11 Januari 2009

Ruangan Sidang


Bagi masyarakat yg belum pernah melihat ruangan sidang berikut dilampirkan photo "meja hijau" dalam ruangan sidang. Berikut keterangannya:
  • Dalam posisi anda menghadap meja hijau, maka kursi paling kanan adalah kursi untuk Majelis Hakim anggota I;
  • Kursi kedua dari kanan (kursi tertinggi) adalah kursi ketua Majelis Hakim;
  • Kursi ketiga dari kanan adalah kursi untuk Majelis Hakim anggota II;
  • Kursi paling kiri adalah kursi untuk panitera; dan
  • Bendera, buat hiasan ajah.

54 komentar:

  1. Pak, suami sudah menjatuhkan talak 1 seminggu yang lalu, memang semua itu salah saya, saya selingkuh. Dia sebelumnya memaafkan saya, tetapi tetap menyakitinya.
    Perlu diketahui kami tidak berhubungan badan sebulan sebelum jatuhnya talak.
    Secara agama kami sudah berpisah. Saya benar-benar menyesal dan bertekad dalam hati tidak akan mengulanginya lagi. Mungkin dia sudah bosan dengan kata-kata ini. Tapi demi Allah saya ingin memperbaikinya.
    Saya minta ia mempertimbangkan, ia bilang untuk saat ini keputusannya adalah mantap bercerai. Tapi tidak menutup kemungkinan akan rujuk atau tidak, karena ia tidak tahu yang akan terjadi esok. Ia takut mendahului kehendak Allah. Ia mohon kepada saya untuk tidak membahas tentang rujuk dulu.
    OK saya mencoba menuruti keinginannya karena saya takut kalau dia emosi sehingga dia malah illfeel ke saya.
    Saya benar-benar menyesal dan ingin memperbaiki pernikahan ini.
    Yang bias saya lakukan saat ini adalah pasrah, berdoa, dan mohon ampun kepada Allah atas semua kesalahan yang lalu.
    Yang mengacaukan pikiran saya adalah, ia mengatakan ada temannya yang pernah berceraidan administrasinya bias diurus keluarga (ada kemungkinan kami tidak menggunakan jasa pengacara). Ia berkata begitu karena sekarang ia bekerja di Medan, sedangkan saya di Jakarta. Kalau bolak-balik Medan-Jakarta untuk mengurus ini perlu biaya ekstra, karena kondisi financial kami biasa-biasa saja.
    Saya berkata kepadanya : “Itu kan harus lewat pengadilan, pasti pengadilan menyarankan rujuk. Jadi bagaimana?”
    Jawabnya : “Kayaknya bisa tanpa pengadilan, yasudah kamu terima beres saja.”
    Saya mencoba mencari info di internet. Alhamdulillah saya mendapatkan banyak informasi dari blog ini.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa diselesaikan tanpa pengadilan, dan yang mengurus administrasi adalah keluarganya yg disini?
    Kalau benar adanya saya merasa tidak berdaya lagi karena merasa tidak ada kesempatan untuk mengajukan proses rujuk. Karena didalam pengadilan ada proses 3 kali mediasi.
    Cuma itu yang bisa saya harapkan. Alhamdulillah “buku nikah istri” masih ada di tangan saya.
    Mungkin salah satu cara adalah menhubungi keluarganya, tapi untuk saat ini tidak mungkin karena mereka emosi sedang labil, dan keluarganya menyerahkan semua keputusan kepada suami.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Yth Ibu, baik saya lgsung jawab yah:
    Yg namanya cerai syah maka harus diselesaikan melalui pengadilan, dan masalah administrasinya tent bisa siapa yg mngurusnya. Sebaiknya anda cari tau dimana suami akan ajukan proses cerainya dan anda hadirilah proses cerainya trsebut agar hak dan kewajiban anda terpenuhi.

    BalasHapus
  3. Pak, apakah saya bisa mengajukan gugat cerai dengan menggunakan surat pengantar/surat keterangan dari rt/rw dimana saat ini saya tinggal/berdomisili untuk mengajukan gugatan cerai ke pengadilan agama? karena saat ini saya tinggal sementara bersama paman & bibi saya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Bisa bisa saja, tapi proses cerai di pengadilan sama sekali tidak memerlukan srt pengantar tersebut bu.

