikah asli sudah sy serahkan kepada pihak PA. Apa saya bisa saya sebagai penggugat tidak hadir dalam sidang yang sidah ditentukan tanpa kuasa hukum?

    BalasHapus
  62. pa sy niken mw tnya sy telah menggugat suami sy tp suami sy tdk hdr dlm proses persidangany stlah it sy disuruh hakim sruh mengambil srt akta cerai tp sy ingin tw knp sy kn sdah membayar adm biaya gugat crai tp knp dibebani utk mengambil srt akta crai kpd sy sbgai penggugat knp g dilimpahin oleh kpd suami sy sbgai tergugat mhon dijelaskan mksh.. ..

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Pak. Mau tanya. Suami saya sdh lebih 5tahun tidak menafkahi saya. Kl saya mau ajukan cerai. Bukti apa yg hrus saya siapkan. Takutnya dia menyangkal

    BalasHapus
  65. Saya seorang suami yg sedang mengajukan cerai talak di PA jakarta, sidang pertama saya hadir tp sidang ke 2 dan ke 3 saya dan istri tidak hadir dikarenakan saya berada di luar kota, lalu saya tambah uang panjar untuk melanjutkan sidang yang saya tanyakan berapa kali sidang lagi dan berapa lama terbit akta cerai sedangkan istri tidak pernah hadir terima kasih

    BalasHapus
  66. - Masih bisa skitar 10x prtmuan sidang lg pak;
    - Kalo istri/tgugat tdk prnah hadir maka bisa skitar 3 bln'an pak.

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. Saya mau nanya....saya menggugat cerai istri saya...sbntr lgi akan mulai sidang...namun, di dlm sidang nanti istri saya akan bilang kpd hakim bahwa saya selingkuh, dia punya bukti fhoto saya dengan cew (bukan fhoto mesra) dan ada saksi yg liat saya pernah antar jemput cew. yg mau saya tanyakan :
    1. lemahkah posisi saya tersebut
    2. apakah tuduhan istri saya tadi akan menghambat proses perceraian saya di pengadilan?

    BalasHapus
  69. Selamat malam. Kakak ipar saya sedang dalam proses cerai dari suaminya karena suaminya pindah ke agama yg dianut sebelum menikah, walaupun di ktp masih seagama. Kami memakai jasa pengacara yg merupakan anak buah dari saudara kami dan sifatnya pro bono. Namun sepertinya pengacara kami disuap oleh pihak tergugat. Dan kami takut hakim juga bisa "dibeli" oleh tergugat. Apalah ada kemungkinan gugatan kami ditolak?

    BalasHapus
  70. Selamat pagi. Saya dan suami sudah menikah 1,5 tahun. Selama ini saya tdk pernah dinafkahi krn suami tdk mempunyai pekerjaan. Setiap bertengkar suami selalu pergi dr rumah cukup lama tanpa tau kemana. Pulang hanya jika saya cari. Terakhir suami memutuskan pisah ranjang dan sudah pergi lbh dr seminggu. Apa hal2 tersebut bisa saya jadikan alasan perceraian? Klo boleh saya ingin minta pendampingan hukum dr pengacara. Mohon infonya pak apakah bisa dibantu?

    BalasHapus
  71. Selamat sore bapk yang terhormat,saya ingin tanya apa bisa ngurus perceraian di domisili tinggalnya

    BalasHapus
  72. selamat malam.. pak saya mau bertanya, saya menggugat cerai suami ke PA. dengan alasan perselisihan paham dikarenakan tergugat/suami memiliki banyak hutang tanpa sepengetahuan penggugat/istri diantaranya bank harian dan hutang-hutang tersebut tidak jelas penggunaannya oleh tergugat/suami.
    hingga berujung tergugat/suami pergi menetap di rumah orang tua tergugat/suami dan tidak memperdulikan penggugat/istri dengan tidak memberikan nafkah lahir dan batin selama 5 tahun 5 bulan.
    saya telah mendapatkan panggilan sidang pertama dari PA, akan tetapi saya merasa takut, bingung, cemas karena belum berpengalaman mohon solusinya pak? terimakasih....

