12 Januari 2009

Mediasi Di Pengadilan Agama


Mediasi di Pengadilan Agama adalah suatu proses usaha perdamaian antara suami dan istri yang telah mengajukan gugatan cerai, dimana mediasi ini dijembatani oleh seorang Hakim yg ditunjuk di Pengadilan Agama.
Proses mediasi ini dapat dikatakan baru dilaksanakan dalam Pengadilan Agama pada tahun 2007 berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung No. 1 tahun 2007 (PerMA No. 1/2007).
Pada praktiknya, proses mediasi ini dilakukan jika salah satu pasangan nikah ada yg tidak setuju untuk cerai. Jadi: jika yg mengajukan gugatan cerai si istri, tapi si suami menyatakan ia tidak mau bercerai pada saat sidang pertama, maka dilaksanakan-lah acara mediasi tersebut.
Secara detail tentang mediasi dapat dijabartkan sebagai berikut:
  • Pada saat sidang pertama, majelis Hakim akan melengkapi berkas-berkas yang diperlukan dalam persidangan, seperti: kelengkapan surat gugatan, surat kuasa, surat panggilan para pihak, dsb. Selanjutnya Hakim akan menjelaskan bahwa sesuai prosedur dimana sebelum dijalankannya proses cerai maka para pihak diwajibkan mengadakan mediasi. Kemudian Hakim bertanya apakah para pihak mempunyai mediator? jika tidak maka Hakim akan menentukan seorang mediator untuk memimpin mediasi para pihak
  • Majelis Hakim kemudian menentukan Hakim lain untuk menjadi mediator dalam pelaksanaan mediasi tersebut
  • Mediasi dilakukan di ruang khusus di Pengadilan Agama tersebut (lihat gambar)
  • Umumnya mediasi dilakukan maksimal 2 kali
  • Bila dalam mediasi tidak tercapai perdamaian/rujuk, maka barulah proses perkara perceraian dapat dilaksanakan

175 komentar:

  1. Bagaimana jika kedua pihak sudah sepakat untuk bercerai? apakah mediasi tetap dilaksanakan?

    BalasHapus
  2. Apakah pada saat proses mediasi, mediator dapat memberikan saran kepada penggugat untuk mencabut gugatannya setelah mediator mendengar fakta2 dari kedua belah pihak dan dinilai gugatan yang diajukan penggugat lemah.....

    BalasHapus
  3. sah-sah saja mediator mberikan saran...toh hanya sekedar saran, namun satu hal yg pasti si mediator sama sekali tak punya hak utk memerintahkan pihak principal utk mencabut perkara, pada intinya si principal lah yg tetap berhak utk melanjutkan perkara dan/atau mencabut perkaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak saya mau curhat.istri saya menggugat cerai saya.2019 bulan januari sudah 2 kali panggilan sidang.saya ingin bertahan sama istri saya krn saya tdak bisa sanggup krn anak saya yg jdi korban.tpi dalam proses pengadilan saya masih bisa berkomunikasi dngn istri saya bahkn bisa melakukan hubungan intim lahir batin..sering wa.kadang masih minta uang..alasannya cerai ini krna mertua saya sudah tidak mau lgi sama hubungn kita.tolong pak solusinya apakah saya bisa menggugurkan cerai istri saya.

      Hapus
    2. Tolong di konfirmasi kan pak

      Hapus
  4. apakah boleh pada proses mediasi diwakilkan oleh kuasa hukumnya (pengacara)?
    Berapa jam sesi mediasi yang biasa dilakukan?

    BalasHapus
  5. Mediasi tdk bisa diwakilkan bu, wajib dilaksanakan oleh si prinsipalnya.
    Sesi mediasi umumnya sekitar 15 s/d 25 menit.
    Demikian, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut PERMA no. 1 th 2008 salah satu pihak memiliki hak untuk mundur dr mediasi jika pihak lawan menepuh mediasi dg itikad baik
      Mediasi juga dpt dilakukan menggunakan alat komunikasi jarak jauh atas kesepakatan para pihak.
      Semoga bermanfaat

      Hapus
  6. mau ikut tanya ne pak!!!
    begini pak, teman saya punya istri kemudian sudah 8 bulan pisah, istri dipsrahkan kepada ortunya dan dicerai secara agama, sekarang ini teman saya mengajukan talak melalui penghulu setempat, kemudian suami istri dipanggil, dulu-dulu istri sering bertanya tentang kapan dapat surat cerainya, tapi ternyata dihadapan penghulu tersebut istri bilang tidak mau cerai dengan alasan apapun padahal suami tetep berkeras menceraikan istrinya, gimana selanjutnya pak???apakah bisa mengajukan perceraian ke PA setempat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap si suami dapat ajukan cerai di PA

      Hapus
    2. Tetap si suami dapat ajukan cerai di PA

      Hapus
  7. Bagaimana kalau para pihak tidak mau melakukan mediasi ?

    BalasHapus
  8. Bila pada sidang pertama pihak Tergugat/termohon tidak datang kemudian pada sidang kedua Pihak Tergugat/termohon datang apakah proses mediasi dapat dilakukan?

    BalasHapus
  9. seorang mediator harus punya ilmu agama,kejiwaan,serta sosial

    BalasHapus
  10. pak, apakah kalau sudah mendapat nomer perkara artinya surat gugatan cerai saya sudah memenuhi syarat? apakah tinggal menunggu panggilan dari PA? apabila surat panggilan itu datang sementara saya tidak berada dirumah atau sedang pergi apakah dapat dititipkan orang yang ada di rumah saya?
    terima kasih.

    BalasHapus
  11. Nomor prkara tdk ada hub nya dgn materi srt gugatan cerai.
    Ya.
    Bisa, tapi tdk ada kmungkinan srt nya itu dkirim ke ktr kelurahan setempat.

    BalasHapus
  12. Pak, apabila saya dan suami sdh sepakat bercerai apakah proses sidangnya akan lebih cepat? pernikahan kami baru berumur 1,5 tahun dan sudah berpisah ranjang selama 4 bulan, alasan yang saya ajukan di surat gugatan adalah masalah perbedaan budaya dan pertengkaran yang terus menerus tanpa bisa didamaikan lagi (nanti baru di sidang akan saya jabarkan apa saja yang membuat kami bertengkar atau yang membuat saya tidak dapat meneruskan pernikahan ini karena saya tidak mau tulis seluruhnya di surat gugatan) apakah alasan tersebut sudah cukup kuat? apakah sms bisa dijadikan alat bukti saat sidang? apabila di sidang tiba-tiba suami saya berubah pikiran menjadi tidak sepakat, apakah saya akan kalah atau gugatan saya di tolak pengadilan?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  13. Sy lgsung jawab sesuai urutan prtanyaannya ya;
    1. ya, bisa dpt lebih cepat, namun tetap wajib ada sidang pmbutkian dan saksi.
    2. ya, cukup kuat, asalkan tetap ada saksi mnimal 2 org.
    3. sms, bisa.
    4. sidang bisa jd lebih lama, masaalah kalah/menang trgantung bukti2x dan saksi2x.
    Utk lebih detailnya, silahkan email sy ke: ahp_law@yahoo.com
    Terimakasih.