    BalasHapus
  5. Pak, untuk mengajukan gugat cerai ke PA, saya cantumkan di alamat saya selaku penggugat di surat gugatan adalah alamat yg saya tempati sekarang yaitu di rumah bibi saya (karena saat ini saya menumpang di rumah bibi saya), jadi bukan alamat yang tertera di KTP, untuk itu saya mendapat surat keterangan dari RT/RW setempat bahwa benar saya tinggal sementara di alamat tersebut, apakah pengadilan agama bisa menerima surat keterangan tersebut atau harus membuat KTP baru? apakah saya bisa mendapatkan contoh surat untuk pengajuan surat gugat cerai dengan menggunakan domisili sementara/numpang tinggal sementara?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Yth anda;
    cara anda sdh tepat, cukup srt keterangan bertempat tinggal dari RT/RW itu sudah cukup utk hakim sbg tanda domisili anda, tidak perlu buat KTP lagi.

    BalasHapus
  7. pak, saya membawa dua orang anak dari pernikahan terdahulu. Saat ini saya sudah menikah lagi dan menjadi istri kedua dari suami saya yang sekarang yang juga sudah mempunyai dua orang anak, pertanyaan saya apakah suami saya yang sekarang mempunyai kewajiban menafkahi anak-anak bawaan saya?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Yth Ibu;
    sebenarnya memang tdk ada pasal yg mewajibkan itu, namun ini masalah etika dan norma sj, kan dkatakan dlm UU bahwa seorang suami wajib menafkahi keluarganya,nah..bukankah seharusnya anak bawaan ibu, saat ini, merupakan keluarganya juga?

    BalasHapus
  9. Pak,saya mau tanya...saya pihak tergugat laki-laki sudah mengabulkan permintanya penggugat dan sekarang tinggal ambil akte cerainya.yang mau saya tanyakan: apakah pihak tergugat di kenakan biaya pengambilan akte cerai? trimakasih.

    BalasHapus
  10. Pak,saya dengan istri sudah pisah dan sudah mempunyai satu anak.kami berdua sama menginginkan hak asuh anak.mulai usia berapa anak menentukan pilihan tinggal?

    BalasHapus
  11. Utk anonim tgl 29 Maret;
    Tidak pak, bapak tinggal dtg saja ke PA membawa salinanputusannya ya pak.

    Utk anonim tgl 30 Maret;
    Anak br dpt menentukan pilihannya sendiri mau ikut siapa jika sdh berumur 12th [mumayiz].

    BalasHapus
  12. pak saya sedang dlm proses perceraian dan akan memasuki sidang ke 3... dlm sidang ke-2 saya ditanya hakim mau minta nafkah berapa dan saya minta 50rb sehari, tp suami menolak dengan alasan sudah tidak kerja dan banyak tanggungan hutang, dan dia bilang saya hanya mampu segitu (6rb per hari) mau gag mau ya udah... yang mau saya tanyakan apakah alasan tersebut bisa dipakai alasan untuk tidak menafkahi saya sehingga saya hanya bisa pasrah dikasih seadanya ...padahal itu alasan suami saja untuk menghindari tuntutan dari saya dan yang mau saya tanyakan lagi apakah pembelaan yang harus saya lakukan dan apabila suami tetep kukuh dengan pendiriannya apa bisa saya membeli surat sendiri dan surat cerai suami pun saya beli juga dengan alasan saya mau masalah cepat selesai dan saya tidak mau harga diri saya sebagai perempuan dihargai dengan murah ...mohon pendapatnya?

    BalasHapus
  13. Utk nafkah trsebut UU memang tdk mngatur musti brapa Rp si [mantan] suami harus nafkahi si istri, dikatakannya hanyalah sesuai kemampuan si suami. Sperti yg anda kataka, kalo dia tdk bekerja lalu bgmana bisa dia mberikan nafkah anda 50rb/hari. Kecuali anda bisa buktikan ke hakim bahwa pendapatan suami itu besar, sekian Rp [dgn mperlihatkan buku tabungannya/slip gaji/atm, dsb], barulah hakim dpt memutuskan nominalnya lebih besar.