    BalasHapus
  73. Pak saya mau tanya. Saya ditinggal suami saya sudah lebih dari 3tahun dan saya tidak mengetahui suami saya dimana n keluarganyapun tinggalpun saya tidak tau krna dia orang jawa . saya tanya lewat tlpon sekitar 2,8thun yg lalu dia ga pernah ngerespon. Suami saya tnpa kabar n tanpa beri nafkah,terakhir dia talak saya lewat sms.Sekarang saya ingin menikah dengan pria lain . apakah saya harus mengurus surat cerai sebenarnya saya tidak tau keberadaan suami saya? Bagaimana prosesnya dengan keadaan yang begitu pa. Mohon jawabannya trimakasih.

    BalasHapus
  74. Bpk latief terhormat,
    Saya pernah menikah siri tp sudah berpisah dan dikaruniai seorang putri,saat ank usia 2 tahun sy menikah resmi dgn pria lain, dan status sy di gadis,suami bilang dia duda,tp karna alasan surat cerai dibawa mantan istri akhirnya dia menggunakan status perjaka,,,beberapa bln setelah kami menikah ,sy menemukan buku nikah suami dengan istrinya,dari semenjak itu hubungan kami tidak harmonis,sy merasa tertipu,sy menikah pd th2007,kemudian suami menjatuhkan talaq tertulis dengan beberapa saksi,termasuk rt dan amil,pada th 2009,tp th yg tertulis di surat talaq 2008 dan yg diberikan ke sy hanya copy sedangkan dia pegang aslinya,semenjak itu dia rujuk dgn istri yg dulu,mengusir saya dari rmh ,tdk pernah memberi nafkah secara lahir dan batin,dari sebelum talaq,dan tidak pernah mengurus surat cerai ke PA seperti yg dia janjikan,mohon bimbingan dan saranya?apa yg harus sy lakukan untuk mengurus perceraian syah agar sy mempunya akta cerai?apakah surat talaqnya bisa dijadikan barang bukti,bahwa dia kami secara agama sudah bercerai?trimakasih

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. Pak jika 2 taun sudh tidak tinggal bareng tapi perceraian tdk di urus urus itu bagaimana ya pak..sedangkan masing masing sudah mempunyai pasangan,dn si laki laki sudh menjanjikan bahwa akan menikahii pacarnya itu ???

    BalasHapus
  77. Jika penggugat tidak hadir d sidang pertama di karenakn sdang ada halangan sakit. apa kah boleh d wakili..?

    BalasHapus
  78. Selamat Pagi,Pak Latief
    Saya mau bertanya,jika panggilan sidang talak cerai sudah ada,apakah pemohon harus menyertakan saksi? Dan saksi kapasitasnya sebagai apa?apakah hanya menjawab seputar perceraian pemohon atau yg lain lain?,mengingat saksi hanya kenal sebtas teman bercerita atau curhat saja,apakah ada contoh format surat kuasa menjadi saksi untuk persidangan?mohon pencerahan karena teman saya yg mau talak cerai adalah orang asing,terima kasih.

    BalasHapus
  79. pak saya mau bertanya .saya kan sudahh bercerai sm suami sy . tp cuma dia yang dapat akta cerai . sedangkan sy juga ingin memiliki akta cerai . bgaimana ya persyaratannya kalo sy juga ingin punya akta cerai

    BalasHapus
  80. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  81. Malam pak latief... mohon pencerahannya, saudara saya sedang dalam proses perceraian, dia cerai talak dari suaminya, proses sidang di pengadilan agama, berlangsung alot mulai dari agustus 2015 sampai dengan maret 2016 belum ada putusan hakim, disela proses sidang tersebut saudara saya masih menerima jika dibaik2i oleh suaminya hingga akhirnya hamil lagi anak ke 3, sedangkan dalam persidangan ketika ditanya oleh hakim suaminya tersebut tetap ingin melanjutkan persidangan. yg ingin saya tanyakan apakah itu salah pak dalam kompilasi hukum islam jika dalam proses sidang cerai istri digauli, bukankah suami sudah menjatuhkan talak dengan mendaftarkan perceraian di PA? Bagaimana pembuatan akta kelahiran anak mereka jika sudah diputuskan perceraian, apa bisa hanya bermodalkan akta cerai?

    BalasHapus
  82. selamat malam pak saya mau nanya sebagai tergugat kalau mau ngambil akta cerai di PA bagaimana caranya pak?