    BalasHapus
  14. Ass... Pak, saya di gugat cerai pada istri saya.Pada panggilan sidang PERTAMA saya tidak hadir.kemudian panggilan sidang yang ke DUA saya hadir.Permulaan sidang istri di tanya hakim tetep melanjutkan.kemudian hakim tanya saya, saya jawab saya keberatan lalu hakim memutuskan langkah mediasi minggu depan. Yang mau saya tanyakan:Apabila nanti sidang mediasi saya tidak bisa datang,apakah sidang mediasi tetap berjalan atau di undur? Trimakasih sebelumya

    BalasHapus
  15. Pak,pihak tergugat laki-laki apakah bawa saksi? dan apakah pihak tergugat di kenakan biaya sidang nantinya? terimakasih.

    BalasHapus
  16. Secara aturan utk proses cerai; seyogyanya baik pgugat dan tgugat mbawa saksi. Namun anda tdk brkewajiban utk mngharuskan/mnghadirkan saksi utk si tgugat.
    Tgugat tdk dikenakan biaya sidang, kcuali jk dia nanti ajukan upaya hukum banding maka dialah yg bayar biayanya.

    BalasHapus
  17. pak saya (pihak istri) sudah menjalani sidang pertama dan suami tidak mau menceraikan saya dan kami diminta untuk mediasi,apakah saya boleh tidak datang waktu acara mediasi karena saya tidak ingin rujuk atau ingin cepat selesai perkaranya

    BalasHapus
  18. Maaf pak saya lupa ada saya tanyakan lagi klo acara mediasi saya tidak datang pakah pihak hakim ketua or pengadilan menyalahkan saya terima kasih

    BalasHapus
  19. Utk Sheen;
    anda wajib hadir pd acara mediasi krn hal itu diatur oleh UU negara kita, kalo tdk ikut mediasi maka sidang akan tertundatunda terus.

    BalasHapus
  20. apakah dalam mediasi nanti saya harus membawa para saksi atau hanya mendaftarkan nama2 sapa aja yang menjadi saksi di pengadilan saya yang kedua nanti tgl 28 april 2011

    BalasHapus
  21. Tidak perlu ada saksi pada acara mediasi. Anda cukup curhat saja pd si mediator. Saksi baru bisa ditampilkan pada sidang ke-7 [sidang pmbuktian saksi].

    BalasHapus
  22. kalau terus menerus mediasi tidak datang, sampai kapan sidangnya ditunda pak?

    BalasHapus
  23. Biasanya kalau 3 kali dipanggil mediasi tdk dtg maka akan di-skip mediasinya.

    BalasHapus
  24. bagaimana kekuatan hukum dari hasil mediasi? apakah mediasi dlm hal perceraian harus diaktakan jika tercapai kesepakatan damai?

    BalasHapus
  25. Pada prinsipnya, mediasi adalah rekonsiliasi, dan jika dlm mediasi terjadi damai maka ya sebaiknya tertulis dan di ttd para pihak, alangkah sempurnnya jk memang mau diaktanotariskan.

    BalasHapus
  26. alamat pembanding semula di provinsi A, selanjutnya pindah ke Provinsi B (sesuai ktp) dimana perkaranya diputus oleh tingkat pertama, untuk mengajukan banding. selanjutnya dlm putusan banding identitas si pembanding tertulis beralamat di provinsi A. pertanyaannya apakah putusan banding tersebut bisa batal demi hukum krn salah menuliskan alamat?

    BalasHapus
  27. skalipun dalam akta permohonan bandingnya menyatakan telah berdomisili di provinsi B, dan dibuktikan dgn KTP ?

    BalasHapus
  28. apakah memori kasasi harus ditandatangani di atas meterai..?

    BalasHapus
  29. Balasan
    1. Bagaimana bila selama mediasi atau persidangan si istri tetep ingin cerai dan suami tetep tidak ingin bercerai?
      Apakah keputusan akan di ambil oleh hakim?

      Hapus
  30. pak kalo istri tdk mnginginkan cerai apakah sidang perceraian masih dilanjutkan?

    BalasHapus
  31. Istri sy tkw 2 thn di arab,sekarang lanjut tkw d taiwan,sewaktu pergitkw sy melarang kemudian dia tetap pergi 3 thn di taiwan,baru 1 thn berjalan dia minta cerai,anak2 di nenek di padang,sedangkan sy tdk ingin cerai,demi anak2.apakah bs sy ceraiin istri dia di luar negri,apakah bisa anak2 jatuk ke sy?mksh pak,sedangkan buku nikah,surat2 lainnya di pegang sama dia.mksh pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bisa tp memang sulit kalau bukunikahnya tdk anda pegang, sebaiknya anda minta buat dulu duplikat bukunikah di KUA dulu anda menikah.
      Hak asuh anak kalau sang ibu ada diluar ngeri maka spertinya bisa anda dpt kan.

      Hapus
  32. selamat siang pak,
    sy akan melakukan transaksi jual beli tanah milik sy yg sy beli dari hasil kerja saya. yg menjadi masalah, notaris dari pihak si pembeli meminta surat cerai yg tidak pernah sy miiliki sejak berpisah dari suami, krn bekas suami tidak pernah memberi surat cerai pada sy hingga dia menikah lagi dgn wanita lain. sy menikah di surabaya tahun 1982, tahun 84-85(sy lupa tepatnya) kami berpisah tampa surat cerai. saat ini sy berdomisili di jakarta dan sudah memiliki KTP jakarta. mohon petunjuk bapak, langkah apa yg harus sy lakukan utk mendapatkan surat cerai agar sy bisa melakukan proses jual beli tanah saya. saat ini sy hny memiliki foto copy buku nikah dan surat kenal lahir anak saya.
    atas tanggapan bapak, saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  33. Anda blm lah cerai jk prceraiannya itu tdk diputus melalui pengadilan. Jadi intinya kalau anda blm permah urus cerai di pengadilan maka anda hrs cerai dulu di pengadilan.

    BalasHapus
  34. siang pak,
    ingin bertanya....sya kesulitan untuk masalah saksi, tidak ada yg melihat & mendengar langsung/tidak langsung perselisihan kami, di luar kami kelihatan baik2 sja padahal kami sebenarnya sudah tidak bsa bdamai lagi. bagaimana menurut bapak ?
    terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  35. Sulit! intinya HARUS ada saksi minimal 2 org, jika tdk ada maka tdk mngkin hakim mngabulkan gug cerai anda.

    BalasHapus
  36. Pak.sy d gugat cerai suami br tgl 16 sep 13.sy punya anak 2.jujur sy takut.karna saya tidak mau cerai pak.saya sadar menang saya egois tp suami juga pernah selingkuh dan saya memaafkan karenaanak.tp suami tetap kekeh mau bercerai.saya tidak mau karna sy tdk mau psikis anak saya terganggu.saya setiap hr msh kirim sms perhatian tp tidak d respon pak.gmn cara saya biar perceraian tidak terjadi.laladesta84@gmail.com

    BalasHapus
  37. Proses cerai di pengadilan, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd istri. Jadi sbaiknya anda hrs hadapi proses sidang di pengadilan, dan mbantah smua tuduhan/alsan2x cerai suami anda dgn bukti dan saksi2x yg kuat yg dpt menerangkan bahwa hub anda dgn suami masih baik dan dpt diperbaiki lagi.

    BalasHapus
  38. siang pak,
    sy sedang dlm proses sidang permohonan ikrar talaq terhadap istri sy.. kita juga sudah sepakat membuat surat perjanjian pembagian harta bersama.. istri sy mau terima beres & tdk mau hadir dipersidangan.. permasalahan kita adalah krn kita sering cekcok & ribut...
    pertanyaannya :
    1. brp lama proses persidangan saya sampai selesai jika salah satu pihak tidak hadir?
    2. brp total biaya yg sy akan keluarkan?
    3. Sy pernah diskusi dengan salah satu pengacara, katanya kl sidang hanya dihadiri oleh 1 pihak saja tanpa memakai pengacara akan dipersulit (krn sy buta mengenai hukum perceraian) & proses waktunya akan lama?
    4. Jika sy & istri sepakat pisah, apa boleh hanya diwakili oleh 1 pengacara saja (utk perwakilan kita berdua)?
    terima kasih...

