09 Januari 2009

Proses Perceraian Di Pengadilan Agama (khusus agama Islam)


Bagi suami-istri beragama Islam yg ingin bercerai, maka pengadilan yg berwenang memproses perceraiannya adalah Pengadilan Agama (bukan Pengadilan Negeri). Secara tepat, Pengadilan Agama yg berwenang memproses perkara cerai adalah Pengadilan Agama yg sesuai dari wilayah hukum tempat tinggal si istri saat ini. Jadi kalau si istri "saat ini" bertempat tinggal di Tebet (Jak-Sel) maka Pengadilan Agama yg berwenang adalah Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Selanjutnya pembahasan tentang proses cerainya;
Bahwa ketentuan yg mengatur tentang proses cerai utk agama Islam ada di Kompilasi Hukum Islam (KHI). Berikut langkah-langkah proses perceraian di Pengadilan:
  1. Mempersiapkan berkas-berkas perceraian (buku nikah, akta kelahiran anak-anak, kartu keluarga, KTP);
  2. Membuat (surat) gugatan;
  3. Mendaftarkan gugatan di Pengadilan Agama Berwenang;
  4. Menunggu surat panggilan sidang dari Pengadilan Agama;
  5. Menghadiri proses mediasi di Pengadilan Agama;
  6. Menghadiri persidangan di Pengadilan Agama.
Ruang Mediasi
Sebelum diadakan sidang perceraian, perlu diadakan mediasi, dimana mediasi ini ditunjuk satu orang mediator dari salah satu hakim di Pengadilan Agama tersebut. Umumnya mediasi dilakukan sebanyak 2 kali, dan dilaksanakan di ruangan khusus.
Ruang Informasi
Bagi yg belum pernah atau tidak biasa ke pengadilan, maka di Pengadilan Agama dapat menanyakan informasi tentang proses perceraian, walaupun kurang informatif, namun disediakan meja khusus untuk informasi.
Ruang Administrasi
Setelah mendapatkan informasi yg diinginkan tentang perceraian, maka selanjutnya untuk alur proses pendaftaran perkara cerai dilakukan di ruangan administrasi. Di ruangan administrasi ini-lah dilakukan transaksi pembayaran pendaftaran gugatan dan pembayaran biaya panggilan sidang.


320 komentar:

  1. sy baru menikah 1,5th.awalnya ia begitu pengertian dan boleh dikatakan seiya sekata, setelah menikah qmi byk mslh, dr ipar yang jahat(sy tinggal bersama mertua, suami main tangan dan sekarang suami cuek. sy saat ini masih memaksakan diri untuk trun kelapangan berkerja demi sesuap nasi dan ongkos melahirkan, kr penghasilan suami pas2an bahkan tidak cukup untuk makan sebulan. saya sudah sering minta ia pengertian bahwa sy jg butuh kasih sayang. tapi ia tak pernah menanyakan kbr sy,apa sehat atw tdk. pdhl sy sedang hamil besar dan turun kedesa pk sepeda motor sndri. sy ingin bercerai tp sy tdk tau gm prosesnya n apa yang harus sy lakukan supaya gugatan saya diterima.

    BalasHapus
  2. Yth Ibu,
    saya tururt prihatin atas permasalahanyg ibu hadapi. Utk proses cerai sebaiknya ibu survey dulu di pengadilan agama setempat (jika ibu beragama Islam) lalu bertanyalah pada bagian adminsitrasinya tentang proses cerai, saya yakin skali dibantu mreka. Namun sejauh ini saya hanya dpt mbantu melalui internet saja, coba anda silahkan cek http://masalahperceraian.com/index.php?c=2 itu mengenai proses cerai secara umum.
    Demikian bu, mudah2xan bermanfaat, terimakasih.

    BalasHapus
  3. saya sudagh menikah 6 tahun , suatu saat saya mendapati istri saya selingkuh dengan chating di dunia maya facebook, setelah saya tanya baik baik malah menjawab dengan tidak tahu laki-laki itu siapa , dan pada saat itu saya sangat emosi sekali karena istri saya tidak mau mempertemukan saya dengan lelaki tersebut ,dan dengan kekhilafan saya saya telah menampar istri saya,dan pada saat saya masih emosi saya membuat surat pernyataan bahwasanya istri saya bersedia saya ceraikan ...yang menjadi pertanyaan apakah itu sudah dianggap talak 1 dan sekarang keluarga istri saya memaksakan kepada istri saya untuk bercerai ..trims

    BalasHapus
  4. Yth Bapak, talak adlh ucapan cerai suami kpd istri secara lgsung. Namun dlm hal ini, saya selaku praktisi hukum lebih mengkedepankan hukum negara daripada hukum agama. Jadi dlm masalah bapak ini, sejauh bapak tidak mlakukan pndaftaran prmohonan ucap talak di pengadilan maka bapak belumlah brcerai, dan bukan berarti dgn sudah dibuatnya srt prnyataan cerai itu harus diikuti dgn prceraian di pengadilan.
    Demiian pak, mudah2xan bermanfaat.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  5. Yth Bapak..

    Mengenai hal diatas pak , orang tua dari istri saya telah meminta bantuan LBH untuk gugat cerai saya ...apakah saya masih bisa menolak di depan hakim dan saya punya bukti otentik rekaman pertelpon bahwasanya istri saya sebenarnya tidak ingin bercerai cuma karena di berikan pilihan keluarga atau suami ..apakah akan ada yang namanya mediasi pak ...trims

    BalasHapus
  6. Yth Bapak,
    saya menganjurkan bapak membahas/mengajukan keberatan bapak pada sesi mediasi. Ya, tentu ada mediasi.

    BalasHapus
  7. Pak, mau tanya. saya uda benar-benar gak kuat hidup bersama dengan suami saya, tapi syarat-syarat pendaftaran di PA belum siap. yaitu masalah akta kelahiran anak saya. Apakah ada bisa didaftarkan tanpa akta kelahiran anak saya.

    BalasHapus
  8. ya, tetap bisa bu, namun memang sebaiknya ibu terlebih dahulu punya akta klahiran anak krn akta trsebut berguna utk mendapatkan hak asuh anak.
    Demikian. Terimakasih

    BalasHapus
  9. saya baru menikah 2 bulan, menikah dengan pilihan orang tua, awalnya saya pikir bisa mencintai dia, ternyata tidak bisa karena dia super cuek terhadap saya. Kalau saya mendaftarkan gugatan perceraian ke Pengadilan Agama apakah bisa dengan umur pernikahan saya yg baru 2 bulan?
    Terima kasih

    BalasHapus
  10. sy sdh berkeluarga selama 20 th dan dikarunia dua anak, kami nikah lewat kua. ditengah perjalana pernikahan kami, istri pindah agama( murtad) , tuk itu sy mengajukan ijin cerai ke atasan dan sdh mendapat ijin , apa yg hrs sy perbuat kalau istri sy menyembunyikan akte nikah. sampai hr ini sy hanya memiliki copy akte nikah yg telah dilegalisir kantar KUA dimana sy menikah 20 th yg lalu.
    Mohon petunjuknya

    BalasHapus
  11. Yth Bapak:
    adik saya bisu tuli dia br menikah 5 bulan dan kini sedang hamil 4 bln lebih, dia kini ingin bercerai krn suami(bisu tili jg) sering mukul dan diketahui tlh menghamili orang lain ternyata dia tak tau klu ternyata suaminya ini anak brandal yg suka menghamili anak gadis orang....bagaimana proses perceraian tuk orang bisu tuli dan yg sedang hamil'''

    BalasHapus
  12. Utk anda yg baru menikah 2 bulan:
    Pada prinsipnya bisa saja ajukan gugatan cerai walaupun pernikahan bvaru berumur 2 bulan, asalkan alasan cerainya sesuai dgn yg diatur oleh pasal 19 PP No. 9 th 75.

    Utk yg berkeluarga 20th:
    coba anda datangi lagi kantor KUA kasih pnjelasan mengenai keadaan sebenarnya, biasanya kalo tetap ada photocopy-nya bisa dibuat lagi legalisirnya, atau bilang saja akta nikahnya hilang.

    Utk yg menikah 5 th:
    Proses cerai tetap dilakukan secara normal, namun usahakan ia didampingi keluarga dan/atau pengacara, agar komunikasi dan pmbuktian selama persidangan dpt berjalan dgn baik.

    BalasHapus
  13. saya wanita usia 28 thn sudah menikah selama 4 tahun dan dikaruniai seorang anak. yang menjadi permasalahan adalah bahwa saya tidak mencintai suami saya, tadinya saya pikir menikah dengannya cinta bisa tumbuh ternyata tidak walopun sudah punya anak 2 saya berusaha bertahan dan menjalankan kewajiban saya. namun dalam 3 bulan terakhir saya bertemu dengan seseorang di masa lalu saya, yang saya tahu saya masih mencintainya, saya merasa tersiksa karena saya hidup bersama orang yang tidak saya cintai, dan saya takut untuk berbuat dosa kepada suami saya, karena sesungguhnya orang yang saya cintai bukan suami saya. saya ingin bercerai namun saya tidak tahu caranya dan hukumnya bila kasusnya sepeti saya alami, mohon petunjuknya,
    trims

    BalasHapus
  14. Yth Ibu,
    saya turut prihatin dgn situasi ibu saat ini.
    Sangat sulit saya mberikan saran trhadap ibu krn spertinya masalah ibu lebih banyak mengenai masalah "perasaan/hati" bukan masalah proses cerai.
    Tapi baik, saya akan tetap coba mbantu anda.
    Walau bgmanapun jika mksud ibu ingin bcerai dgn suami maka pceraian trsebut haruslah mpunyai alasan cerai yg sesuai dlm alasan2x cerai yg diatur dlm pasal 19, PP No. 9, th 1975 (ibu dpt mbelinya di toko buku umum), atau kalo ibu beragama Islam maka alasan cerainya diatur dlm Kompilasi Hukum Islam.
    Jadi maksud saya, jika ibu mngajukan gugatan cerai hanya krn cinta tidak tumbuh dan mncintai orang lain maka hal trsebut bukanlah alasan yg diatur dlm peraturan hukum Indonesia.
    Umumya alasan cerai itu adalah masalah cek-cok terus2xan, perselisihan terusmenerus,prbedaan prinsip/pndangan hidup, kekerasan dalam rmh tangga, dsb.
    Alasan2x trsebut diatur dlm peraturan hukum, dari alasan itulah bisa dijadikan alasan cerai.

    Jadi dmikian bu, mudah2xan pnjelasan saya di atas dpt brmanfaat bagi anda.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  15. Saya wanita bekerja berusia 38th, tinggal di Jakarta, mempunyai 2 anak (5 dan 6 th), kami sudah menikah 12th, sebenarnya masalah ini sudah lama saya pendam tapi saya sudah tidak kuat lagi dan bingung mau lari kemana, sudah lama saya merasa bahwa suami merasa terpaksa menikahi saya dan masuk islam, sejak menikah dia jarang tidur seranjang dengan saya (waktu itu kami masih tinggal dirumah ortusaya), saay pikir mungkin dia sungkan dengan orangtua saya, jadi dia hanya pulang diakhir minggu untuk bertemu dengan saya setelah itu dia kembali bekerja dan tidur dirumah orangtuanya.. kalau saya tanya dia bilang Masih untung kamu tidak menikahi pelaut yang hanya 1th sekali pulang.. Rumah orangtuanya dan rumah orangtua saya cuma +/- 15km, sepanjang pernikahan kami tidak pernah berbulan madu, baru pada th ke 5 setelah saya ajak terus dia menurut itu juga cuma 3 hari ke Bandung. Setelah mempunyai anak, dia pulang pagi tiap hari untuk tengok anak-2nya tapi kembali kerumah orangtuanya untuk mengajar prifat sampai malam dan tidur disana, praktis saya tidak pernah komunikasi kecuali siang hari disela-sela jam kantor untuk masalah anak, masalah kami berdua tidak pernah dibahas. Suami saya bukan orang romantis, bahkan saya merasa dia tidak sayang dan terpaksa menikahi saya.. dia memang dulu masuk islam tapi setelah itu kembali ke katolik karena pengaruh mamanya, untuk urusan anak-2 dia sangat perfeksionis ini sisi positifnya cuma saya jadi tidak punya kuasa untuk mengatur keperluan anak-2 dari makanan, vitamin dia yang mengatur, memang dia yang membayar gaji 2 org baby sitter untuk anak-2. Dia pernah mengatakan pada saya bahwa saya ibu yang tidak becus hanya gara-2 obat pilek anak saya tinggal sedikit dan gara-2 itu dia mencekik leher saya.. tidak sampai saya mati tapi sempet membuat saya tidak bisa nafas lalu saya menagis dia malah bila apa dengan kamu nangis saya akan iba...? Dia memang temperamental.. kalo marah tidak kenal tempat, pernah beberapa kali dia membentak, marah sambil gebrak meja di 3 tempat restoran di depan orang banyak.. saya malu sekali, saya merasa dia memang tidak sayang saya.. dia jarang memeluk saya kecuali mau (maaf) ML sama saya, dia jarang mau duduk berdampingan dengan saya.. kalau sampai dirumah jarang mengajak ngobrol saya, kalo saya ajak ngobrol terkesan malas-2an jawabya.. sdh 2 tahun kami pindah mendekati rumah ibunya, saya pikir dia akan lebih sering pulang tapi nyatanya dia masih sama seperti dulu malah makin parah.. kami hanya bertemu & komunikasi akhir minggu itupun basa basi.. saya tertekan sekali.. saya ingin cerai.. sampai kapan saya harus bersabar..
    Terimaksih atas masukkannya..

    BalasHapus
  16. saya memasuki tahap mediasi di PA, saya ingin bertanya tentang biaya yang pantas untuk mediasi, karena saya juga punya keterbatasan biaya

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  18. Dapat saya pastikan bu, bahwa pada tahapan mediasi sama sekali tak dikenakan biaya apapun.
    Pihak yg berperkara hanya dikenakan biaya pendaftaran gugatan di bank yg ditunjuk pengadilan.

    Demikian, terimakasih.

    BalasHapus
  19. saya seorang suami menikah sudah 4 thn. sekarang ini akan menghadapi gugatan cerai istri saya. Apabila gugatan istri saya tidak dapat dibuktikan secara hukum agama dan hukum negara, apakah proses perceraian akan tetap dilanjutkan?
    Karena pada dasarnya saya tidak ingin bercerai.

    BalasHapus
  20. Apakah pihak pengadilan berhak atau boleh menilai benar dan salah atas tindakan atau perlakuan masing2 pihak selama menjalankan rumah tangga pada pasangan suami istri yg berperkara di pengadilan agama?

    BalasHapus
  21. UTK SUAMI YG MENIKAH 4 TH:
    jika anda dpt mbuktikansecara hukum negara maka tentunya gugatan cerainya tetap dpt diproses tapi kemungkinan besar tuntuttannya tidak dikabulkan pengadilan

    UTK YG BERTANYA TTG HAK PENGADILAN:
    ya! pengadilan berhak menilai hal tersebut, krn dlm hal ini majelis hakim adalah pihak yg berwenang memberikan penilaian dan memutus perkara.

    BalasHapus
  22. apakah hrs ada pengacara msk ruang mediasi
    brp biaya pndaftaran untuk gugatan yg d bayarkn k bank...
    kr2 berapa lm surat panggilan pengadilan datang k alamat yg d gugat

    BalasHapus
  23. Utk mediasi:tergantung dari si mediatornya, ada mediator yg mpersilahkan si pengacara ikut ke ruangan mediasi asalkan si pengacara hanya mendampinginya saja (tdk boleh andil). Tapi ada juga mediator yg tdk mpersilahkan si pengacara ikut mediasi. Umumnya si pengacara boleh ikut tp tak boleh bicara apa2x.

    Utk biaya pndaftaran gugatan = beda pengadilan beda harga, namunbiasanya sekitar 300-400ribuan.

    Utk surat panggilan = skitar 2-3 minggu stelah pendaftaran gugatan, lalu sidangnya skitar 1 minggu stelah menerima srt panggilan sidang.

    Demikian, smoga bermanfaat.

    BalasHapus
  24. Saya ingin menikah tetapi status istri saya yang terdahulu masih dalam proses dikarenakan dia menuntut harta,
    apakah dimata hukum saya sdh bisa melakukan pernikahan yang syah tanpa harus Siri?
    mohon pencerahan nya..
    terima kasih

    BalasHapus
  25. istri saya murtad, apakah tindakan saya mengajukan cerai salah? rumitkah proses perceraian karena murtad tsb? terima kasih

    BalasHapus
  26. Istri sy melakukan selingkuh dgn teman lamanya. sy ketahui dari percakapan dgn temannya. dia bilang ke temannya, jgn sampai ketahuan perselingkuhannya. apakah ini bisa menjadi bukti bahwa dia sudah berselingkuh? apakah transkrip percakapan tsb bisa jadi alat bukti yang sah?