    BalasHapus
  83. bpk sya mau tya,sya udh cerai dr suami udh setahun,sya mninggalkn suami krna dy sllu main wanita,trs akhrnya q ditalak brkali,akhrny q prgi mrantau kejkt bwa ankku,tp buku nikah asli 22nya dibwa dy,sedangkn dy ga mau urusin prcereaian,q udh g tahan dg status bgni,sdgkn dy udh nikah sirih dg org lain tp dy sngja mnggantungkan status q..prtyaanku apa q bsa mnggugat suami hnya dgn foto copy buku nikah?sedangkan dlu q nikah dikmpung apa bs urus dijkt..trimaksh

    BalasHapus
  84. Pak pihak, sya di gugat cerai sma istri sya.. tpi sya tdk.mau krna msh syg dan cinta,anak berusia 2th.. dan istri sya slingkuh menyatakan sma sya dah berzinah sma slingkuhan.nya.. apakah bsa di tolak pak.. mhon saran nya pak.. terima.kasih

    BalasHapus
  85. Apa yg sya mesti lakukan pak..

    BalasHapus
  86. Pak pihak, sya di gugat cerai sma istri sya.. tpi sya tdk.mau krna msh syg dan cinta,anak berusia 2th.. dan istri sya slingkuh menyatakan sma sya dah berzinah sma slingkuhan.nya.. apakah bsa di tolak pak.. mhon saran nya pak.. terima.kasih

    BalasHapus
  87. Pak pihak, sya di gugat cerai sma istri sya.. tpi sya tdk.mau krna msh syg dan cinta,anak berusia 2th.. dan istri sya slingkuh menyatakan sma sya dah berzinah sma slingkuhan.nya.. apakah bsa di tolak pak.. mhon saran nya pak.. terima.kasih

    BalasHapus
  88. Apa yg sya mesti lakukan pak..

    BalasHapus
  89. Pak pihak, sya di gugat cerai sma istri sya.. tpi sya tdk.mau krna msh syg dan cinta,anak berusia 2th.. dan istri sya slingkuh menyatakan sma sya dah berzinah sma slingkuhan.nya.. apakah bsa di tolak pak.. mhon saran nya pak.. terima.kasih

    BalasHapus
  90. assalamualaikum pak, singkat cerita saudara saya adalah pihak laki laki dan sebagai tergugat. sidang pertama dia tidak datang karena sakit, sidang kedua tidak bisa datang karena alasan pekerjaan. sidang ketiga dia akan datang. pertanyaannya apakah di sidang ketiga akan langsung diputuskan untuk langsung talak cerai pengadilan. atau tidak? pertanyaan yang kedua adalah apakah sidang kedua bisa diwakilkan dengan surat kuasakepada saudranya yang bukan oleh pengacara? terimakasih

    BalasHapus
  91. selamat malam pak, saya mau tanya soal perceraian.
    Istri berencana mau menggugat cerai saya dengan g bs penuhin lahir dan bathin buat terutama nafkah. untuk 2 bln awal saya akuin emng saya g kasih kasih nafkah ckup buat dya krna untuk ngembaliin utang saya untuk acara prnikahan kmi dqn istri saya jg udh saya ksh tau dlu. skrng dya alesan udh g bs bertahan hidup sma saya lg dan minta cerai. skrng dya prgi kluar kota buat krja tp g pamitan sma saya krna sblmnya dya udh prgi ke rmh ortu nya buat rwat kakaknya yg kclkaan (udh 40hri prgi dri rmh). tapi nafkah tetep saya kasih. yg ingin saya tnyakan :
    1. apakah dengan alasan saya g nafkahin dan dya g ngerasa bahagia dengan saya krna tdk mmberikan nfkah lahir bathin dijdikan alesan buat menggugat cerai saya.
    2. apakah klo ini trjadi gugatan cerai di PA apakah saya bs mengajukan keberatan dengan alesan dya g jdi istri yg baik dengan pergi dri rmh pamitan rawat kakak tp ternyata krja diluar kota?
    3. persiapan apa aja yg hrus saya siapkan untuk mengajukan keberatan tersebut?
    4. apakah ada kemngknan di PA gugatan cerai istri saya ditolak?
    5. apa yg hrus lakukan untuk jalan mediasi dlm proses trsebut. kalau istri tetep menolak rujuk sma saya?
    Mohon bntuan petunjuk nya dan pencerhannya.
    terima kasih bnyk pak atas jwbnnya