    BalasHapus
  14. enak banget ya jadi laki2 ...tinggal alasan gag kerja n pny utang banyak, mereka bisa leluasa berbuat semaunya ...bebas dari tanggung jawab, padahal itu cuma modus buat menghindari tuntutan kewajiban ... terus saya sebagai perempuan hanya bisa pasrah gitu gag ada pembelaan sama sekali

    kemarin saya sudah sidang, di catatan pak hakim juga sudah jelas pendapatan suami 1.2 jt/bln, meski saya sakit hati okelah saya ikhlas, demi kelancaran saya minta biaya makan 3x sehari dan minum itu pun air mineral (orang sehat minum air 8 gelas sehari) suami juga tetep kekeh ngasihnya segitu (6rb/hr), padahal makan dan minum itu sudah hak pokok setiap orang lho ...lucunya lagi pak hakim berkata, "wes diterima saja mbak dari pada sampeyan gag dapat apa2, jangan gengsi2" "sudah sampeyan rembukan lagi nanti kalo sudah deal kembali lg tanggal sekian membawa saksi 2 orang" tutup sudah

    ini bukan soal gengsi, ini masalah harga diri yang dilecehkan seorang laki2, saya dinikahi baru sebulan usia pernikahan saya digembuli tok (nafkah batin) gag di urusi dan dari awal nikah juga gag dinafkahi sama sekali...ditinggal begitu aja gag ada tanggung jawab, minta cerai alasan sudah gag cocok padahal saya tanya kesalahan saya apa jawab "gag ada yang salah cuma aku yang sudah gag cinta sama kamu"

    saya dipengadilan untuk mencari keadilan, malah dikasih saran seperti itu ... apakah pantas seorang hakim yang terpelajar berkata seperti itu, trus dimana letak keadilan untuk wanita seperti saya ???

    pak saya minta saran? klo saya beli surat sendiri dan surat suami saya beli juga gmn, bisa tidak, lebih baik saya keluar uang banyak dari pada harga diri saya di injak2 begini, tolong sarannya dan bagaimana prosedurnya ?? terimakasih ...

    BalasHapus
  15. ya maksudnya beli surat cerai sendiri dan surat suami juga saya beli ...??? gmn bisa, n cara / prosedurnya gmn ??

    BalasHapus
  16. Itu sama sekali tidak bisa, menyalahi aturan hukum dan sgt sesat.

    BalasHapus
  17. terus menurut anda saya harus bagaimana? ini posisinya suami udah gag mau tangung jawab, sudah 2x sidang tidak datang ...alhasil sidang di gugurkan, dan saya akhirnya mengurus surat sendiri ...bila tetep sidang tanpa suami, apakah permintaan perceraian saya bisa langsung dikabulkan dan otomatis saya dapat surat/akta cerai? apa suami juga mendapat akta juga ?

    klo daerah sini jika seorang istri mengurus surat cerai sendiri tanpa suami yg tidak ikut sidang, akan otomatis dapat akta cerai tetapi suami belum bisa / tidak boleh menikah sebelum mengurus sendiri surat cerainya dan harus atas sepengetahuan istri, jika tidak penghulu tidak bisa menikahkan orang tersebut ...bener ta?

    BalasHapus
  18. Mnurut sy apa yg anda ketahui ttg tatcara/proses cerai di pengadilan adalah 'salah informasi'.
    Negara kita adalah negara hukum, maka harus tunduk sama hukum.
    Proses cerai di pengadilan, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami, yg penting adlh daftarkan srt gugatan cerai, ada buku nikah asli dan saksi min 2 org, intinya itu saja.
    Mau cerai dimanapun, selama masih di Indonesia maka caranya tetap sama, sperti yg sy jelaskan diatas.
    itu saja.
    Sebainya ibu beli saja dulu buku undang-undang/Kompilasi Hukum Islam, semua diatur disitu ttg proses cerai utk org Muslim.

    BalasHapus
  19. berarti klo sidang (cerai gugat)sudah selesai otomatis yg dpt akta cerai istri saja? suami tidak dpt begitu ...?? (dgn catatan suami tidak datang sama sekali)

    BalasHapus
  20. Benar. Jika si suami mau terima akta cerainya maka dia harus dtg/urus akta cerainya tersebut ke pengadilan.