    BalasHapus
  27. utk yg tgl 31 Austus:
    pada intinya kalau blm kluar akta cerainya maka anda blm dpt mlakukan prnikahan resmi.

    utk yg tgl 1 Sept:
    salah satu alasan cerai yg diatur UU adalh jika salahsatu pasanganya pindah agama, jadi ya! anda bisa ajukan gugatan cerai. Proses cerainya sama kok dgn proses cerai biasa.

    utk yg tgl 2 Sept:
    bukti sbaiknya sangat kongkrit, mnurut saya kalo buktinya brsifat dugaan maka belumlah kuat. Transkrip prcakapan kurang kongkrit.

    BalasHapus
  28. Saya masih dalam sidang perceraian sekarang naik kasasi ..saya mempunyai calon pendamping yang baru tetapi saya tidak ingin melakukan zinah, sedangkan kasasi masih 1 tahun lagi..
    langkah apa yang harus saya ambil selain nikah SIRI..

    BalasHapus
  29. disebutkan diatas bahwa pengaduan gugatan cerai di lakukan di pengadilan agama tempat istri tinggal. akan tetapi pada PP no 9 tahun 1975 tentang pelaksanaan UU no 1 tahun 1974 pasal 20 disebutkan bahwa pengajuan gugatan cerai di lakukan di tempat tergutat berdomisili. jika yang menjadi tergugat adalah suami yang beda tempat domisili dengan istri dimanakah gugatan cerai bisa dilaksanakan?

    BalasHapus
  30. sy seorang wanita, di situ di sebutkan kalo sidang perceraian dilakukan di tempat asal istri, trus bagaimana dengan buku nikah yg di keluarkan, buku nikah sy d keluarkan di tempat orang sy tinggal, tp sekarang sy sdh pindah ke tempat lain dgn KTP yg baru, apakah proses perceraiannya di lakukan d tempat di mana buku nikah itu dikeluarkan/ditetapkan, atau d tempat alamat dimana sekarang saya tinggal?

    BalasHapus
  31. Yth ibu, perlu saya luruskan terlebih dahulu bahwa utk yg agama Islam maka pengadilannya adalah pengadilan agama (PA). Dan, PA yg brwenang adlh PA sesuai alamat/domisili si istri 'saat ini'. Jadi jika saat ini ibu tinggal di Tebet (Jak-Sel) maka PA yg brwenang mproses pkara cerai ibu adlh PA Jak-Sel, walaupun dahulu mnikah di Bogor/Aceh/Wonogiri, tetaplah PA brwenang adalah PA dimana saat ini ibu brdomisili. Bgitupun dgn tmpat asal buku nikah dikeluarkan, tdk mpengaruhi PA brwenang, yg pnting saat ini ibu brdomisili dimana, disitulah PA brwenang mproses pkara cerai ibu.

    BalasHapus
  32. bagamana saran u/ sy, apakah saya harus buat KTP baru dan KK yang baru? karna sekarnag sy tinggal besama orang tua saya di balikpapan, sedangkan KTP sy sekrang masih beralamat di tenggarong yg jaraknya ckp jauh,

    langkah apa yang pertama sy harus lakukan..?

    apakah setelah biaya pendaftaran masih ada lagi kemungkinan biaya yang lain.?

    terimakasih,

    ida

    BalasHapus
  33. Hanya perlu srt prnyataan dari ketua RT stempat yg mnyatakan bahwa ibu saat ini brdomisili di daerah tersebut.
    Ttg biaya: sdh tak ada biaya lagi kok bu.

    BalasHapus
  34. Sy pria, Istri tidak mau berhubungan badan, ini sdh berlangsung selama 3 bulan. Alasannya dia sudah tidak cinta saya lagi apakah sy bs ajukan cerai? ataukah dia bisa ajukan cerai?bisakah hak asuh anak sy ambil? kemana sy harus konsultasi. sy tinggal di serpong

    BalasHapus
  35. Yth Bapak, sebaiknya bapak mngirim email utk prtanyaan2x bapak, krn prtanyaan anda cukup pribadi utk saya jawab di media ini.
    Silahkan email saya di ahp_law@yahoo.com atau azizmambro@gmail.com

    BalasHapus
  36. Saya (35 th), telah menikah selama 3 tahun, istri (28th), mempunyai 2 orang anak. Saat ini saya bekerja di Kalimantan, istri di Jakarta. Setiap kali saya datang ke Jakarta (hampir tiap bulan), ada saja alasan dari istri untuk menolak berhubungan badan.
    Telah 2 kali istri mengancam untuk menuntut cerai dengan 2 alasan yang berbeda pula, saat ini saya pun mempertimbangkan untuk bercerai juga. Karena saat ini hampir tidak pernah ada komunikasi yang berarti lagi dengan istri.

    Bagaimanakah caranya saya memperoleh hak asuh kedua anak saya, yang saat ini dibawa oleh istri saya.
    Karena saya tahu, istri tidak sanggup/pernah mendidik anak. Semua aktifitas dirumah dilakukan oleh babysitter dan pembantu rumah tangga. Istri bekerja dan kuliah dari pagi hingga malam.
    Kondisi anak2 terakhir saat saya datang, sungguh memprihatinkan.
    Saya tidak ingin anak2 diasuh oleh istri seperti sekarang ini, apalagi diasuh oleh orang tua dari istri. Yang akan dilakukan oleh istri, karena background keluarga mereka yang kurang baik, ada history terlibat narkoba dan terjadi pelecehan seksual. Saya sangat khawatir, karena kedua anak saya adalah perempuan.

    BalasHapus
  37. Yth Bapak,
    Dlm hal ini yg utama, jika ingin mndapatkan hak asuh anak, adlh dgn cara mndaftarkannya dahulu gugatan cerainya, dimana dlm tuntutannya memiinta hak asuh anak di bapak.
    Lalu dlm prsidangannya nanti anda wajib membuktikan ketidaklayakkan istri anda utk mndapatkan hak asuh anak.
    Demikina pak, smoga brmanfaat.

    BalasHapus
  38. Adakah cara lain, dimana saya bukan sebagai penggugatnya dalam memperoleh hak asuh?
    Karena dulu sebelum/diawal pernikahan saya pernah diminta berjanji oleh istri, untuk tidak menggugat cerai meskipun ia yang memintanya.
    Walaupun tidak semua janji yang pernah saya ucapkan dapat saya penuhi, paling tidak ini adalah janji saya yang ingin saya penuhi terakhir untuknya.

    Terima kasih atas jawabannya Pak.

    BalasHapus
  39. Koreksi, Penggugat => Pemohon

    BalasHapus
  40. sy sudah menikah selama 8 thn saat usia pernikahan saya berusia 2 thn saya prgi kerja ke luar negri karna suami saya lebih beratin ortu dia di banding anak istrinya.dan hugungan rumah tangga kamipun mulai retak.kami sering bertengkar,sampai pd akhirnya saya pernah minta cerai sama dia karna saya sudah tidak kuat lagi,dengan alasan saya mo nikah lagi sama pria lain tapi sama suami saya tidak di hiraukan , dan akhirnya komunikasi putus total.namun sekarang masalahnya justru dia berani nikah tanpa ada surat cerai dr saya.dan yg lebih mengejutkan dia sekarang tidak mau peduli lagi sama anak kami, bolehkah saya mengajukan gugatan . apakah saya bisa memenangkan kasus ini anak kami laki apa bisa saya berhak atas anak saya ?thank

    BalasHapus
  41. saya suami (34th) menikah telah mempunyai 1 anak (5 th)... 2 bulan lalu istri saya mengakui telah berselingkuh sekitar 6 bulan yang lalu... juga mengakui telah berhub badan dengan PILnya... dia juga menulis pengakuannya di kertas.. skrg istri sedang hamil 5 bulan, saya ragu akan anak dlm kandungannya...saya berniat menceraikannya... bagaimana caranya dan mendapat hak asuh anak kami... dengan bukti pengakuan dan tulisan tangan istri saya.. apa jd bukti yang menguatkan perselingkuhannya sedangkan saya tidak melihat langsung... mohon bantuanya...tks...

    BalasHapus
  42. Saya yakin jika anda mnegajukan gugatan cerai maka anda akan dpt hak asuh anak, selama anda dpt mbuktikan si istri telah berselingkuh maka kemungkinan nesar anda akan mendapatkan hak asuh anak. adanya bukti pernyataan yg ditulis istri anda sudah cukup untuk dijadikan bukti dimuka persidangan.
    demikain, terimakasih.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  44. saya seorang istri yang menikah di awal januari 2007,saat ini saya berada di luar negeri,saya bermaksud mengajukan gugatan cerai terhadap suami saya karena merasa sudah tidak ada kecocokan di antara kami berdua,dan suami saya sering sekali menuduh saya selingkuh lalu sempat menawarkan cerai hingga 3 kali,dan terakhir akhirnya saya berhasil membujuk dia mengucapkan kata cerai lewat telpon,namun sekarang dia mengatakan bahwa hanya akan menganggap kami bercerai jika saya mengajukan gugatan di pengadilan sedangkan saat ini saya tidak berada di tanah air.
    Yang saya tanyakan apakah bisa saya melayangkan surat gugatan cerai walaupun saya berada di luar negeri,sedangkan surat nikah dan kartu keluarga berada di rumah suami saya di indonesia?bagaimana caranya dan berapa kira2 biaya yang harus saya keluarkan?saya sangat memohon bantuan dan penjelasannya,terima kasih

    BalasHapus
  45. Yth Ibu, secara prosedur sbenarnya bisa saja mengajukan gugatan cerai jika prinsipalnya di luar negeri namun sejauh pengalaman saya hal tersebut pada prosesnya nanti akan sulit sekali dijalankan, krn dlm proses nya nanti diperlukan mediasi, tandatangan, bukti & saksi yg berkena'an dgn si penggugat, kalo penggugatnya tidak ada kan maka sgt sulit skali berjalannya prsidangan.
    Oleh sebab itu saya tdk menganjurkan proses cerai dgn cara tersebut.
    Cobalah berusaha utk merencanakan waktu yg tepat utk mngurus perceraian, krn di pengadilan nanti setidak2xnya si penggugat prinsipal wajib hadir pada sidang awal&mediasi saja, selebihnya bisa diwakili oleh si pengacaranya.
    Utk masalah biayanya, sebaiknya ibu email kami saja krn tdk etis mbicarakan hal itu di media ini.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  46. saya sdh menikah selama hampir 6 th, selama menikah belum dikaruniai anak krn suami tdk menginginkannya. Saya berwiraswasta. Selama pernikahan sy sering mengalami siksaan fisik & mental, sdh sering sy pergi meninggalkan suami krn diusir. Saat ini sy diusir dan seluruh brg saya dikembalikan krumah ortu saya, sy ingin menuntut kerugian materi, dapatkah hal tersebut sy lakukan?

    BalasHapus
  47. Yth Ibu, kerugian material yg bisa anda dptkan mungkin maksudnya adalah pembagian harta bersama/gono-gini (jika terjdi perceaian), itu dimungkinkan bu. Harta bersama adalah harta yg diciptakan selama masa perkawinan, itu selayaknya dibagi dua secara adil.

    BalasHapus
  48. siang tadi saya mengajukan gugatan cerai atas suami saya. kami sudah menikah 2 tahun 7 bulan dan dikaruniai seorang putra berumur 18 bln. saya sama sekali tidak menginginkan perceraian ini, tetapi sikap, dan tanggung jawab suami saya yang tidak semestinya menjadikan saya melakukan hal tersebut. ditunjang orang tua saya yang tidak pernah mnyukai suami saya. tidak ada titik temu. saya sayang orang tua dan juga suami. saya diantara 2 pilihan. apakah dengan kasus saya yang seperti itu hakim akan mengabulkan permintaan talak saya...thx

    BalasHapus
  49. saya istri menikah dengan suami saya slama 12 tahun dgn 2 anak,saya menggugat cerai krna suami berselingkuh,bukti apa yang layak saya ajukan di sidang menurut hukum?apakah perlu ada saksi?apakah saksi harus hadir?sms apakah termasuk bukti?jika saya tarik gugatan kapan batas waktunya?trims.

    BalasHapus
  50. Yth Anonim tgl 14 Des 05:56
    Saya sdikit pesimis bu krn alasan cerainya kurang meyakinkan. Bgmanapun suami anda adalah pilihan anda sendiri, dan secara islam seorang wanita jika sdh menikah maka selayaknyalah mengabdikan dirinya pd sang suami. Tentang kewajiban suami, yg sperti apa saya kurang mngerti. Cobalah pikir dulu masak-masak, krn ketahuilah dimana korban utama dari perceraian adalah anak-anak (pdhal anak-anak tdk meminta ortunya utk dilahirkan di dunia}, oleh sebab itu utamakanlah dahulu kepentingan dan kebahagiaab serta masa depan anak-anak anda.



    Utk Anonim 14 Des 07:32
    Ya, harus ada bukti/saksi, sperti srt pernyataan, foto, sms. Saksi harus hadir di persidangan. Bats wkt cabut perkara bisa kapan saja selama perkara blm diputus hakim.

    BalasHapus
  51. saya suami yang di gugat cerai istri...tgl 21 des kemarin saya sudah mediasi dan istri saya tetap ingin bercerai.dan saya yakin sebenarnya perceraian ini atas dasar hasutan ke dua orang tuanya,yang tidak menyukai saya.dan gugatan2 yg di layangkan ke saya,sangat tidak benar.bagaimana cara untuk menolak perceraian tersebut...
    trima kasih

    BalasHapus
  52. Utk yg tgl 27 Des.
    Pada prinsipnya anda tdk bisa menolak gugatan tersebut.
    Anda wajib menghadiri persidangan dan membuktikan bahwa perkawinan anda tdk ada masalah atau mbuktikan bahwa gugatannya trsebut merupakan hasutan ortunya.
    Namun pd intinya anda tdk bisa menolak adanya gugatan perceraian dari pengadilan.

    BalasHapus
  53. saya sekarang sedang menjalani suatu hubungan dengan seseorang yg sedang dalam proses cerai dgn istrinya namun mreka bercerai bukan karena saya,mreka sudah berpisah 2,5 yg lalu
    yg mau saya tanyakan adalah berapa lama proses perceraian itu berjalan dari sidang pertama sampai jatuh putusan membutuhkan waktu berapa bulan karna dari sidang pertama pacar saya tidak menghadiri persidangan karna kata pacar saya tidak perlu,karna putusan akan jatuh sendiri????yg saya tahu pada bulan oktober yg lalu siddng pertama dan sampai saat ini saya sama skali tidak tau kapan sidang ke2 bahkan apa keputusannya

    BalasHapus
  54. Saya dalam proses pemikiran untuk mengugat cerai suami saya, karena saya melihat ketidakdewasaan dan kesiapan suami untuk menjadi pemimpin dalam bahtera Rumah tangga yang telah kami bina selama 3 tahun 3 bulan, hal ini adalah kondisi materi yang ditopang oleh saya dan keluarga saya dari awal pernikahan sampai sekarang ( saya masih bekerja ) hal lain adalah saya masuk muallaf untuk menyamakan visi dan misi dengan suami dalam membentuk keluarga yang nyaman untuk anak-anak kami. Namun dalam kenyataannya suami jarang melakukan sholat dan hampir dalam seminggu tidak melakukannya untuk sholat juma'at juga harus selalu dingatkan. Yang ingin saya tanyakan walaupun suami tidak pernah menurunkan tangannya ke saya secara fisik, namun pernah beberapa kali pernah bicara keras dan mengancam untuk memukul. Apakah hal yang seperti ini dapat menjadi dasar untuk mengajukan gugatan cerai Pak? untuk KTP dan KK saya apabila saya telah cerai, bagaimana posisi saya karena KTP dan KK masuk ke Rumah Suami ( saya perantauan di Jakarta ) apakah saya yang muallaf ini bisa mendapat hak asuh anak saya.... Terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  55. Saya dalam proses pemikiran untuk mengugat cerai suami saya, karena saya melihat ketidakdewasaan dan kesiapan suami untuk menjadi pemimpin dalam bahtera Rumah tangga yang telah kami bina selama 3 tahun 3 bulan, hal ini adalah kondisi materi yang ditopang oleh saya dan keluarga saya dari awal pernikahan sampai sekarang ( saya masih bekerja ) hal lain adalah saya masuk muallaf untuk menyamakan visi dan misi dengan suami dalam membentuk keluarga yang nyaman untuk anak-anak kami. Namun dalam kenyataannya suami jarang melakukan sholat dan hampir dalam seminggu tidak melakukannya untuk sholat juma'at juga harus selalu dingatkan. Yang ingin saya tanyakan walaupun suami tidak pernah menurunkan tangannya ke saya secara fisik, namun pernah beberapa kali pernah bicara keras dan mengancam untuk memukul. Apakah hal yang seperti ini dapat menjadi dasar untuk mengajukan gugatan cerai Pak? untuk KTP dan KK saya apabila saya telah cerai, bagaimana posisi saya karena KTP dan KK masuk ke Rumah Suami ( saya perantauan di Jakarta ) apakah saya yang muallaf ini bisa mendapat hak asuh anak saya.... Terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  56. Uth anonim 4 Jan;
    Pada prinsipnya alasan cerai memang sudah diatur di UU/Kompilasi Hukum Islam, diantaranya ketidakcocokan, perselisihan terus menerus dsb, dan alasan2x tersebut wajib dibuktikan didepan pengadilan. Jadi intinya selama anda dpt mbuktikan alasan2x cerainya maka Hakim dpr mngkabulkan gugatan cerai.
    Masalah KTP & KK sama sekali bukan masalah.

