15 Desember 2014

Berapa Lama Proses Perceraian



Ada surat edaran dari Mahkamah Agung dimana dihimbau untuk persidangan cerai di pengadilan tingkat pertama maksimal 6 bulan. Perlu terlebih dahulu penulis informasikan tahapan-tahapan acara sidang perceraian di pengadilan:
1.       Sidang pemeriksaan dokumen;
2.       Mediasi;
3.       Sidang laporan mediasi;
4.       Sidang jawaban;
5.       Sidang replik;
6.       Sidang Duplik;
7.       Sidang pembuktian penggugat;
8.       Sidang pembuktian tergugat;
9.       Sidang saksi penggugat;
10.   Sidang saksi tergugat;
11.   Sidang kesimpulan;
12.   Sidang putusan.

Jika jarak antara satu sidang ke sidang berikutnya adalah 1 minggu maka total bisa mencapai 12 minggu, belum ditambah perkiraan dari pendaftaran perkara sampai ke sidang pertama (sidang pemeriksaan dokumen) yang bisa sekitar 1 bulan lamanya. Belum lagi ditambah dengan waktu pembuatan akta cerai di kantor catatan sipil (untuk perceraian non Islam) yang bisa mencapai 1-3 minggu. Oleh karena itu penulis memprediksi lama persidangan normal sekitar 5 bulan.

{Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut silahkan klik: www.informasiperceraian.com &              www.masalahperceraian.com}

50 komentar:

  1. Pak saya mohon bantuan dan pendapatnya.
    Begini pak saya mengalami masalah RT dengan istri saya, istri telah melimpahkan berkas gugatannya ke PA dan persidangan kami telah berjalan 2 kali, dan selama persidangan saya tidak pernah menghadiri sidang, keputusan sudah dijatuhkan oleh hakim secara verstek. Apakah saya masih bisa membatalkan keputusan tersebut ?? apakah dengan mengajukan banding verset ke PA atas putusannya ?? jika kami menempuh jalan damai dan ternyata perkara telah diputus oleh hakim apakah istri (penggugat) masih bisa mencabut dan membatalkan hasil keputusan Hakim ???

    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya

    BalasHapus
  2. - Bisa
    - Benar [verzet]
    - Tidak

    [informasi proses sidang perceraian silahkan klik www.informasiperceraian.com]

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Saya mau tanya pak berapa lama proses menunggu panggilan PA untuk ikrar talak ? Karena saya sudah menunggu 2 bulan sejak sidang terakhir tapi sampai saat ini blm ada panggilan lagi, apakah saya harus pergi ke PA untuk menanyakan soal perkara saya? Terima kasih sebelumnya atas jawaban bapak

    BalasHapus
  5. Jadwal ikrar talak biasanya 1 bulanan stelah sidang putusan. Sbaiknya bpak cek lgsung lagi di PA.nya pak.
    [situs baru kami: www.informasiperceraian.com, Twitter @TanyaPerceraian]

    BalasHapus
  6. selamat siang pak, saya mau tanya. bagaimana cara mendapatkan akte cerai secepatnya? karena kakak saya (sebagai suami) bekerja di luar negeri. dan dia hanya memiliki cuti paling lama satu bulan. rencananya jg sebelum kembali dia akan melakukan ijab kabul bersama calon istrinya yang baru. dia sudah berpisah dengan mantan istrinya selama 1 tahun.

    BalasHapus
  7. Saya mau tanya pak...saudara saya mengajukan gugatan cerai kpda suaminya dkarna kan dia tidak tahan dg sikap n perktaan suami nya yg kasar dan selalu mngeucapkan kta cerai smpai lbh dari 3x secara agma mrka sudah hram untk berhubungan suami istri...tpi sih suami tidak mau menceraikan nya setelah d pengadilan..dan pihak pengadilan pun spertinya tidak memberi solusi terbaik nya...sedangkan saudara saya sudah tidak tahan lagi dg sikap suaminya...lantas apakah perceraian itu tidak bisa dlakukan???

    Mhon pencerahanya...pak..krn smpe skrg permslahan nya terus dpersulit....

    BalasHapus
  8. Proses cerai di pngadilan Indonesia, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami. Jd pd intinya proses cerai tetap dpt terlaksana.