    BalasHapus
  92. assalmu'alaikum pak..
    saya mw nanya tentang surat nikah apakah surat nikah asli tetap disimpan oleh pengadilan agama jika sudah selsai diterbitkan akta cerai? atau dikembalikan kepada si penggugat? krn yg gugat mantan suami saya dan buku nikah asli smua sm dy dan saya perlu buku tersebut buat ngurus kk anak saya pak tolong dibalas y pak thanx

    BalasHapus
  93. assalmu'alaikum pak..
    saya mw nanya tentang surat nikah apakah surat nikah asli tetap disimpan oleh pengadilan agama jika sudah selsai diterbitkan akta cerai? atau dikembalikan kepada si penggugat? krn yg gugat mantan suami saya dan buku nikah asli smua sm dy dan saya perlu buku tersebut buat ngurus kk anak saya pak tolong dibalas y pak thanx

    BalasHapus
  94. slmt pagi Pak....
    numpang tanya....
    istri yg menggugat cerai...
    syarat komplit semua cm buku nikah hilang 1 pny suami....
    apakah masih bs mengajukan ke pengadilan...
    thx atas jawaban nya....

    BalasHapus
  95. slmt pagi Pak....
    numpang tanya....
    istri yg menggugat cerai...
    syarat komplit semua cm buku nikah hilang 1 pny suami....
    apakah masih bs mengajukan ke pengadilan...
    thx atas jawaban nya....

    BalasHapus
  96. Tetap bisa pak.

    Twitter @TanyaPerceraian
    Perceraian murah? klik: www.informasiperceraian.com

    BalasHapus
  97. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  98. Selamat siang Pak..
    Minggu depan saya akan mnjalani sidang gugatan pembatalan akte anak & saya di minta untuk membawa saksi.
    Apakah sy bisa memutuskan utk tidak mmbawa 2 org saksi? Mengingat saya sdh memiliki bukti yg paling akurat (hasil test DNA).
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, anda wajin mbawa saksi krn mrupakan prsyaratan dlm persidangan.

      Twitter @TanyaPerceraian
      Perceraian murah? klik www.informasiperceraian.com

      Hapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. Selamat sore pak..
    saya mau menanyakan, apakah suami yang menikah tanpa izin istri pertama dapat digugat secara pidana karena pernikahan kedua tersebut menggunakan data palsu..dalam surat nikah pernikahan kedua tersebut status suami kosong..mohon jawabannya pak, terima kasih

    BalasHapus
  101. Assalamualaikum,

    Saya ingin berkonsultasi dgn bapak sebelum saya memutuskan utk menjatuhkan talak atau tidak.

    Saya mempunyai istri yg sdh memberikan 1 anak laki2 berumur 1 thn dan saat ini pula sedang mengandung lagi anak yg berumur 6 bln dlm perutnya.

    Alasan sy ingin mencerai istri dikarenakan:
    1. Istri lalai dlm mengurus anak dan melayani
    saya sebagai suami
    2. Hubungan 2 pihak keluarga kami yg sdh
    tidak harmonis lagi.
    3. Tidak ada perubahan istri ke arah yg lebih
    baik.

    Namun yg menjadi kendala adalah anak saya yg sangat saya sayangi.

    Pada prinsipnya, saya tidak berkeberatan anak saya diasuh ibunya sepanjang anak saya tidak dilalaikan dlm pengurusannya.

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah hak asuh istri saya akan bisa
    hilang karena dia tidak memiliki tempat
    tinggal?

    2. Apakah dia diperbolehkan membawa anak saya
    sementara dia mgkn akan hrs menumpang
    tinggal di tempat org lain?

    3. Adakah kemungkinan saya memperoleh hak
    asuh anak saya meski saya bekerja di luar
    negri dengan menyerahkan anak saya dlm
    pengasuhan istri baru saya dalam
    pengawasan ibu saya nantinya?

    Mohon pencerahannya. Terima Kasih.