    BalasHapus
  57. saya sdh 6 thn menikah tapi selalu cek cok...karen suami yg suka keluar malam bahkan bisa tidak pulang bbrapa hari...saya sdh mengutarakan secara baik2 dan dia selalu saja berjanji,,,tapi janji tinggal janji...dan selalu saja merugikan saya secara materi...baik saya pribadi dan keluarga saya...apakah ini bisa dijadikan alassan dlm gugatan perceraian...tx

    BalasHapus
  58. Selamat pagi,

    saya sedang dalam gugatan cerai istri, krn istri merasa sdh tidak ada kecocokan pernikahan kami yg sdh memasuki usia 5 tahun dan blm dikarunia anak. Saya merasa msh bisa mempertahankan pernikahan ini, namun pengaruh keluarga istri saya yg begitu kuat dan adanya kelemahan saya dimata keluarga istri bahwa saya tidak sanggup secara finansial lemahnya komunikasi-keterbukaan utk melanjutkan pernikahan ini, bagaimana baiknya sy bersikap, apakah mengabulkan keinginannya ? apakah dgn masalah seperti ini pengadilan agama akan mengabulkan cerai kami ?? terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus
  59. Saya telah menikah lebih dari 7 tahun dan lebih 6 thn saya tinggal di luar negri krn suami WNA pernikahan kami di lakukan di indonesia.dari awal menikah banyak masalah tapi saya selalu berusaha menjadi istri yg baik n mempertahankan pernikahan tapi 1 thn yg lalu krn tidah tahan dgn derita batin otak saya kena infeksi dan sempat koma.saya punya anak 3 thn dan keinginan hidup utk anak saya makanya saya mau cerai..saat ini saya berusaha utk bisa pulang dan mengurus cerai tanpa sepengetahuan suami..apa yang harus saya lakukan? terima kasih

    BalasHapus
  60. Assalamu alaikum wr. wr.
    saya telah menikah selama 15 tahun, punya anak 3, sebulan lalu istri saya telah berselingkuh dan mengakui secara jujur telah berzinah fisik secara keseluruhan, awalnya kecurigaan saya karena melihat isi facebook dan berubahnya perilaku istri saya, ketika saya tanya dengan baik-baik istri saya mengakui, namun saya memafkan karena saya yakin ini adalah cobaan dari Allah dan saya menerima istri saya kembali serta kembali membimbingnya untuk bertaubat dan meninggalkan masa lalunya karena bagi saya tidak ada alasan yang dapat membenarkan perbuatan tersebut, saya telah berintospeksi dan saya mengakui ada kekurangan selama ini yang telah saya perbaiki, mohon arahan Bapak mengenai hal ini, sebab sampai saat ini (hampir 2 minggu berlalu) saya masih merasa tersiksa, dan istri saya pun merasa tersiksa dengan perasaan berdosa, malu dsb, terima kasih Pak, Wassalamu 'alaikum wr.wr

    BalasHapus
  61. Utk Anonim 12 Jan, jam 19.35:
    Secara singkat dpt saya katakan bahwa alasan tersebut sudah bisa dijadikan alasan prceraian, namun usahakan trlebih dahulu mngadakan prtemuan keluarga besar, buatlah kespakatan tertulis. Jadikanlah prceraian adalah jalan terakhir.

    Utk Anonim 12 Jan, jam 19.54:
    Jika anda sudah digugat mlalui pengadilan oleh istri anda maka anda wajib hadir, kemukakanlah argumen2x anda dlm persidangan [jawaban tertulis], nanti majelis hakim yg akan menentukan perceraiannya dikabulkan atau tidak. Intinya bapak harus mbantah dan mbuktikan bahwa semua dalil2x/alasan2x istri anda itu tidaklah benar.

    Utk Anonim tgl 3 Jan, jam 9.31:
    Krn perkawinan anda di Indonesia maka perceraian harus pula di peradilan Indonesia. Sebaiknya anda pulang dulu ke Indonesia utk urus pceraiannya, krn jika perceraian dilakukan dgn para pihak diluar Indonesia maka prosesnya akan teramat sulit skali, krn akan mengkaitkan notaris, pengadilan, kedutaan besar disini dan disana. Dan, slain itu sebaiknya niat utk bercerai diinformasikan trlebih dahulu oleh suami demi kebahagiaan anak.

    Utk Anonim tgl 13 Jan, jam 16.19:
    Mohon maaf pak, saya merasa bukanlah pihak yg pandai mberikan saran utk masalah pernikahan. Namun saya akan tetap berusaha mbantu mberikan saran berdasarkan pengalaman dan/atau pandangan pribadi saya. Dlm hal ini cobalah kaitkan pihak ke-3, sperti ustad [kalo kalian moslem] atau pendeta [utk Kristen] utk diskusi masalah perkawinan, cobalah terus kembali/dekat dgn jalan Tuhan, jadikanlah hal itu suatu rutinitas, niscaya Tuhan akan mbrikan jalan trbaik utk hambanya. Selain itu tidak ada salahnya coba menggunakan jasa profesional sperti jasa konsultan perkawinan.

    Terimakasih.

    BalasHapus
  62. Ass. Wr. Wbr.,

    Saya telah menikah 4 tahun. Namun istri tiba2 minta pisah krn merasa tidak terpuaskan baik lahir maupun bathin. Padahal dgn segala upaya sy penuhi. Istri bekerja+perokok, sering pulang mlm,dan jarang olahraga jd sering capek kalo sy minta berhubungan, padahal nafsu dan keinginan saya sngt besar. Sejak menikah memang kami ada pinjaman dana dari bank utk keperluan rmh tangga, kendaraan, sehingga hampir tiap bulan tak ada dana tersisa buat istri. Semenjak itu sy telah berfikir dan mengutarakan ke istri sy kalao penghasilan sy hanya cukup utk pembayaran pinjaman bank,kebutuhan sehari2 sy dan rmh dan kendaraan. Namun istri menganggap sy tdk memberikan nafkah sbagaimana mestinya, padahal mslh ini sdh dibicarakan dan disepakati kami berdua. Istri meminta pisah dan diperburuk campur tangan mertua agar mempercepat perpisahan kami, bahkan tindakannya hingga melakukan hal2 yg "ghoib". Apa yg harus saya perbuat krn sy juga perlu meluruskan mslh ini dan ingin melanjutkan pernikahan, walau istri bersikeras ingin berpisah krn sdh merasa mandiri dgn pekerjaannya,tidak membutuhkan sy lagi dan lbh menurut keinginan orangtuanya. terima kasih banyak pa' atas segala masukan dan bantuannya.

    BalasHapus
  63. Mohon pencerahannya : Bagaimana seharusnya proses perceraian untuk perkawinan siri atau perkawinan bawah tangan. Apakah ada proses legal yang bisa dilakukan jika si istri atau si suami akan menikah lagi ? terima kasih

    BalasHapus
  64. saya baru menikah 3bulan, setelah pernikahan kami lgsg hidup terpisah karena saya tidak mencintainya, tidak ada komunikasi baik, dan keinginan saya sudah bulat untuk bercerai, selama itu juga dari suami tidak ada nafkah lahir batin.saya sekarang pergi merantau, dimana saya bisa mengurus perceraian saya, ktp saya adalah ktp alamat tempat saya menikah, apakah harus ditempat saya menikah? krn saya belum memiliki ktp tempat baru saya.
    alasan apa yg bisa saya gunakan untuk perceraian ini,krn suami saya msh tidak mau menceraikan. dan tidak ada saksi ataupun siapapun yg bisa sy gunakan untuk menguatkan alasan saya. krn kami memang terpisah, dan pertengkaran hy lewat sms dan telf.terimaksih

    BalasHapus
  65. Utk Anonim tgl 31 Jan;
    proses cerai siri hanya ucap talaq saja didepan istri & tdk ada proses legalnya krn perkawinan siri tdk dicatat/didaftar negara.

    Utk Anonim tgl 1 Feb;
    Kalau anda Islam maka cerainya di PA wilayah domisili istri, kalau non-Islam cerainya di PN wilayah domisili tergugat/suami.
    Alasan cerai, beda pandangan hidup dan ketidakcocokkan.
    Wajib ada saksi minimal 2 org, tak ada saksi maka kemungkinan besar gugatan cerainya tak dikabulkan.

    BalasHapus
  66. Ass...selamat pagi....
    saya adalah seorang istri muda.saya baru 9 bulan menikah dan skg saya sedang hamil 7blan.saya sudah tau daris emula klo suami sy sudah beristri dan saya rela menjadi madunya asalkan dia adil dan saya dan suami pun sepakat akan membuat istri tua mau menerima saya dan anak saya kelak.....
    Singkatnya akhir tahun 2009 suami dan anak istrinya liburan ke pekan baru.karena mereka asli nya memang orang pekan baru.ketika di pekan baru terjadi pertengkaran suamiku dan istri tua,sampai2 si istri mengancam mau bunuh diri dan minta cerai.akhirnya suami ku mengiyakan dan mentalak istrinya.dari situ istrinya heran dan merasa kelepasan klo sudah meminta cerai dan meminta maaf dan mengajak suaminya rujuk lg.suami ku memang sudah tidak mau rujuk dan mencabut kata2 cerai nya lg.malahan suamiku merasa yakin harus menceraikan istri tua karena dari dulu selalu ada perselisihan dan percekcokan yg terus menerus malahan kalo sudah bertengkar demikian si istri selalu mengancam bunuh diri dan minta cerai.kata2 tsb selalu dijadikan senjata andalan istrinya bila mereka bertengkar....
    sekarang menurut hukum islam mereka sudah bercerai tp menurut hukum negara belom.suamiku mengajukan gugatan cerai bulan ini juga ke PA pekanbaru.tapi masalah perceraian ini demikian alotnya soalnya istrinya ga mau dicerai karena dia pikir main2 waktu meminta cerai tsb....
    Sekarang apakah gugatan cerai suamiku akan dikabulkan sementara istrinya menolak bercerai,dan apakah perceraiannya bisa dikuasakan ke pengacara ato keluarga yg dipekanbaru mengingat waktu dan jarak yg jauh karena untuk saat ini suamiku sedang tugas kerja di surabaya.....dan bagaimana apakah bisa mengajukan gugatan cerai karena istri tua menyembunyikan buku nikah.apakah tanpa buku nikah bisa mengajukan gugatan cerai...
    suamiku menceraikan istri tua karena slm pernikahan 9tahun sudah tidak ada keharmonisan dan istri yg cenderung diktator,mengekang dan selalu terjadi percekcokan terus....

    BalasHapus
  67. Usahakan maksimal buku nikah didapatkan terlebih dahulu, jika sulit maka uruslah di KUA utk mndapatkan duplikatnya.
    Dgn situasi trsebut saya mnyarankan pakai jasa pengacara krn sidang cerai prosesnya lumayan panjang, anggota keluarga tdk bisa diberikan kuasa utk mwakili suami.

    BalasHapus
  68. saya seorang ibu 25th dengan usia perkawinan krg lbh 8 tahun. dengan 1 anak usia 7 tahun. berapa lama proses perceraian dari awal sidang pertama hingga akhir. sekedar informasi saya pagi bekerja malam kuliah. namun saya berusaha sekuat tenaga untuk menunaikan tugas sbagai seorg istri dan ibu dengan baik. apakah saya masih ada harapan utk mendptkan hak anak asuh?bagaimana prosedur yg harus sy lakukan dan selama menikah sy mempy sedikit kepemilikan (aset)dengan hasil jerih payah sendiri apakah termasuk dalam golongan harta gono gini yang harus di bagi secara adil?mohon pencerahan karena menurut informasi saya mendapat panggilan pertama krg lbh tgl 23 maret 2010.trims

    BalasHapus
  69. mohon bantuannya.
    apakah mungkin suami memenangkan hak asuh anak, dgn alasan selain istri yg penzinah dan pemabuk? krna saya sudah 7 tahun berpisah dr istri. tp dia tidak pernah mau diceraikan secara resmi. kini saya sudah menikah lagi secara siri selama 7th,kemudian istri saya ini selalu mengganggu kehidupan pernikahan saya yg baru,dgn alasan dia masih istri saya yg sah.
    dia juga meminta nafkah untuk anak kami diluar kemapuan saya. bisakah saya meminta hak asuh anak agar saya bisa mengurusnya sendiri? mohon bantuannya.

    BalasHapus
  70. utk anonim 9 Maret jam 6:04
    Harapan anda utk dpt hak asuh anak sgtlah besar. Cara2x persidangan dpt dilihat di www.masalahperceraian.com, lama proses cerai bisa 3 bulan. Gono-gini adalah harta parapihak yg diciptakan "selama masa perkawinan", kecuali harta warisan.

    utk anonm 9 Maret jam 18:06
    Jika anda dpt mbuktikan hal trsebut maka sgt mungkin hak asuh anak didapatkan si bapak. Dlm hal ini yg trpenting adalah pembuktiannya pak.

    BalasHapus
  71. saya seorang wanita berusia 18 tahun
    kurang lebih 2,5 tahun yg lalu saya melaksanakan pernikahan dengan seorang pria yang sebaya dengan saya (pernikahan karena kecelakaan)untuk menutupi kehamilan saya yang telah memasuki usia 2 bulan
    namun tak berjalan lama kebahagiaan saya,karena,3 bulan kemudian,karena ada konflik dengan ayah saya,suami saya pun pergi entah kemana sambil menjatuhkan talak kepada saya melalui sms
    kini setelah 2 tahun berlalu,saya mulai ingin mendapatkan kejelasan status saya
    saya ingin mengurus resmi perceraian saya dengan suami saya ke pengadilan agama
    namun saya tidak berani meminta tolong kepada orang tua saya, karena saya merasa kasihan selalu membebani mereka
    yang ingin saya tanyakan
    1.apakah bisa saya yang mengajukan gugatan kepada suami walaupun 2 tahun yang lalu ia telah menalak saya lewat sms?
    2.jika saya tidak mengetahui dimana sekarang ia berada,kemanakah gugatan itu akan dikirim?
    3.apakah saya dapat menuntut nafkah yg selama 2 tahun ini tidak diberikan oleh suami saya
    sebelumnya saya mengucapkan terimakasih jika ada yang mau membantu menjawab kebingungan saya ini

    BalasHapus
  72. Saya lgsung jawabyah:
    1. bisa, perceraian yg syah wajib dilakukan di depan pengadilan, bukan via sms.
    2. gugatan didaftarkan di pengadilan wilayah anda berdomisili.
    3. kalau keberadaannya diketahui maka hal itu bisa dituntutkan.