    BalasHapus
  9. Pak saya berumah tangga sudah 13th sudah dikaruniai 1 anak sekarang istri saya menggugat cerai dengan alasan sudah tidak senang /cinta lagi dengan saya padahal cekcok terjadi berawal sang istri tidak mau melayani saya berhubungan dia bilang tidak cinta lagi dan tersiksa hidup bersama saya karena dia mau bertahan berumah rangga selama ini karena bapaknya..dia minta cerai itu sudah empat kali..kita tinggal satu rumah dengan mertua dwngan alasan itu karena saya sudah tidak dianggap suaminya lagi saya kos tidak jauh dari rumah mertua agar saya mudah meilhat/ mengawasi anak dan istri tapi ternyata istri saya malah pergi ke batam dengan anak saya. saya tinggal di semarang.istri saya bilang sudah ngajukan surat ke PA sudah 1 bulan lebih tapi saya belum dapat panggilan sidang.yang ingin saya tanyakan apakah dengan alasan tersebut gugatan cerai istri bisa dikabiulkan..saya selama ini bertanggung jawab atas nafkah keluarga ya walaupun tidak banyak karena saya hanya penjual nasi kucing terus misalnya terjadi pengaburan alamat sehingga sehingga saya tidak menerima surat panggilan sidang apa yang harus saya lakukan bisakah saya menuntut itu dan masuk tindak pidana apa dan kemana saya harus mengajukan tuntutan.semua dokumen KK Akte lahir anak Surat Nikah juga disembunyikan istri mohon petunjuk Bapak trimakasih .

    BalasHapus
  10. Sy mau tnya pak.sy sdah berpisah dgn suami hampir 6 thn tp tdk melalui pengadilan agama.hnya keluarga dan pihak desa yg mengetahui dgn bukti "Surat Talak" dri mamtan suami yg sdah dibtanda tangani dan di saksikan oleh kluarga.
    Skrang masalahnya sy berada di Luar negeri (Canada) dan sy berencana menikah di Canada. Dan mmbutuhkan surat cerai dari i pengadilan agama dan catatn sipil.pertnyaannya.sudah cukupkan surat talak untk pengajuan surat cerai di pengadilan agama?. Dan bisa kah kehadiran sy (penuntut) di wakilkan?.trimksih sblumny atas jwaban

    BalasHapus
  11. Tidak. Cerai hanya bs dilakukan mlalui pngadilan.
    Jika anda sbg pgugat cerai maka anda wajib hadir pd saat sidang awal [tdk bs dwakili lawyer].

    BalasHapus
  12. saya (perempuan muslim 26 tahun) menikah 4tahunan dgn 2 anak 3tahunan dan 2bulan.suami sy dr awal tdak bekerja. dan saya sdah tidak nyaman dengan sifat n sikap suami saya yg tdk mau mencari kerja.peetanyaan saya;1. apakah hak asuh anak akan otomatis saya dptkan atau hrs dgn sdang lain?
    2.apakah bila saya mengajukan permintaan tunjangan anak apakah akan dikabulkan mengingat suami nganggur.mohon bantuan penjelasannya
    terima kasih banyak pak

    BalasHapus
  13. Pak ibu saya ingin bercerai tp suaminya tdk mau
    Yg saya tanyakan
    bagaimana cara mengajukan proses perceraian kalau surat nikahnya disimpan oleh suami barunya dan tdk mau diberikan?bagaimana cara mendapatkan duplikat akte kawinnya,ap syaratnya?sedangkan suaminya tdk mau memberikan ktpnya
    Ibu saya berbeda kota dengan tempat dia menikah dulu,ap bisa mengajukan ke Pengadilan agama kota sekarang ?sedangkan kk ibu saya sudah ikut kk kakak saya
    Kemarin ibu saya dipaksa mencap jempol surat yg menyatakan kalau ibu saya mengijinkan suami barunya menikah lg,apakah itu berpengaruh pada permintaan harta gono gini atau permintaan denda karna tdk pernah dinafkai semenjak menikah?
    Status suaminya saat ini sudah menikah lg secara agama tp blm sah secara hukum
    Apa bisa meminta harta gono gini atau denda karna tdk pernah dinafkai jika tidak memakai jasa Avokad
    Tolong bantu saya karna ibu saya ditipu oleh laki laki ini ,laki2 ini datang tdk membawa ap2 dan tdk pernah memberi apa2,sekarang ibu saya sakit dia malah mau menikah lg dan tidak mau menceraikan ibu saya ,padahal mereka sudah dikaruniai anak 4,yg paling kecil umur 11 atau 12 thn dan diatasnya umur 16 thn,soal anak ibu saya tdk jd soal mau ikut siapa krn ibu saya sedang stroke jd tdk bisa menjaga anak2nya,tolong bantuannya pak,terimakasih