    BalasHapus
  102. boss,,,sy suami usia 36 thn,,sy menikah 10 thn di karuniai anak 2,,laki dan perempuan,,yg sy tanyakan,,sy sebagai tergugat,,krn istri sy menggugat cerai,,sy sdh datang 2x persidangan,,,mediasi dan dakwaan,,tp sy tdk bs hadir tanpa ijin dlm sidang pembelaan sy,,bila sy tdk datang dlm sidang tsb apakah se harusnya ada sidang tunda utk pembuktian atau sy di anggap menerima gugatan istri sy ??krn sy tdk hadir tanpa alasan pd sidang pembelaan??mohon pencerahan,,,salam

    BalasHapus
  103. Pak saya mau tanya, apakah bisa proses perceraian dipercepat tanpa harus menunggu 1 bulan atau bahkan berbulan-bulan. karna pasangan sering bertengkar dan sudah tidak harmonis lagi sehingga jatuh talak 3. terima kasih.

    BalasHapus
  104. selamat sore,
    suami saya membuat surat pernyataan yang berisi ingin mengakhiri pernikahan, pada saat itu, dy dan pihak kluarga dtg krumah orgtua saya, dan pihak kluarga nya menyebut itu talak 1, yg berarti msh ada kemungkinan utk rujuk, jika suami berubah pikiran.
    tapi, setelah kejadian itu, suami saya tdk pernah kembali lagi krumah, dan saya tidak tau dy pulang kemana, karena kami tinggal di apartemen,smua akses apart dikembalikan ke saya.setelah beberapa hari kemudian saya menghubungi dy, dan menanyakan keberadaannya, dy menjawab, 'ngapain nanya2, kita udah gak ada ap2, km ngerti kan maksud suratnya, kita udah slesai..'tinggal tunggu aja, smua lg di proses.
    seharusnya pada saat ini kan, sy msh sah istri nya, dan dy msh hrs bertanggung jawab atas diri saya.tp dia bilang kita sudah tidak ada apa2 lagi.

    yang ingin saya tantakan, apakah masih ada kesempatan kami untuk rujuk?
    apa syarat dy untuk mengurus perceraian secara SAH?
    karena, kita tinggal di daerah rumah saya (Sewa apartement), KTP nya masih KTP Garut, waktu nikah di Jakarta Selatan, dengan minta surat numpang nikah dari daerah masing2.
    KTP DKI Jakarta nya sedang diurus dikelurahan tempat tinggal saya, dan belum jadi sudah lumayan lama..
    apakah dy bisa mengajukan cerai ke pengadilan agama dengan KTP luar kota?

    mohon solusi nya..saya ingin kembali rujuk, saya akui, memang dulu kesalahan saya karena dekat dengan laki2, tapi kejadian itu sudah setahun lalu, dan saya sudah minta maaf sama suami dan berjanji tidak akan ngulangin lagi, dan saat itu suami telah memaafkan saya.jadi saya pikir masalh ini sudah selesai, tp ternyata belum, suami saya seperti memendam semua ap yang dy rasakan, dan mungkin sekarang puncak nya...
    saya harus bagaimana ya?
    padahal saya sama skali tidak pernah skalipun lagi dekat dengan laki mana pun,dluar spengetahuan dy..saya selalu berusaha menjaga kepercayaannya ini, karena itu yg dikatakan setahun lalu, "kalau sampe kejadian ky gini lg, konsekwensi nya, kita pisah"
    makanya saya ngejaga bgt, karena sy tdk mau pisah sm dy....

    BalasHapus
  105. Selamat pagi pak..
    Saya mau bertanya: saya menikah dg suami saya hanya bertahan kurang dari 1 th.
    Karna tidak cocok dan banyak alasan akhirnya saya minta cerai.
    Suami saya seorang pns dan saya karyawan swasta.
    Saya membuat gugatan perceraian untuk mengurus perceraian sampai akhirnya sidang dan saya resmi bercerai.
    Saya sudah mendapat akta cerai.
    Yg saya mau tanyakan:
    1. Apakah suami saya it mendapat akta cerai juga??
    2. Jika kita ingin rujuk lagi apakah bisa pak??
    Mohon dibalas pak.
    Terima kasih..