    BalasHapus
  21. terimakasih atas informasi dan waktunya ... mohon maaf apabila ada kata2 yg kurang enak, baik sengaja ataupun tdk disengaja ... sekali lg terima kasih ...

    BalasHapus
  22. selamt siang.. saya digugat istri untuk percerain, smp saat ini saya tidak terima surat panggilan . namun ternyata sudah terbit akta cerai karena ktidak hadiran saya 3 kali panggilan.. yang saya tanya kan klw memang sya tidak terima surat panggilan... sedangkan saya penggugat tahu alamat kantor saya yang jelas... mohon penjelasan. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Srt panggilan sidang dikirim ke alamat tempat tinggal pak, bukan alamat kantor, demikian aturannya pak. Coba bpak cek ke org yg tinggal di tempat kdiaman bapak, mungkin ada yg menerima srt panggilan sidangnya tersebut.

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  24. Singkat saja, sy bercerai dgn mantan istri sy sdh 6 bln silam. Istri sy menggugat cerai di tempat berbeda atau tempat dia tinggal skrg. Proses perceraian melibatkan PA tempat sy tinggal skrg dan akhirnya proses perceraian selesai. mantan istri sy sdh memperoleh akte cerai, sementara sy harus mengambil sendiri akte tsb. Karna jarak yg cukup jauh, Apakah sy bisa meminta bantuan PA tempat sy tinggal skrg, krn mereka terlibat dlm proses perceraian sy. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa pak, anda sendiri yg wajib ambil.urus akta cerainya tersebut. Anda bs mnta bantuan jasa pengacara utk hal tersebut.

      Hapus
  25. slamt mlam,ini sy lg proses cerai tp berjalanya wktu istri sgt rumit, dan terkesan mngolor2, buku nikah saya tdk boleh diminta..bgaimana pak solusinya? padahal sy sudah tidak betah lagi dngan pola hidupnya yg sudah diluar dari norma2 agama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosedurnya, buku nikah harus diminta, kalau gagal, ke pamong, bila gagal ke polisi, karena menyimpan buku nikah yang bukan haknya, itu melanggar hukum.

      Hapus
  26. Anda bisa urus pmbuatan duplikat bukunkah di KUA dulu anda mnikah pak.

    BalasHapus
  27. kami menikah di indonesia dan skrg berdomisili d malaysia karena suami adalah warga negara malaysia.jika saya melakukan gugatan cerai d indonesia,dan saya tidak dpt selalu dtg sewaktu persidangan karena masih berdomisili d malaysia bersama ank" dan suami,apakah proses sidang masih dapat berjalan jika saya minta bantuan jasa pengacara?

    BalasHapus
  28. Bisa, tp saran sy sbaiknya pulang dulu ke Indonesia krn kalo pgugatnya tdk berada di Indonesia maka prosesnya akan amat sulit.

    BalasHapus
  29. PAK SAYA PISAH DENGAN ISTRI SAAT USIA PERNIKAHAN BARU BERJALAN DUA BULAN..SAYA DAN ISTRI BLUM SEMPAT URUS KK...APAKAH DALAM GUGATAN CERAI KK ADALAH SYARAT MUTLAK....ATAU SAYA BISA MENGURUS GUGATAN CERAI WALAUPUN SAYA BLUM MEMILIKI SURAT KK....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda tinggal di wilayah Pengadilan Negeri Kotaagung, Tanggamus Lampung, hal itu bisa diselesaikan, hal itu saya mengalaminya.
      Ini yang menangani Sidang Gugatan Cerai Sartini melawan Anastasius Subono, Nomor 12/PDA.6/2012 tertanggal 4 September 2012, di Pengadilan Negeri Kota Agung kabupaten Tanggamus,Lampung.

      Hakim Ketua : Danang Utaryo SH MH
      Anggota : Robby Alamsyah SH
      Anggota : Tatap Urasima S SH
      Panitera : Aris Yulianto
      Kami menikah di gereja, dan pernikahan kami belum dicatat di Pencatatan Sipil dan tidak ada KDRT atau percekcokan atau perselisihan yang terus menerus, dan bukti dan saksi tidak bisa membuktikan gugatan dari Penggugat, gugatan bisa diterima kok?

      Hapus
  30. Tetap bisa proses cerai di PA, yg tpenting tetap ada bukunikah asli nya.