    BalasHapus
  14. Pak ibu saya ingin bercerai tp suaminya tdk mau
    Yg saya tanyakan
    bagaimana cara mengajukan proses perceraian kalau surat nikahnya disimpan oleh suami barunya dan tdk mau diberikan?bagaimana cara mendapatkan duplikat akte kawinnya,ap syaratnya?sedangkan suaminya tdk mau memberikan ktpnya
    Ibu saya berbeda kota dengan tempat dia menikah dulu,ap bisa mengajukan ke Pengadilan agama kota sekarang ?sedangkan kk ibu saya sudah ikut kk kakak saya
    Kemarin ibu saya dipaksa mencap jempol surat yg menyatakan kalau ibu saya mengijinkan suami barunya menikah lg,apakah itu berpengaruh pada permintaan harta gono gini atau permintaan denda karna tdk pernah dinafkai semenjak menikah?
    Status suaminya saat ini sudah menikah lg secara agama tp blm sah secara hukum
    Apa bisa meminta harta gono gini atau denda karna tdk pernah dinafkai jika tidak memakai jasa Avokad
    Tolong bantu saya karna ibu saya ditipu oleh laki laki ini ,laki2 ini datang tdk membawa ap2 dan tdk pernah memberi apa2,sekarang ibu saya sakit dia malah mau menikah lg dan tidak mau menceraikan ibu saya ,padahal mereka sudah dikaruniai anak 4,yg paling kecil umur 11 atau 12 thn dan diatasnya umur 16 thn,soal anak ibu saya tdk jd soal mau ikut siapa krn ibu saya sedang stroke jd tdk bisa menjaga anak2nya,tolong bantuannya pak,terimakasih

    BalasHapus
  15. Saya mau tanya berapa lama sy mendapat akta cerai setelah pengadilan agama memutuskan putusan Versatel.

    BalasHapus
  16. Pak saya sudah tidak bertemu istri saya sampai 4 tahun , karna saya tidak prnah dinafkahi batin oleh istri saya , harus kemana saya mengurus surat percerain dan beralamat dimana kanti pengadilan agamanya ??

    Paling cepat berapa lama untuk dapat akte cerai ,
    Dan berapa biaya untuk cerainya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses cerainya di PA sesuai tempat tinggal saat ini si istri.
      Proses cerai paling cepat bisa sekitar 3-4 bulan.
      Daftar perkara skitar 800rb-1jt.


      Twitter @TanyaPerceraian
      Perceraian murah klik: www.informasiperceraian.com
      Jasa pengacara: www.pengacaraperceraian.com

      Hapus
  17. thanks infonya menarik dan bermanfaat
    serta nemabah wawasan,menarik untuk di baca
    share terus info menrik lainnya

    BalasHapus
  18. pak,bagimana cara menghitung masa idah pasca Akta cerai keluar,yg mana di dlm akte cerai ada 2 tgl yg tertera,yaitu tgl di keluarknya akte cerai,n tgl putusan yg sdh di putus Oleh Hakim,,Cz sya bingung bnyak simpang siur bnyk yg bilang msa iddah bisa di mulai saat akte tsb kluar,Cz tgl di tetapkan putusan hakim dgn Tgl keluarnya akte sya berkisar 3 bulan..mohon bantu jawab pak...trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah keluar akta cerai maka otomatis sdh dianggap melewati masa idah.

      Hapus
    2. pak berapa lama nunggu akte cerai setelah ikrar talak dilaksanakan saya pihak laki2 yg bertanya....