    BalasHapus
  39. kata nya jika urus sendiri & istri tdk hadir total biaya pengurusannya bisa mencapai +/- 15 juta ?

    BalasHapus
  40. Jika tdk pakai jasa pengacara maka hanya bayar biaya pndaftaan gugatan perkaranya saja, skitar 800-900rban.

    BalasHapus
  41. pak, saya mau tanya, apakah bisa menggugat ke pengadilan karena saya tidak bisa mencintai suami lagi?

    BalasHapus
  42. pak, saya seorang pns, apakah kalo saya menuntut cerai suami di pengadilan prosesnya sulit? apa saja syaratnya seorang istri boleh menuntut cerai suaminya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya:
      - mbuat n mndaftarkan srt gugatan cerai;
      - ada bukunikah asli;
      - ada saksi minimal 2 org;
      - jika anda PNS maka wajib mndaftarkan trlebih dahulu srt izin cerai dari atasan.

      Hapus
    2. kalau misalnya pak isi purtusan pengadilan akibat tergugat tidak hadir dan mengajukan verzet gmn pak?

      Hapus
    3. saya seorang PNS dan status saya tergugat dan ini saya mengajukan verzet pak, dan pada sidang pertaama saya dari majelis suruh adakan mediasi pak, masa verzet itu jangka waktunya sampe kapan pak?

      Hapus
  43. Pak saya digugat cerai istri ! Apabila saya tidak mau cerai demi anak" saya apakah hakim bisa mengabulkan permintaan istri saya pak ?
    T.zoel@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya hakim memutuskan secara sepihak !!!
      Sementara istri saya pake kuasa hukum...

      Hapus
    2. Ini terjadi dengan saya... Pengadilan memutuskan sepihak tanpa ada talak cerai dari suami... Istri pake kuasa hukum.. Dan sudah diketok palu oleh hakim... Ada solusinya untuk bisa menggagalkan cerai tersebut??

      Hapus
  44. Bisa !!!!!
    proses cerai di pengadilan , tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami.
    Proses cerai itu yg penting adlh trpenuhinya prsyaratan cerai yaitu; mbuat n mndaftarkan srt gugatan cerai ke pangdilan, ada buku nikah asli dan saksi minimal 2 org.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak kalau istri beralasan buku nikah hilang trs menggugat cerai dan si suami bikin buku nikah duplikat karna si istri dulu tiap ditanya buku nikah di kemain jawabannya berbibit belit tapi pas dia minta cerai tiba" buku nikah ada di tangan dia,apa buku nikah duplikat yg di bawa suami bisa menguatkan atau menolak gugatan cerai istri

      Hapus
  45. Maaf pak saya mw tanya,saya bru menikah 2 bulan ini.tp sudh 1 minggu ini suami saya tiba2 brubah,dan dy minta cerai sama saya dengan alasan yg tdk masuk akal dan tidak jelas.dan saya jg tdk mw di cerai krna alasan yg tdk jelas.apakh mediasi bs membuat suami saya menjadi jujur dan dan mngtakan yg kebenaran'a??? Mohon jwaban'a pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara ideal mediasai sebagai sarana untuk mendamaikan para pihak, jika bicara bisa atau tidaknya hasil mediasi mendamaikan kemungkinannya 50:50 bagaimana mediator dan proses mediasi itu dilaksanakan untuk konsultasi bisa hubungi rosdianadeky@gmail.com atau 085659472

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  46. Apakah mediasi bisa buat jjr kepada istri saya yg tdk mau mengakui klo di selingkuh

    BalasHapus
  47. Siang Pak..
    Mau tny pak..Suami ingin menceraikan saya krn suami tidak terima saya membalas perselingkuhannya pak.
    Kami sudah berumah tangga selama 24 th anak 2 org sudah dewasa semua.Sebenarnya saya msh mencintai suami begitu pula sebaliknya, saya tak ingin bercerai, tetapi suami merasa tersiksa jika masih bersama saya dan tidak terima perselingkuhan saya.
    RT sering bertengkar dan tidak harmonis lagi.
    Apa yang harus saya lakukan dan jika perceraian menjad pilihan..
    bagaimana caranya agar proses perceraian cepat dan simple.
    Terima kasih

    BalasHapus
  48. Ajak bicara 4 mata dr hati ke hati, berjanji utk berubah dan tak lakukannya lgi kalo perlu mbuat kesepakatan trtulis atau ke konsultan prkawinan, Usahakan itu dulu.

    BalasHapus
  49. Sore pak,
    Saya mau tanya, istri saya mengajukan gugatan cerai dgn alasan pertengkaran terus menerus, kdrt dan tidak menghormati mertua saya.. Saya punya bukti foto2 kemesraan kami bahwa tidak benar pertengkaran terus menerus. Demi Allah Saya tidak pernah kdrt dan istri saya tidak ada bukti dan saksi mengenai kdrt tersebut.. Mengenai tidak menghormati mertua apakah bisa itu dijadikan alasan? Karna saya pernah menghina orang tuanya akan tetapi saya sampaikan kepada istri saya dan istri saya menyampaikan kepada mertua saya. Saya tidak ingin bercerai. Saya mencintai istri dan anak saya.. Saya akan berubah demi keluarga.. Apa yang harus saya lakukan utk mempertahankan keluarga saya.. Apakah bisa gugatannya dilkabulkan?karna menurut saya dorongan terbesar dari kluarganya.. Dan istri saya skrg menerima kemauan keluarga tanpa mau mediasi lagi. sifatnya sangat emosional dan jauh dari tuhan.. Apakah saya bisa bertahan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran sy jika anda tdk dtuju cerai maka anda hrs dtg ke persidanganya, nyatakan tdk stuju cerai, bantah dalil2xnya yg ada dlm gugatan lalu buktikan ke hakim bhwa itu smua tdk benar.
      Pd intinya jika apa yg dtulis pgugat ttg alsan cerainya bs ia buktikan maka hakim bs sj kabulkan tuntutanya pak.

      Hapus
  50. 1 hal ketinggalan. Saya menghina orang tuanya bukan tanpa sebab. Yang sebabnya ga perlu saya ceritakan disini. Menurut saya penyebabnya sangat manusiawi..
    Apakah gugatan istri saya bisa dikabulkan dan apakah saya bisa mempertahankan kluarga saya? Mengingat istri selalu katakan tetap ingin cerai walaupun putusan sidang menolak gugatannya.. Dan saya tetap akan pertahankan keluarga kecil kami karna saya masih mencintai istri dan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban sy sm dgn yg di atas pak. Intinya pross pngadilan cerai itu adalah bukti dan saksi.
      Siapa yg kuat bukti n saksi maka ia lah yg akan dikabulkan prmintaanya.

      Hapus
  51. pak saya ingin bertanya apakah kalau kedua belah pihak tidak menghadiri panggilan dari pa selama tiga kali dapat langsung diputus cerai oleh pa?

    BalasHapus
  52. Pak..istri selingkuh dan menggugat cerai tp dng alasan nafkah kurang dan jarang sholat. Demi anak2 saya ngotot mempertahankan karena saya memaafkan perselingkuhannya. Saya punya bukti dan saksi istri selingkuh. Pertanyaannya : apakah hakim akan mengabulkan tuntutan istri? Istri ngotot bercerai dan didukung oleh ibunya. Dengan bukti dan saksi yang saya punya jika hakim tetap memutuskan cerai apakah bisa saya meminta hak asuh anak?