    BalasHapus
  73. Istri sy menggugat cerai saya karena merasa bahwa sya tdk/kurang/ sama sekali tdk memberi nafkah, walau menurut sy, sy dan istri sdh sepakat padahal mengenai kondisi keuangan,beban pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya selama nikah4,5 thn ini. Apakah dlm sidang cerai nanti istri sy dpt menggugat secara materi (minta dibayarkan misalnya) mengenai nafkah tsb selama kurun waktu tsb ?, walau sy dari orang dan keluarga sederhana(ekonomi) pas-pasan...apa yg harus sy persiapkan agar hal ini tdk terjadi dan sy tdk dituntut macam2....terimakasih atas jawaban dan perhatiannya Bapak/Ibu

    BalasHapus
  74. Saya seorang suami umur 34 th...saya dituntu cerai oleh istri...permasalahannya karna istri sdh tidak cinta lg sama saya.alasanya selama kami 3 th menikah,saya kurang perhatian dan kasih sayang sama istri.kejadian terahir yg membuat kami bertengkar parah adalah saya pergokin istri sedang telp di rmh tetangga dengan pria lain...setelah sekian lama baru saya tau pria itu adalah teman curhat di FB.dan saat saya pergokin sempet saya dorong jambak dan ludahin istri dan sempet terucap talak 3...keadaan saya sudah dlm emosi yg sangat tinggi yang sebelomnya tdk pernah sy emosi spt itu.yg ingin saya tanyakan.saat ini saya msh cinta sama istri dan saya tidak mau cerai.apakah msh bisa di PA surat gugatan cerai tsb dikabulkan oleh PA.mengingat istri saya sdh tidak mau lagi sama saya.

    BalasHapus
  75. suami saya menggugat cerai saya di karenakan dia dan kluarganya malu karena pihak klurganya telah mengetahui aib aib anaknya.aib itu saya buka di hadapan kluarganya di karenakan suami saya telah terang terang memfitnah saya pada mertua saya.mengingat katanya kluarga suami saya terhormat dan beragama.kami menikah baru dapat 3 bulan. saya tidak pernah menuntut lebih pada suami saya bahkan masalah materi, jikapun saya menutut, saya menutut berdasar kapasitas keungan suami saya. slama menikah saya mrasa kurang kasih sayang,kurang perhatian,suami saya sering berkata kasar pada saya tanpa ada alasan yang jelas. suami saya memang masih bergantung hidup pada ibunya,dia membantu usaha ibunya di karenakan dia masih punya 3 adik.saya tidak pernah ada niatan jelek pada kluarga suami saya.tapi suami saya seolah olah memojokan saya demi mengambil hati ibunya. sebenarnya kami sudah di buatkan rumah dan usaha sendiri tinggal menempati aja.rumah itupun tidak jauh juga dr rumah mertua saya. tapi suami saya tidak mau saya ajak hidup mandiri dan di samping itu suami saya juga bisa membantu ibunya pikir saya.saya pulang sendiri kerumah ibu saya menggunakan jasa taksi.secara pribadi saya sdh dpt ijin dr suami saya,tapi kata mertua saya, saya termasuk istri durhaka.suami saya senang berjudi bilyard setiap hari.saya bertengkar setiap hari karna judinya,karna itu sayapun tetap merokok. trakhir saya dapat sms dari suami saya bahwa akan sidang pertengahan bulan april besok. saya waktu pulang kerumah naek taksi itu,saya dapat talak 3 kali dalam satu ucapan.keesokanya saya tes urin dan saya positif hamil.namun suami saya acuh dan menyuruh saya untuk aborsi. usia kandungan menurut dokter sekitar 4-5 minggu.saya masih mencintai suami saya juga karna dia adalah bapak dari anak saya.walaupun saya sering sakit hati. saya tidak mau di ceraikan dan juga saya tidak mau aborsi anak hasil hubungan sah diatas agama dan hukum ini. tapi kluarga suami saya tidak mau lagi menerima saya sebagai istri ato menantu. apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
  76. Yth Ibu;
    permasalahan ibu terlalu pribadi dan komplex utk saya bahas dimedia ini. Silahkan email ke alamat email pribadi saya di konsultasiperceraian@gmail.com. Terimakasih

    BalasHapus
  77. Slamat pgi, maaf saya seorg istri yg menggugat cerai suami saya. saya mempunyai satu org anak laki2, sekarang dia bersama suami saya, pak saya sdh memasuki sidang ke7 (kesaksian dr pihak saya) tp saya tdk hadir krn saya tdk punya saksi..... smua saksi adalah tetangga suami saya mrk tdk mau krn knal baik ma kel.suami saya.... dan dr pihak kel.saya sendiri jg tdk ada yg mau.... saya mohon penjelasan saya hrs gmn ????
    kata majelis hakim klo tdk ada saksi... berarti batal gugatan cerai saya......

    BalasHapus
  78. Yth ibu, apa yg dikatakan hakim itu benar bu. Adanya minimal 2 org saksi merupakan syarat mutlak utk persidangan gugatan cerai. Usahakanlah mndapatkan 2 saksi utk sidang pembuktian. Umumnya saksi adalah bisa orang tua, sodara dan kerabat dekat; yang mengetahui permasalahan baik secara melihat langsung dan/atau mendengar lgsung permasalahan tersebut.

    BalasHapus
  79. ass. saya seorang istri bekerja sbg PNS dan selama ini saya yg menafkahi suami sejak dia mash menganggur hingga kini menjadi direktur, kemudian setelah dia kaya menceraikan saya. Proses itu msh berlangsung. yang menjadi pertanyaan saya :
    1. bolehkah saya meminta nafkah lahir selama blm ada putusan cerai?
    2. bolehkah suami mengganti kunci rumah tempat tinggal kami dulu (krn saya ditugaskan dr kantor keluar kota)sebelum keluar putusan?
    bolehkah saya membuka paksa rmh kami dan melanggar hukumkah jika itu saya lakukan? mengingat KTP msh sesuai alamat rmh tsb.
    3. bolehkah seorang penggugat intervensi yg nota bene ibu mertua saya sendiri setelah mencabut gugatannya otomatis dapat dijadikan saksi pada sidang cerai talak? adkah UU yg mengatur hal tsb? jika ada peraturan no brp thn brp?
    4. pada gugatan intervensi, jika penggugat mencabut gugatannya, otomatis gugurkah gugatan rekopensi saya ttg harta kepada penggugat(suami) dan saya harus mengajukan baru lagi dgn agenda/tuntutan tersendiri ttg hal tsb?
    jika sebelumnya sdh di tuangkan pada jawaban replik duplik-replik-duplik
    5. bolehkah majelis hakim secara tiba-tba men"SPLIT" perkara scr mendadak sesuai kewenangannya? sesudah ada jawaban ttg harta bersama? kalau boleh bagaimana jika tuntutan tsb sdh include dengan jawaban sebelumnya? Jika boleh mohon dasar hukum UU yang mengatur ttg hal tersebut?
    6. Bolehkah orang yg pernah memasuki ruang sidang cerai talak yg bersifat tertutupdi jadikan saksi pada sidang cerai talak?
    dan syahkah kesaksiannya?
    atas jawabannya saya mengucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  80. 1. bisa.
    2. sejauh anda masih berstatus suami-istri, belum cerai.
    utk prtanyaan no. 3, 4, 5 dan 6 saya br bisa mnjawab jika saya telah memperlajari berkas2x perkaranya terlebih dahulu, krn saya takut salah mberikan jawaban.

    BalasHapus
  81. bunda

    saya mau tanya pak.
    saya berencana menikah dengan kekasih saya. tapi dia duda cerai dan punya anak 1, umurnya mau 7 tahun. dimengaku sudah cerai dengan istrinya 1 tahun lebih, tapi bukan di pengadilan agama. mereka buat surat pernyataan cerai dengan materai dan disaksikan beberapa saksi.
    kekasih saya kemudian pulang ke kota asalnya, sedangkan mantan istrinya ada di kalimantan. sekarang dia mau urus surat cerai resminya supaya bisa menikah lagi.
    yang jadi pertanyaan, apa bisa kekasih saya mengurus surat cerai di kota asalnya, bukan di kota tempat mantan istrinya? terima kasih

    BalasHapus
  82. salam sejahtera pak.
    saya seorang non islam telah menikah 4 tahun.dikaruniai seorang putra 2.5tahun.tinggal di rumah mertua dan ada usaha hp kecil kecilan..selama setahun keperluan anak dari sana,dan usaha itu saya yang menjalankan.suami ada buka showroom mobil di luar(masih satu kota).awalnya suami ada bantu ngeluarin biaya buat bisnis hp.sampai suatu saat dia gak mau tau lagi.usaha tidak berjalan dengan bagus dan dia juga tidak mau nanggung keperluan anak.selama ini kami tidak tidur sekamar,dia tidur diluar,di showroom mobilnya.
    yang mau saya tanyakan
    saya mau menggugat cerai atas perlakuan suami yang tidak peduli dengan istri dan anak
    bisakah saya mendapat hak asuh anak?
    dan menuntut biaya hidup?
    karna suami ada bilang apabila cerai, anak saya bawa maka dia tidak mau menaggung biaya anak..thanks

    BalasHapus
  83. Yth Ibu;
    Sy lgsung jawab yah;
    Ya bisa. Umumnya jika anak masih balita, dan trjadi pceraian maka hak asuh anaknya dipegang oleh si ibu.

    BalasHapus
  84. pak istri saya selingkuh setelah saya selidiki ternyata benar,,
    dengan saya menbaca sms2 mereka,,
    apakah itu bisa di jadikan bukti di pengadilan nanti??
    tolong jawab ya pak!
    sebelum dan sesudah saya ucap kan terima kasih!

    BalasHapus
  85. Ya dapat pak, asalkan bapak bisa mbuktikan isi sms tersebut di depan pengadilan.

    BalasHapus
  86. Selamat malam pak..
    Kami sudah berumah tangga selama 7 tahun dan 1 tahun yg lalu isteri saya berangkat ke Hongkong untuk bekerja menjadi TKW.
    Selama kami hidup bersama pernah cek cok beberapa kali, bahkan dibawah pengaruh emosi saya pernah menawarkan cerai sebanyak 3 kali dan isteri saya tak mau. Bahkan saya pernah menampar mulut isteri saya sampai bibirnya berdarah karena waktu saya nasehati dan isteri saya malah mengejek saya.
    Dalam kurun waktu 3 tahun ini tidak terjadi masalah apapun dan sekarang istri saya masih di Hongkong. Tapi 1 bulan yg lalu via telepon istri saya secara tiba2 menuntut cerai kepada saya dan menyewa pengacara untuk mengurus perceraiannya.
    Dengan tegas saya jawab bahwa "Saya tak punya niat untuk bercerai karena saya merasa kasihan dengan anak dan saya masih mencintainya".
    Setelah 1 bulan ini ada kabar klu isteri saya telah mengenalkan laki2 lain kepada orang tua nya via telepon dan bapaknya bilang ke seorang warga jika istri saya mau di nikahi orang hongkong dan suaminya disini tak mau di cerai.
    Sekarang surat2 yang antara lain : KTP istri, Kartu Keluarga, dan buku Nikah ada pada saya.
    Dan saya sedkit terbantu dengan aksi penolakan dari RT, RW maupun KADUS setempat untuk tidak membuatkan surat pengantar untuk membuat surat nikah duplikat dengan alasan bahwa sebelum istri saya berangkat ke Hongkong kondisi rumah tangga kami baik-baik saja dan surat nikah asli ada pada saya dan hanya akan saya kasih kepada istri saya langsung bukan kepada pengacara atau orang tua istri saya. Terlebih saya tidak punya niatan untuk cerai, sehingga Aparat desa setempat takut jika saya gugat mereka karena tlh buatkan surat pengantar utk cerai istri saya tanpa sepengetahuan saya.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Bagaimanakah kekuatan hukum agama atas gugatan cerai istri saya kepada saya yg sekarang istri saya msh di Hongkong?
    2. Apakah tindakan aparat desa yang menolak memberikan surat pengantar gugatan cerai kepada pengacara istri saya dapat dibenarkan menurut hukum?
    3. Bagaimanakah kekuatan hukum saya di muka pengadilan agama dengan permasalahan diatas?
    4. Apakah dengan bukti keterangan warga yg demikian dapat saya jadikan bukti untuk menggagalkan gugatan cerai istri saya?
    Demikianlah permasalah yg sedang saya alami, sudi kiranya bapak menjawab pertanyaan saya yang buta dengan masalah dasar hukum perceraian.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
  87. Sy lgsung jawab ya pak;
    1. mnurut sy tidak kuat;
    2. bisa saja demikian pak, krn terkadang hukum/adat istiadat masih suka digunakan;
    3. mnurut sy cukuplah kuat krn toh sbelum berangkat anda dgn istri tak ada masalah, jadi dlm hal ini dia mncari2x alasan saja;
    4. bisa saja tp lebih penting jika anda mbuktikan/mematahkan dalil2x yg dituangkan istri dalam gugatannya, dan buktikanlah bahwa argumen2xnya salah.

    BalasHapus
  88. Selamat pagi Pak...

    Masih Berhubungan dengan perkara yang saya mintakan pendapat kepada Bapak kemarin tentang Gugatan Cerai Isteri saya yang sekarang ada di Hongkong.
    Dalam kasus perceraian yg diajukan isteri saya yang belum didaftarkan di Pengadilan Agama, terjadi tarik ulur mengenai anak kami. Saya ingin mengajak anak saya untuk liburan, akan tetapi dari pihak orang tua istri saya melarang saya untuk membawa anak saya dan mereka menghubungi Pengacara yang sudah disewa istri saya.
    Dan kemudian Pengacara dari isteri saya tersebut menghubungi saya via telefon dan dengan dalil memberitahukan kepada saya bahwa mengambil anak secara paksa dapat dituntut dgn HAM dan UU Perlindungan Anak. Dalam pembicaraan tersebut, Pengacara tersebut berbicara dengan penuh emosi dan terdengar jelas di telefon bahwa sang pengacara tersebut bicara kepada saya sambil gebrak-gebrak meja dan terakhir mengata-ngatai saya dengan kata "BRENGSEK KAMU". Dalam sela2 pembicaraan tersebut saya menanyakan "apakah Bapak tau persis duduk perkara mengapa tadi terjadi tarik ulur soal anak saya dengan pihak orang tua isteri saya". Dan Pengacara tsb menjawab "Saya tau dari cerita2...". Nah.. dari jawaban tsb saya sempat tertawa kecil dan dianggapnya itu melecehkan dia sehingga saya di kata2i "DASAR BOCAH ANGON" dan "BERKELAKUAN PREMAN". Pengacara tsb mengatakan kepada saya "Kamu belum tau siapa saya, kalau kamu sudah ketemu dengan saya... kamu tidak akan bisa ketawa spt itu lagi..!
    Kemudian saya menyilahkan Pengacara tsb untuk mendaftarkan ke Pengadilan Agama jika bisa, karena saya tidak ada niat utk bercerai dr isteri saya. dan dari kata2 saya tsb, dianggapnya saya telah mengintimidasi Pengacara tsb dan mengancam kepada saya akan di telfonkan Polisi saat itu juga dan dia sudah punya alamat rumah saya...
    Kemudian saya jawab lagi "bukannya saya yg sekarang anda intimidasi..."
    Pengacara itu marah2 sambil gebrak meja (sampai suaranya terdengar di telefon) dan mengata-ngatai saya seperti di atas... Sampai saat ini pun saya merasa tertekan dan ketakutan..
    Dari kejadian diatas, yang ingin saya mintakan pendapat serta nasehat dari Bapak :
    1. Apakah yang harus saya lakukan sehubungan dengan kejadian di atas?
    2. Apakah bisa dibenarkan Pengacara Penggugat menghubungi Saya sbg tergugat seperti di atas? Karena sepengetahuan saya dari pengalaman saya mengikuti proses perceraian saudara di masa lalu, Pengacara yang mendampingi Saudara saya tidak berani menghubungi pihak lawan dikarenakan menyalahi aturan.
    Demikian yang ingin saya sampaikan dan mintakan pendapat serta nasehat dari Bapak...
    Karena saya merasa hanya dalam forum ini saya bisa mintakan pendapat atau saran tentang gugatan cerai dari Isteri saya, dikarenakan kondisi ekonomi saya yg tidak memungkinkan untuk minta Pengacara dampingi saya di Pengadilan Agama.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak2 terima kasih...

    BalasHapus
  89. Yth Bapak;
    jika boleh sy sarankan sebaiknya permasalahan ini bapak email ke sy saja secara pribadi, ke konsultasiperceraian@gmail.com

    BalasHapus
  90. Saya Sdah 2 Tahun di tinggal suami. Dan saya punya seorang Putri, selama kami di tinggal pergi tanpa kabar berita saya berusaha sendiri agar dapat menanjutkan hidup. Saya ingin bercerai... kira2 prosedurnya gimana yaaa????