      Hapus
  19. assalamu'alaikum pak saya adalah seorang istri yang di talak suami saya .. dan sudah talak 3 maka dari itu saya sudah bukan suami istri lagi. yang saya tanyakan disini adalah mengenai sidang di pengadilan gimana proses nya...mohon jawaban pak terimakasih

    BalasHapus
  20. Ass,maaf numpang tanya kalau suami menceraikan istrinya,jarak suami menikah lagi berapa bulan stelah bercerai,trimakasih sblmnya

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. pak saya mau bertaya...
    kk saya sudah berpisah dengan mantan istri sekitar 4 tahun yang lalu..mereka telah membuat surat kespakatan bercerai talak 3 di atas materai saja.. namun di tahun ini ternyata mantan istri kk saya menikah kembali secara siri dengan laki-laki lain dan telah mengandung 7 bulan hasil dari pernikahan sirinya tersebut...yang kami dengar laki-lakinya itu kabur.. kami sebagai keluarga mantan suaminya tidak mau bila anak tersebut di buatkan akte dengan nama keluarga kami, karena mantan istri itu hanya menikah siri sudah tentu tidak mempuyai surat resmi... sekarang kami pihak keluarga sedang mengajukan peceraian di pengadilan agama bekasi, yang saya mau tanyakan :
    1. bagaimana proses di pengadilan nanti, apakah sidangnya cepat atau berapa lama kami bersidang?
    2. untuk perkara ini apakah kk saya juga di kenakan uang iddah dan mutah?
    3. karena sampai saat ini kami belum mendapat surat paggilan dari pengadilan, mengapa lama prosesnya?
    trima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  23. Pak saya mau bertanya. Sya sudah dpt surat panggilan pertama dan sudah membayar administrasi. Sudah 2bulan ini belum ada panggilan lagi? Apa saya harus ke pengadilan agama.

    BalasHapus
  24. Pak saya mau bertanya. Sya sudah dpt surat panggilan pertama dan sudah membayar administrasi. Sudah 2bulan ini belum ada panggilan lagi? Apa saya harus ke pengadilan agama.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Pak saya umur 47 mau menggugat cerai istri , tp buku nikah yg saya pegang cuma satu , dr pihak istri tdk mau memberikan buku nikah yg satunya . Apa bisa melakukan gugatan kalo buku nikahnya cuma 1 ? Tks . Mohon dibalas

    BalasHapus
  27. asalamu'allaikum maaf mau tanya pak
    seandainya kalau sumai ditinggalkan istrinya sejak anaknya masih bayi dan si istri sudah menikah dan mempunyai anak lagi,apakah proses cerai suami yg ditinggal lama atau cepat ?

    BalasHapus
  28. Pak, kakak lelaki saya sdh mengajukan gugatan lewat advokat, dan sudah memasuki tahap pembacaan talak. Sudah hampir 2bulan lebih surak akte cerai belum keluar...jika tanya adbokat, suruh nunggu.... sebenarnya butuh berapa lama?

    BalasHapus
  29. Pak saya mau nanya. saya sdh di gugat oleh istri saya DI PA. nah saya sampai detik ini pun ngak mau cerai. karena saya tidak salah. alasan dia mau cerai karena saya tidak bisa membangun rmh. dan asutan dr keluarga istri. istri saya tidak ada bukti kesalahn saya karena saya tidak salah. pak kalu saya masih bersikukuh tidak mau bercerai apakah pengadilan tetap memutuskan cerai.tolong di balas ya pak saya ucapakan banyak terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal dateng saat sidang, kalo masih bisa rujuk pasti ga dikabulkan kok

      Hapus
  30. Pa,sy mau tanya. Biasanya klu sidang cerai krn kdrt,biasanya brp lama? Surat visum ada,dan dulu pernah buat perjanjian bahwa si suami tdk akan melakukan kdrt lg,itu sekitar thn 2009,jd kdrt itu trs berulang smpe puncaknya bln ini. Kasusnya sdh dlaporkan k polisi. Si suami jg menerima apapun putusannya jd tdk akan mmpersulit sidang,kira2nya bisa lbh cepat tdk prosesnya

    BalasHapus
  31. Pa,sy mau tanya. Biasanya klu sidang cerai krn kdrt,biasanya brp lama? Surat visum ada,dan dulu pernah buat perjanjian bahwa si suami tdk akan melakukan kdrt lg,itu sekitar thn 2009,jd kdrt itu trs berulang smpe puncaknya bln ini. Kasusnya sdh dlaporkan k polisi. Si suami jg menerima apapun putusannya jd tdk akan mmpersulit sidang,kira2nya bisa lbh cepat tdk prosesnya

    BalasHapus
  32. Pak saya mo ny saya digugat suami ceraai, tapi saya g penah hadir, dlm 2x sidang. Apakah klu saya g hadir perkara bs di putus.