    BalasHapus
  53. kalau istri sudah di cerai secara agama, tapi belum di ceraikan di pengadilan, apa perlu diadakan mediasi pak ?

    BalasHapus
  54. Pak saya mau tanya, saya baru ajukan gugatan 30 mei 2014.
    1. Berapa lama biasanya panggilan utk sidang pertama?
    2. Suami saya tidak berkenan hadir dan sudah membuat surat pernyataan utk menceraikan saya, apakah surat tersebut bisa menguatkan di persidangan? Dan apakah proses persidangannya jadi lebih singkat dan tanpa mediasi lagi?

    BalasHapus
  55. 1. skitar 1 bln dr tgl pndaftaran perkara;
    2. Bisa, bisa. Usahakan si tgugat tdk dtg sm skali ke prsidangan agar lbh cepat.

    BalasHapus
  56. selamat pagi, saya mau bertanya dan mohon kesediaannya untuk menjawab, saya sudah berkeluarga kurang lebih 6 tahun, dalam perjalanan pernikahan kami lebih banyak dalam hubungan jarak jauh, saya sudah kedua kali ini pergi keluar negeri dan atas izin suami, dirumah dan diluar negri selalu saja ada masalah, sampai pada akhirnya sering terucap atau tertulis kata" pisah atau cerai dari suami. yang mau saya tanyakan aoakah status pernikahan kami masih sah dalam hukum islam?
    dan akhir" ini suami mengakui mempunyai hubungan dengan wanita lain melalui facebook dan telp"nan. saya meminta suami untuk memulangkan saya ke orang tua.. malah sekarang no hp di ganti ditelp lewat orang tua suami tidak mau menjawab. kalau posisi saya diluar negeri terus menggugat suami apakah hak asuh anak bisa jatuh kesaya sedang selama ini anak dikeluargs suami. dan selama pernikahan yang menanggung hidup saya dan anak saya adalah mertua bukan suami.. trimakasih harap bapak berkenan untuk menjawabnya..

    BalasHapus
  57. saya di gugat cerai oleh istri saya karena mengatakan kata kasar di sms karena melihat foto istri saya sedang di peluk PIL apakah saya bisa memberi syarat mau mencerekan asalkan hak asuh anak jatuh di tangan saya tolong balasanya sidang pertama tgl 22juli2014

    BalasHapus
  58. saya mau tanya pak..
    saya di gugat cerai suami saya , sedangkan slama ini rumah tangga saya baik2 saja ,saat suami saya menceraikan secara agama jga baik2 tdak ada msalah apa2 .. alasan dy mengajukan perceraian kata ny krna tdak mmpu menafkahi saya sedangkan slama 1tahun menikah saya menerima dengan ikhlas apa ada nya.. apa dngan alasan itu pengadilan akan mengabulkan permohonan suami saya?

    BalasHapus
  59. Jika itu alsan cerainya maka sy yakin akan dtolak hakim bu.
    (klik www.informasiperceraian.com, situs ttg informasi perceraian di pengadilan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak saya mau nanya saya di gugat cerai istri saya.isi gugatannya tidak sesuai fakta sebenarnya.apa yang harus saya lakukan...trimksh...jawapanya

      Hapus
  60. mohon dibalas ya pak, saya di gugat cerai istri dg alasan beban ekonomi dibebankan ke istri semua (smnjak saya tdk kerja) dan KDRT. Padahal knyataanya wkt saya tdk kerja memang tdk memberikan apa apa(sekitar 4 bulanan). ttp sewaktu sdh kerja saya memberikan nafkah, tapi dasar apes pekerjaan saya tidak lama hanya bertahan 4 bulan terus nganggur lagi 5 bulan tetapi sekarang sudah bekerja lagi. dan sekarang saya terus aktif memberikan uang belanja ke istri saya. ttg masalah KDRT itu hny berawal di awal pernikahan sampai tahun ketiga (sudah menikah 8 tahun) dan sekarang tidak lagi sejak hadirnya dan besarnya anak. apakah hal tersebut pihak hakim akan tetap mengabulkan permohonan gugatannya pak, sedangkan saya masih mencintai keluarga saya dan malu jika sampai saya menyandang status duda.

    BalasHapus
  61. mohon dibalas pak ,
    saya digugat cerai oleh istri saya ,
    sidang pertama pada tanggal 27 november , saya datang dan dilakukan mediasi di PA hari itu juga setelah sidang ,
    sidang kedua hari ini pak , pada saat sidang kedua hakim menyatakan mediasi telah gagal , padahal setahu saya mediasi selama 40 hari maksimal dan bisa ditambah 2 minggu setelah 40 hari itu habis ,
    pada saat itu juga saya meminta tolong kepada hakim untuk melakukan mediasi lagi di PA setelah sidang selesai , namun hakim menolaknya pak dan tidak memberikan untuk mediasi di PA , dan minggu depan pun langsung menghadapi sidang ketiga untuk pembuktian , disini saya merasa tidak mendapat keadilan sebagai suami yang ingin mempertahankan rumah tangga saya ,
    yang ingin saya tanyakan :
    1. apa hakim boleh menolak permintaan mediasi dari tergugat selaku suami yang ingin mempertahankan rumah tangganya ?
    2. apa dibenarkan hakim mengambil keputusan mediasi telah gagal padahal waktunya masih panjang dan upaya untuk mediasi lagi ditolak ?
    3. apa ada kemungkinan terjadi suap sehingga semua proses berjalan seperti berat kepada pihak istri saya ?
    4. apa saya bisa mengadukan sikap hakim yang tidak memberikan kesempatan saya untuk mediasi lagi dan terlihat seperti memihak pada penggugat kepada pihak yang lebih tinggi ?
    Mohon untuk dibalas pak , terima kasih ,

    BalasHapus
  62. 1. Tidak. Mediasi hanyalah formalitas yg wajib dilakukan, intinya jika mediator menganggap istri tdk mau rujuk maka dikatakan gagal;
    2. Hakim mnyerahkan spenuhnya hasil mediasi kpd mediator;
    4. Bisa, ke ketua pengadilan.

    BalasHapus
  63. Malam pak, saya digugat cerai oleh istri saya,tapi saya tidak ingin bercerai, karena selama pernikahan kami baik2 saja, tdk ada kdrt, tidak ada yang memberatkan, hinggq detik ini kami masih tinggal serumah, hanya masalah ego masing2 aja yang ingin saya tanyakan, apakah hakim bisa mengabulkan permohonan penggugat,pada sidang pertama pihak penggugat dan tergugat tidak hadir, kemudian sidang kedua pihak tergugat. hadir dan pihak penggugat tidak hadir, apakah sidang bisa dilanjutkan, dan permohonan penggugat. bisa gugur atau tidak, terima kasih

    BalasHapus
  64. - Bisa jika bukti n saksi2xnya si pgugat, kuat;
    - Kalo pgugat tdk hadir lg maka bisa gugatanya gugur;
    Penulis sarankan jika anda tdk stuju cerai, hadapilah prsidangan, patahkan smua tuduhan2cnya dan buktikan ke hakim bhwa anda n istri masih harmonis.

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Apakah bisa jika tergugat suami tidak bisa datang di sidang perceraian pertama memberikan kuasa hukumnya ke orang tuanya?

    BalasHapus
  67. Bisa, hal itu dnamakan kuasa eksidenti.
    [www.informasiperceraian.com, twitter:@TanyaPerceraian]

    BalasHapus
  68. Apakah stelah panggilan 3x kedua pihak tdk ada yg datang, gugatan itu sdh gugur atau batal dan tdk dilanjutkan lg?

    BalasHapus
  69. Apakah hakim bisa menolak gugatan suami yang ingin menceraikan istrinya karena siistri sudah mengeluarkan surat ijin ke suaminya untuk menikah lagi, padahal suami sudah tidak hidup bersama istrinya selama 3 tahun dan suami tidak mau hidup bersama istrinya lagi

    BalasHapus
  70. apa yg harus dilakukan oleh suami selanjutnya

    BalasHapus
  71. Pak saya mau tanya nih.misalnya mediasi pertama saya datang mediasi kedua saya tidak dtg.klau mediasi ke tiga saya dtg.tp sisuami mediasi pertama ampe ketiga tdk dtg apa bisa bercerai pak.krn sisuami ada kuasanya pak.apa ttp bisa bercerai pa.trima kasih pak

    BalasHapus
  72. Jika suami menggugat cerai istri
    Tp tidak menghadiri persidangan
    Sedangkan istri hadir
    Apakah perceraianya akan dikabulkan?

    BalasHapus
  73. Assalamualaikum sy mau bertanya istri sy menggugat cerai tpi lillahi taala sy mau bertahan smpai kpanpun in shaa allah.yg mw sy tanyakan apa bisa bercerai klo sy bertahan terus/perceraian d putuskan.

    BalasHapus
  74. Bisa pak, dgn cara terus tawakal, pendekatan dgn istri dan mndekatkan diri dgn Allah SWT.

    BalasHapus
  75. dalam proses mediasi bagaimana bila tergugat tidak hadir? apa akibat hukumnya?

    BalasHapus
  76. apakah pertengkaran yang sudah berlalu 8 bln,dan kami berdamai bahkan sudah berkumpul suami istri berkali kali,bisa di gugat,dengan bukti memar2 di badannya ,yang bukan hasil pukulan saya,tapi memar itu karena kamibergumul.

    BalasHapus
  77. Bagaimana peran mediasi dalam suatu kasus perceraian?

    BalasHapus
  78. Bagaimana peran mediasi dalam suatu kasus perceraian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merupakan formalitas yg wajib dilaksanakan. Mediasi br dpt dikatakan efektif jk parapihak mau rujuk.

      Twitter @TanyaPerceraian

      Hapus
  79. Pak, apabila mediasi telah disepakati oleh kedua belah pihak dengan ditandatanganinya surat mediasi oleh keduanya, baik suami maupun istri, apakah perlu pengadilan melanjutkan perkara perceraiannya? dan sekuat apakah putusan mediasi tersebut?

    BalasHapus
  80. pak saya mau tanya jika suami hadir terus dalam persidangan,,berapa kali persidangan yang harus saya tempuh?? sampai gugatan saya di kabulkan?

    BalasHapus
  81. Sekitar 10x prtmuan sidang bu.
    [perceraian murah? klik www.informasiperceraian.com]

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Pak maaf saya mau tanya saya sekarang di luar negeri
    Saya pingin gugat cerai suami saya karena dia udah nikah
    Siri sama wanita lain
    Gimana caranya saya bisa cerai sedangkan saya
    Enggak di rumah apakah cukup pengacara saja yang datang bisa dan perkiraan biayanya berapadan berapa lama prosesnya makasih atas jawabanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sgt sulit utk proses cerai jika penggugatnya tdk berada di Indonesia. Saran sy, sbaiknya anda pulang dulu ke Indonesia.
      Biaya pengacara kisaran 6-15jt, trgantung tingkat kesulitan perkaranya.

      Twitter: @TanyaPerceraian
      Perceraian murah, klik: www.informasiperceraian.com

      Hapus
  85. Assalamu'alaikum pak saya mau tanya apakah bisa suami mencabut gugatan cerai istri pak, pada saat istri menguggat cerai saya saya sedang bekerja di luar negri.

    BalasHapus
  86. Bisa dgn cara pakai kuasa hukum utk mewakili bapak.

    Twitter: @TanyaPerceraian
    informasiperceraian.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa biaya pencabutan gugatan cerai itu bila memakai kuasa hukum pak

      Hapus
  87. selamat siang pak,
    saya dan suami sudah memutuskan untuk bercerai namun pihak suami yang menggugat di PA dlm surat tsb di jelaskan pokok pokok perkara mengajukan perceraian antara lain alasan mengapa mengajukan perceraian. pertanyaan saya apakah saya harus meng iya kan gugatan tsbt agar proses nya lebih mudah, megingat saya pun menginginkan perceraian ini. mohon penjelasannya pak, trims.

    BalasHapus
  88. Selamat siang pak,
    Suami saya mengajukan permohonan cerai talak dengan dalil-dalil berisi fitnah belaka. Kami sudah mempunyai 1 anak dan sama-sama menginginkan hak asuh. Di sidang kedua suami minta perkara dibatalkan, tp saya sdh terlanjur kecewa dan ingin bercerai saja, sehingga saya memberikan Jawaban dan sidang terus dilanjutkan. Stlh tahap pembuktian dan saksi, dia tidak mempunyai bukti yang menguatkan sehingga posisi saya lebih kuat. Pada tahap sidang kesimpulan suami/pemohon malah tidak hadir dan sepertinya ingin menggugurkan perkaranya. Yang ingin saya tanyakan,
    1. Apakah Hakim tetap bisa mengeluarkan putusan walaupun pemohon mangkir dalam sidang kesimpulan? Apalagi sebenarnya proses ini sdh hampir tahap akhir.
    2. Bagaimana memastikan agar sidang tetap berjalan sampai selesai (putusan hakim)?
    Mohon sarannya pak, terima kasih.

    BalasHapus
  89. salam,
    saya mau tanya,untuk meninggalkan istri dan tidak menafkahi materi istri selama 3 bulan,dan saya kasih uang utk anak saya.apa bisa di buat alasan atau bukti di pengadilan nanti bahwa suami tidak menafkahi selama 3 bulan? terima kasih atas perhatian nya

    BalasHapus
  90. Sangat bisa.

    Twitter@TanyaPerceraian
    Perceraian murah? klik: www.informasiperceraian.com

    BalasHapus
  91. pak apakah setelah putusan cerai bisa di batalkan? karena sewaktu saya mau berangkat kerja istri bilang akan mencabut gugatan. tapi saat aku pulang kerja luar kota di kasih salinan putusan oleh pak kadus. istri saya tanya kenapa gak jadi dicabut dia bilang tidak boleh pengacara dan orang tuanya. apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
  92. siang pak, pak saya di gugat cerai suami, permasalahannya hanya lah karena saya sms kasar ke dia, itu juga karena saya marah dia tidak mengabarin saya seharian.

    tapi perceraian kami ini terjadi karena mertua saya pak. dia selalu mencampuri urusan rumah tangga kami, dan suami saya mungkin anak yang baik selalu nurut dengan ibunya, bahkan saat ibunya salah.

    saya tidak ingin bercerai pak, karena masalah kami hanya masalah sepele, saya marah karena dia tidak menjemput saya pulang kerja, dan ternyata itu suruhan ibunya, padahal saya emang beneran lembur dikantor saat itu.

    saya ingin bertanya, apa yang harus saya lakukan agar gugatan suami ditolak pak ?