    BalasHapus
  91. Prosedur secara garis besar dpt anda buka website di:
    http://masalahperceraian.com/index.php?c=2

    BalasHapus
  92. aslmualaikum
    saya sudah 7 tahun berkeluarga dan seiring sejalan istri saya tidak ingin diajak untuk hidup mandiri...dan mertua saya selalu mengcilkan dan menghina saya di belakang istri saya. sehingga pada saatnya kami bertengkar maslah saya ingin ambil S2 dan dia tak mengizinkan lalu emosi dan mengatakan jika kamu ingin kuliah lagi lebih lepaskan hak aku dan jangan kembali. sewaktu dia katakan aku menyadarkan nya untuk berhati hati dalam perkataan.. akan tetapi dia mengulanginya sebanyak 3 kali. sehinggalah akumengiyakan. dan waktu itu terjadi dia sedang hamil 7 bulan.
    nah masalahnya kemudian setelah adanya perkataan itu saya sudah menetapkan hati untuk bercerai dengannya dan telahpun mengikrarkan kepadanya pada saat anak kami lahir.
    nah saat ini kami telah bekerja sbagai CPNSD. dan ingin mengurus surat perceraian di Pengadilan Agama. akan tetapi mantan istri saya tidak ingin diceraikan...dengan alasan saya sudah punya Wanita Lain. dan dia dengan sengaja ingin menggantung hubungan status pernikahan kami dengan niat agar saya tidak dapat menikah dengan Wanita Lain tersebut.
    apa yang harus saya lakukan.
    sebab bila disuruh untuk kembali Rujuk...adalah hal yang sangat tidak saya inginkan...sebab telah hilang perasaan dan keinginan untuk membina rumah tangga kembali dengannya.
    makasih sebelumnya.....

    BalasHapus
  93. Yth Bapak;
    Jika bapak tetap ingin brcerai maka pertama bapak harus mendapat izin cerai dulu dari atasan anda krn anda adlh seorang CPNSD. Lalu daftarkanlah gugatan cerai anda di PA brwenang. Nanti anda wajib mbuktikan di depan hakim alasan2x cerai anda. Istri tetap berhak mpertahankan perkawinan namun jika bukti2x dan saksi anda kuat [utk bcerai] maka kmungkinan besar hakim mngkabulkan gugatan anda.

    BalasHapus
  94. istri kembali ke agamanya semula. sy sdh meminta baik2,tp istri ttp dgn pendiriannya. krn menurut sy dan agama sy bl sdh bd agama ini haram hukumnya,sy mengajukan cerai kpd istri,tp istri tdk mau. apakah ada solusi,biar sy bs dgn mdh tnp ada kekerasan u menceraikan istri sy?

    BalasHapus
  95. Mnurut sy, ya ajukan saja gugatan ke pengadilan, krn salahsatu alasan cerai yg diatur UU adalah adanya prbedaan keyakinan. Istri mau tdk mau ya tetap saja proses cerai dpt terus dilaksanakan.

    BalasHapus
  96. 1. Sidang perceraian saya (suami/tergugat) sudah sampai ke tahap pengajuan duplik. Saya sudah satu kali tidak datang ke pengadilan sewaktu isteri saya (penggugat) mengajukan replik. Yang menjadi pertanyaan, apa konsekuensinya kalau pada sidang berikutnya (pembuktian dari penggugat) saya tidak datang?

    2. Katanya kalau suami tidak memberi nafkah lahir dalam tiga bulan berturut-turut, maka hal ini bisa dijadikan alasan untuk bercerai. Benarkah?

    3. Terima kasih banyak untuk jawabannya.

    BalasHapus
  97. 1. Maka sidang akan dtunda, dan bapak akan mndapatkan srt panggilan utk sidang pmbutkian penggugat [sampai 3x tidak hadir maka sidang akan tetap dilaksanakan tanpa kehadiran anda]
    2. Benar pak, namun tak smudah itu, krn harus disertai dgn pmbuktian

    BalasHapus
  98. Masalah saya mirip dengan yang di atas, isteri saya gugat cerai karena saya dianggap tidak menafkahi. Padahal saya selalu berusaha keras untuk transfer (saya tinggal di lain kota dengan isteri) ke rekeningnya tiap bulan. Tapi ada beberapa bulan yang saya tidak berhasil transfer karena krisis pekerjaan.

    Bagaimana cara saya membuktikan hal ini di pengadilan? Transfer (nafkah) saya ada bolong beberapa bulan dalam setahun. Apakah ini bisa dikatagorikan tidak menafkahi???

    Terima kasih.

    BalasHapus
  99. Yth Bapak;
    mnurut sy pun spertinya istri anda kurang cukup kuat alasan cerainya. Jika anda memang menafkahinya maka tentu hal ini akan sulit dia buktikan. Namun sebaiknya anda datang ke pengadilan utk mbuktikan bahwa anda menafkahi dan mbantah argumen2xnya.

    BalasHapus
  100. Pak, saya digugat cerai isteri. Pada Sidang Pembuktian Saksi dari Tergugat yang akan datang, bisa kah saya tidak menghadirkan saksi?

    Karena selama ini saya tinggal di rumah isteri (mertua) dan tidak ada orang yang bisa menjadi saksi untuk meringankan saya...

    BalasHapus
  101. Pada prisnipnya anda boleh2x sj tdk mbawa saksi, namun tentunya maka dalil2x/argumen2x anda akan sgt tidak kuat. Oleh sebab itu kemungkinan anda memenangkan perkara sgt lah kecil.

    BalasHapus
  102. aslmkm.
    sy tlah menikah slma 7 bln, slma itu blm pnah diberi nafkah batin oleh suami dg alasan suami "tidak ada rasa/hasrat" kpd sy. dia menawarkan utk mengakhiri pernikahan, tp sy tidak mau krn takut dosa dan sy ingin dia brusaha lg. tp dia slalu mengatakan tlah berusaha mncoba tp tetap tidak bisa. sy mrasa dipermainkan pak. apakah jika suami mndaftarkan gugatan ke PA akan dikabulkan dg alasan tsb? apakah sy bisa menuntut suami ke PN krn sy dan keluarga mrasa dipermainkan dan dicemarkan nama baiknya? sblmnya sy ucapkan byk trimakasih.

    BalasHapus
  103. assalamualaikum
    gmana hukumnya bila menikah cuma bertujuan untuk menghindari gunjingan keluarga lalu sebulan kemudiansuami menceraikan istrinya.. dg alasan memang tidak cinta dari awal pernikahan... gmana apakah bisa cerai???

    BalasHapus
  104. Pada prinsipnya, alasan2x cerai itu sdh diatur dlm pasal 116 kompilasi hk islam, silahkan cek disitu pak. Namun memang benar tidak ada alasan cerai krn tdk cinta lagi, tetapi bisa masuk di kategori alasan cerai lain di pasal 116 itu pak.

    BalasHapus
  105. Slamat pagi,
    Saya ingin menanyakan perihal perceraian dengan WNA asing.
    kakak saya menikah dgn WNA Belanda usia 65 tahun dan ingin bercerai karena sang suami pemabuk berat dan sudah menjadi paranoid. hanya kakak saya takut dipersulit krn suaminya mengancam akan mempersulit sidang perceraiannya. Yang ingin saya tanyakan apakah benar kl proses cerai dari WNA asing itu susah dan sulit? kakak saya hanya ingin cerai tidak mau menuntut harta gono gini..
    Mohon informasinya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya

    BalasHapus
  106. Bukan sulit, melainkan "lama". Mudah2xan perkawinannya dilakukan/didaftarkan di ktr Cat Sipil Jakarta, relatif lebih mudah krn dgn demikian proses cerainya bisa dilakukan di Indonesia [tanpa kehadiran si Tgugat/Suami].

    BalasHapus
  107. Selamat Siang
    Saya istri 39 tahun, sdh 12 tahun 6 bln menikah punya sepasang anak (11 thn dan 3 thn) hampir 3 thn ini kami sering cekcok dari turut campur keluarganya sampai kembali intimnya dia bergaul dengan mantan teman SMA (yg dulu dia taksir). Hampir setiap hari dari pagi sampai malam sms an atau teleponan (bbrp sms mereka saya simpan-walaupun bahasanya tdk spesifik selingkuh tp itu tidak pantas utk yg sdh punya pasangana, foto mereka ketika reuni yg bergandengan sampai transkrip telepon suami ada pada saya)
    Saya sudah beberapa kali menegur suami secara baik-baik ataupun tegas, tetapi dia tetap tidak mengakui ada hubungan khusus (kalaupun tdk ada hubungan khusus, tetapi status teman yg punya cerita di masa lalunya yg sering sms dan telp an itu sangat mengganggu)

    Akhirnya kita sering bertengkar dengan bahasa2x yg kasar bahkan dia sudah berani menampar dan meludahi saya. (pipi saya yg ditampar saya foto pakai HP), belum lagi nafkah yg diberikan setiap bulan hanya untuk makan dan uang les anak pertama saja.Dari hal diatas saya ingin mengajukan cerai. Pertanyaannya :
    1. Cukupkah alasan saya utk mengajukan cerai ?
    2. Bisakah isi sms, foto2x dan transkrip telepon diajukan sebagai bukti ?
    3. Apakah KDRT fisik harus selalu disertai visum ?
    4. Bagaimana membuktikan KDRT mental (ucapan kasar)
    5. Apakah dengan serta merta anak akan jadi hak asuh saya dengan pasal2x diatas, walaupun ternyata suami saya lebih dulu mengajukan cerai ? (karena suami akan mempertahankan anak2x)
    6. Apakah harta yg ada walaupun saya yg membelinya dari uang sendiri tetapi dibuat atas nama suami, jd milik saya atau dibagi 2
    7. Apakah persyaratan cerai (buku nikah, KTP, Akte lahir anak) harus asli tidak boleh foto copy.
    8. APakah proses cerai dgn ilustrasi di atas akan berbelit dan butuh waktu lama utk putusan ?

    Mohon jawabannya, Terima kasih

    BalasHapus
  108. bapak YTH :

    saya menikah sudah hampir 2th dan sudah mempunyain anak 1, waktu sebelum menikah saya sudah bicarakan tentang financial keluarga dan pribadi saya yang minim, tapi semua itu hanya ucapan bibir saja untuk istri saya menerima saya apa adanya.masalahnya adalah saya bukannya tidak mampu mencari uang, tapi masalahnya istri saya tidak bisa menyimpan uang untuk masa depan keluarga kami ini dan kalau saya ajak bicara itu seperti tidak dianggap apa yang saya ungkapkan lalu ujung2nya dia marah dan menangis mengunci diri didalam kamar.apakah hal seperti ini bisa di jadikan alasan untuk bercerai

    BalasHapus
  109. selamat siang saya mau tnya kalau kasus seperti saya bgmn cara solusinya????? saya dulu menikah di KUA, sebelum saya menikah dng suami saya b`agama non muslim pernikahan kami tidak pernah merasa bhgia dan mlah sll berkelahi trus menerus, mngkin krn dulu sebelum menikah hub kami tdk pernah di restui oleh k2 ortu, sekarng saya sdh tdk bersma nya lg selama 2thn dan saya ingin cerai dengan nya tp saya tdk thu dia ada di mana dan sekarng saya tergantung dengan status yg saya bawa, kira2 jika saya mengajukan cerai dengan cara sepihak bisa ga ya???? trus kira2 brp biaya yg hrus saya bayar utk kasus ini mohon beri pengertiannya dan tolong bntu saya trims

    BalasHapus
  110. Utk anonim tgl 15 Maret;
    Mnurut sy alasan trsebut blm lah cukut kuat. Jika memang sering trjadi perselisihan yg terusmenerus yg benar2x tdk bs didamaikan lg maka hal itu cukup kuat utk dijadikan alasan cera. Cobalah berusaha lebih keras lagi pak, maksimalkan dulu utk tetap dpt mpertahankan keluarga.

    Utk Wulan;
    Pada prinsipnya, proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan prsetujuan dan tndatangan suami. Jadi ya anda tetap bisa ajukan gugatan cerai, kalau alamat suami tdk diketahui maka nanti proses nya dgn cara 'ghoib' [panggilan tergugat mlalui iklan radio atau ktr walikota].
    Biaya administrasinya skitar 600-800rb bu. [yg mahal adlh biaya pengcaranya]

    BalasHapus
  111. sya pria, istri saya t'lah mningal kn rmh s'lma 3 tiga thn, & tdk tau di mna rimba nya, jdi s;krng ini saya mau menika lg, ttapi sya tdk dpt keadilan, dari kpala dsa saya s'ndri.

    BalasHapus
  112. aslmkm...yth bpk/ibu..
    bagaimana proses cerai bila si suami tak mau cerai,padahal sudah pisah ranjang 2 thn,sdh menalak 3,n gak pernah ngasih nafkah.apakah mahkamah akan mengabulkan permintaan cerai si istri tsb?
    makasih tuk jwbnya,,,wasslkm

    BalasHapus
  113. Utk anonim tgl 19 Maret;
    Proses cerai di pengadilan tdk memerlukan pendapat dari kepala desa. Anda bisa lgsung mndaftarkan srt prmohonan ikrar talaq di PA brwenang. Anda blm bs mnikah lg jk blm brcerai trlebihb dahulu.

    Utk Weeky;
    Proses cerai di pengadilan tdk memerlikan prsetujuan dan tndatangan suami kok bu. Asalkan ibu pegang buku nikah asli dan saksi minimal 2 org maka Hakim dpt saja mngabulkan gugatan cerai anda.

    BalasHapus
  114. Pak saya mau tanya, jika suami bersikeras tidak mau bercerai, padahal dia sudah dua kali berselingkuh dan saya ada bukti rekaman pembicaraan dia dengan selingkuhannya, apakah bisa dijadikan bukti di pengadilan. Mohon jawabannya terima kasih

    BalasHapus
  115. Bisa bu, tapi nanti pd saat sidang ibu mbawa tape recordernya agar dpt didengarkan dipersidangan.

    BalasHapus
  116. Pak saya mau tanya,usia sy saat ini 50thn,istri 49 thn,perkawinan sy masuk usia 21 thn,memiliki 3 anak ( putri usia = 20thn,putra usia=18thn,putra usia=8thn),namun saat ini dibln Januari 2011,tiba2 istri saya minta cerai,karena menuduh sy punya selingkuhan,saat sy tanya dapat informasi dari mana? & dasarnya apa ? ,istri saya menjawab karena : MIMPI,MEDITASI & 3 DUKUNNYA.Saya katakan jika tuduhannya seperti itu tidak bisa dijadikan bukti yg benar,dan ia memaksa saya u/mengakui sesuatu yg saya tdk lakukan,bahkan sy katakan jika kamu mau bercerai ,kamu sj yg mengajukan gugatan & akan sy katakan bahwa sy tdk mau bercerai dihadapan hakim,namun dia tetap memaksa ,bahkan memaki2 sy dg kata2 Anjing,Iblis dll,untuk menghindari hal2 yg tdk sy inginkan achirnya sy pergi dr rumah & ngeKOst ,yg sampai dg saat ini sdh 7 minggu,Saya berharap dia sadar & intropeksi diri ,bahwa semua tuduhannya salah besar,namun dia tetap pada pendiriannya,shg pd saat anak ke 2 sy berulang thn yg ke 18,sy coba pulang namun dia tdk bukakan pintu,achirnya sy balik kembali ke tempat kost,saya sdh datangin DUKUNNYA agar jgn NGOMPORIN istri saya,namun tdk ada perubahan sampai saat ini.
    Saya bingung apa yg hrs sy lakukan lagi? mohon jawaban & saran dari bapak apa yg sy harus lakukan,apakah hanya perceraian yg menjadi jalan keluarnya???.OH yah saya ber agama Budha,terikat dg perkawinan di Catatan Sipil,,saya kasihan dg anak 2 saya terutama yg ke 2 karena sdg ujian SMA,,Terima kasih

    BalasHapus
  117. sorry mengganggu... kalau boleh saya tanya, kakak perempuan saya sedang dalam proses cerai, dan disaat proses tersebut kakak saya ketahuan selingkuh dan suaminya memiliki bukti berupa foto yang katanya ciuman, akan tetapi alasan cerai kakak saya adalah KDRT yang dilakukan oleh suaminya selama mereka menikah.. kakak saya memiliki beberapa foto dari kdrt tersebut dan tidak ada saksi yang melihat kejadian tersebut akan tetapi saya pernah melihat biru2 dimuka kakak saya..... selain itu suami kakak saya juga mempunyai kebiasaan buruk suka minum2an keras dan memakai narkoba (ada saksi yang dapat bersaksi dipersidangan untuk hal ini) dan juga pernah 2x ditangkap polisi karena kasus narkoba (juga ada saksi) walaupun tidak sampai masuk kedalam penjara... yang kakak saya khawatirkan adalah sekarang hak asuh anaknya, apa dengan bukti perselingkuhan (bila itu disebut perselingkuhan, apa itu disebut perselingkuhan?) kakak saya masih bisa mendapatkan hak asuh anaknya? dan bagaimana cararanya agar kakak saya bisa mendapatkan hak asuh dengan kondisi seperti ini?, karena bila hak asuh ajtuh ketangan suami, akan tertanam kekerasan di anaknya dan juga hal2 buruk lainnya... jadi kesimpulannya adalah apa bukti affair sang suami dapat memenangkannya untuk mendapatkan hak asuh? hal apa saja yang dapat membuat kakak saya kehilangan hak asuh anaknya?

    saya mohon balasanya... akan sangat menolong keluarga kami... terimakasih

    BalasHapus
  118. Feeling sy si istri bisa dpt hak asuh anak, kecuali jk si suami benar-benar bs mbuktikan si istri berzinah.