    BalasHapus
  33. pak, saya mau bertanya, suami saya sering berlaku kasar, sering mengancam saya.. sekarang saya ingin menggugat cerai suami saya. apakah dengan bukti yang saya punya berupa surat talak diatas materai yg dulu pernah saya dan suami tandatangani dan ucapan talak 3 melalui pesan singkat suami saya bisa mempermudah perceraian saya?

    bagaimana jika suami tidak mau berikrar talak?

    BalasHapus
  34. Mau tanya,, , saya menunggu sidang ke 3 ,,biasanya berapa lama,,, dan panggilanya langsung ke rumah apa tidak

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Pak saya mau tanya.. saya sudah daftar di pengadilan agama 6 bulan lalu.. udah pernah sekali panggilan.. setelah itu ada orang dalam bilang g usah datang karena udah di proses.. dam kemarin saya dapat kabar katanya dokumen di kembalikan.. padahal kapan hari tinggal nunggu 14 surat selesai... sekarang di balikan.. gimna itu... sya jga udah bayar mahal jga

    BalasHapus
  37. TERIMA KASIH BESAR MAN ...

    Nama saya KARI, saya telah di perbudakan besar selama hampir 2 tahun menderita di tangan suami yang berselingkuh, kami senang dan meninggalkan baik sampai ia berarti pacar waktu lamanya dan ia mulai berkencan nya luar pernikahan kami. Sebelum Anda tahu itu ia berhenti merawat keluarganya sendiri. Itu sampai ke mana, ia berencana untuk menikah dengannya dan menceraikan saya istrinya sendiri, saya menangis dan melaporkan dia ke keluarganya tapi dia tidak pernah mendengarkan siapa pun kecuali untuk memotong pendek cerita saya saya datang dalam mencari seorang spiritualis nyata yang bisa menghancurkan hubungan mereka dan membuat dia datang kembali saya dan 2 anak-anak.

        Pada pencarian saya saya melihat orang-orang yang diberikan kesaksian tentang bagaimana pernikahan mereka di mana dipulihkan oleh Dr Solo Wise. Saya memilih email dan diriwayatkan cerita saya ke dia dan dia setuju untuk membantu saya. Setelah pekerjaannya selesai bagi saya, pada hari ketiga suami saya dan pacar bertengkar dan ia mengalahkan dia dan dia pulang memohon saya dan anak-anak dan meminta pengampunan. Dia mengatakan matanya yang jelas sekarang dan dia tidak akan pernah melakukan apa pun untuk menyakiti keluarganya lagi dan berjanji untuk menjadi seorang ayah yang peduli dan tidak pernah menipu lagi. Saya sangat sangat senang bahwa saya tidak kehilangan dia untuk gadis semua penghargaan pergi ke Dr Solo Wise untuk Anda adalah Man besar dikirim oleh Tuhan untuk membantu orang-orang dari dunia ini. Saya memiliki rasa dari keajaiban bantuan Anda dan saya akan terus menceritakan perbuatan baik Anda. dan kepada siapa ini berkepentingan ini adalah email-nya: drsolowisetemple@gmail.com
        

    Dr Solo bilang aku juga bisa menghubungi dia di banyak masalah lain termasuk:

    (1) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk.
    (2) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda.
    (3) Anda ingin wanita / pria berjalan setelah Anda.
    (4) Jika Anda ingin anak.
    (5) Anda ingin menjadi kaya.
    (6) Anda ingin memegang suami / istri menjadi milik Anda selamanya.
    (7) Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan.
    (8) perawatan Herbal
    (9) Jika Anda tidak dapat memenuhi keinginan seks istri Anda karena ereksi rendah.
    (10) Masalah dengan menstruasi
    (11) jika Anda menolak untuk dibayar, orang karena Anda ?.
    (12) memecahkan masalah tanah dan mendapatkannya kembali.
    (13) Apakah keluarga Anda Denny Anda dari kanan?
    (14) Cure apapun penyakit atau sakit.