    BalasHapus
  93. selamat siang pak,saya menggugat suami saya karna sudah terbukti berselingkuh,kami sudah melakukan mediasi pertama,tp minggu depan diminta datang lagi,yg saya mau tanyakan,klau seandainya suami saya tdk dtg bagaimana pak?apakah saya akan menunggu lama keputusan hakim??

    BalasHapus
  94. as.alaikum,bagaimana cara seorang istri membuat jawaban memori banding gugatan sang suami

    BalasHapus
  95. Mau tanya ni..kl seandainya suami sudah mengajukan gugatan tepatnya 21 sept 2016 tp kok sampe skrg blm ada panggilan sidang ya? Biasany brp lama sih ada panggilan sidang? Kasusny sih sudah cerai scr agama krn ud 1 th sudah pisah g serumah dan tnp nafkah..utk lbh lanjutny kl perkara sprti ini bisa brp lama ya?

    BalasHapus
  96. salam.
    pak saya ingin bertanya...saya menggugat istri saya dan bila kedua pihak sudah sepakat bercerai. mungkinkah hakim tidak mengabulkan cerai? karena istri saya tidak ingin saya masukan bukti chat pertengkaran kami dengan alasan malu kalo resumenya nanti di baca orang? trims

    BalasHapus
  97. Selamat mlm pak. Singkat saja, sy menikah tgl 28 juli 2015. Dari pernikahan tersebut sy dikaruniai seorang anak. Sy terpaksa menikahinya karena dia (istri) sudah hamil. Namun sejak ijab sampai sekarang sy tidak pernah tinggal serumah, menafkahi lahir maupun batin. Karena itu sy akan mengajukan gugatan cerai. Yg sy tanyakan:
    1. Apakah alasan yg tepat untuk gugatan cerai sy agar diterima oleh PA
    2. Apakah sy bisa tidak memberikan nafkah karena sekarangpun kondisi ekonomi sy sedang sulit karena sy tidak bekerja
    3. Bagaimana agar proses cepat selesai dan tidak memakan waktu lama
    Mohon tanggapan dan solusi. Terimakasih

    BalasHapus
  98. saya digugat cerai istri.alasannya gr2 ucapan cerai. tetapi tadinya saya tidak thu akibat perkataan cerai tersebut, baru mngetahui dari media internet.apakah sesudah mediasi,jika istri tetap akan tidak mau dirujuk,kemudian saya tidak datang sidang selanjutknya,apakah akan dijatuhi verstek?karena saya tidak ingin berbelit-belit

    BalasHapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  101. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  102. pak saya mau tanya saya baru menikah 1 tahun . selama pernikahan saya tidak pernah ada baiknya . sampai tidak pernah bertegur sapa selama berbulan bulan.sikap mantN suami saya sering menyakiti saya orang tua bahkan keluarga. saya pun sudah tdk diberi nafkah kurang lebih 6 bulan dan sudah pisah rumah kurang lebih 4 bulan sampai saat ini sampai akhirnya saya mendaftar ke PA. sekarang saya sudah sidang yang ke 4 dan akan menuju sidang ke 5 yg dijadwalkan musyawarah majelis . sedangkan setiap kali sidang mantan suami saya selalu datang dan tidak mau bercerai . apa bila PA belum bisa memberi keputusan . apa yang harus saya lakukan . karen saya sudah lelah dengn sikap mantan suami saya yg selalu mengekang saya dan keluarga saya . mohon bantuannya pak !! trimakasi

    BalasHapus
  103. saya membaca kl biaya mediasi di pengadilan free, tp pada kenyataannya dikenakan biaya kurang lebih 200rb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, terkadang sy juga bingung, oleh sebab itu sy anggap bahwa setiap PA mpunyai kebijaksanaan yg berbeda-beda.

      Perceraian tanpa lawyer, klik www.informasiperceraian.com
      Twitter @TanyaPerceraian
      www.pengacaraperceraian.com

      Hapus
  104. Maaf pak sy mau tanya. Kalau misalkan proses cerai sudah mencapai putusan dan tinggal menunggu keluar akte cerai.tapi ada salah satu pihak yang mau mencabut lg gugatan cerainya. Apakah itu bisa pak? Trims

    BalasHapus
  105. Saya mau tanya pa .istri saya kabur dari rumah tanpa sepengetahuan saya.kesana kemari saya cari ga ketemu mertua saya pun menyembunyikan.setelah ketemu istri saya.saya ajak pulang tetap tidak mau setelah hampir satu bulan saya ajak lgi tetap tidak mau.omongan istri saya memancing omosi saya terus akhir nya tanpa sadar saya memukul istri saya.sampai berurusan ke polisi.tpi istri saya tidak menuntut tpi minta surat perjanjian bahwa tidak mengulangi lgi apa bila mengulangi siap dihukum dan siap untuk bercerai.tau tau nya istri saya gugat cerai saya dengan melampirkn surat perjanjian dari kepolisian itu.apa bisa istri saya gugat cerai saya dengan bukti itu.padahal saya sangat cinta sama istri saya.

    BalasHapus
  106. Saya mau tanya pa .istri saya kabur dari rumah tanpa sepengetahuan saya.kesana kemari saya cari ga ketemu mertua saya pun menyembunyikan.setelah ketemu istri saya.saya ajak pulang tetap tidak mau setelah hampir satu bulan saya ajak lgi tetap tidak mau.omongan istri saya memancing omosi saya terus akhir nya tanpa sadar saya memukul istri saya.sampai berurusan ke polisi.tpi istri saya tidak menuntut tpi minta surat perjanjian bahwa tidak mengulangi lgi apa bila mengulangi siap dihukum dan siap untuk bercerai.tau tau nya istri saya gugat cerai saya dengan melampirkn surat perjanjian dari kepolisian itu.apa bisa istri saya gugat cerai saya dengan bukti itu.padahal saya sangat cinta sama istri saya.

    BalasHapus
  107. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  108. Pak..saya mau tnya..dlu saya udh prnh cerai..tp saya rujuk lg..udh ijab qabul lg..tp di ktp saya msh status cerai..setelah saya rujuk itu timbul lg mslh dgn suami dan saya diusir dr rmh
    Akhirnya saya plng krmh ibu saya..smpai wktu setahun suami tdk menjemput dan saya disruh pulang tp lewat sms..sudah setahun tdk di nafkahi dan anak saya ikut dgn dy..buku nikah jg dibawa dy..dy saya suruh gugat saya tp tdk mau..bagaimana solusinya..trmksh..

    BalasHapus
  109. Malm pak
    Saya dicerai suami sya pada sat sya skt,saya sbnrx tdk mau cerai,krna tdk ada mslah apa" krn sya skt sya meningglkan rumah slma 2 minggu krn tdk ada yg merwat say.. alsanx cerai hnya krn tdk cnt dan kluargax sdh tdk.ada yg setju srta slma 6th dy tdk bhgia.. Dy surh sya menandtangni surat perjanjian talak yg isinya bebas mlngkah agar tdk ada lg beban.. Apakah tu masih berlaku dan jk menandatangni apakah PA menyetujuinya dg alasn diatas..

    BalasHapus
  110. Tidak bu, syarat cerai itu hrs melalui proses persidangan di PA. Jika ibu tdk s7 cere maka jgn mau ttd itu dan hadirilah proses persidangan lalu jelaskan ke hakim bahwa anda tidak setuju cere.

    www.solusihukumkeluarga.com
    www.pengacaraperceraian.com

    BalasHapus
  111. Slmt mlm pak. Mohon bantuannya. Sy (istri) ingin mnggugat cerai suami krn slma setahun belakangan ini kami sering bertengkar hingga sering pisah ranjang tanpa tegur sapa selama satu bulan (sering terjadi) thun lalu saya pernah diusir dr rmh. Kmudian mngontrak rmh brsama anak dan ibu saya slm 1 bln. Dan dijmput ats nasehat kk saya. Tp kembali kami sering ribut dan skrg sy pisah ranjang dan tdk brtgur sapa kmbali. Sy ingin gugat cerai. Apa alasan saya kuat? Brp lama waktu pisah ranjang bisa dijadikn alasan untuk gugat cerai? Oya dia enggan bercerai krn tdk mau khilangan rumah bersama krn dp dan renov pkai uang saya pribadi dan angsuran pke gaji dia. Trimksh pak

    BalasHapus
  112. - Alasan cerai cukup kuta, yg penting anda jarus bisa mbawa 2 org saksi pada saat sidang saksi;
    - Pceraian di Indonesia, tdk memerlukan persetujuan dan tndatangan suami.

    www.pengacaraperceraian.com
    www.solusihukumkeluarga.com
    www.informasiperceraian.com

    BalasHapus
  113. Siang Pak.
    mau tanya. apakah setelah sidang kalau dilakukan mediasi, pengacara ikut mediasi tersebut atau hanya pihak suami-istri saja? jika pengacara ikut apakah boleh disuruh keluar?
    Terima kasih

    BalasHapus
  114. selamat pagi pak.
    mohon bantuan nya, saya di gugat cerai oleh istri saya karna percek cokkan dan berujung sy pulang kan ke rumah orang tua nya..sekrang komunikasi baik dan kita masih sering hubungan intim, apakah dengan alasan itu gugatan nya bisa di gugurkan/ di batalkan oleh hakim?? karna sampai sekrang istri sy blm mau mencabut gugatan cerai nya..mohon tanggapan nya..terimakasih

    BalasHapus
  115. Apakah mediasi itu di pungut biaya..??

    BalasHapus
  116. Maaf sblm nya,saya mw tanya ini pak,saya ingin mengambil surat cerai di PA,tpi sya tidak tahu kpn sya bercerai karna yg ngurus istri,dan skrang mantan istri entah ada di mna,apa kah bsa d ambil melalui jasa advokat atau pengacara,ats jwbanya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  117. Selama malam pak..
    Saat ini sy sedang bekerja di luar negeri.. Dn suami sy berada di Indonesia.. saat ini suami sy selingkuh dn dia berencana untuk menggugat cerai sy.. Karena kami sdh lama tdk berkomunikasi dengan baik.. Apakah bisa jika suami sy mengajukan gugatan cerai krn saat sy terbang ke luar negeri itu jg ats ijin suami dn ad surat ttd suami sy.. Dan sy jg tidak melakukan kesalahan itu murni suami sy yg ingin mengakhiri pernikahan.. Terima kasih

    BalasHapus
  118. pak mau tanya istri saya lagi menggugat cerai tapi di pihak suami tidak setuju terus gimana pak agar gak jadi cerai

    BalasHapus
  119. Perceraian di Indonesia, tidak memerlukan persetujuan dan tandatangan pihak pasangan nya.
    Jadi, bagi yg tidak stuju cerai maka harus menghadiri sidang dan lakukan pembantahan dan pembuktian terbalik dari pihak si Pengugat agar supaya hakim tdk kabulkan tuntutan si penggugat.


    www.pengacaraperceraian.com
    www.solusiHukumKeluarga.com

    BalasHapus
  120. Apakah pengadilan akan mengabulkan gugatan cerai klo permasalahan ny hanya karna mslah sepele ..krn ngomong kasar dan perasaan syg sdah hilanh

    BalasHapus
  121. Saya mau bertanya perihal perceraian saya yang diajukan oleh istri saya tahun lalu dengan alasan saya tidak menafkahi dia dan anak dan tidak menghubungi selama bertahun2 yang padahal tidak seperti itu...sampai saat ini saya masih menafkahi mereka dan berkomunikasi setiap hari...alasan yang sbnrnya adalah waktu itu saya jujur selingkuh tapi ingin memperbaiki bersama tapi istri saya terutama keluarga istri saya menolak...sampai panggilan sidang beberapa kali saya tidak datang dan akhirnya diputuskan oleh pengadilan kami sah bercerai dengan talak satu dan diberi masa rujuk sampai 3bln...tetapi kluarga saya ingin kita rujuk kembali dan istri saya beralasan yang bisa mencabut gugatan itu adalah Saya...Pertanyaan saya adalah apakah benar yang bisa mencabut gugatan perceraian itu adalah saya? Sedangkan yang mengajukan perceraian itukan istri saya...mohon dibantu jawab Pak

    BalasHapus
  122. Siang pak..saya digugat cerai dgn suami saya dengan perkara jika saya melakukan kekerasan dlm rumah tangga..dia ad visum .sdgkn saya visum terakhir tidak ad ..pdhl selama 1 tahun menikah dia sering melakukan KDRT dan terakhir blm April kmrin dia mlkkn kekerasan sampai keadaanku parah dan perkara SDH saya masukkan dipolisi..tpi dia mmftkn prtngkrn terakhir dan q gak tau bagaimana dia ad visum pdhl saya yg terluka pada saat itu..apakah saya melakukan pembelaan waktu dipukulin suami itu salah pak..sdgkn dia minta cabut verbal dipoles..dan saya cabut..tpi mslh dipangdilan agama masih lanjut..panggilan pertama saya dtng tapi ditunda..sdgkn saya gak mau cerai dan mau mlkkn pembelaan ..kasian anakku Bru usia 7 bulan..apakah laporan dipoles yg SDH cabut verbal masih BS didikan BB di PA untuk buktikan jika suami yg sering mlkkn KDRT..apa itu jg BS mnghlngi kami untuk Tdk terjadi cerai..mohon dijawab pak.trmkaih

    BalasHapus
  123. Maaf pak saya mau tanya. Saya pihak penggugat tp belum dapat undangan sidang. Sementara pihak trgugat suxah dapat undangan. Apa saya bisa hadir dlm sidang perdana saya. Dan apa bisa saya cabut berkas perkaranya di sidang perdana. Mohon pnjelasannya trimakasih

    BalasHapus
  124. asskum,
    pak saya mau tanya , saya menggugat cerai suami saya ,
    saya sudah mengajukan ke PA dalam proses sebulan karna si suami ktp daerah depok ,saya mengajukan tgl 20agustus 2018 pastinya proses untuk sidang nunggu kbr dari PA dibulan september tanggal 20an 2018, disisi lain saya ada halangan karna kerjaan keluar kota , itu gimana pak jadinya?? pihak dari diri saya tdk mau diprstukan lagi pak, apakah proses prsidangan itu sblm hari H nya bisa diundur ???

    BalasHapus
  125. Maaf pak mau tanya, apakah seorang suami yang sudah pernah mengajukan cerai talak ke PA kemudian dicabut dg alasan bisa rukun kembali masih bisa mengajukan cerai talak lagi dengan alasan yang sama ?
    Kalau bisa berapa lama tenggang waktu setelah proses pencabutan baru bisa diajukan kembali ?
    Terimakasih

    BalasHapus
  126. pak saya mau tanya tolong di jawab..istri saya bekerja di luar negeri.dan dia mengajukan gugatan cerai ke saya.padahal kita tidak ada masalah apa2.dulu istri pernah bilang kalau ortunya suruh cerai dan istri saya disuruh milih saya atau keluarganya.dan istri saya ketahuan selingkuh bahkan pelakor rumah tangga orang sampek saya di labrak istri orang tsb.dan sekarang istri saya sudah mulai minum2 juga...apakah saya bisa membalikkan gugatan istri saya..saya juga bekerja dan gak pernah sepeserpun dikirimi atau minta istri saya.