    BalasHapus
  119. Pak, saya mau menanyakan boleh tidak kita menolak saksi dari pihak istri?
    dengan alasan karna saksi yang ia hadirkan adalah temannya yang tidak tahu tentang masalah keluarga kami sebenarnya. mereka hanya tahu masalahnya ketika adanya gugatan cerai.
    terima kasih sebelumnya, mohon bantuan jawabannya.

    BalasHapus
  120. saya ingin bertanya,
    saya menikah 4 tahun lalu dan sudah punya anak berusia 3 tahun dan 1 tahun. Istri saya dulu adalah non muslim. Makin hari saya merasa ada ketidak cocokan dengan dia (saya Islam), akrena dia menolak beribadah (scara Islam melanggar) dan temperamennya yang pemarah (suka membanting dan menendang apa saja) kadang saya dengan ke 2 anak saya karena mereka kdang suka dibentak. Dia suka mengancam akn meninggalkan saya, saya sebenarnya siap saja tapi saya kasihan ke anak2 saya. Saya merasa miris pak, karena anak saya yang kecil pun suka dibentak oleh dia kalau dia lagi kumat emosinya. Yang perlu diketahui saya tidak bulan memberikan nafkah yang lumayan sekitar 4.2 juta, dia sediri bekerja sebagi homecare giver. kadang kl sedang marah dia suka mengungkit masalah pendapatan (sy sebenarnya ingin dia dirumah, pendapatan dia sama besar dengan saya walau kadang2 lebih besar)
    yang ingin saya tanyakan:
    1. bsiakah saya gugat dia?
    2. dia dibuang keluarganya karena menikah dengan saya dan masuk islam, saya walau punya rumah sendiri sekarang tinggal di rumah ortu saya yang usianya 70 dan 80an. saya diminta menemamni mereka oleh mereka. Yg jadi pertanyaan kl saya ajukann gugatan cerai semnetara dalam proses bercerai dimana saya harus tinggal atau dimana dia harus tinggal?
    Istri saya mungkin merasa gak enak dengan kedua ortu saya.
    3. bagaimana dengan hak asuh anak? karean kadang dia kl sedang kumat emaosinya suka mengucapkan kata2 kasar tentang agama saya
    4. bagaimana dengan hak asuh anak? saya tahu menurut UU kl anak berusia kurang dari 12 tahun ikut ibunya, bisakah anak2 ikut saya? karena saya ingin membesarkan anak2 dengan cara islam dan jauh dari emosi
    terimakasih sebelumnya
    5. saya bukan tipe pemarah, terhadapa anak atau bila dia sedang kumat saya biasanya bicara dengan lembut.

    abdullah ms

    BalasHapus
  121. abdullah ms

    tambahan

    1. tahun lalu istri saya disaat hamil anak saya kedua sempat beberapa kali jalan dengan mantan pacarnya. Tapi saya tdk ada bukti apa benar ia selingkuh. Tapi satu orang kenalan saya sempat bertemu dia. Istri saya emang menceritakan hal tersebut ke saya. Dan ia mengaku emang benar bertemu kenalan saya itu

    abdullah ms

    BalasHapus
  122. sy sdh menikah slama 10 tahun. sy menikahi perempuan itu krn dia hamil dan sy merasa iba. slama 10 th menikah sy g pernah kasih nafkah lahir batin krn sy memang tidak mencintainya. tp pertengkaran terus menerus terjadi. caci maki dan hinaan sy terima.diludahi sudah jd hal biasa.sy bertahan krn sy merasa kasihan pd anaknya.tahun berjalan, sy mencintai permpuan lain dan ingin menikahinya. skrg istri minta sy ceraikan dg alasan sy berselingkuh. dan ia punya bukti surat dan sms2 saya dg wanita yg saya cintai.sy bharap bisa cerai tp sy tidak mau ia gunakan alasan selingkuh di pengadilan.sy harus bagaimana?mohon bantuannya trimakasih

    BalasHapus
  123. saya menikah sudah 2 bulan...1 minggu awal pernikahan kami bahagia tapi 1 minggu setelah menikah kami selalu ribut, apa yang selalu saya lakukan selalu salah menurut suami saya...apa yang harus saya lakukan...saya sudah tidak sanggup lagi untuk meneruskan pernikahan ini

    BalasHapus
  124. Utk anonim tgl 20 April;
    Bisa pak, namun sebaiknya anda jg mbuktikan di depan hakim [pd saat sidang saski] bahwa adlh benar si saksi tdk tau prmasalahannya, baik secara melihat lgsung atau mndengar lgsung alasan cerainya.

    Utk anonim tgl 11 Mei;
    1. pd prinsipnya jk hub kel anda mmg sdh tdk harmonis & sering trjadi prselisihan terus menerus maka bs dijadikan alsan cerai.
    2. sesuai UU maka PA brwenang adalah PA sesuai wil domisili SAAT INI si istri.
    3. umumumnya dipegang oleh sang ibu [kcuali ia trbukti berzinah].
    4. usahakan anda mbutkikannya didepan majelis hakim, namun umumnya dipegang oleh sang ibu.
    5. bagus.

    Utk anonim tgl 15 Mei;
    Cobalah utk tetap sabar dan tawakal. Temuilah keluarga atau ortu atau bahkan kalau perlu temui konsultan perkawinan. Sy tdk berhak menentukan hidup seseorang.

    BalasHapus
  125. saya beragama kristen,3 tahun lalu saya menikah dengan seorang pria muslim dan saya masuk ke agama islam..kami dikaruniai seorang anak,sekitar setahun yang lalu kami bercerai karena suami sy tidak menafkahi saya dan bersifat kasar terhadap saya.pada waktu itu anak sya dibawa oleh keluarganya tanpa ada surat keputusan dari pengadilan.setelah bercerai sy kembali ke agama saya dulu.lalu saya bekerja di luar kota.setiap bulan sy selalu kirim uang utk anak sy dan menanyakan keadaannya.sesekali saya pulang ke kota mantan suami saya, sy masih bisa ketemu dengan anak saya.namun akhir2 ini entah kenapa sy tidak diperbolehkan ketemu dengan anak saya.seandainya saya mengajukan ke pengadilan,bisakah sy mendapat hak asuh terhadap anak saya

    BalasHapus
  126. Bisa bu, anda bisa ajukan gugatan hak asuh anak ke pengadilan brwenang namun sbaiknya utk ajukan gugatan trsebut haruslah dgn alasan dan bukti2x yg kuat, sperti; anak tdk diurus oleh si mantan, anak tdk disekolahkan, anak tersiksa, dsb.

    BalasHapus
  127. Saya laki-laki Muslim, sudah pisah dengan istri selama krg lbh 1,5 thn. Kami pisah lantaran istri selalu ribut terus setiap hari dan saya selalu di maki atau dilempar dengan barang-barang yg ada di sekeliling tempat kami ribut.kami sdh menikah 2 thn kala itu. Istri saya tdk menjalankan tugasnya sebagai seorang istri baik secara agama maupun secara umumnya dan dia tidak dapat mengasuh anak secara baik. sejak anak kami lahir sampai terakhir saya berpisah,istri tdk pernah mengurusnya selayaknya seorang ibu thdp anaknya dan selalu mempermasalahkan hal2 sepele sehingga tiap hari bertengkar utk masalah yang sepele, tetapi walaupun demikian, saya tidak pernah bersikap kasar kepada istri saya baik kata2 maupun perbuatan dengan maksud memberinya contoh yang baik dan menasehatinya. Selain itu dari keluarga mertua juga selalu ikut campur dalam kehidupan rumah tangga kami, selalu mengatur hidup kami setiap hari sehingga saya selalu selisih paham dengan mereka .kami tinggal di rumah mertua, sebetulnya saya menganjurkan utk tgl tdk serumah dengan mertua tetapi selalu di tolak dengan alasan belum siap dan kasihan orang tua tinggal sendiri. Bila istri saya marah kepada saya utk hal yang tidak saya mengerti dia selalu berusaha lari dari rumah sehingga saya harus mencari dan membujuk agar kembali pulang ke rumah.singkatnya istri saya tidak pernah melayani saya sebagai suami secara baik karena selelu mencari alasan utk bertengkar dan memancing emosi saya.Bila saya tidak terpancing emosinya,istri mengalihkan dengan menyakiti anak saya yg kala itu berumur kurang dari 1 tahun.Karena saya tdk kuat selalu ribut setiap hari akhirnya suatu hari saya pergi dari rumah dengan membawa anak saya yg masih berumur 1 tahun walau pada akhirnya saya harus ribut lagi di bandara dengan keluarga istri saya karena mereka membawa polisi utk membantu mereka mengurus anak saya. Akhirnya anak saya berhasil di rebut istri saya dan keluarganya tetapi saya tetap pergi. Bila saya yang mengajukan gugat cerai apa yang sebaiknya saya lakukan dlm proses gugat cerai tsb?karena secara agama saya sudah menceraikan istri saya lewat ucapan talak, namun saya sadar bahwa proses hukum harus tetap berjalan juga.Mohon bantuan solusi yang harus saya lakukan karena saya sdh trauma dengan istri saya dan keluarganya. Saya cuma ingin bisa bersama anak saya.Saat ini saya tidak satu kota dengan istri dan anak saya.
    Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  128. Saya ingin menanyakan status yg sedang saya hadapi,saya menikah diusia muda,setelah menikah selama 3 thn suami saya meninggalkan saya tanpa menceraikan saya dan skrg sudah 7 thn lamanya saya sendiri tanpa status yg jelas,sampai dengan hari tidak ada kabar darinya,kami menikah secara islam,yg jadi pertanyaan saya adalah apakah secara hukum saya telah bercerai mengingat tidak ada kbr darinya sampai dengan hari ini? dan apakah saya bisa menikah kembali tanpa memiliki surat cerai darinya mengingat sudah 7 thn lamanya saya di tggl pergi seperti ini? mohon kiranya bapak menjelaskan hal ini karena hal ini sangat mengganggu kehidupan saya ke depannya sedangkan saya ingin suatu hari nanti menikah kembali.
    Terima kasih atas bantuannya pak!

    BalasHapus
  129. Saya perempuan berusia 28 tahun, baru menikah selama setahun dan akhirnya memutuskan bercerai dgn suami yg mengaku sudah tidak punya perasaan lagi dengan saya, dan dia mencintai wanita lain. Suami juga mengaku bahwa pada malam sebelum ijab kabul sebenarnya sudah ingin membatalkan pernikahan esok harinya, namun ternyata dilakukan juga. Apakah alasan2 ini cukup untuk mengajukan gugatan cerai? Saat ini saya tinggal di luar negeri, bisakah proses perceraian berjalan tanpa kehadiran saya? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  130. sebenarnya berapa lama sich mengurus perceraian apabila tidak menggunakan jasa pengacara??? dikarenakan teman saya dari bulan februari sampai september tgl 09-Agustus-11 belum juga selesai, namun sudah keluar uang lebih dari 5 juta....

    BalasHapus
  131. Utk Juna:
    Maksimal 6 bln.

    Utk anonim tgl 29 Juli:
    Bisa, tapi agak sulit, sy sarankan jika ingin proses cerai di pengadilan Indonesia sbaiknya anda pulang dulu ke Indonesia.

    Utk anonim tgl 14 Juli;
    - jika ingin cerai maka anda wajib mprosesnya di pengadilan;
    - anda harus punya akta cerai dulu, baru bisa mnikah lg.

    BalasHapus
  132. Saya sedang dalam proses cerai... apa benar kalau saya sebagai tergugat tidak hadir selama 3x ke persidangan, hakim akan memberikan keputusan CERAI lebih cepat???

    BalasHapus
  133. adakah lafaz aku cerai hang dah jatuh talak

    BalasHapus
  134. kami gaduh masa tu saya tak berapa nak faham bab agama sbb saya saudara baru.masa gaduh tu isteri saya asyk minta cerai saja bila dah marah saya lafaz kan AKU CERAI HANG kini dia failkan saman terhadap saya d mahkamah.ada peluang tak saya menang kes ini

    BalasHapus
  135. Mohon maaf pak, sejauh ini masih fokus di kepengurusan perkara cerai di Indonesia.

    BalasHapus
  136. Saya sedang dalam proses cerai... apa benar kalau saya sebagai tergugat tidak hadir selama persidangan, hakim akan memberikan keputusan CERAI lebih cepat???

    terima kasih

    BalasHapus
  137. Bisa benar, krn pd prinsipnya proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan persetujuan dan ttd si tergugat. Namun proses sidang tetap memerlukan bukti2x dan saksi2x.

    BalasHapus
  138. saya seorang istri (27th) dan menikah selama 1,8 bln. stelah menikah, kami banyak sekali bertengkar. sering bertengkar, akhirnya saya mengalah karena dia blg mau bunuh diri saja. dan 2 bln menikah, kami bertengkar dan saya lihat di depan mata saya dia mencoba bunuh diri dengan membenturkan kepalanya ke tembok dan gelas kaca yg ada di dekatnya. dia sangat posesif sm saya, krn ada satu hal kekurangan dia (tak bisa saya jelaskan krn sangat pribadi) yang hanya saya yg bs menerimanya. dia terlalu cinta, yg akhirnya mbuat nyawa saya dlm keadaan terancam. sering kami bertengkar, dan jika dia membonceng saya dgn motor, maka motor itu dilaju dg kecepatan tinggi di tengah jalan. saya ingin bercerai saja krn sdh tidak tahan. tp saya awam dg perceraian, apakah alasan saya nanti bisa diterima?

    BalasHapus
  139. Pada prinsipnya jika hub kel sdh tdk harmonis, sering trjadi prselisihan terus menerus maka hal trsebut bs dijadikan alasan cerai. Saran sy, cobalah anda terlebih dulu menemui BP4 atau org yg dituakan sbg penengah, jika memang sdh tdk bisa maka barulah ajukan gugatan cerai.

    BalasHapus
  140. asalamualaikum,Pak nama saya michael, menikah selama 14 tahun, punya 2 anak laki dan prempuan, umur 8 dan 6 tahun, slama perkawinan istri tidak pernah sholat, sering tidak pulang karena alasan yang gak jelas, berjudi sambil membawa anak dan telah selingkuh dengan 2 orang pria, yang ingin saya tanyakan adalah:
    1. apakah benar bila bercerai hak asuh jatuh kpd Ayah karena sifat buruk ibunya.
    2. kami punya 2 rumah, satu di jkt dan satu di kampung saya, tapi kedua rumah atas nama istri saya, bagaimana pembagian harta gono gininya, karena slama ini yang bekerja adalah saya, mohon penjelasannya,
    wasalamualaikum wr..wb

    BalasHapus
  141. Assalamualaikum Pak,
    Sy seorang istri, baru menikah 6 bln. Nikah krna dijodohkan keluarga. Awalx suami sy baik dan perhatian, tp setelah ± seminggu, dia mulai sering marah-marah hanya karena masalah sepele.terkadang juga tanpa sebab yang jelas.tapi saya tetap berusaha sabar dan senantiasa melayani dia sebagaimana layaknya istri.tapi dia tidak juga menunjukkan perubahan.masalah ini sebenarnya sy tutupi dari keluarga,takutnya mereka jd khawatir,tp yang membuat saya terpukul ketika semua masalah keluarga kami dia ceritakan ke semua orang.bahkan yang sangat pribadi sekalipun.sy sebagai istri sangat malu, Pak. Puncaknya, 4 blan yg lalu dia meninggalkan rumah (kami masih menempati rumah orang tua saya)dan membawa semua pakaiannya.dan sampai sekarang tidak ada komunikasi sm sekali.bahkan dia sudah pernah berucap "haram jika dia melihat saya". Sy sudah mengajukan gugatan cerai dengan didampingi oleh pengacara. Dua kali sidang dia tidak pernah datang. Yang saya ingin tanyakan, apakah jika dia terus-menerus tidak prnah menghadiri sidang, cerai tetap diputuskan? Dan yang jg menghambat, pekerjaan sy sbgai PNS dia Polisi, dimana mengharuskan adanya surat ijin dari atasan. Bgman proses mengurus surat ijin ini, Pak? Dan apakah tanpa surat ijin ini proses cerai bisa tetap dilanjutkan meski dalam waktu yang lama? Terima kasih..

    BalasHapus
  142. Utk anonim tgl 29 Sep:
    1. Iya! asalkan anda dpt mbuktikan sifat buturknya itu dimuka pengadilan;
    2. Anda wajib mngajukan tunttutan gonogini dan dpt mperlihatkan bukti kepemilikannya [sertipikat] kpd hakim.

    Utk anonim tgl 30 Sep:
    - proses sidang tetap bs berjalan tanpa kehadiran tergugat;
    - sbaiknya anda wajib mngajukan prmohonan srt izin cerai dulu ke atasan anda, barulah daftar gugatan cerai, krn jk srt izin cerai tdk dikeluarkan instansi anda maka mustahil anda dikabulkan gugatan cerainya.

    BalasHapus
  143. Ass, pak sya memiliki mslh cerai juga.
    saya sudah melakukan mediasi dan alhamdulillah istri saya mengakui segala kesalahannya.
    saya sudah menikah selama 9th dan dikaruniai 2 orang anak.
    selama pernikahan saya tak pernah 1th pun istri saya tdk berutang diluar sepengetahuan saya tp demi ke 2 anak saya saya berusaha bertahan.
    tp ditahun ini saya liat sms sayang 2 an dengan laki 2 lain dan dia pun mengakui nya
    tp dalam mediasi saya masih harus memberikan uang mut'ah dan idah diluar kemampuan saya saat ini.
    apakah saya bisa lepas dgn istri saya dan mendapat hak asuh anak dgn sesuatu yg tdk memberatkan saya ? apakah hak asuh harus dibicarakan dipengadilan ?
    k'lo dibicarakan apakah akan memperpanjang waktu sidang ? krn saya takut ganggu pekerjaan saya jk sidang diperpanjang krn pkrjan ini utk menafkahi ke 2 anak saya jg
    saya minta jawaban scptnya krn rabu ini saya melakukan sidang lg
    terimakasih

    BalasHapus
  144. - sgt bisa pak, terlebih lg istri telah mngakui adanya prselingkuhan;
    - tdk harus, namun jika anda ingin mndapatkan hak asuh anak maka wajiblah mngadakan tuntuttan hak asuh anak jg;
    - bisa ya bisa jg tidak, trgantung respon si tergugat;
    Sbaiknya pakailah jasa pengaraca.

    BalasHapus
  145. Saya sedang melangsungkan perceraian dengan iseri saya (saya pihak tergugat) isteri saya tidak menggunakan jasa pengacara...

    bulan lalu tgl 14 saya sudah sidang pertama, tapi sampai sekarang saya belum mendapatkan panggilan kedua... apa memang panggilan kedua selama ini kah? atau mungkin lama karena tidak menggunakan pengcara?

    Bagaimana caranya supaya sidang bisa lebih cepat selesai ya?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  146. Sbaiknya anda cek ke PA nya pak, tapi memang jika domisili anda berbeda wilayah dgn PA nya maka srt panglannya suka lama [bia skitar 3 minggu kmudian], krn srt panglannya itu, kalo beda wilayah, dkirim ke PA wilayah domisili anda dulu barulah dr PA stempat dkirim ke rmh anda.

    BalasHapus
  147. 2 tahun yang lalu saya menikah siri dengan seorang wanita...
    saya menikah siri di karenakan status hubungan wanita itu belum cerai secara legal dengan suaminya yg terdahulu,sudah jatuh talak dan si suaminya itu sudah meninggalkan hampir 3 tahun lamanya karena tidak di ketahui keberadaanya...bisakah isti siri saya menggugat cerai suaminya,..mengingat kami sudah terlalu jauh melangkah,dan demi kebaikan.. dan dapat kabar bahwa si suaminya itu sudah nikah siri juga... ada bukti dan saksinya...

    BalasHapus
  148. Sy menikah sudah 11 th dan sebenarnya baik2 saja sampai istri sy selingkuh dgn pria beristri. Dan istrinya yg menghub sy via FB & menunjukan bukti2 foto mereka berzina di Hotel. Mereka bersumpah tidak melakukan hub badan tp sy tdk percaya. Namun stlah bermedia secara kekeluargaan dan faktor anak (baru 1) km kmbali rujuk. Namun sang istri kembali menunjukan sikap tidak betah dan marah2 kpd sy dgn alasan macam2x. Dan sy pun sdh tdk kuat lg. pdhal sy sdh membelikan rumah dan isinya an istri, tp slth dibelikan rumah dia malah berani minta cerai dgn sy. (sblmnya km beli rumah an saya dan sdh djual).
    Skrg, istri mnt surat tertulis rumah utk dia. Ternyata dia memang matre,beruntung rumah masih dlm masa angsuran (9thn lg).
    Pertanyaan sy:

    1. Istri mnt surat talak di ttd di atas materai, Apa itu perlu?
    2. Rumah yg sy beli (semua uang sy DP, Renov,dl) secara lisan akhirnya km sepakat utk anak. Tp sy minta secara tertulis diatas materai spy jelas.
    3Bukti2 rekaman istri sy selingkuh sdh sy hapus semua krn pas rujuk kemarin sy niat utk menghapus smua utk mulai lg. tp sy msh menyimpan no hp istri Selingkuhan Istri sy untuk jaga2 dipengadilan nanti.
    4. utk Hak Asuh Anak istri sy orangnya emosian, suka merokok, clubbing,suka menyumpah anak krn pusing anak minta perhatian dan sedikit bandel. Apa sy bs mnt hak asuh anak?
    5. Istri sy memaksa utk memproses cerai dan minta surat tertulis utk talak? apa ada maksud terselubung?

    Mohon informasinya krn sy tidak mengerti hukum perceraian dll.

    Terima kasih

    BalasHapus
  149. Utk rest area;
    Tentu, tentu bisa.
    Yg trpenting dlm ajukan gugatan cerai di pengadilan adlh mbuat srt gugatan cerai, ada buku nikah dan saksi min 2 org ya pak.

    Utk anonim tgl 22 Okt;
    1. tdk perlu;
    2. jadikanlah srt kesepakatan dan diaktenotarilkan [ke notaris ya pak];
    3. tdk trlalu penting, justru foto2x itulah yg sgt penting sbg bukti;
    4. kalau foto2x itu dpt anda tunjukan ke majelis hakim maka sy yakin anda dpt hak asuh anak;
    5. tdk ada itu srt talak, pihak yg ingin cerai harus mlakukan pmbuktian pd hakim bahwa prkawinannya mmg benar2x tdk harmonis.

    BalasHapus
  150. saya seorang istri sedang menggugat cerai suami saya, sy sudah berkeluarga sekitar 2 thn sekarang sedang proses sidang, dan terakhir kemarin sidang dengan menghadirkan saksi dari pihak saya ( penggugat ) dan tergugat ( pihak lawan/suami ). Majelis hakim mengatakan sidang ditunda 2 minggu dan majelis akan mengadakan musyawarah majelis, yang ingin saya tanyakan adalah : 1.apakah maksud dari musyawarah majelis ?? 2. Untuk sampai ke sidang putusan harus berapa kali sidang lagi ?? 3. Bagaimana nanti jika pihak lawan menolak putusan dari hakim ??
    Tolong penjelasannya sebab suami saya tidak mau menceraikan saya dan dia tiap persidangan datang trs, tetapi saya sudah bertekad bulat untuk bercerai.

    BalasHapus
  151. 1. pertimbangan2x utk putusan perkara.
    2. stelah sidang bukti/saksi tgugat, lalu sidang ksimpulan lalu barulah sidang putusan.
    3. maka dia harus ajukan upaya hukum banding, dan proses berperkara akan naik ke tingkat pengadilan banding.

    BalasHapus
  152. salam pak...

    saya mau bertanya, kira2 berapa ya biaya pengacara utk bercerai? jujur saya sedang dalam kondisi finansial yang sangat buruk... tapi perceraian saya dengan isteri tidak kunjung selesai.

    Isteri saya menggugat sejak 3 bulan lalu (tanpa pengacara).Sudah sidang pertama 2 bulan yg lalu,tapi sejak itu tidak ada panggilan kembali dan ketika saya cek minggu lalu jawabannya hanya "masih di proses"

    Apa memang biasanya selama itu? saya sudah merasa tidak enak dalam posisi di gantung seperti ini dan ingin semua cepat selesai....
    tapi saya juga bingung dengan biaya pengacara yang katanya cukup tinggi...

    BalasHapus
  153. awal sya menikah dg suami,suami muallaf,stelah usia pernikahan 2 thn dn telah mmpunyai 1 org putri,suami kembali pd kyakinan yg lama dianutnya,dn kami menjalani pernikahan beda kyakinan,lama kelamaan sya merasa berdosa dan ingin mengakhiri pernikahan ini,tapi suami saya org yang setia dn baik serta bertanggung jwb pd kami,saya bingung apa yg saya lakukan,jk saya mngajukan cerai,jelas suami menolak,bagaimana cara yg tepat sya mengajukan perceraian tanpa persetujuan suami ataw bgaimana?krn saya berfikir tdk mungkin melanjutkan pernikahan ini jk dlm rmh tangga beda kyakinan.

    BalasHapus
  154. assalamuu'alaikum wr.wb
    saya seorang suami ,sudah menikah selama 8 th dan mempunyai 2 orang anak..4 th setelah menikah istri saya pergi meninggalkan saya tanpa pamit selama 1 bulan dan sepulangnya dia mengakui bahwa dia telah selingkuh dan kumpul kebo dengan lelaki selingkuhanya , sejak itu rumah tangga kami sudah tidak pernah bahagia selama 4 th kami pisah ranjang meskipun masih tinggal serumah .. dalam hati saya .. dia sudah saya ceraikan ... dan saya anggap bukan istri saya lagi.
    pertanyaan saya :
    bisakah saya menceraikan istri saya yang sudah selingkuh tersebut ?
    sudah cukupkah dengan alasan itu ?
    dosakah saya kepada anak anak saya ? sedangkan istri saya tidak mau saya cerai bahkan pernah mengancam akan bunuh diri dan membunuh anak2 saya bila saya ceraikan... sedangkan saya benar2 sudah tidak tahan untuk tetap menjadi suaminya..
    sekian terima kasih

    BalasHapus
  155. Utk anonim tgl 22 Nov;
    Fee pengacara sgt lah relatif pak, coba datangi LBH sy yakin mereka mau mbantu anda dgn segala kebijaksaannya. Jika bapak brmaksud mnanyakan fee pengacara di ktr sy maka sy sarankan utk email ke latiefnas@gmail.com

    Utk anonim tgl 24 Nov;
    Ibu harus memahami bahwa pada prinsipnya proses cerai di pengadilan tidak lah memerlukan persetujuan dan tandatangan suami. Yg penting anda punya alasan cerai, bukunikah asli dan saksi min 2 org.

    Utk anonim tgl 25 Nov;
    - bisa, sgt bisa
    - cukup
    - masalah dosa mnurut sy adalah masalah anda dgn Tuhan

    BalasHapus
  156. istri saya selalu curhat masalah terkecil sampai terbesar ke semua org (tetangga).sampai akhirnya tetangga itu sendiri cerita kpd sy tentang istri saya yg suka menjelek2an saya kepada org lain. pd suatu hari kami bertengkar hebat gara2 istri ringan tangan ke anak2. kemudian istri menggugat cerai saya.ketika saya tawarkan untuk membawa semua barang2 yg kami miliki dia hanya berkata : "gak sudi aku bawa barang2 rongsokan".
    yg jd pertanyaan saya:
    1. apakah sy wajib membayar mut'ah kepada istri selama 3 bulan? sedangkan 2 anak kami akan saya bawa krn sifat istri yg ringan tangan terhadap anak.
    2. apakah istri berhak atas rumah yg saya beli dng uang saya sendiri tanpa campur tangan istri?

    BalasHapus
  157. mau tanya apakah saat suami mentalak , tidak perlu ada surat tertulis bermaterai. jika demikian apakah bisa disebut suami adalah pihak yang mengugat maka suamilah yang mengajukan gugatan itu kepengadilan. lalu kalau tidak terbukti alasanya karena tidak harmonis lagi apakah bisa dikabulkan oleh hakim walau tak ada saksi, justru saya punya bukti lain yaitu perselingkuhannya ,dengan bukti sms dan saksi mata atas perselingkuhannya apakah cukup

    BalasHapus
  158. Utk anonim tgl 8 Des;
    1. jika yg ajukan gugatan si istri maka anda tdk wajib mberikan nafkah idah dan mutah;
    2. jika rmh nya dibeli pd masa prkawinan, maka iya.

    Utk E2G BOUTIQUE;
    Pada prinsipnya prceraian hanya bs dilakukan di pengadilan, kalau hanya talaq saja maka itublm cerai [negara masih akui sbg suami-istri]. Dan kalau si suami tbukti selingkuh maka hal itu bisa-bisa mnggagalkan pceraiannya, krn pihak yg brsalah tdk bisa jadi pgugat.

    BalasHapus
  159. maaf bang mo tanya; kalo si istri menggugat cerai suami,dan suami hanya mengikuti kemauan istrinya untuk daftar cerai ke KUA tp si suami sampai detik ini belum mengucapkan talak atau cerai ke istri apakah secara hukum islam sudah bercerai? trimkasih atas jawabannya

    BalasHapus
  160. Utk ravin;
    Ucap talak tdk lah penting dlm prceraian di pengadilan [khususnya jika yg ajukan gugatan adlh sang istri]. Yg trpenting dlm proses cerai di pengadilan adlh adanya buku nikah asli [bukan forocopy] dan saksi min 2 org.

    BalasHapus
  161. saya mau tanya.kalau misalnya ada pasangan nikah siri trus mereka menginginkan bercerai.bagaimana cara aturan cerai untuk masalah d atas.tolong beri penjelasannya.terima kasih

    BalasHapus
  162. Utk Deni;
    hanya tinggal ucap talaq saja, tdk perlu proses di pengadilan krn toh pernikahannya tdk dicatat negara [KUA].

    BalasHapus
  163. mas saya mau tanya...suami saya pnya mantan istri sudah 5 tahun blu bkin surat cerai yg sah,,hanya surat prnyataan,,,dan ketika mantan isti nich nikah lagi bru dia yg urus sndri surat cerai yg sah di KUA...aneh'ya bikin surat cerai'ya tdak sama dengan pembikinan buku nikah,,dan surat2 itu dia bisa bawa pulang kermah tampa tanda tangan suami yg dia gugat....yg saya tanya kan ap bisa surat cerai yg kita buat dbawa pulang tampa tanda tangan suami yg digugat cerai....n ap bisa bikin'ya beda2 tempat begitu.

    BalasHapus
  164. Pada intinya memang benar bhwa proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan prsetujuan dan td suami, tp bgmanapun tetap harus ada proses sidangnya di pengadilan. Jika tdk ada sidang lalu tiba2x kluar akta cerai maka itu dpastikan palsu.

    BalasHapus
  165. Pagi pak, saat ini saya sedang menggugat cerai istri saya, dan saya sudah mendaftarkan ke PA, selanjutnya menunggu panggilan dr PA. Yg ingin saya tanyakan adalah:

    1. Saya sempat tanyakan di pos bantuan hukum di PA saya mendaftar, perihal seandainya istri saya tidak datang selama 2x panggilan PA, apakah guggatan saya akan tetap dikabulkan atau tidak ya Pak?
    2. Kita sepakat utk cerai/pisah scr baik2 dan masalah hak asuh anak serta harta gono-gini tidak kita permasalahkan, intinya kita tdk ada perselisihan/sengketa thp 2 masalah itu, kira2 dgn keadaan seperti itu lama kan proses persidangannya?