    BalasHapus
  106. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  107. Selepas berada dalam hubungan dengan kekasih saya untuk lima tahun, ia berpecah dengan saya, dan saya melakukan segala yang mungkin untuk membawa dia kembali tetapi semua sia-sia, saya mahu dia kembali begitu banyak kerana cinta yang saya ada untuk dia, saya memohon kepadanya: dengan segala-galanya, saya membuat janji tetapi dia menolak. tetapi satu hari saya menjelaskan masalah saya kepada seseorang dalam talian dan dia mencadangkan supaya saya lebih perlu menghubungi caster ejaan yang boleh membantu saya membikin membawanya kembali tetapi saya jenis yang tidak pernah mempercayai ejaan cinta, saya tidak mempunyai pilihan daripada cuba, saya dihantar caster musim, yang menerangkan segala-galanya kepadanya, dia membalas dan memberitahu saya tidak ada masalah yang semuanya akan okay sebelum satu minggu iaitu 6 hingga 7 hari, iaitu bekas saya akan kembali kepada saya. dia memberitahu saya segala-galanya saya perlu menyediakan untuk membikin cinta kepadanya, dan kita lakukan segala-galanya mengikut arahan, dan menghairankan sebelum hari ke-4, ia adalah sekitar 16:00, ex saya memanggil saya, dan saya begitu terkejut, saya menjawab panggilan dan semua yang dia katakan adalah bahawa dia begitu maaf untuk segala-galanya yang berlaku, bahawa dia mahu saya untuk kembali kepada-Nya, yang dia suka saya begitu banyak. Saya begitu gembira dan kami kaki sehari untuk melihat satu sama lain, itu adalah bagaimana kita mula hidup bersama-sama dengan gembira lagi. Sejak itu, saya telah menjanjikan bahawa sesiapa Saya tahu bahawa ada masalah hubungan, saya akan menjadi bantuan kepada orang itu dengan merujuk kepadanya untuk satu-satunya sebenar dan berkuasa caster ejaan yang membantu saya dengan masalah saya sendiri dan yang berbeza daripada semua yang palsu di luar sana. Sesiapa sahaja boleh memerlukan bantuan caster musim, e-mel beliau: drujiagbeblacktemple@gmail.com anda boleh e-mel kepadanya jika anda memerlukan bantuan dalam hubungan atau apa-apa anda, atau anda memanggilnya dengan nombor ini sangat +2348121047613

    BalasHapus
  108. Assalamu'alaikum..
    Saya Adi pak,saya mau tanya saya sudah resmi cerai dgn istri saya selama kurang lebih 4 tahun,dan penggugat adalah istri.sidang dilaksanakan di tempat asal istri saya tinggal yaitu di kabupaten pemalang (jateng) sedangkan saya tinggal di kabupaten kediri (jatim),dan selama proses sidang saya tidak pernah hadir karena jarak tempuh yg cukup jauh ini.sampai akhirnya pengadilan mengabulkan gugatan istri saya dan kami akhirnya resmi cerai.alhasil saya tidak mendapatkan akta cerai karena saya tidak hadir waktu sidang.
    Pertanyaan saya bisakah saya mengurus/mendapatkan
    akta cerai saya di tempat domisili/tempat asal saya tinggal ini yaitu di Kediri (jatim).mohon penjelasannya dan atas jawaban Bapak saya mengucapkan banyak terima kasih.Wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
  109. PERKAHWINAN RESTORED! Suami saya diminta untuk membungkus rumah dengan anak-anak saya dan pergi kerana dia tidak berminat dengan saya lagi. Dia mengatakan semua kata-kata kasar dan berkata bukan isteri yang baik kerana saya tidak bekerja, sebaliknya saya sedang mengikat wangnya supaya menghubungi Healer kuat ini seminggu yang lalu selepas membaca Keajaiban tentang mantranya di atas jaring saya berkonsultasi dengan lelaki yang kuat ini untuk Cinta eja, menangis tanpa mengetahui apa yang perlu dilakukan. Dia memberitahu saya bahawa dia akan menghantar mantra kekasih kembali pada hari yang sama. Ia tidak mengambil masa untuk suami saya memanggil saya memohon maaf dan memohon saya pulang. Tender yang saya tunggu telah diluluskan dan dia mula memberitahu saya bahawa isteri yang baik jadi saya mesti memaafkannya kerana perkara-perkara buruk yang telah dia katakan. Suami saya meminta saya untuk mencari mana-mana Universiti pilihan saya dan akan menjaga yuran saya. Saya berterima kasih kepada greatisehshrine12@gmail.com atau hubungi saya +233265974290, kerana Iman dan Kepercayaan dia menunjukkan saya