    BalasHapus
  127. pak saya mau tanya tolong di jawab..istri saya bekerja di luar negeri.dan dia mengajukan gugatan cerai ke saya.padahal kita tidak ada masalah apa2.dulu istri pernah bilang kalau ortunya suruh cerai dan istri saya disuruh milih saya atau keluarganya.dan istri saya ketahuan selingkuh bahkan pelakor rumah tangga orang sampek saya di labrak istri orang tsb.dan sekarang istri saya sudah mulai minum2 juga...apakah saya bisa membalikkan gugatan istri saya..saya juga bekerja dan gak pernah sepeserpun dikirimi atau minta istri saya.

    BalasHapus
  128. Selamat malam pak, saya ingin bertanya: belakangan ini saya sering bertengkar dgn istri, dikarenakan hal2 yg salah satunya, saya dianggap berperilaku tidak baik sebagai ayah tiri anak istri yg pertama hasil pernikahan yg pertama, yg ke2 dengan saya sudah di karuniai 1 anak, saya memang masih berusaha maksimal menyesuaikan semuanya dengan anak tiri saya, pernikahan kami sudah hampir 6 thun, dan sekarang puncaknya istri ingin mengajukan gugatan cerai ke PA dgn pengacara, dikarenakan buku nikah dll, saya tahan (saya tetap tidak ingin bercerai), saya sudah minta maaf, memohon dan berjanji untuk berusaha memperbaikinya pertimbangannya anak kami, namun istri ttp keras mau bercerai.
    pertanyaan saya: apakah saya bisa mempertahankan di sesi mediasi nanti?, apakah hakim menerima gugatan dikarenakan saya mempunyai sikap kurang baik dengan anak tiri saya?, apakah saya masih bisa rujuk?, hal2 apa saja kah yg harus saya persiapkan dalam menghadapi pengacara nanti?. mohon di balas dikarenakan istri menginfokan akan di telpon dr pengacara minggu ini dan saya sudah down, stress. terimakasih atas waktu dan jawabanya pak.

    nb: kami tinggal di rumah ortu istri

    BalasHapus
  129. selamat siang pak, mohon responnya,bila hakim telah ketuk palu dlm kasus perceraian, kemudian dlm masa tenggang 14 hari sebelum keputusan berkekuatan hukum tetap terjadi perdamaian, akan tetapi terlambat dalam mengajukan surat perdamaian ke pengadilan, bagaimanakah status pernikahan itu baik secara negara maupun agama (islam)

    BalasHapus
  130. Pak saya mau tanya saya di gugat oleh suami saya untuk bercerai .. apakah sya bisa menggagalkan perceraian ini .. karna saya ingin memperbaiki rumah tangga saya pak .. langkah yang harus saya ambil bagaimana ya pak

    BalasHapus
  131. Pak saya mau tanya saya di gugat oleh suami saya untuk bercerai .. apakah sya bisa menggagalkan perceraian ini .. karna saya ingin memperbaiki rumah tangga saya pak .. langkah yang harus saya ambil bagaimana ya pak

    BalasHapus
  132. bila saya mengajukan gugatan karena suami melanggak sighat taklik bahwa tidak menafkahi selama 3 bulan. sedangkan saya tidak punya bukti trf kalau suami telah memberikan uang ke saya atau bukti bahwa kami belum berhubungan biologis. apa kemungkinan gugatan saya ditolak? saksi yang saya hadirkan juga mertua dan kerabat suami karena mereka tahu kalau kami pisah ranjang dan sikap suami yang malas kerja. suami pernah menyatakan bahwa sebenarnya belum siap menikah, tapi karena tanggal sudah ditetapkan maka ya menikahlah akhirnya, apakah itu bisa dijadikan alasan atau dikemukakan di surat gugatan?

    BalasHapus
  133. Pak saya mau tanya klo istri gugat cerai dengan alasan saya mencurigai punya lelaki idaman lain dan saya klo mrh sering menghancurkan barang rumah sendiri apa bisa jadi alasan istri saya, sedangkan saya tidak mau bercerai di karenakan saya masih cinta dan istri saya bilang sudah tidak sayang.

    BalasHapus
  134. Istri gugat dengan alasan saya menuduh tergugat tanpa bukti punya lelaki idaman lain dan saya di tuduh sering menghancurkan barang barang rumah sendiri saat marah apa bisa jadi alasan padahan tidak

    BalasHapus
  135. Pak,saya mau tanya,sy mau di gugat cerai sama istri karena kantor sy bangkrut setelah sy menikah sehingga sy tdk bsa memberikan gaji sesuai harapannya.pdhl sy bru menikah dn bln pertama sampai bln ketiga ini sy kirim istri uang apa adanya dri uang serabutan.sy dituduh penipu.dan skrg mau ajukan cerai.apa yg hrs sy lakukan agar sy tdk cerai?mengingat sbnrnya sy dan istri orgnya baik2 tpi krn gaji pertama smp skrg tdk sesuai mk di gugat cerai.trima kasih.

    BalasHapus
  136. Saya mau tanya pak.apalgi ini kejadian barusaja terjadi. Sahabat sya lakienggunhuat cerai istrinya dan sudah dijadwalkan untuk hadir pada sidang pertma. Tapi krna sahabat say ini (selaku pengguguat/status suami) tpi trxta tidak bsa hadir krna ada kepntingsn mendadak tapi tdk ada perwakilan apapun n informasi apapun ke pmhadilan bahwa tidak bsa hadir.dan bgitupun trxta slaku pihak istri ato trgugat trxta tdk bsa hadir jga krna alsan mala hadir biar cpat slesai.yg sy mau txkan bagaiama prses sidang pertamax ini apakah dilnjutkan platau dotunda atau bagaiman krna kedua belah pihak sma skali tdk hadir dipersidangan dan tnpa perwakilan sama skali.tolong dijwab.trima kaosh

    BalasHapus
  137. Pak saya mau nanya jika penggugat memberikan keterangan palsu seperti domisili dan surat kuasa apakah bisa masuk dalam kasus pidana dan tergugat mempunyai semua bukti

    BalasHapus
  138. pak.. bagaimana besok kami sidang cerai gugat istri.. tapi semalam kami berhub baik.. dan cium2man bibir

    BalasHapus
  139. Assalamualaikum pak, saya mau.bertanya. Istri saya gugat cerai, lalu di persidangan pertama saya tidak hadir. Apakah di sidang ke 2 bisa rujuk. Karna kamu sadar akan anak kamu kami masih kecil.

    BalasHapus
  140. Pak maaf mau tanya. Jika suami punya bukti istri selingkuh. Tapi isi gugatan banyak fitnahnya. Apa mungkin perceraian tetap berlanjut pak. Atau gugatan bisa di batalkan

    BalasHapus
  141. Pulang kerja saya mendapat titipan relaas panggilan dari pengadilan agama atas gugatan cerai oleh isteri...tuntutan yg memberatkan saya semua tidak benar dan itu menurut saya cuma untuk menutupi kesalahan2 isteri saya..dan juga saya merasa keberatan atas gugatan cerai tersebut...karena setiap kesalahan masih bisa saya maafkan dan kasian anak2 yg jadi korban...menurut BPK apakah pengadilan masih akan mengabulkan gugatan tersebut...

    BalasHapus