         Hubungi dia hari ini dan pastikan kebahagiaan Anda hanya memiliki dia lakukan untuk saya. Email: drsolowisetemple@gmail.com

    BalasHapus
  38. Pak saya mau tanya, saya sudah melakukan sidang perceraian alasannya krn selalu bertengkar, dan saya sudah utarakan bukti dan saksi tetapi tetap di putus tdk cerai. saya akan melakukan banding, ada saran pak untuk memenangkan kasus saya?

    BalasHapus
  39. Pak sya mau tanya... seorang suami memggugat istrinya dengan alasan yang sangat kuat istri meninggalkan rumah tanpa izin suami.. umur pernikahan baru 2 tahun punya 2 anak setelah dia meninggalkan rumah.. suami menggugat setelah 2 tahun istrinya meninggalkan rumah dan ternyata anaknya sudah 3 sehingga di pengadilan istri tersebut meminta ganti rugi dsb... dia menolak bahwa dia meninggalkan rumah pada saat itu... bagaiman proses pengadilan itu pak? Apakah bisa ditolak atau bagaimana pak?

    BalasHapus
  40. pak saya sudah 6 bulan pisah sama istri dan saya mau minta cerai,apakah starat gugatan saya ke PA dan bagaimana agar masalah perceraian saya cepat selesai dan saya bisa medapatkan akte cerai

    BalasHapus
  41. Pa saya udah mengajukan perceraian ke lebe tp udah 2 bln blm ada kabar juga..tp saya blm pernah sekali pun ketemu ama pa lebe nya soal nya saya lewat saudara tiap saya minta ke temu atau minta no tlpn nya tidak pernah di blz... Sampe sekarang blm ada kabar gimana2 nya, padahal saya udah mengeluarkan uang 3 juga dan saudara saya bilang paling gak akan lama terima surat nya paling 2 minggu tp sanpe sekarang bln ada aja.. Mohon bantuan nya...

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum
    Mohon bantuan pendapatnya
    Saya sudah daftar talak ghaib mantan istri saya tiba tiba datang k rumah,dia minta akte k saya
    Terus gmna pa
    Apakah dia harus mendaftar k pengadilan supaya dapat akte cerai juga
    Terus apa saja yg harus d bawa sama mantan istri saya k pengadilan

    Terima kasih

    BalasHapus
  43. Nama saya vernesa wilson, dan saya berbasis di USA ... hidup saya kembali !!! Setelah 1 tahun berpisah, suami saya meninggalkan saya dengan dua anak. Saya merasa hidup saya akan berakhir, saya hampir bunuh diri, secara emosi saya turun untuk waktu yang sangat lama. Berkat kru mantra yang disebut Dr odudu yang saya temui secara online. Dalam satu hari yang setia, saat saya browsing melalui internet, saya menemukan banyak kesaksian tentang pemeran kastor ini. Beberapa orang bersaksi bahwa dia membawa kekasih Ex mereka ke belakang, beberapa bersaksi bahwa dia memulihkan rahim, menyembuhkan kanker, dan penyakit lainnya, beberapa memberi kesaksian bahwa dia bisa memberi mantra untuk menghentikan perceraian dan sebagainya. Saya juga menemukan satu kesaksian khusus, ini tentang seorang wanita bernama Sonia, dia memberi kesaksian tentang bagaimana dia mengembalikan kekasih Ex-nya dalam waktu kurang dari 2 hari, dan pada akhir kesaksiannya dia menjatuhkan alamat e-mail Dr. odudu. Setelah membaca semua ini, saya memutuskan untuk mencobanya. Saya menghubungi dia via email dan menjelaskan masalah saya padanya. Hanya dalam 48 jam, suami saya kembali kepada saya. Kami memecahkan masalah kami, dan kami bahkan lebih bahagia dari sebelumnya, Dr odudu benar-benar orang yang berbakat dan saya tidak akan berhenti mempublikasikannya karena dia adalah orang yang hebat ... Jika Anda memiliki masalah dan Anda mencari Caster Charms asli dan asli Untuk memecahkan semua masalah Anda untuk Anda Cobalah Tinggi kapan saja untuk menghubungi dia melalui email, dia mungkin adalah jawaban atas masalah Anda. Inilah kontaknya: odudumaraba@yahoo.com