    BalasHapus
  110. Assalamualaikum pakk saya sudah ajukan gugatan cerai karna saya sudah lebih 1 tahun tidak di nagkahi lahir batin.. dan shrus nya kemarin saya hadiri sidang namun kemarin saya mengalami kecelakaan dan tidak bisa berhadir lalu bagaimana?? Apa sidang itu ttp bisa di lakukan atau gmn?? Mohon jwb nya trimakasih..

    BalasHapus
  111. Slmt siang pak. Pak saya sedang mengajukan gugatan cerai pada suami saya dan tgl 12.06.2018 sidang pertama saya tapi suami kekeh ttp ingin menghadiri sidang dan tidak mau bercerai pada dasarnya sy dan suami sdh cerai agama talak 1 5bulan yg lalu.

    Apa yg harus saya lakukan pak krnh saya sdh tdk ingin brsama dia dan saya sgt trauma akn prnkhn yg sdh brlangsung 8thn lamanya. Apakah hakim akan mengabulkan gugatan saya pak jika saya ttp kekeh untk bercerai. Trima ksh pak

    BalasHapus
  112. Adakah anda sangat tertanya-tanya, "Bagaimana untuk mendapatkan kembali suami saya?" selepas banyak masa berlalu tanpa suami anda kembali kepada anda? Sekarang anda terjebak dalam keadaan yang sangat terdesak, kerana minda anda terasa lelah, sementara tubuh anda sanggup pergi sejauh mana untuk mendapatkan kembali suami anda mengapa tidak menghubungi ejaan Dr.Yakaya yang e-melnya: Yakayatemple@gmail.com atau tambah dia di WhatsApp +2347050270227 dan dapatkan suami anda kembali dalam masa 24 jam

    BalasHapus
  113. Nama saya KARI, saya telah berada dalam perbudakan besar selama hampir 2 tahun menderita di tangan seorang suami yang selingkuh, kami senang dan pergi dengan baik sampai dia berarti pacarnya yang lama dan dia mulai berkencan dengannya di luar pernikahan kami. Sebelum kamu tahu dia berhenti merawat keluarganya sendiri. Itu sampai batas tertentu, ia berencana untuk menikah dengannya dan menceraikan aku istrinya sendiri, aku telah menangis dan melaporkannya kepada keluarganya, tetapi ia tidak pernah mendengarkan siapa pun kecuali untuk memotong ceritaku, aku datang untuk mencari seorang spiritualis sejati. yang bisa menghancurkan hubungan mereka dan membuatnya kembali padaku dan 2 anak kami.

        Dalam pencarian saya, saya melihat orang-orang memberikan kesaksian tentang bagaimana pernikahan mereka di mana dipulihkan oleh Dr Okosu. Saya memilih emailnya dan menceritakan kisah saya kepadanya dan dia setuju untuk membantu saya. Setelah pekerjaannya selesai untukku, pada hari ketiga suamiku dan pacarnya bertengkar dan dia memukulinya dan dia pulang memohon padaku dan anak-anak dan meminta maaf. Dia mengatakan bahwa matanya sudah jelas sekarang dan dia tidak akan pernah melakukan apa pun untuk menyakiti keluarganya lagi dan berjanji untuk menjadi ayah yang peduli dan tidak pernah menipu lagi. Saya sangat senang bahwa saya tidak melepaskannya kepada gadis itu, semua penghargaan diberikan kepada Dr Okosu karena Anda adalah Manusia Luar Biasa yang dikirim oleh Tuhan untuk membantu orang-orang di dunia ini. Saya memiliki rasa dari keajaiban bantuan Anda dan saya akan terus menceritakan karya baik Anda. dan kepada siapa ini berkepentingan Ini adalah emailnya: drokosu01@gmail.com whatsApp number is

    +2348119663571

    BalasHapus
  114. Halo teman-teman ... salam musiman untuk semua orang. Saya Mary Michael, kota terbesar, beberapa hari yang lalu saya membaca komentar yang menulis blog untuk hubungan. Munich adalah seorang pria, jurnalis, yang mengeksplorasi cara menyembuhkan ereksi dan ejakulasi yang lemah dengan cepat selama tiga minggu karena penyakit istrinya. Dia membaca cerita dan berkata bahwa Drigbin, pria yang membantunya melakukan segalanya, telah memisahkan mantan istrinya setelah perpisahan. Saya sangat beruntung menyalin alamat doctorigbinovia93@gmail.com kommentumból online. Drigbin berbicara tentang kemungkinan masalah dalam kehidupan pernikahan. Saya membutuhkan bantuan dengan sangat hati-hati untuk membawanya kembali ke suami saya. Beberapa bulan yang lalu saya bertempur melawan férjemmelegítővel, menatap langsung ke mata; Dia mengatakan itu di antara kami, kami akhirnya menikah, mengambil putra kami dan pergi untuk tinggal di Spanyol di negara kami. Sejak itu, saya sudah mencoba menelepon dan mengirim pesan melalui telepon, jejaring sosial. di tengah dan melalui email, tetapi saluran yang benar-benar diblokir tercapai, sangat frustrasi, dan saya perlu membantu putra saya, Felix, membaca untuk meminta maaf, meskipun kami berdua tahu saya menyalahgunakan. tidak ada lembaran tanpa pidato selama tujuh bulan. Situasi ini terbunuh setiap hari, saya merasa tertekan dan putus asa untuk membantu, dan solusi mendesak diperlukan untuk menyelesaikan masalah, jadi saya menghubungi alamat email di Drigbin, hanya karena saya pikir saya dapat membantu suami saya pulang ke rumah dengan putranya. . Saya berbicara dengannya dan meyakinkannya bahwa dia dapat membantu saya pulang bersama suami dan anak-anak saya, mendengarkan dan selangkah demi selangkah. Dua hari kemudian, Drigbin mengatakan bahwa upacara lustrasi telah jatuh ke dalam kuil. Semuanya dilakukan dengan sendirinya dan saya telah melakukan apa saja, saya hanya menyediakan hal-hal yang diperlukan. Malam itu juga, suamiku memanggilku Chandler untuk meminta maaf karena sangat diam. Dia berbicara kepada saya, dia sangat menyesal dia takut. Putra Chandler pulang ke rumah bersama putranya kemarin, dan hari ini saya senang telah memulihkan keluarga dan suami saya, dan kami saling mencintai lebih dari sebelumnya. Saya selalu menghargai dan menghargai bantuan Drigbin. Saya berjanji untuk membagikan kesaksian baik saya tentang teman-teman saya dan orang lain. Saya memiliki niat bahwa itu akan berhasil untuk saya, dan saya menyadari bahwa akan baik untuk berbagi dengan Anda karena saya tahu itu akan menginspirasi orang lain, seperti yang baru-baru ini saya temui, menjadi saksi hidup bagi siapa saya bekerja. Saya, suami saya, pulang ke rumah dalam waktu tujuh hari dan keajaiban yang luar biasa. Dewan dengan putus asa mencari solusi abadi untuk krisis dan urgensi hubungan romantis, dan ketika memulihkan pasangan yang hilang dan menciptakan keluarga yang bahagia. Kepercayaan yang hidup bahwa cinta akan kekuasaan, kekuatan ini terbukti efektif dan bekerja untuk merencanakan beberapa hari setelah ex-aktivasi untuk meminta maaf padanya. semoga beruntung

    BalasHapus
  115. Saya tidak dapat cukup berterima kasih kepada Dr EKPEN TEMPLE kerana telah membantu saya mengembalikan kegembiraan dan ketenangan dalam perkahwinan saya setelah banyak masalah yang hampir menyebabkan perceraian, alhamdulillah saya bermaksud Dr EKPEN TEMPLE pada waktu yang tepat. Hari ini saya dapat mengatakan kepada anda bahawa Dr EKPEN TEMPLE adalah jalan keluar untuk masalah itu dalam perkahwinan dan hubungan anda. Hubungi dia di (ekpentemple@gmail.com)

    BalasHapus