    BalasHapus
  31. Berkas-Berkas Yang Dipersiapkan Untuk Pengadilan Dalam Proses Cerai
    Berkas-berkas atau surat-surat yang wajib dipersiapkan dalam proses berperkara cerai di pengadilan adalah:

    Akta Perkawinan/Buku Nikah (asli);
    Akta Lahir anak-anak;
    Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    Kartu Keluarga (KK); dan
    Surat gugatan cerai-nya.

    Namun pada Sidang Gugatan Cerai Sartini melawan Anastasius Subono, Nomor 12/PDA.6/2012 tertanggal 4 September 2012, di Pengadilan Negeri Kota Agung kabupaten Tanggamus,Lampung yang ditangani oleh
    Hakim Ketua : Danang Utaryo SH MH
    Anggota : Robby Alamsyah SH
    Anggota : Tatap Urasima S SH
    Panitera : Aris Yulianto
    Gugatan Cerai Sartini yang hanya membawa Surat gugatan cerai, akta nikah di gereja yang belum tercatat di Pencatatan Sipil dan Surat Keterangan Domisili serta KTP yang baru tanpa adanya Surat Keterangan Pindah dari tempat kediaman semula dan tanpa membawa persyaratan lainnya, Gugatan Cerai juga dengan cepat disidangkan kok.

    BalasHapus
  32. Sebaiknya hub sy secara lgsung atau adakan prjanjian knsultasi ya pak krn sy sulit jelaskanya via media ini.

    BalasHapus
  33. Pak, jika saya akan mengajukan gugatan cerai dan suami tidak menghadiri sidang, apakah akan menjadi berbelit-belit dan memperlambat proses sidang? karena pada dasarnya dia menyetujui gugatan cerai saya.
    atas tanggapannya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  34. - justru dpt mpercepat bu, krn bisa verstek [proses cerai tanpa pernah dihadiri si trgugat].

    BalasHapus
  35. selamat sore pak,

    saya akan mengajukan gugatan cerai dan suami menyetujui perceraian ini. saya punya beberapa pertanyaan, mungkin bapak bisa bantu saya menjawabnya.

    1. Jika suami tidak menghadiri sidang, untuk saksi dari tergugat bagaimana? apakah saya bisa menghadirkan 2 saksi?
    2. Apakah untuk mempercepat proses dapat menggunakan alasan suami tidak diketahui keberadaan dan kabarnya selama beberapa tahun terakhir? apakah tidak akan diperiksa kebenarannya oleh pengadilan?
    3. Biasanya bila suami tidak menghadiri sidang, maka sidang yg harus dilakukan sebelum putusan apakah sesuai dengan jumlah 8x sidang yg biasa dilalui atau bisa dipersingkat?
    4. Jika ada surat pernyataan bermaterai dari suami yg menyatakan bahwa dia menyetujui gugatan yg saya ajukan, apakah akan lebih mempermudah jatuh nya putusan talak dari hakim? dan apakah didalam surat itu harus dituliskan talak yg dijatuhkan?

    Demikian, atas tanggapan bapak, saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  36. 1. yg trpenting si pgugatlah yg bs mnghadirkan 2 org saksi;
    2. kalau dmikian maka akan dilaksanakan sidang ghoib, itu bs lbh lama;
    3. jika 3x si tgugat dipanggil pengadilan tdk hadir, maka proses sidang brjalan bs lgsung sidang bukti n saksi, stelah itu bs putusan;
    4. ya, namun tetap hrs ada sidang saksi.

    BalasHapus
  37. selamat siang pak,
    sy akan melakukan transaksi jual beli tanah milik sy yg sy beli dari hasil kerja saya. yg menjadi masalah, notaris dari pihak si pembeli meminta surat cerai yg tidak pernah sy miiliki sejak berpisah dari suami, krn bekas suami tidak pernah memberi surat cerai pada sy hingga dia menikah lagi dgn wanita lain. sy menikah di surabaya tahun 1982, tahun 84-85(sy lupa tepatnya) kami berpisah tampa surat cerai. saat ini sy berdomisili di jakarta dan sudah memiliki KTP jakarta. mohon petunjuk bapak, langkah apa yg harus sy lakukan utk mendapatkan surat cerai agar sy bisa melakukan proses jual beli tanah saya. saat ini sy hny memiliki foto copy buku nikah dan surat kenal lahir anak saya.
    atas tanggapan bapak, saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  38. selamat malam pak, sy mau nanya,bagi warga surabaya di PA mana untuk mendaftar & mengurus gugatan cerai? trimaksh

    BalasHapus
  39. Pak mau tanya,, suami saya warga malaysia,, dan skrng dia ingin menceraikan saya,, bagaimna proses'y perceraian yg saya alami nanti, apakah rumit atau gmna ya pak..?