    Terima kasih pak atas jwbannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. dikabulkanya gugatan trgantung dari bukti2x dan saksi2x yg anda sediakan pak [ada bukunikah asli dan saksi min 2 org];
      2. tidak, jika prosesnya secara verstek maka proses sidanya bisa hanya 3-4 kali saja.

      Hapus
  166. Tambahan dari saya Pak, saya menggugat cerai istri saya krn istri saya pernah mengatakan lewat sms bahwa dia sudah tidak punya rasa (mungkin maksutnya tidak cinta dan sayang) sama saya lagi, dan dia selalu merasa kekurangan atas nafkah yg saya mampu berikan sama istri saya. Selama ini gaji yg saya terima dr kantor saya, kartu atm nya yg pegagng adalah istri saya, jadi seluruh gaji saya dia yg urus.
    Nah apakah alasan saya utk menggugat cerai istri saya cukup kuat utk diterima pengadilan?

    Terima kasih pak atas jwbnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi sy agak kurang kuat, jd pd intinya jika hub kel anda sdh benar2x tdk harmonis maka hal itu sdh bs dijadikan alasan cerai, kalau sdh tdk cinta spertinya kurang cukup alasan pak krn pd hakekatnya PA itu tdk mpermudah org utk bcerai.

      Hapus
  167. Selamat sore...
    maaf sy suami tergugat cerai,pihak KAU datang langsung ke rumah sy tp kami tdk bertemu krn memng sy tdk tinggal di rumah, sy tggal di tempat krj. istri menggugat cerai krn alasn 1.krn sakit kista yg mengganggu hubngn suami istri 2.Istri merasa tdk diberi nafkah padahal sy sll memberi'a memang slm 2mgg blakang ini sy tdk menafkahi'a krn istri sdh berpalng pd sy klw sy pulangpun tdur terpisah padahal sy plg 1mggu 1x 3.istri terkena tangan saya/terpukul kena muka tp sy tdk sengaja dan istripun saat itu menyadari ketdk sengajaan sy, ia anggap KDRT (saat itu sy+istri sedang menyelesaikan masalah ibu mertua seakan2 tdk memberi wqt untuk km ber,2 ia selalu tlp g kurang dr 5mnit sekali menyuruh istri plg,krn saat itu km kost,sy jengkel membantingkan hp dan pantulan tngn sy mengenai muka istri).awal permasalahan'a sy mau bw istri ketempt sy bekrj istri sdh ok tp stlah istri bicara ke ibu mertua kenyataannya lain.sy dpt sms yg tdk enak dr ibu mertua yg intinya memberatkan sy untuk tdk membw istri,krn istri tulang punggung keluarganya.yg sy ingin tanyakn apakh gugatan cerai istri bs di terima hukum?sy tdk menginginkan cerai/menolak krn sy sngt mencintai istri.bgamn pembelaan sy untuk tdk terjd perceraian terjadi'a mslah usia pernikahan km br 1,5bulan dn sekarang permasalahnnya hampir 2bulan mohon pencerahan terima kasih... kalau berkenan tolong email ke :(fery_zestz@yahoo.com)

    BalasHapus
  168. Saran sy, coba usahakan ke BP4 atau ke konsultan perkawinan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak atas jawabannya semoga menjadi jalan bg kelangsungan rumah tangga saya....

      Hapus
  169. Selamat siang Pak,
    saya saat ini sedang mengugat cerai istri saya, dan saat ini kami punya rumah 2, yg satu adalah hasil dari uang saya sendiri dan yg satunya lagi hasil dari uang istri saya walopun ada sebagian kecil uang saya ikut andil di situ, cuma krn wkt proses membeli rmh itu saya tidak diberitahu oleh dia oleh krn nya saya tidak punya berkas / sertifikat rmh tsb. Apakah saya punya peluang utk bisa membagi dgn adil dan rata atas kedua rmh tsb, krn istri saya hanya menuntut harta gono gini dr rmh yg saya beli saja, sementara rmh yg dia beli pada saat kita hidup bersama tidak mau dibawa2 dlm hal pembagian harta gono gini, bahkan dia menyangkal klo rmh itu bukan rmh dia.

    Terimakasih datas jawaban pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembagian harta gonogini adlah pembagian secara merata dari asset yg dciptakan selama masa perkawinan, jadi rmh yg dbeli istri sharusnya merupakan harta gonogini. Peluang anda cukup besar jika anda dpt mbuktikan bukti kepemilikannya, kalo sertipikatnya tdk bisa anda dpt kan maka cobalah ke minta srt keterangan ke BPN/notarisnya/bukti byr pajak/pln, dsb.

      Hapus
  170. 1. bagaimana jika sang tergugat tidak datang kepengadilan saat diundang/dipanggil..??

    2. dan berapa kali sang tergugat tidak hadir sampai pengadilan akhirnya memberi keputusan perceraian..??

    mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. maka sidang akan ditunda kira2x 1-2 minggu kmudian;
      2. 3x brturut2x tgugat dipanggil tdk hadir maka bukan sidangnya lgsung putus, melainkan sidang tetap brjalan tanpa kehadiran si trgugat.

      Hapus
  171. Assalamu'alaikum pak..
    Sy mau bertanya bagaimana dengan hukum khulu/bayaran istri terhadap suami,apakah suami+istri masih bisa rujuk menurut hukum islam?padahal suami sdh dapat uang iwad/bayaran.terima kasih
    wassalam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak dikenal dlm proses persidangan perceraian pak, krn UU kita tdk mngatur hal itu. Ingat, negara kita adlh negara hukum jadi harus tunduk pada hukum negara. Jadi kalau ingin rujuk maka tentu tdk dipersulit dlm prosesnya di pengadilan, tinggal cabut gugatannya saja sblum sidang putusan.

      Hapus
  172. Maaf pak mungkin bpk.merasa bosan untuk membaca/menjawab pertanyaan2 sy yg berulang...
    dan sy sangat berterima kasih atas jawaban yg langsung direspon tanpa menunggu beberapa hari.
    dngn ini sy merasa ok dngn web yg bpk.kelola..
    ada yg ingin sy tanyakan lg pak apa gugatan cerai bisa dicabut ? apakah dengan tdk datangnya ke 2nya penggugat&tergugat apakah persidangan akan tetap diproses ? terima kasih pak... jawaban bpk. sangat membantu krn saat ini sy sedang dlm proses persidangan..

    BalasHapus
  173. Mudah2xan sy tdk akan pernah bosan krn kecintaan sy akan pekerjaan sy ini, amin.
    - Bisa, selama blm ada putusan maka gugatan/perkara bisa dicabut pgugat;
    - Tidak, pgugat wajib hadir, jk tdk maka gugatan gugur.

    BalasHapus
  174. Pak, saya mau bertanya, saya sdh lama ingin cerai dgn istri saya, tapi semua administrasinya ada di istri saya, dan saya hanya punya ktp saja. saya sudah pisah rumah 2 tahun.bagaimana cara memproses perceraian itu pak dan buku nikah saya jg sudah hilang..? untuk masalah hak asuh dan gono gini saya tidak mempermasalahkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan hub sy di 087878722282, ada cara bilamana buku/akta nikah tdk ada namun sulit bagi sy utk jelaskan mlalui media ini. Trmksh.

      Hapus
  175. Permisi pak, saya punya masalah yang mirip dengan komentar/pertanyaan di atas. Di sini saya menemui banyak kesulitan dalam mencari informasi yang akurat mengenai prosedur, proses persidangan, dan biaya-biaya yang dibutuhkan. Saya sudah membaca-baca forum di beberapa website, yang hasilnya adalah kekecewaan dari si penggugat. Saya khawatir hal-hal yang negatif ini akan terjadi, di mana setiap penundaan akan semakin mempersulit masa depan si penggugat.
    Saya sangat berharap dapat menemukan sarana untuk mempelajari proses gugatan cerai secara lengkap dan jelas. Terima kasih saya ucapkan sebelumnya atas waktu dan kesediaan Bapak dalam memberikan informasi dan forum ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya anda mnghub sy secara lgsung di 0878787 22282, krn tentu sy sdikit ksulitan mberikan pnjelasan secara detail jika mlalui media ini.
      Demikian pak/bu.
      Terimakasih.

      Hapus
  176. Maaf, saya penulis masalah di atas tadi, dan sudah menemukan prosedur tertulis di website mengenai(Prosedur Cerai Gugat). Bila nanti terjadi halangan2 dalam proses, mohon ijin untuk menghubungi Bapak di nomor yang bapak tuliskan dia atas. Terima kasih.

    BalasHapus
  177. ass.
    saya sudah menikah selama 6 tahun dan sekarang memiliki 1 putra. awal pernikahan saya dengan suami memang sudah jarak jauh. sewaktu berjanji menikah, suami saya berjanji akan pindah ke tempat saya untuk kami mengumpul dan ia berjanji sekitar 3-4 tahun. namun ternyata setelah 6 tahun saya selalu bersabar. saya coba bertanya ke suami sampai kapan saya harus menunggunya untuk bersabar, dia selalu mengelak dan mengalihkan pembicaraan, ketika saya paksakan untuk dia menjawab pertanyaan saya dia selalu menjawab, nantilah...sabar dulu dan sekarang dia menajdikan alasan tidak tega meninggalkan kedua orang tuanya yang sudah tua.sya tawarkan agar kedua orang tuanya dibawa tinggal bersama dengan kami di pulau sumatra, suami saya selalu menjawab mereka tidak akan mau. saya dan suami terpisah diantara 2 pulau. saya kerja di sumatra dan saya juga asli sumatra sedangkan suami saya tinggal di jawa karena dia memang orang asli jawa dan sekarang kami tinggal dengan orang tua kami masing-masing. saya merasa lelah dan tidak sanggup lagi hidup terpisah, apalagi ketika putra saya selalu menanyakan ayahnya. ya selalu bicara ayahnya pergi untuk bekerja. paling cepat kami bisa bertemu 3 bulan sekali dan bahkan sampai 6 bulan, itupun karena dikondisikan kami bekerja yang tidak bisa untuk cuti setiap saat. suami memberi nafkah pun sering tertunda bahkan ada yang tidak dikirimi dengan alasan uangnya terpakai untuk kepentingan keluarganya. saya sudah meminta cerai kepada suami dan ia menjawab itu terserah saya bila itu saya anggap yang terbaik. saya ingin tanya apakah itu sudah termasuk talak??
    apaakah saya selaku istri berdosa?????

    rasanya saya tertekan dengan kondisi ini. mohon solusinya dan pencerahannya????

    dan sy ingin bercerai tp sy tdk tau gm prosesnya n apa yang harus sy lakukan supaya gugatan saya diterima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn lah cepat mnyerah dan jgn jg cepat memutuskan utk bcerai.
      Prnikahan adalah pmbelajaran.
      Cobalah ajak dia bertemu dan bicara 4 mata dari hati kehati, jelaskan perasaan hati anda dan carilah solusi utk trakhir kali.
      Masalah dosa adlh mslh manusia dgn Tuhan-nya, sy tdk berhak men-judge utk hal itu, dan mnurut sy hal yg ibu lakukan belumlah talaq.

      Hapus
  178. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  179. saya ingin menanyakan berapa lama waktu yang di perlukan untuk keluarnya akata cerai dari pengadilan agama apabila yang mengajukan cerai dalah pihak laki-laki?pengadilan agama mengatakan paling lama 1 bulan (sidang putusan terakhir tanggal 29 maret) akan tetapi sampai sekarang belum ada panggilan untuk mengambil akta cerai tersebut.

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih, apabila bapak berkenan menjawab.

    BalasHapus
  180. Jangka wkt utk hal trsebut memang tdk ada aturannya. Jadi pada intinya setelah sidang putusan, kmudian si pgugat wajib mnghadiri sidang ucap talak trlebih dahulu, lalu skitar 2 minggu baru bisa penerimaan akta cerai.

    BalasHapus
  181. saya sudah menikh 4 thn, dan memiliki satu anak beumur 3thn..
    dan sudah 1 thn ini istri saya lari dari rumah, entah kemana bahkan keluarga nya pun tidak tahu..awal masalah itu ber mula dari istri saya yg bermain dng orang ke 3, yg ingin saya tanyakan apakah bisa bila saya menikah kembali dng orang lain tanpa MENCERAIKAN istri saya yg lama, tujuan saya hanya satu...agar istri saya bisa datang menemui saya...untuk meminta surat cerai dari saya..
    krna sepeti nya istri saya begitu mudah u/ meninggalkan masalah..lalu pergi & menikah lgi dng orang lain..tanpa sedikit pun menghargai saya sebagai suami nya...

    BalasHapus
  182. Jika ingin cerai maka wajib proses cerai mlalui pengadilan. Dan jika bnar istri anda sdh mnikah lg maka dia dpt dikenakan pidana perzinahan [krn blm cerai].
    Jadi saran sy, sbaiknya anda mndatangi Pengadilan Agama setempat utk informasi proses cerainya.

    BalasHapus
  183. istri saya kabur dari rumah entah kemana . tetapi buku nikah + KK di bawa sama istri , keluarga juga tidak tahu keberadaan istri saya

    bagaimana cara saya mengajukan gugatan jika buku nikah tidak ada , saya tidak ada copynya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan hub sy secara pribadi pak, di 087878722282, nanti sy jelaskan ttg bukunikah tersebut.

      Hapus
  184. istri menggunakan credit card dari 15 bank tanpa sepengetahuan/seizin suami, istri juga suka hutang maupun menipu uang orang lain dengan alasan bisnis. akbatnya rumah orang tua suami dimana suami istri tinggal bersama mertua selalu diteror oleh debt collector maupun orang yang merasa ditipu oleh istri.
    Dapatkah penggunaan credit card dari 15 bank tanpa sepengetahuan/seizin suami ini sebagai alasan suami menceraikan istri dengan alasan perbuatan yang sulit disembuhkan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada prinsipnya jika hub keluarga memang sdh tdk harmoni [yg disebabkan krn hal trsebut di atas], maka bisa pak.

      Hapus
    2. sebelum proses cerai, bolehkah suami meninggalkan rumah/tempat tinggal bersama istri ? (rumah tersebut telah dimiliki suami sebelum menikah), dengan maksud agar dalam proses cerai nantinya istri tidak membuat pengakuan bahwa masih seranjang.
      sebelumnya diucapkan terimakasih atas kesudian jawabannya.

      Hapus
  185. Saya menikah pada bulan Juli 2010 di Kota Batam Kep.Riau . dan telah berpisah sejak bulan Juli 2011. Dan saat ini saya sedang di kampung halaman saya surabaya.Hingga kini saya tak ingin berhubungan lagi dengan "mantan" suami saya.
    Saya ingin segera cepat menyelesaikan perceraian saya.
    Tapi dengar cerita biaya nya sangat besar sekali bahkan hingga jutaan rupiah.
    Penyebab saya memutuskan untuk berpisah , karena saya sudah tidak tahan lagi dengan keanehan dia yang suka menyuruh saya untu "berhubungan" dengan orang lain.Dan harus dengan orang yang banyak uang.
    Karena dia bilang itu bisa lebih menggairahkan dia.
    Dia pun kerap bercerita jika dia sering datang ke hotel untuk menemui "tante" nya.
    Saat ini saya dengar dia sudah tidak menetap di batam lagi.
    Saya ingin minta tolong di berikan solusi nya.
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. [Jika perkawinan secara agama Islam] Ibu bisa saja ajukan gugatan cerai di PA sesuai wilayah domisili ibu saat ini, namun harus persiapkan bukunikah dan saksi minimal 2 org.
      Jika ibu tdk mampu maka bisa proses cerai secara gratis namun harus urus surat miskin terlebih dahulu melalui ktr kelurahan.

      Hapus
  186. saya menikah 7 tahun sudah memiliki anak....tapi saat ini ekonomi kami memang bener bener minus di karenakan gulung tikar ....istri menjadi uring uringan ...dan selalu mengejek apabila saya mau membuka usaha baru ....dan sering terjadi pertengkaran karena masalah uang...dia mempunyai tabungan tapi tapi tidak mau mengleuarkan tabungannya untuk kepentingan bersama...sedangkan untukl pinjam bank dia tidak mau bertanda tangan akhirnya saya kesal ...dan menampar dia....saya takut kejadian itu berulang lagi...saya kasihan dengannya hanya menjadi pelampiasan kekesalan saya ...bagaimana baiknya..dengan keadaan saya...saya ingin tolong diberikan jalan keluarnya..
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya coba ajak dia bicara 4 mata dari hti ke hati utnuk mencarisolusi bersama atau ajak dia ke konsultan perkawinan.

      Hapus