    BalasHapus
  44. Sebuah kesaksian yang menakjubkan tentang sebuah kastor mantra yang membawa suami saya kembali kepada saya, nama saya adalah iman, saya berasal dari wale., Tapi saya masuk ke sini indonesia, dan saya dengan senang menikahi suami yang cantik dan peduli, dengan seorang anak Suatu masalah yang sangat besar terjadi di keluarga saya beberapa bulan yang lalu, antara suami saya dan saya, sangat mengerikan sehingga dia membawa kasus ini ke pengadilan karena bercerai, dia mengatakan bahwa dia tidak pernah ingin tinggal bersamaku lagi, dan bahwa dia tidak Aku mencintaiku lagi, Jadi dia mengemasi barang-barang milikku keluar dari rumahnya dan membuatku dan anakku menderita sakit parah, aku mencoba semua kemungkinan untuk mengembalikannya, setelah mengemis, tapi semuanya sia-sia, dan dia membenarkannya. Bahwa dia telah membuat keputusannya, dan dia tidak pernah ingin bertemu dengan saya lagi, Jadi pada suatu malam, saat saya kembali kerja, saya bertemu dengan seorang teman lama saya yang bertanya kepada suami saya, Jadi saya menjelaskan semuanya padanya, Jadi dia mengatakan kepada saya bahwa satu-satunya cara agar suami saya dapat kembali, adalah dengan mengunjungi sebuah kastor mantra, karena dia juga benar-benar bekerja untuknya, jadi saya tidak pernah percaya pada Mantra, tapi saya tidak punya pilihan lain selain mengikuti nasehatnya, lalu dia memberi saya alamat email dari kastor mantra yang dia kunjungi beberapa bulan yang lalu, jadi keesokan paginya, saya mengirim surat ke Alamat dia memberi kepada saya, dan mantra mantra menjawab meyakinkan saya bahwa saya akan mendapatkan suami saya kembali 72 jam berikutnya, apa pernyataan yang menakjubkan !! Saya tidak pernah percaya, jadi dia berbicara dengan saya, dan menceritakan semua yang harus saya lakukan, Kemudian tiga hari berikutnya, Jadi mengejutkan, suami saya yang tidak menelepon saya selama berbulan-bulan terakhir, memberi saya sebuah panggilan untuk memberi tahu saya Bahwa dia ingin aku dan anakku kembali ke rumah, sangat menakjubkan !! Jadi, begitulah saya pulang ke rumah pada minggu yang sama, dengan banyak cinta dan kegembiraan, dan dia meminta maaf atas kesalahannya, dan atas rasa sakit yang dia derita dan anak saya, Kemudian sejak hari itu, hubungan kami sekarang lebih kuat daripada bagaimana Itu sebelumnya, dengan bantuan orang ini, saya sangat senang sekarang, Jadi saya akan saran Anda di luar sana untuk mengunjungi situs web drujiagbeblacktemple@gmail.com yang sama, jika Anda berada dalam kondisi seperti ini, atau Anda memiliki masalah terkait depresi perkawinan, jadi terima kasih kepada Dr. ujiagbe karena telah membawa kembali suami saya, dan membawa sukacita besar untuk keluarga saya sekali lagi, Anda adalah tuan yang hebat.

    BalasHapus
  45. assalamualaikum,pak saya mau tanya,saya pernah menikah pada bulan februari 2016 pernikahan saya hanya bertahan selama tujuh bulan,karena suami berselingkuh dan mentalak saya,tapi percerain kami minta di uruskn oleh bapak amil di tmpat kami menikah,,tapi sampai hari ini kenapa belum ada konfirmasi sudah beres apa belum nya,karena amil nya setiap di tanya hanya bilang nanti nanti dan nanti,apa yang harus saya lakukan,saya ingin status saya jelas,dan satu lg apa hukum pernikahan mantan suami saya dengan istri baru nya padahal perceraian kami belum selesai. terima kasih mohon di jawab

    BalasHapus
  46. maaf .... saya mau tanya pak... jika mantan suami mempersulit untuk saya mendptkan akta cerai ... mk apa yg harus saya lakukan. terimakasih pak

    BalasHapus