    BalasHapus
  40. Jika prnikahan dilakukan di Indonesia maka ia harus tunduk hukum Indonesia, dgn cara brcerai di pengadilan agama di wilayah doimisili saat ini si istri.
    Proses cerai/tatacerai nya dpt dilihat di www.masalahperceraian.com

    BalasHapus
  41. selamat siang mohon nasehat dari bapak
    saya sudah lama berpisah dengan suami saya alias cerai tanpa sertificat selama 12 tahun,,anak2 bersama saya.. mantan suami saya juga sudah menikah lagi ,,tapi sampai sekarang saya belum mengurus surat cerai di karenakan surat nikah saya hilang di kantor polisi,,sebenar nya saya salah harus membawa surat nikah saya ke sana ,,karena percekcokan panjang sehingga harus ke kantor polisi alhasil surat saya hilang di sana,,untung nya anak anak sudah ada akta kelahiran,,pertanyaan saya apakah saya masih bisa mengurus surat cerai,,mengingat mantan suami saya sudah menikah dan punya anak lagi dengan istri yg baru? dan surat nikah saya hilang

    BalasHapus
  42. mohon penjelasan nya dan jalan keluar nya,, supaya saya bisa memiliki surat cerai

    BalasHapus
  43. - bisa tapi anda hrs mbuat dulu duplikat bukunkah di KUA dulu anda mnikah.
    - secara negara anda blm lah brcerai jk blm diproses di pengadilan dan mnerima akta cerai.

    BalasHapus
  44. selamat pagi pak.
    saya sekarang sedang digugat cerai oleh istri saya, dengan alasan sering terjadi pertengkaran, dan saya tidak memberi dukukungan terhadapa usaha yang dia lakukan untuk menambah penghasilan keluarga.kami sudah melakukan mediasi 3x hasilnya saya tetap mempertahankan keluarga dengan alasan anak-anak dan ingin pemberbaiki kesalahan yang saya lakukan terhadap istri saya. yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya unuk mengulur waktu dalam persidangan agar dengan berjalannya waktu istri saya dapat melihat perubahan yang terjadi dalam diri saya dan menjalin kembali komunikasi terhadap dia.mohon penjelasan.. trima kasih.

    BalasHapus
  45. pak saya mau tanya, saya sudah menikah selama 2 tahun, itupun terjadi karena saya hamil duluan, dan suami saya sudah lebih dari 1 tahun ini seakan leps tangan dengan saya dan anak saya, ia hanya mengandalkan orang tuanya yang datang 1 bulan sekali ( itupun tak mesti ) untuk datang kerumah dan memberi uang sebesar 300rb untuk keperluan anak saya, yang mau saya tanyakan apakah saat bercerai saya bisa mendapatkan hak gono gini?

    BalasHapus
  46. bisa asalkan anda bs mbuktikan/mnunjukan bukti kepemilikan kpd hakim

    BalasHapus
  47. selamat pagi pak,saya mohon bimbingan, begini pak saya sedang menjalani gugat cerai ke suami, krn selama 7 thn dia pergi tak tau entah dimana, pd tgl yg di tentukan pengadilan saya di harap hadir bersama 2 saksi. pertanyaan saya adalh apakah setelah sidang itu sdh bisa selesai proses nya atau ada panggilan lagi. Terimakasih.

    BalasHapus
  48. selamat sore pak, saya sudah pisah 2 tahun lebih dan baru sekarang ingin mengurus talak 3 ke PA tangerang, saya dan mantan istri sudah saling menyetujui untuk berpisah secara baik-baik tanpa menuntut apapun, apakah bisa proses sidangnya berjalan singkat? terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus